Jumat, 28 Agustus 2015

CONFIRM RUNNING : 1.SOP FOR BANKS 2.BUSINESS PLAN AND FEASIBILITY STUDY 3.BASIC ACCOUNTING

 
First Class Training
Website : www.platinumtraining.co.id
Find us on Facebook  Follow us on Twitter
 
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
 
       
   2 Day Workshop

SOP FOR BANKS
LE MERIDIEN JAKARTA, 3-4 Sep 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest August 28th 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Kurangnya pelatihan  tentang teknik dan metode penulisan SOP menjadi penyebab para Penyusun/ Penulis SOP tidak memahami dengan benar bagaimana membuat SOP yang efektif.

SOP yang dapat diartikan sebagai Who Does What and How merupakan salah satu metode kerja yang dibuat sebagai panduan untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan sesuai rencana, standar dan aturan untuk kepuasan pelanggan—baik internal maupun eksternal.

SOP yang mudah dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar bagian/ proses. Namun, apabila SOP tidak mudah dipahami dan menimbulkan multi tafsir dapat membuat kesalahan kerja dan pada akhirnya merugikan pelanggan.

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauh mana ia digunakan dan memberi nilai tambah b) sejauhmana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

 

Dengan mengikuti Program ini, pertanyaan anda selama ini akan terjawab:

  1. Apa bedanya Prosedur dengan SOP, Istruksi Kerja, Pedoman Kerja, Protap, Juklak, Juknis, User/operating manual dll?
  2. Bagaimana membedakan dan membuat Pedoman dan Panduan?
  3. Mengapa Prosedur Penulisan Prosedur harus dibuat terlebih dahulu, dan bagaimana membuatnya?
  4. Bagaimana membuat Prosedur berbasis Proses?
  5. Mengapa SOP Teknis sudah tidak disyaratkan lagi oleh ISO 9000, dan apakah 6 Prosedur manajemen yang diwajibkan?
  6. Bagaimana mengantisipasi Prosedur yang dinamis oleh karena Peraturan Bank Indonesia yang sering bertambah dan berubah?
  7. Bagaimana membuat hirarki dokumen dari PBI hingga Prosedur dan Instruksi kerja?
  8. Apakah  3 anatomi SOP yang mendasar (Format, Elemen dan Atribut)?
  9. Mengapa SOP tidak boleh dibuat atas dasar ”Write what you do”?
  10. Bagaimana merubah fungsi SOP sebagai alat pandu menjadi alat pandu dan alat ukur, alat kendali, alat audit, alat reward and punish?
  11. Bagaimana membuat SOP dengan dua macam profil pengguna (Pemula dan Ahli)?
  12. Kapan harus menambahkan masa berlaku SOP?
  13. Mengapa Flowchart tidak dimulai dengan ”Start” atau ”Mulai”?
  14. Bagaimana mengintegrasikan SOP dengan Risk Management, Key Performance Indicator dan Service Level Agreement?
  15. Mengapa kebanyakan Penulis hanya menggunakan format Narration dan Flowchart, dan tidak tahu bahwa Anotated Pictorial atau Video sering kali lebih efektif?
  16. Bagaimana mengendalikan SOP dengan Document control dan Master lists?
  17. Mengapa SOP yang dibuat berbasis Struktur dan Uraian Kerja tidak sehandal apabila dibuat berbasis Process Business Map?
  18. Mengapa SOP harus berbatas waktu (SOP Lifecycle)?
  19. Bilamana SOP diberi tanda (distempel) ”Controlled”, ”Uncontrolled”, ”Archieved” atau ”Obsolete”?


Workshop kit berisi:

  1. Worksheet, buku latihan
  2. Buku Pedoman Penyusunan SOP
  3. Prosedur Penyusunan Prosedur
  4. Contoh Prosedur dalam bentuk Video (Video SOP)
  5. Contoh Prosedur pada sebuah Bank umum
  6. Sertifikat
  7. Konsultasi via telepon
  8. Membership dalam Forum System Procedure
  9. CD berisi file-file pada butir 1, 2, 3, 4 

 

Fasilitator


Ady A Subagya,Ir Gigih Hadianto, MM BLI

Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz. Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Badan Pemeriksa Keuangan, Bank Artha Graha, Indosat, LAPAN, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya

,

Seorang konsultan manajemen yang telah lebih dari 30 tahun berpengalama nmengembangkan bisnis dan organiasasi baik dari sisi proses maupun kinerja organisasi beberapa diantaranya adalah penerapan Balanced Scorecard, Standard Operating Procedures dan Business Process Management.

Pak Gigih juga praktisi mental literacy yang telah belajar langsung dari Tony Buzan hingga mendapat gelar Buzan Licenced Instructor.

Saat ini Pak Gigih menjadi anggota Allman Resources, sebuah LSM pengembangan organisasi dan menjadi fasilitator penuh waktu di Allman Indonesia.

  
GIFT TRAINING
  
  • HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Voucher Ace Hardware atau
  • Voucher Matahari Dept. Store atau
  • Voucher Carrefour
  
       
   2 Day Workshop

CONSTRUCTING BUSINESS PLAN AND FEASIBILITY STUDY
The Aryaduta Hotel Semanggi, 7-8 Sep 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest August 28th 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Latar Belakang. Mengapa banyak bisnis baru yang berguguran? Mengapa banyak feasibility study yang tidak akurat? Jawabannya adalah karena kebanyakan Business Plan tidak direncanakan dengan matang. Lagipula seharusnya Feasiblity Study berperan penting sebagai agen intelijen yang memutuskan go/not go. Karenanya ikuti workshop ini agar memberikan pencerahan bagaimana membuat perencanaan bisnis yang sukses dan telah teruji di group besar seperti Astra dan Triputra . Ingat: gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan.

 

Outline :

1. Mengenal bisnis plan yang baik dan benar
2. Mulailah dengan Business Model Canvas
3. Feasibility Studi: Analisa Makro-Industri-Core Competence
4. Analisa produk dan keinginan konsumen
5. Analisa keuangan: Source of revenue dan Source of Income
6. Analisa Tim Manajemen
7. Proyeksi Sales dan Marketing
8. Teknik Presentasi yang efektif ke eksekutif


Workshop Leader :

 


Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro dan tim BusinessBuddy Int memiliki pengalaman 21 tahun dalam perbaikan kinerja perusahaan. Kami aktif memberikan pembekalan maupun konsultasi terutama di bidang transformasi dan manajemen perubahan di 4 area yakni: Business Model (termasuk Balanced Scorecard dan Strategy Map)  – People Development  – Process – Culture Internalization, yang mengarah ke Auto Pilot System.

Nuqul Group (Yordania) dan Banpu (Thailand) adalah contoh perusahaan internasional yang telah menggunakan jasa konsultasinya. Di dalam negeri, Daniel menjadi konsultan bagi banyak perusahaan maupun institusi pemerintah. Di antaranya Jamsostek, Bea Cukai, Sekretariat DPR, Jasa Sarana BUMD Jabara, BioFarma Bandung, Kementerian Keuangan PUSINTEK, Pertamina, LPP BUMN di Jogja dan BTN.

Perusahaan swasta nasional sering menunjuk Daniel sebagai konsultan. Sebut saja Indocement, Triputra, Bosowa (Makasar), Tunas Ridean Group, MusimMas (Medan), Capella (Medan), CPSSoft, ILP, Darya Varia, KPUC (Samarinda), Medifarma, Prafa. Indospring (Surabaya) dan Acer (Jakarta) , Infomedia dan Sentul City. Beliau juga aktif memberikan pelatihan di Chevron, Astra, Commonwealth Bank, TOTAL EP, Holcim dan banyak lainnya

Di sisi lain, Daniel Saputro juga memiliki minat yang besar terhadap dunia pendidikan. Karena itu, kini, dia aktif menjadi fasilitator MiniMBA serta pengajar mata kuliah bisnis dan pemasaran di program S2. Daniel juga menggunakan tulisan sebagai sarana untuk membagikan ilmunya. Ia menjadi kontributor untuk Tabloid KONTAN, Swa, dan Jakarta Post.

Untuk Family Business, kami membantu suksesi dan transformasi menuju  perusahaan yang lebih professional. Dengan cara membentuk Leadership yang profesional dan menggunakan KPI  berbasis balanced Scorecard. 

  
GIFT TRAINING
  
  • HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Voucher Ace Hardware atau
  • Voucher Matahari Dept. Store atau
  • Voucher Carrefour
  
       
   2 Day Workshop

BASIC ACCOUNTING
Five Star Hotels, 8-9 Sep 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest August 28th 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Akuntansi adalah bahasa bisnis, oleh karena itu, anda yang ingin sukses berbisnis wajib mengerti bahasa bisnis. Pemahaman akuntansi yang baik akan menjadikan anda mampu mengevaluasi kondisi perusahaan. Evaluasi laporan keuangan akan menguak informasi tertutup dari sebuah laporan keuangan. Semua informasi dari sebuah laporan keuangan menjadi dasar yang penting untuk pengambilan keputusan. Keputusan yang tepat menjadikan perusahaan anda akan berada dalam jalur yang tepat, sehingga misi perusahaan lebih mudah dicapai.

Laporan keuangan adalah ringkasan kondisi perusahaan pada tanggal neraca dan kinerja perusahaan dalam periode tertentu. Untuk menyeragamkan proses dan metode penyusunannya, laporan keuangan harus disusun berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum atau di Indonesia dikenal dengan istilah PSAK (Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan). PSAK Indonesia saat ini sebagian besar sudah dikonversi untuk menyesuaikan dengan IFRS (International Financial Report Standard).

 

Manfaat Pelatihan :

  1. Peserta dapat memahami prinsip-prinsip dasar akuntansi.
  2. Peserta dapat memahami mengapa sebuah laporan keuangan harus memenuhi kaidah yang berlaku umum misalnya PSAK di Indonesia atau GAAP di USA.
  3. Peserta dapat memahami persamaan dasar akuntansi sebagai philosopi dasar untuk membentuk Neraca.
  4. Peserta dapat memahami bahwa Laporan Laba / (Rugi) merupakan representasi dari aktivitas perusahaan dalam menjalankan misinya.
  5. Peserta dapat memahmi siklus akuntansi dan dapat melakukan proses recording, adjustment sampai dengan meringkas transaksi menjadi Laporan Keuangan.
  6. Peserta dapat menggunakan dan menggali informasi penting dari laporan keuangan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

 

Metode Pelatihan :

  1. Ceramah untuk menyampaikan teori dan asumsi dasar akuntansi.
  2. Diskusi untuk mengidentifikasi transaksi-transaksi bisnis dan bagaimana memasukkannya dalam siklus akuntansi.
  3. Latihan untuk mengaplikasikan teori dalam proses penyusunan laporan keuangan.

 

Materi Pelatihan:

Hari - Pertama

  • Akuntansi Bahasa Bisnis
    1. Apakah Akuntansi…?
    2. Asumsi dan Prinsip Dasar Akuntansi
    3. Siklus dan Jenis-Jenis Akuntansi
    4. Perbedaan Akuntansi dan Tata Buku
    5. Jenis-Jenis Laporan Keuangan
    6. Bentuk Organisasi Dalam Bisnis
    7. Pengguna Laporan Keuangan

 

  •  Perubahan Posisi Keuangan
    • Perkiraan dan Buku Besar (Ledger)

-          Bentuk-Bentuk Perkiraan

-          Cara Mendebet dan Mengkredit Perkiraan

-          Tata Perkiraan (Chart of Account)

-          Buku Besar (Ledger)

-          Neraca Saldo (Trial Balance)

    • Jurnal dan Pemindahan ke Buku Besar

-          Fungsi Jurnal

-          Bentuk Jurnal

-          Cara Pemindahan Ke Buku Besar

    • Manfaat Ledger dan Jurnal Untuk Manager

Hari - Kedua

  •  Menghitung Laba / (Rugi) dan Neraca, Akhir dari Siklus Akuntansi
    • Apakah Laba Bersih / (Rugi) Akuntansi
    • Ayat Jurnal Penyesuaian
    • Menyiapkan Satu Set Laporan Keuangan
    • Jurnal Penutup Untuk Rekening Temporary
    • Menyelesaikan Siklus Akuntansi 
  •  Akuntansi Khusus
    • Akuntansi Kas dan Kas Kecil
    • Akuntansi Persediaan
    • Akuntansi Aktiva Tetap
    • Akuntansi Modal
       
  •   Analisa Laporan Keuangan
    • Mengukur Tingkat Likuiditas dan Risiko Kredit
    • Mengukur Rasio Profitabilitas
    • Mengukur Rasio Efisiensi Operasi
    • Mengukur Rasio Leverage
    • Mengukur Rasio Tingkat Pengembalian 
       
  • Contoh Kasus Akuntansi Perusahaan Dagang
  • Contoh Kasus Akuntansi Perusahaan Jasa 

Peserta : 

  1. Calon Manager, Supervisor dan Senior Staff  dibidang Non-Finance.
  2. Staff Akuntansi dan Keuangan. 

Instruktur: 


Subur Harahap, SE, Ak, Dipl.FP, MM, CFP

Subur Harahap saat ini menjabat sebagai Finance & Accounting Manager perusahaan penerbangan charter nasional, Managing Partner SUHA Planner - Financial Planning & Management Consultant dan Ketua Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Derazona Helicopters. Subur Harahap memiliki Lisensi Wakil Manager Investasi dari Bapepam-LK Departemen Keuangan Republik Indonesia, register akuntan negara  (Ak) dan designation Certified Financial Planner (CFP) yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi International Financial Planning Standard Board Indonesia yang merupakan cabang dari Financial Planning Standard Board – United States of America. Subur Harahap mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dan Magister Manajemen dari Institut Bisnis dan Informatika Indonesia - Jakarta.

  
GIFT TRAINING
  
  • HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Voucher Ace Hardware atau
  • Voucher Matahari Dept. Store atau
  • Voucher Carrefour
  
More Topics on 2015

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219
Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Mrs. Riri
Platinum Training | Consultant | PT | 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar