Dalam proses merencanakan penyelenggaraan sebuah Program Training, masih dijumpai hal-hal berikut ini, yaitu : (1) Perencanaan Training yang akan diberikan tidak benar-benar sesuai dengan kebutuhan nyata berdasarkan hasil Training Needs Assessment. (2) Rencana langkah-langkah yang perlu diambil dalam proses mempersiapkan penyelenggaraan Training tidak detail, sehingga terjadi adanya hal-hal yang seharusnya dilakukan tapi tidak ada dalam rancana (Action Plan). Lemahnya koordinasi antara pihak-pihak yang terkait dengan proses penyelenggaraan Training, seperti antara Organizer, Trainer, dan Pengusaha tempat di mana Training diselenggarakan. Setelah selesai mengikuti Program ini, para peserta akan : (1) Memiliki pemahaman yang benar tentang arti Training Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya, yang dalam hal ini termasuk proses perencanaan dan penyelenggaraan. (2) Memiliki kemampuan dalam menerjemahkan hasil TNA ke dalam sebuah Training Plan yang efektif. (3) Mengenal hal-hal yang menjadi hambatan penyelenggaraan sebuah Program Training, serta cara mengatasinya. (4) Memiliki pengetahuan & keterampilan dalam membuat Training Plan serta menerjemahkan Training Plan ke dalam Rencana Langkah-Langkah yang perlu diambil di tingkat pelaksanaan (Action Plan). Outline Pelatihan
- Pengertian Training sebagai salah satu metode belajar (learning) yang efektif
- Training sebagai proses yang tak berujung
- Pengertian tentang Training Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
- Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuat Training berhasil
- Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai latar belakang dilakukannya Training
- Where To Go, Where We Are now, and How To Get There dalam proses membuat Training Plan
- Bagaimana membuat Sasaran Training yang SMART
- Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan Training
- Formula dari sebuah Training Plan
- Saling hubungan antara aspek-aspek yang ada dalam sebuah Training Plan
- Dua cara dalam merancang sebuah Training Plan (sbg Reading Material dan Explaining Material)
- Mengenal jenis-jenis perlengkapan dan peralatan training serta kegunaannya
- Mengenal bentuk-bentuk set up ruangan training serta peruntukannya
- Bagaimana menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan
- Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Action Plan
- Bagaimana membuat Session Plan atau Agenda Program berdasarkan Daftar Garis Besar Materi
- Bentuk hubungan dan koordinasi antara Organizer dan Trainer dalam penyelenggaraan Training
- Petunjuk pengaturan Transportasi, Akomodasi dan Konsumsi bila Training diselenggarakan di Hotel
- Bagaimana merancang dan mengguakan Check List dalam mengecek persiapan Training
Jadwal Pelatihan
Hari ke-1 - Pengertian Training dan perannya dalam pengembangan SDM - Training sebagai salah satu metode belajar (learning) yang efektif - Mengapa Training diperlukan - Bilamana Training diperlukan - Manfaat Training bagi Karyawan, bagi Perusahaan, dan bagi Manager - Training sebagai proses yang tak berujung - Pengertian tentang Training Yang Berhasil - Syarat-syarat keberhasilan Training - Persepsi yang keliru (mis-concept) tentang Training - Peran proses perencanaan dan penyelenggaraan terhadap keberhasilan Training - Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan Training - Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai Latar Belakang dilakukannya Training - Where To Go, Where We Are Now, dan How To Get There dalam proses membuat Training Plan - Bagaimana membuat Sasaran Training yang SMART - Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan Training - Latihan : Membuat Sasaran Training yang SMART berdasarkan hasil TNA - Presentasi : Setiiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan - Formula dari sebuah Training Plan - Bagaimana merancang sebuah Training Plan dalam bentuk Presentation Material - Saling hubungan antara Latar Belakang Training dan Sasaran Training - Penjabaran Sasaran Training ke dalam Manfaat Training - Hubungan antara Manfaat Training dengan biaya atau Budget yang diperlukan - Latihan : Peserta membuat Training Plan berdasarkan formula yang telah dipelajari - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan Hari Ke-2 • 08.30 – 10.00 - Mengenal jenis perlengkapan dan peralatan Training - Penggunaan dan kegunaan dari masing-masing perlengkapan dan peralatan Training - Mengenal bentuk–bentuk ruangan kelas serta peruntukannya - Latihan : Peserta secara bersama-sama latihan mencocokkan Bentuk Ruangan dan Peralatan yang tepat untuk aktifitas yang tepat • 10.15 – 12.00 - Pengertian dari kata “Action Plan” - Syarat dari sebuah Action Plan yang efektif - Bagaimana menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan - Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Action Plan - Latihan : Peserta membuat Action Plan berdasarkan Taining Plan - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan • 13.00 – 15.00 - Pengertian dari “Session Plan” - Perbedaan antara Session Plan dan Lesson Plan - Bagaimana merancang sebuah Session Plan dihubungkan dg materi dan waktu yg tersedia - Koordinasi antara Organizer dan Training dalam mempersiapkan Training - Latihan : Peserta membuat Session Plan - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan • 15.15 – 17.00 - Petunjuk pengaturan Transportasi, Board & Lodging jika Training diadakan di Hotel - Peran Organizer sebagai Liaison Officer antara peserta dengan Hotel - Bagaimana merancang dan menggunakan Check List dalam mengecek persiapanTraining - Check List sehari sebelum Training, dan Check List sesaat sebelum Training dibuka - Latihan : Peserta membuat Check List - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan Persyaratan Peserta Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook Facilitator |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar