Senin, 02 Maret 2015

Almost Running : 1. Finance For Non Finance 2. SOP For Banks 3. Train The Trainers

 
First Class Training
Website : www.platinumtraining.co.id
Find us on Facebook  Follow us on Twitter
 
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
 
       
   2 Day Workshop

FINANCE FOR NON FINANCE
Five Star Hotels, 17-18 Mar 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest March 02nd 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Bagi para eksekutif yang tidak memiliki background keuangan dituntut untuk memahami financial statement, akan tetapi kendala dalam bahasa keuangan terjadi karena bahasa keuangan memiliki disiplin tersendiri. Disaat yang sama seorang yang telah memiliki posisi tertinggi dalam perusahaan dituntut lebih sering terlibat dengan laporan keuangan. Program ini disajikan guna menjawab kebutuhan seseorang yang tidak memiliki background keuangan namun dalam keseharian terlibat dengan keputusan keuangan. Program ini juga dirancang bagi mereka yang sudah terbiasa dengan laporan keuangan atu financial planning perusahaan. Sehingga penekananya lebih kepada proses yang diperlukan dalam perencanaan keuangan berupa analisa investasi yang juga merupakan studi menarik guna mengambil keputusan yang tepat bagi masa depan perusahaan.

Tujuan Pelatihan

  • Understand the meaning and the function of corporate finance as one of the important aspects in a corporate system.
  • Memahami balance sheet and the income statement.
  • Mampu mengunakan financial statements sebagai analysis tool.
  • Pemahaman akan pentingnya  liquidity planning.
  • Pengertian akan process of profit planning.
  • Kemampuan untuk analyze investment.
  • Memahami budgeting process.

Outline Materi

  1. Fungsi dari financial management.
  2. Cash flow and the cost classification in a company.
  3. Financial statements.
  4. Ratio analysis.
  5. Cash flow analysis
  6. The fund needed planning.
  7. The profit planning with the break-even point approach.
  8. Different method of investment analysis.
  9. Budgeting process.

Facilitator


Ghani Basyar S.E, M.M

Beliau telah berkecimpung di dalam dunia industri dan pendidikan kurang lebih 17 tahun. Manajemen/Bisnis dan Keuangan, 2 hal yang sangat berkaitan dan saling menunjang telah dikembangkan menjadi suatu sinergi yang saling terpadu dalam suatu sistem perusahaan.

Sejak tahun 1999 telah mempelajari dan mengetrapkan Konsep modeling Keuangan dan Manajemen/bisnins di dalam suatu industry keuangan. Kelebihan dan kekurangan dari implementasi ini telah dikenali dan diketemukan solusinya.

Awal tahun 2004, bergabung dengan LPPM lembaga manajemen tertua di Indonesai dan di perusahaan telah mencapai posisi top Manager. Perpaduan antara teori dan praktek telah memperkaya kemampuannya dalam mengimplementasikan suatu konsep.

Tidak ketinggalan juga, gelar academic telah diperoleh dengan predikat sangat memuaskan.

Berbekal pengalaman yang mendalam dan sertificate yang diperoleh, berbagai macam project telah berhasil dikerjakan dan berhasil dengan sukses.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

SOP FOR BANKS
Five Star Hotels, 26-27 Mar 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest March 02nd 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Kurangnya pelatihan  tentang teknik dan metode penulisan SOP menjadi penyebab para Penyusun/ Penulis SOP tidak memahami dengan benar bagaimana membuat SOP yang efektif.

SOP yang dapat diartikan sebagai Who Does What and How merupakan salah satu metode kerja yang dibuat sebagai panduan untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan sesuai rencana, standar dan aturan untuk kepuasan pelanggan—baik internal maupun eksternal.

SOP yang mudah dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar bagian/ proses. Namun, apabila SOP tidak mudah dipahami dan menimbulkan multi tafsir dapat membuat kesalahan kerja dan pada akhirnya merugikan pelanggan.

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauh mana ia digunakan dan memberi nilai tambah b) sejauhmana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

 

Dengan mengikuti Program ini, pertanyaan anda selama ini akan terjawab:

  1. Apa bedanya Prosedur dengan SOP, Istruksi Kerja, Pedoman Kerja, Protap, Juklak, Juknis, User/operating manual dll?
  2. Bagaimana membedakan dan membuat Pedoman dan Panduan?
  3. Mengapa Prosedur Penulisan Prosedur harus dibuat terlebih dahulu, dan bagaimana membuatnya?
  4. Bagaimana membuat Prosedur berbasis Proses?
  5. Mengapa SOP Teknis sudah tidak disyaratkan lagi oleh ISO 9000, dan apakah 6 Prosedur manajemen yang diwajibkan?
  6. Bagaimana mengantisipasi Prosedur yang dinamis oleh karena Peraturan Bank Indonesia yang sering bertambah dan berubah?
  7. Bagaimana membuat hirarki dokumen dari PBI hingga Prosedur dan Instruksi kerja?
  8. Apakah  3 anatomi SOP yang mendasar (Format, Elemen dan Atribut)?
  9. Mengapa SOP tidak boleh dibuat atas dasar ”Write what you do”?
  10. Bagaimana merubah fungsi SOP sebagai alat pandu menjadi alat pandu dan alat ukur, alat kendali, alat audit, alat reward and punish?
  11. Bagaimana membuat SOP dengan dua macam profil pengguna (Pemula dan Ahli)?
  12. Kapan harus menambahkan masa berlaku SOP?
  13. Mengapa Flowchart tidak dimulai dengan ”Start” atau ”Mulai”?
  14. Bagaimana mengintegrasikan SOP dengan Risk Management, Key Performance Indicator dan Service Level Agreement?
  15. Mengapa kebanyakan Penulis hanya menggunakan format Narration dan Flowchart, dan tidak tahu bahwa Anotated Pictorial atau Video sering kali lebih efektif?
  16. Bagaimana mengendalikan SOP dengan Document control dan Master lists?
  17. Mengapa SOP yang dibuat berbasis Struktur dan Uraian Kerja tidak sehandal apabila dibuat berbasis Process Business Map?
  18. Mengapa SOP harus berbatas waktu (SOP Lifecycle)?
  19. Bilamana SOP diberi tanda (distempel) ”Controlled”, ”Uncontrolled”, ”Archieved” atau ”Obsolete”?


Workshop kit berisi:

  1. Worksheet, buku latihan
  2. Buku Pedoman Penyusunan SOP
  3. Prosedur Penyusunan Prosedur
  4. Contoh Prosedur dalam bentuk Video (Video SOP)
  5. Contoh Prosedur pada sebuah Bank umum
  6. Sertifikat
  7. Konsultasi via telepon
  8. Membership dalam Forum System Procedure
  9. CD berisi file-file pada butir 1, 2, 3, 4 

 

Fasilitator


Ady A Subagya ,Ir Gigih Hadianto, MM BLI

Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz. Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Badan Pemeriksa Keuangan, Bank Artha Graha, Indosat, LAPAN, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya

,

Seorang konsultan manajemen yang telah lebih dari 30 tahun berpengalama nmengembangkan bisnis dan organiasasi baik dari sisi proses maupun kinerja organisasi beberapa diantaranya adalah penerapan Balanced Scorecard, Standard Operating Procedures dan Business Process Management.

Pak Gigih juga praktisi mental literacy yang telah belajar langsung dari Tony Buzan hingga mendapat gelar Buzan Licenced Instructor.

Saat ini Pak Gigih menjadi anggota Allman Resources, sebuah LSM pengembangan organisasi dan menjadi fasilitator penuh waktu di Allman Indonesia.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

TRAIN THE TRAINERS PROGRAM
Five Star Hotels, 25-26 May 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest March 02nd 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Perubahan yang dinamis yang dialami organisasi berdampak pada proses pengembangan kompetensi karyawan. Pengembangan dilakukan dalam rangka mensinergikan antara tuntutan organisasi dengan kapabilitas karyawan.Salah satu cara untuk mengisi pengembangan karyawan adalah dengan melakukan program pelatihan yang disesuaikan dengan pengisian gap kompetensi individu.

Trainer internal, dalam hal ini sangat esensial diperlukan untuk membantu manajemen dalam mengisi atau memperkecil gap kompetensi individu tersebut. Para trainer internal ini umumnya berlatar belakang sebagai praktisi teknis. Pengetahuan dan ketrampilan teknis sesuai bidang yang dikuasainya tidaklah diragukan lagi. Akan tetapi, mereka sering mengalami kendala yaitu kesulitan dalam teknik penyampaian saat pelatihan yang membuat peserta tetap semangat, antusias, dan terinspirasi

Pelatihan ini akan mengajakpara peserta untuk mendalami metode perumusan sasaran, serta pengalaman praktis bagaimana menjalankan pelatihan internal dengan cara atraktif, bersifat praktis implementasi di lapangan, menyenangkan dan memberikan inspirasi bagi peserta trainingnya untuk mengaplikasikannya di pekerjaan sehari-hari secara antusias. Agar semakin memahami peran penting seorang trainer, para peserta juga akan diperkenalkan dengan konsep BADDIE (gambar di bawah ini) yaitu metode pengelolaan training yang diintegrasikan dengan target bisnis perusahaan sampai pada mengukur efektivitas pelatihan.

 

Sasaran Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan :

  1. Memahami peran trainer dalam business perusahaan
  2. Mampu merumuskan sasaran training sesuai kebutuhan peserta
  3. Mampu melakukan persiapan diri sebelum training dengan matang
  4. Mampu melakukan pembukaan training dengan antusias
  5. Mampu melakukan pemberian materi training yang inspiring dan enjoyable

 

Outline

  1. Konsep pengelolaan pelatihan : BADDIE
  2. Konsep adult learning agar pelatihan bersifat PIE (Practical, Inspiring, Enjoyable)
  3. Langkah dalam merancang dan menyampaikan pelatihan :
  • GETTING READY YOUR STAGES
  • Bloom taxonomy : mengidentifikasi kebutuhan peserta dan merumuskan sasaran pelatihan
  • Pengenalan alternatif metode pelatihan
  • Perancangan rencana pengajaran (Lesson Plan) dikaitkan dengan sasaran pelatihan
  • Persiapan diri
  • Teknik pembukaan pelatihan
  • Ice breaking
  • Penggunaan evidence untuk meyakinkan peserta
  • Mengelola peserta yang sulit
  • Teknik berbicara spontan
  • Teknik energizer
    • Mengelola stress
    • Memahami tipikal peserta pelatihan
    • Menyiapkan layout ruangan dan fasilitas pendukung
  • STUNNING YOUR STAGES
  • LOADING YOUR STAGES
  • EMPOWERING YOUR AUDIENCE
    • Latihan : Individual Presentation Skill

 

Peserta

  • Para calon trainer atau trainer baik sebagai internal trainer sebuah perusahaan maupun praktisi trainer eksternal 
  • Siapa saja yang ingin meningkatkan wawasan dan ketrampilan merancang dan menyampaikan pelatihan secara atraktif 

 

Metode Pelatihan

Interaktif dimana peserta dengan bimbingan instruktur akan :

  • diajak bermain kreatif  untuk membuka pikiran
  • dilengkapi dengan kegiatan dan diskusi kelompok untuk menambah wawasan diantara peserta
  • latihan kasus / tugas individu
  • role play
  • Individual presentation practice


Workshop Leader :


ADI WIJAKSANA, Drs.Psi, CH, CHT

Adi telah memiliki 20 tahun pengalaman sebagai professional di bidang HR dengan spesialisasi : creativity and innovation, character building, motivation, pengembangan system HR. Selama kurun waktu tersebut Adi terus-menerus mengembangkan metode peningkatan kapasitas personal yang dampaknya dapat dilihat secara individu maupun organisasi dimana terbangunnya sinergi. Adi memiliki latar belakang pendidikan lulusan psikologi UI dan latar belakang professional sebagai praktisi HR di perusahaan global dan nasional selama 12 tahun dan lebih dari 8 tahun sebagai konsultan HR diberbagai industri manufaktur, servis, dan perbankan seperti Nestle, Semen Gresik, BCA, Bank Mandiri, dll.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
More Topics on 2015

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219
Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Riri
Platinum Training | Consultant | PT | 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar