Selasa, 03 Maret 2015

Almost Running : 1. CSR 2. How To Plan & Organize 3. CRM Strategy Map

 
Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
CSR Promoting Conflict Prevention
Aryaduta Hotel Semanggi / The Park Lane Hotel / Kafe Pisa Menteng, Jakarta, 10-11 Mar 2015
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

Pencegahan Konflik Sosial Melalui Program Pemberdayaan Masyarakat

(sebuah pendekatan program CSR yang berkelanjutan)

Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan korban harta benda dan juga jiwa. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, oleh karena itu pendekatan yang diperlukan adalah pendekatan menyeluruh, partisipatif dan berkelanjutan untuk memastikan keberlangsungan investasi perusahaan. Hal ini merupakan tugas dari perusahaan untuk mengurangi dan menangani potensi konflik yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan  melalui salah satunya pembuatan program pemberdayaan masyarakat (program CSR) yang efektif, efisien dalam kerangka kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

Tujuan Pelatihan

  • Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara  masyarakat-perusahaan
  • Mampu menyusun konsep – konsep penyusunan program peberdayaan masyarakat guna mitigasi konflik
  • Menyusun program pemberdayaan masyarakat guna mempromosikan mitigasi konflik
  • Menyusun strategi program CSR pencegahan konflik yang tengah dihadapi oleh perusahaan

Outline Materi

Meteri pelatihan adalah sebagai berikut :

Analisis Resiko Sosial (Social risk)

  • Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
  • Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke  masyarakat
  • Mengidentifikasikan  kerentanan – kerentanan di masyarakat
  • Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
  • Studi kasus 1 : kerentanan dan konflik perusahaan – masyarakat di wilayah lepas pantai

Model – model program pemberdayaan masyarakat

  • Teknik – teknik participatif menyusun program pemberdayaan
  • PRA (Participatory Rural Appraisal)
  • RRA (Rural Rapid Appraisal)
  • Analisis kepentingan  dan penerima manfaat
  • Penyusunan program pemberdayaan masyarakat untuk mitigasi konflik
  • Study kasus 2 : program pemberdayaan di masyarakat pesisir
  • Study kasus 3 : program pemberdayaan income generation
  • Study kasus 4: program pemberdayaan berbasiskan konservasi

Monitoring  program pemberdayaan masyarakat

  • Management program berbasiskan hasil
  • Penyusunan Grievance Mechanism
  • Best practice 5: Issues monitoring – SMART monitoring tools
  • Best practice 6: Radio Komunitas – sebagai media resolusi konflik

Sesi Tambahan

choaching clinic dilakukan secara peer to peer, dimana masalah yang akan dibahas adalah masalah riil yang dihadapi oleh perusahaan yang berhubungan dengan potensi konflik yang terjadi. Alokasi waktu ini diberikan pada peserta yang berminat dan diharapkan dari proses ini menghasikan langkah strategis menangani permasalahan di perusahaan

Durasi Pelatihan

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari efektif . 

Facilitator

I Putu Widhiantara Sri Bangun
Putu Widhiantara; berpengalaman lebih dari 16 tahun dalam bidang pembangunan sosial dan pemberdayaan masyarakat, komunikasi perubahan prilaku dan mitigasi konflik di tingkat regional dan nasional. Pengalaman kerja dengan banyak lembaga internasional seperti : USAID, FAO, UNICEF, UNDP – CPRU (Conflict Prevention and Recovery Unit), ILO, IOM, SAFE-USAID, AED, VSO (program regional : Indonesia,Philipine dan Thailand). Saat ini bekerja sebagai social reseacher pada dua program Bank Dunia dan juga sebagai konsultan integrated risk management di beberapa perusahan ekstratif industri.
Training Fee

Rp. 3.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 28 Feb 2015)
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 24 Feb 2015; payment before 28 Feb 2015)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 10 Mar 2015)
Rp. 4.125.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
How To Plan & Organize Training
Aryaduta Hotel Semanggi / The Park Lane Hotel / Kafe Pisa Menteng, Jakarta, 17-18 Mar 2015
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

Dalam proses merencanakan penyelenggaraan sebuah Program Training, masih dijumpai hal-hal berikut ini, yaitu : (1) Perencanaan Training yang akan diberikan tidak benar-benar sesuai dengan kebutuhan nyata berdasarkan hasil Training Needs Assessment. (2) Rencana langkah-langkah yang perlu diambil dalam proses mempersiapkan penyelenggaraan Training tidak detail, sehingga terjadi adanya hal-hal yang seharusnya dilakukan tapi tidak ada dalam rancana (Action Plan). Lemahnya koordinasi antara pihak-pihak yang terkait dengan proses penyelenggaraan Training, seperti antara  Organizer, Trainer, dan Pengusaha tempat di mana Training diselenggarakan.

Setelah selesai mengikuti Program ini, para peserta akan : (1) Memiliki  pemahaman yang benar tentang arti Training Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya, yang dalam hal ini termasuk proses perencanaan dan penyelenggaraan. (2) Memiliki kemampuan dalam menerjemahkan hasil TNA ke dalam sebuah Training Plan yang efektif. (3) Mengenal hal-hal yang menjadi hambatan penyelenggaraan sebuah Program Training, serta cara mengatasinya. (4) Memiliki pengetahuan & keterampilan dalam membuat Training Plan serta menerjemahkan Training Plan ke dalam Rencana Langkah-Langkah yang perlu diambil di tingkat pelaksanaan (Action Plan).

Outline Pelatihan

  1. Pengertian Training sebagai salah satu metode belajar (learning) yang efektif 
  2. Training sebagai proses yang tak berujung
  3. Pengertian tentang Training Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
  4. Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
  5. Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuat Training berhasil
  6. Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai latar belakang dilakukannya Training 
  7. Where To Go, Where We Are now, and How To Get There dalam proses membuat Training Plan
  8. Bagaimana membuat Sasaran Training yang SMART
  9. Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan Training
  10. Formula dari sebuah Training Plan
  11. Saling hubungan antara aspek-aspek yang ada dalam sebuah Training Plan
  12. Dua cara dalam merancang sebuah Training Plan (sbg Reading Material dan Explaining Material) 
  13. Mengenal jenis-jenis perlengkapan dan peralatan training serta kegunaannya
  14. Mengenal bentuk-bentuk set up ruangan training serta peruntukannya
  15. Bagaimana menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan
  16. Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Action Plan
  17. Bagaimana membuat Session Plan atau Agenda Program berdasarkan Daftar Garis Besar Materi
  18. Bentuk hubungan dan koordinasi antara Organizer dan Trainer dalam penyelenggaraan Training
  19. Petunjuk pengaturan Transportasi, Akomodasi dan Konsumsi bila Training diselenggarakan di Hotel
  20. Bagaimana merancang dan mengguakan Check List dalam mengecek persiapan Training

Jadwal Pelatihan

Hari ke-1

  • 08.30 – 10.00

            - Pengertian Training dan perannya dalam pengembangan SDM

            - Training sebagai salah satu metode belajar (learning) yang efektif

            - Mengapa Training diperlukan

            - Bilamana Training diperlukan

            - Manfaat Training bagi Karyawan, bagi Perusahaan, dan bagi Manager

  • 10.15 – 12.00

            - Training sebagai proses yang tak berujung

            - Pengertian tentang Training Yang Berhasil

            - Syarat-syarat keberhasilan Training

            - Persepsi yang keliru (mis-concept) tentang Training

            - Peran proses perencanaan dan penyelenggaraan terhadap keberhasilan Training

  • 13.00 – 15.00

       - Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan Training 

            - Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai Latar Belakang dilakukannya Training

         - Where To Go, Where We Are Now, dan How To Get There dalam proses membuat Training Plan

            - Bagaimana membuat Sasaran Training yang SMART

            - Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan Training

            - Latihan : Membuat Sasaran Training yang SMART berdasarkan hasil TNA

            - Presentasi : Setiiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan

  • 15.15 – 17.00

            - Formula dari sebuah Training Plan

            - Bagaimana merancang sebuah Training Plan dalam bentuk Presentation Material

            - Saling hubungan antara Latar Belakang Training dan Sasaran Training

            - Penjabaran Sasaran Training ke dalam Manfaat Training

            - Hubungan antara Manfaat Training dengan biaya atau Budget yang diperlukan

            - Latihan : Peserta membuat Training Plan berdasarkan formula yang telah dipelajari

            - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan      

Hari Ke-2

        •   08.30 – 10.00

            - Mengenal jenis perlengkapan dan peralatan Training

            - Penggunaan dan kegunaan dari masing-masing perlengkapan dan peralatan Training

            - Mengenal bentuk–bentuk ruangan kelas serta peruntukannya

            - Latihan : Peserta secara bersama-sama latihan mencocokkan Bentuk Ruangan dan

              Peralatan yang tepat untuk aktifitas yang tepat

        •    10.15 – 12.00

            - Pengertian dari kata “Action Plan”

            - Syarat dari sebuah Action Plan yang efektif

            - Bagaimana menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan  

            - Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Action Plan 

            - Latihan : Peserta membuat Action Plan berdasarkan Taining Plan  

            -  Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan

      •    13.00 – 15.00

            - Pengertian dari “Session Plan”

            - Perbedaan antara Session Plan dan Lesson Plan

        - Bagaimana merancang sebuah Session Plan dihubungkan dg materi dan waktu yg tersedia

            -  Koordinasi antara Organizer dan Training dalam mempersiapkan Training

            -  Latihan : Peserta  membuat Session Plan 

            -  Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan

      •    15.15 – 17.00

            - Petunjuk pengaturan Transportasi, Board & Lodging jika Training diadakan di Hotel

            - Peran Organizer sebagai Liaison Officer antara peserta dengan Hotel

          - Bagaimana merancang dan menggunakan Check List dalam mengecek persiapanTraining

            - Check List sehari sebelum Training, dan Check List sesaat sebelum Training dibuka

            - Latihan : Peserta membuat Check List

            - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan 

Persyaratan Peserta

Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook

Facilitator

Semba Biawan
Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta,  – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.

Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di  Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan  Melia  Sol.   

Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain :  
 
  • Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management  (AIM),  Manila, Philippines
  • Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
  • Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
  • Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
  • Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
  • Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
  • Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
  • OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
  • Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur

Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan  kepada para  Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer  (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.

Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang  Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan.
 
Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.

Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving &  Decision Making, dan soft skills lainnya  (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).

Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai  seminar manajemen  yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan  Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah
SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013  yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” .
Training Fee

Rp. 3.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 7 Mar 2015)
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 3 Mar 2015; payment before 7 Mar 2015)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 17 Mar 2015)
Rp. 4.125.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Applied CRM using CRM Strategy Map
Aryaduta Hotel Semanggi / The Park Lane Hotel / Kafe Pisa Menteng, Jakarta, 27-28 Mar 2015
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

Di tengah persaingan yang makin sengit, memuaskan pelanggan saja tidaklah menjamin pelanggan menjadi loyal. Bahkan perusahaan yang sudah berhasil membuat pelanggannya loyalpun masih harus juga memikirkan bagaimana caranya agar pelanggan mau merekomendasikan produk/jasa mereka ke koleganya. Untuk itulah perlu CRM untuk  membina relasi dengan agar tercipta hubungan jangka panjang.

Outline Materi

1. Helicopter View

  • Economic dan Market 
  • Perubahan perilaku konsumen i-Generation dan cara menghadapinya
  • Peta persaingan service di era Internet
  • Prediksi perkembangan Social Media 2012
  • Mengapa “CRM” penting ? Berdasarkan riset dari 7S dan 7Essentials
  • Hubungan Service dengan Kepuasan pelanggan dan Loyalitas pelanggan
  • No Service is a Good Servis
  • Potret kepuasan pelanggan di industri klien
  • Keluar dari perangkap generik
  • Studi kasus: perusahaan pesaing dari klien

2. Meningkatkan CRM dengan Strategy Map

  • Apa tujuan perusahaan / Bagaimana mewujudkannya ?
  • Apa kontribusi divisi marketing dan servis ? Menetapkan value divisi Marketing dan servis
  • Mengapa Marketing dan servis Excellence Scorecard penting?
  • Strategy Map di divisi marketing dan servis - untuk mewujudkan mimpi
  • 7P menjadi 7C

3. Meningkatkan CRM  dengan merubah PEOPLE menjadi CARE

  • Human Capital
    • Mengukur  potensi dan perilaku diri melalui DISC
    • Tindakan perubahan diri
    • Leadership di dunia marketing dan servis
  • Organization Capital
    • Meningkatkan budaya marketing dan servis di departemen melalui 5R dan 3G
  • Teknologi / infrastructure Capital

4. Meningkatkan  CRM  dengan merubah PROCESS menjadi COMFORT

  • Servqual
  • Cara mengukurnya secara online / computerized
  • Ada apa dengan konsumen...? Apa motive konsumen datang ke perusahaan anda?
  • Mengapa customer satisfaction selalu berbasis persepsi
  • Memahami perilaku konsumen Indonesia
  • Memahami ciri-ciri dan cara menghadapi konsumen yang berbeda DISC
  • Menangani pelanggan yang sulit
  • Bagaimana mengukur Standar Kinerja : HEARD
  • Kiat berkomunikasi efektif
  • Kiat menjadi pendengar yang baik bagi Pelanggan
  • Membangun citra Perusahaan melalui Komunikasi Telepon
  • Menanganin komplain sebagai Peluang Bisnis

5.   Meningkatkan  CRM  dengan merubah PRODUK menjadi CUSTOMER SATISFACTION

  • Key Account Management 20/80
  • Customer Satisfaction Index
  • Mengukur loyalitas dengan NPS

6.  Meningkatkan  CRM  dengan merubah PROFIT  menjadi CONTRIBUTION

  • Financial contribution: Revenue
  • Non-financial contribution: Image & Positioning

7. Menghadapi 2012 by Triggering Change                   

  • Mengapa manusia khawatir terhadap perubahan?
  • Bagaimana memulai perubahan ?
  • 8 langkah membuat perubahan di organisasi

Facilitator

Daniel Saputro, MM., MBA.

Daniel Saputro MM.MBA dan Team BusinessBuddy

21 tahun di perbaikan kinerja organisasi

Senior Corporate Consultant  dan Facilitator  MiniMBA di grup besar

  • International: Nuqul Group ( Jordan ) - Banpu (Thailand ) dll
  • Government : Jamsostek –  Bea Cukai – Sekretariat DPR – Jasa Sarana BUMD-  BioFarma – Dept Keuangan – Pertamina – LPP BUMN dll
  • Domestic: Indocement  - Astra – Triputra – Bosowa – Tunas Ridean Group – MusimMas – Capella – CPSSoft - ILP – Darya Varia – Medifarma – Prafa dll
  • Pengajar Bisnis dan Marketing di program S2
  • Kontributor tabloid Kontan, Swa dan Jakarta Post
Training Fee

Rp. 3.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 17 Mar 2015)
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 13 Mar 2015; payment before 17 Mar 2015)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 27 Mar 2015)
Rp. 4.125.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Mr. Fikri

More Training on 2015
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
16-17 Mar 2015 Communication and Interpersonal Skills Drs . Achmad Sablie, Psi Rp. 3.050.000 Confirm Running
17-18 Mar 2015 Executive Corporate Law for Non Lawyer Dr. Suyud Margono, SH., MHum., CIArb. Rp. 3.500.000 Confirm Running
6-7 Mar 2015 Certified Professional Human Resources Management (CPHRM) Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.950.000 Confirm Running
11-12 Mar 2015 Protokol dan Pergaulan Internasional Djoko Hardono Rp. 3.250.000 Confirm Running
6 Mar 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 1.950.000 Almost Running
9-10 Apr 2015 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 2.750.000 Almost Running
7-8 Apr 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.250.000 Almost Running
22-23 Apr 2015 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.050.000 Almost Running
4 Mar 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 1.750.000 Almost Running
1 Apr 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 1.750.000 Almost Running
4 Mar 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 3.500.000 Almost Running
8 Apr 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 3.500.000 Almost Running
26 Mar 2015 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 1.450.000 Almost Running
30 Apr 2015 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 1.450.000 Almost Running
12-13 Mar 2015 Personnel Administration Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 3.250.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar