Value Consult Public Training Creating value for your business Website : www.valueconsulttraining.com | Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter | 1 Day Workshop | Developing Yearly Training Budget Plan | The Park Lane Hotel ,Jakarta 25 Sep 2014 | | | Dalam proses menyusun rencana Training tahunan beserta Rencana Anggaran Biaya, masih dijumpai kenyataan-kenyataan sebagai berikut : - Masih adanya persepsi yang berbeda tentang hakekat Training, yang mempengaruhi efektifitas dalam melakukan proses Training tahap demi tahap, termasuk dalam menyusun Training Plan & Budget Plan
- Training Plan & Budget Plan disusun kadang-kadang tidak berdasarkan kebutuhan nyata sebagai hasil dari identifikasi kebutuhan training atau Training Needs Assessment (TNA) yang dilakukan secara cermat, komprehensif dan profesional.
Implementasi program Training pada tahun berjalan tidak sepenuhnya dilakukan berdasarkan Training Plan, tapi dilakukan atas dorongan situasi tertentu yang biasanya berdasarkan permintaan dan keinginan dari pihka-pihak tertentu (want), dan bukan berdasarkan kebutuhan (Needs) Setelah selesai mengikuti Program ini, para peserta akan : - Memahami betapa pentingnya kesamaan persepsi dari semua pihak dalam organisasi tentang hakekat Training, sehingga setiap tahap dalam proses Training berjalan lancar.
- Memahami pengertian tentang “Training Yang Berhasil”, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Memiliki pengartahuan tentang proses TNA yang komprehensif dan professional
- Memiliki pengetahuan tentang proses menyusun Rencana Penyelenggaraan Program Training (Action Plan) yang efektif
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerjemahkan Rencana Penyelenggaraan Program Training (Action Plan) ke dalam Budget Plan
Outline : - Pengertian dan hakekat training
- Pengertian dari training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss concept) tentang training
- Peran proses perencanaan dan penyelanggaraan terhadap keberhasilan training
- Peran masing-masing pihak yang terkait dalam membuat training yang berhasil
- Memahami proses TNA yang komprehensif dan profesional
- Hakekat dan peran TNA dalam menetapkan program training yang dibutuhkan
- Hubungan antara hasil TNA dengan yearly training plan
- Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai follow up hasil TNA
- Hubungan antara kompetensi dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan
- Hubungan antara kinerja karyawan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan
- Training Needs Matrix untuk setiap posisi berdasarkan kompetensi
- Bagaimana mengembangkan rencana frekuensi dan jadwal program tahunan
- Pola rencana penyelenggaraan sebuah program training
- Aspek-aspek yang mendasari sebuah rencana penyelenggaraan program training
- Bagaimana menegembangkan Action Plan dalam penyelenggaraan program training
- Bagaimana menerjemahkan setiap aktivitas dalam Action Plan ke dalam Budget Plan
- Bagaimana menyusun Yearly Budget Plan berdasarkan biaya penyelenggaraan
Agenda Program : - Pengertian dan hakekat Training - Pengertian dari Training Yang Berhasil serta syarat-syarat keberhasilannya - Persepsi yang keliru (miss concept) tentang Training - Peran proses Perencanaan & penyelenggaraan terhadap keberhasilan Training - Peran masing-masing pihak yang terkait dalam membuat Training berhasil - Memahami proses TNA yang komprehensif dan professional - Hakekat dan peran TNA dalam menetapkan Program Trainng yang dibutuhkan - Hubungan antara hasil TNA dengan Yearly Training Plan - Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai follow up hasil TNA - Latihan : Melakukan proses TNA berdasarkan kompetensi dari posisi tertentu - Hubungan antara kompetensi dengan pengetahuan & keterampilan yang dibutuhkan - Hubungan antara hasil evaluasi kinerja karyawan dengan pengetahuan & keterampilan yang dibutuhkan - Training Needs Matrix untuk setiap posisi berdasarkan kompetensi - Bagaimana mengembangkan rencana Frekwensi & Jadwal Program tahunan - Latihan : Membuat Yearly Training berdasarkan program yang berbasiskan kompetensi - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan - Pola rencana penyelenggaraan sebuah Program Training - Aspek-aspek yang mendasari sebuah rencana penyelenggaraan sebuah Program Training - Bagaimana mengembangkan Action Plan dalam penyelenggaran Program Training - Bagaimana menerjemahkan setiap aktivitas dalam Action Plan ke dalam Budget Plan - Bagaimana menyusun Yearly Budget Plan berdasarkan biaya penyelenggaraan per program - Latihan : Membuat Action Plan, Budget Plan per program, dan Yearly Budget Plan - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan PERSYARATAN PESERTA :
Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook WORKSHOP LEADER : | Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 2.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 25 Sep 2014) Rp. 2.695.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Innovative Thinking dan DMAIC Problem Solving | The Park Lane Hotel ,Jakarta 25-26 Sep 2014 | | | Background Salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh leader dan manager bagi organsisasi yang ingin tumbuh dengan cepat namun kokoh adalah: kemampuan berpikir inovatif dan ketrampilan menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir inovatif akan membantu perusahaan untuk menemukan terobosan baru dalam bisnis proses ataupun dalam penciptaan produk / servis baru yang diinginkan oleh konsumen, sehingga organisasi dapat menuju level target yang lebih tinggi. Ketrampilan menyelesaikan masalah akan membantu organisasi menemukan solusi dengan lebih cepat, sehingga proses pelayanan ke konsumen bisa berjalan lebih efisien dan efektif. Juga atasannya akan bisa lebih berpikir strategic karena tidak diganggu oleh problema yang dibawakan oleh bawahannya. Para bawahan juga akan lebih produktif karena mampu meyelesaikan masalah operasional . Metoda yang digunakan dalam workshop ini sudah dipakai oleh banyak perusahaan Indonesia dan Jepang dengan omzet mencapai Rp 500 Triliun. Jadi sudah terbukti berhasil. Untuk masa depan perusahaan, buat apa coba-coba ! Tujuan: di akhir workshop peserta akan - Mampu meilhat tantangan sebagai peluang. Bisa membedakan problem dan upgrading
- Mampu berpikir dari 6 sudut pandang yang berbeda
- Menjadi kreatif dan innovatif sehingga mampu mengejar target baru
- Menyelesaikan masalah dengan konsep DMAIC
Materi yang dipelajari: - Perubahan pola pikir dari melihat masalah menjadi melihat peluang
- Cara berpikir mulai dari proses, analitikal dan lainnya sampai berpikir kreatif
- Perilaku kreatif dari bentuk DiSC
- 5 cara menjadi innovatif
- Mnedefinisikan masalah
- Mengukur dan memprioritaskan masalah apa yang seharusnya dikerjakan lebih dahulu
- Analisa akar penyebab masalah
- Mengambil keputusan yang berdampak
- Mencegah potensi masalah dan menghindari agar tidak terjadi lagi
Workshop : | Daniel Saputro, MM., MBA. | Daniel Saputro MM.MBA dan Team BusinessBuddy 21 tahun di perbaikan kinerja organisasi Senior Corporate Consultant dan Facilitator MiniMBA di grup besar - International: Nuqul Group ( Jordan ) - Banpu (Thailand ) dll
- Government : Jamsostek – Bea Cukai – Sekretariat DPR – Jasa Sarana BUMD- BioFarma – Dept Keuangan – Pertamina – LPP BUMN dll
- Domestic: Indocement - Astra – Triputra – Bosowa – Tunas Ridean Group – MusimMas – Capella – CPSSoft - ILP – Darya Varia – Medifarma – Prafa dll
- Pengajar Bisnis dan Marketing di program S2
- Kontributor tabloid Kontan, Swa dan Jakarta Post
| Training Fee | Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 25 Sep 2014) Rp. 4.125.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Comprehensive Managerial Skills & Leadership Training | The Park Lane Hotel ,Jakarta 6-7 Oct 2014 | Early Bird : Rp. 3.050.000,- | | Posisi middle management, menuntut kemampuan memimpin yang lebih besar dari seorang leader, karena ia kini tidak hanya mengembangkan tim yang berupa pekerja, tetapi mengembangkan para leader yang memiliki tim di bawahnya. Kematangan diri, kemampuan menjadi role model, menjadi sangat vital untuk dapat menjalankan peran ini dengan sangat baik. Di sisi lain, perkembangan konsep dan aplikasi kepemimpinan berkembang dengan pesat di jaman yang berubah dengan cepat ini. Manajer dituntut untuk menangani tim yang sudah berbeda karakteristik dan tuntutannya dibanding beberapa tahun yang lalu. Manajer yang masih mengikuti pola kepemimpinan dari atasan-nya sebelumnya, bisa jadi ditinggalkan oleh tim nya karena dianggap tidak mampu memberdayakan tim yang ada. Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan leadership secara integratif dengan meletakan prinsip-prinsip dasar-nya dan membawa peserta lebih siap untuk menjalani posisinya sebagai seorang manajer. Outline : Role of Manager - Peran yang dimiliki seorang Manajer dalam manajemen madya
- Perubahan lingkungan dan tantangan baru seorang Manajer
Basic Tools for Manager - Self Leadership: dari role model ke efektif transformasi menjadi leader
- Manajemen Kinerja: Goal Setting, Coaching, Effective feedback
- Manajemen Tugas: Perencanaan, Monitoring dan Kontrol
- Manajemen Orang: Komunikasi, Motivasi dan Empowerment
Overview on New Tools for Manager - Meningkatkan self productivity: meningkatkan engagement dan mempercepat proses kerja (getting things done)
- Emotional & Adversity Intelligence
- From good to great manager: menjadi manajer yang inovatif dan mampu meng-handle perbedaan/konflik
Overview on Leadership - Antara managerial skills dan leadership
- Mengembangkan gaya kepempinan yang tepat: situational leadership
- Last trend on leadership: transformational leader
Workshop Leader : | G. Suardhika, MBA. | Telah memiliki banyak pengalaman sebagai HR Consultant dan pernah menempati posisi senior management di sebuah perusahaan penerbangan Indonesia. Salah satu topik unggulan yang beliau bawakan di dunia training diantaranya leadership, Supervisory, Performance Management dan Coaching. Sepanjang pengalamannya di dunia training, Beliau membantu di beberapa perusahaan ternama seperti: AQUA,ORIX Finance Indonesia, OPEL/General Motors, Garuda Indonesia, Bechtel International, Indomobil Suzuki International, Bredero Price, Telkom, Thames PAM Jaya, Asia Pulp and Paper dan Telkomsel. Suardhika berlatar belakang pendidikan Psikologi dari UI dan MBA dari IPMI (Institut Pengembangan Manajemen Indonesia) TRAINING EXPERIENCE - Supervisory Skills Training: Aqua, Tugu Pratama, Bredero Price Batam, LG Electronics, Rekayasa Indonesia
- Leadership: BPD Sumsel, BPPN, Telkom Ujung Pandang, Litbang Pertanian, Indah Kiat Pulp & Paper.
- Customer Service: Telkom Surabaya, Balikpapan
- Team Building: Indomobil, Nisan, Telkomsel, 3M.
- Performance Management: Amoco Mitsui, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper
- Training for Trainer for BPPN
| Training Fee | Rp. 2.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 26 Sep 2014) Rp. 3.050.000 ,- (REG before 22 Sep 2014; payment before 26 Sep 2014) Rp. 3.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 6 Oct 2014) Rp. 3.795.000 ,- (Full fare) | | Special Package : Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com Contact Us ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 Contact Person : Ms. Riri & Ms. Ori | | More Training on 2014 | Tanggal | Topik | Trainer | Early Bird | Status | 23-24 Sep 2014 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.050.000 | Confirm Running | 25 Sep 2014 | Developing Yearly Training Budget Plan | Semba Biawan | Rp. 1.950.000 | Confirm Running | 15-16 Oct 2014 | Modern Office Administration For Executive Secretary and Executive Administration | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 6-7 Oct 2014 | Comprehensive Managerial Skills & Leadership Training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 3.050.000 | Confirm Running | 25-26 Sep 2014 | Course Developer Program | Ronald Tedjasasmita, MPd. | Rp. 3.050.000 | Confirm Running | 23-24 Oct 2014 | Comprehensive HRIS (Human Resources Information System) | Cecilia Sri Hayani | Rp. 3.500.000 | Confirm Running | 9 Oct 2014 | Aspek Hukum Penanganan Kredit Bermasalah Secara Efektif | Fachri Ferdian Fachrul, SH, MH | Rp. 1.950.000 | Confirm Running | 1-2 Oct 2014 | Powerful Data Analysis & Reporting With Ms. Excell 2007 | ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 27-28 Oct 2014 | Executive Corporate Law for Non Lawyer | Dr. Suyud Margono, SH., MHum., CIArb. | Rp. 3.500.000 | Confirm Running | 25-26 Sep 2014 | Innovative Thinking dan DMAIC Problem Solving | Daniel Saputro, MM., MBA. | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 16-17 Oct 2014 | Audit Internal RSPO dan ISPO | Thomas Hidayat Kurniawan, Ir, MM | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 13 Oct 2014 | Organizational Culture Profile | Dra. H. Umi Mahmudah Hani, Psi. | Rp. 1.950.000 | Confirm Running | 24 Sep 2014 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Yodhia Antariksa, Msc in HR | Rp. 1.950.000 | Almost Running | 12 Nov 2014 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Yodhia Antariksa, Msc in HR | Rp. 1.950.000 | Almost Running | 8-9 Oct 2014 | Comprehensive Supervisory Skills training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 2.750.000 | Almost Running | ©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar