Senin, 01 September 2014

Almost Running : 1. Perpajakan Untuk Minerba 2. IT Governance 3. TNA

 
First Class Training
Website : www.platinumtraining.co.id
Find us on Facebook  Follow us on Twitter
 
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
 
       
   1 Day Workshop

KEWAJIBAN KEUANGAN DAN PERPAJAKAN UNTUK TAMBANG MINERBA
Five Star Hotels, 17 Sep 2014

Training Fee :
Rp. 4.000.000,- (On The Spot, payment at the latest September 01st 2014)
Rp. 4.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Pada saat investor mau berinvestasi harus sudah tahu apa saja kewajiban keuangan yang harus dibayarkan ke Pemerintah juga harus tahu ijin penambangan yang dikelola termasuk ijin generasi lama atau yang sudah menggunakan ijin IUP.  Ada kewajiban keuangan dan perpajakan yang harus diketahui supaya bisa dihindari kesalahan yang fatal dan mengakibatkan denda bahkan pencabutan atau penghentian ijin. Misalnya kewajiban membayar  Land rent/deadrent, royalty,cadangan reklamasi, begitu juga peraturan pajak yang berbeda Perpajakan untuk generasi 1,2.3 sd 8, IUP dsb. Untuk yang generasi terdahulu akan menghormati isi kontrak sampai habis masa kontraknya dengan segala aturan yang dijelaskan secara detail sedangkan untuk ijin yang baru berpedoman pada PP 9 tahun 2012.

 

Sasaran: 

  1. Peserta memahami tentang tahap tahap penambangan.
  2. Peserta dapat mengetahui biaya-biaya yang terjadi di setiap tahap penambangan.
  3. Peserta dapat memahami cara ber tax planning untuk perusahaan pertambangan. 

 

PROGRAM OUTLINE

  1. Overview tentang peraturan pertambangan.
  2. Tahap tahap pertambangan.
  3. Land rent/dead rent
  4. Royalty
  5. Pajak daerah.
  6. Pajak-pajak yang terjadi di setiap tahap penambangan.
  7. Tax Planning untuk PPh pasal 21/26.
  8. Tax Planning untuk PPh pasal 22
  9. Tax Planning untuk PPh pasal 23
  10. Tax Planning untuk PPH pasal 4(2)
  11. Tax Planning untuk PPN dan pajak ekspor.
  12. Tax Planning untuk PPh Badan.
  13. Membandingkan perbedaan tarif antara PKP2B dengan IUP/IPR


Metode : 

Pelatihan ini disampaikan dengan penggunaan metode pemaparan, Diskusi, tanya jawab, dan sudi kasus.

 

Workshop Leader :


M. Zeti Arina, MM,BKP

Adalah pendiri Artha Raya Consultant, sebuah konsultan yang bervisi menjadi konsultan pajak kelas dunia. Saat ini Artha Raya Consultant mempunyai 3 (tiga) kantor yaitu di Surabaya, Jakarta dan Banyuwangi, untuk  lebih detailnya bisa dilihat di webnya : www.artharayaconsult.com

Beliau adalah konsultan pajak terdaftar bersertifkasi Brevet C dengan kewenangan memberikan konsultasi sampai dengan perusahaan multinasional, bahkan boleh dibilang spesialisasinya lebih banyak di perusahaan asing.  Beliau juga pemegang ijin Konsultan Kepabeanan dan pemegang ijin Kuasa Hukum Pengadilan Pajak untuk Sengketa Perpajakan maupun Kepabeanan.

Gelar Magister Management diperoleh dari  Universitas Airlangga, Kuliah S-3 nya tertunda karena saai ini harus segera menyelesaikan kuliah S-1 Hukum untuk melengkapi pengetahuannya selain perpajakan, akuntansi, audit, kepabeanan dan keuangan. Sebagai praktisi yang cukup padat jadwalnya masih berusaha menyempatkan diri untuk mengajar di Universitas Airlangga, memberi kuliah tamu di berbagai Universitas, mengajar Brevet maupun mengasuh rubrik konsultasi di tabloid. Beliau juga aktif sebagai pembicara seminar di berbagai forum.

Judul Buku Karangannya :

  1. Student Enterprise Kini, World Class Company Kemudian,yang ditulis bersama rekannya Iman Supriono dan Niken Hapsari.
  2. Kunsultan Pajak = Pencuri Pajak ?

(Panduan Untuk Menjadi Klien Yang cerdas dan Mengetahui Seluk Beluk Konsultan Pajak)

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

IT GOVERNANCE
Five Star Hotels, 9-10 Oct 2014

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest September 01st 2014)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

DESCRIPTION

By examining how an organization makes IT investment decisions, implements new assets, delivers services, assesses risk and measures its own performance, the IT auditor can assure the organization is meeting its fiduciary, compliance and security responsibilities. By joining this training, participants will learn how to audit an organization’s use of its Information Technology assets.


OBJECTIVES

In details, at the end of this training, participants will be able to:

  1. Utilizing IT to further organization business objectives
  2. Aligning IT investments with business strategy
  3. Familiarizing strong control environment within the organization
  4. Understanding organizational information architecture and technical direction
  5. Assessing and managing IT risks
  6. Optimizing IT team to deliver services
  7. Understanding values for organization

 

TARGETED PARTICIPANTS

Officers, supervisors and managers who are eager to understand, have the know-how, enhance and improve their skills in IT Governance within their organization.


COURSE PLAN

  1. Foundations of IT Governance
  2.  Integrated IT Governance Framework and Roadmap
  3.  Business/IT Alignment Excellence
  4.  Program/Project Management (PM) Excellence
  5.  IT Service Management and Delivery (ITSMD) Excellence
  6. Outsourcing and Vendor Management Excellence
  7. Performance Management, Management Controls and Risk Management


METHODOLOGY

In order for effective learning and full appreciation, the course will be delivered with 40% of the time devoted to important concepts and other theory topics and 60% allotted for hands-on lab exercise and case studies. Training lead will be assisted by presentation slides and actual demonstrations for clear understanding and smooth follow-through during the sessions. Active participation will be encouraged through individual work and collaborative effort.

 

Workshop Leader :


Goutama Bachtiar

A seasoned enterprise technologist and now budding entrepreneur with 14 years of experiences comprises 12 years of training and education,  7 years of strategic partnership, 8 years of IT Audit, 4 years of service delivery, 8 years of writing and courseware, as well as 6+ years of consulting, software development, project management and network administration.

He has been actively serving as ISACA Subject Matter Expert and Exam Developer along with PMI Program Evaluator and Guest Lecturer in top-tier universities for Master and Undergraduate program, both physical and online, in Indonesia and the U.S.

Various strategic positions he has helmed are Vice Chairman and Acting Chairman, Executive Board Member, Co-Founder, Country Channel Manager, Project Lead and Group Leader. Thus far his project engagement involves broad activities of consultancy, training, content, courseware, copywriting, information systems, enterprise application, programs, web development, to translation.

Today he also has written triple digit articles concerning ICT, management and business in a variety of local and foreign, in leading media and companies. His areas of training are IT Audit, IT Project Management, IT Governance, IT Service Management, COBIT, PMBOK, SEO and Social Media.

Companies he has delivered his trainings are UMW Sdn Bhd, Malaysia Securities Commission, SME Bank, PLN, CIMB Niaga, Aero Systems, Newmont Nusa Tenggara, Artha Graha Bank, Artajasa, Prodia Widyahusada, Thiess, Boehringer Ingelheim, Hokinda Citralestari, DPLK, BPD Jabar Banten, Lintas Media Danawa, Cahaya Listrindo and Universitas Krida Wacana.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

HOW TO IDENTIFY TRAINING NEED (TNA)
Five Star Hotels, 30-31 Oct 2014

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest September 01st 2014)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

PROGRAM BACK GROUND

  • Masih kurangnya kesadaran bahwa proses training yang efektif bermula dari langkah profesional dalam memilih program yang tepat untuk orang yang tepat
  • Masih telihat gejala bahwa training diberikan tidak berdasarkan kebutuhan nyata dari seseorang atau sekelompok orang, sehingga training tersebut tidak memberi dampak terhadap  perubahan cara kerja karyawan, karena  pengetahuan & keterampilan yang diperoleh tidak relevan dengan peran, tugas, serta aktivitas karyawan sehari-hari
  • Training dianggap sebagai obat mujarab untuk semua penyakit sehingga selalu dijadikan pilihan untuk mengatasi kinerja perusahaan yang menurun, padahal kinerja yang menurun tersebut belum tentu disebabkan oleh faktor Manusia, tapi bisa saja karena faktor System Kerja dan Sarana Kerja yang tidak memenuhi standar 

PROGRAM OBJECTIVES

Setelah selesai mengikuti  program ini  para  peserta akan memiliki :

  • Pemahaman tentang peran TNA sebagai tahap awal dalam menentukan keberhasilan Training
  • Kesadaran bahwa training yang efektif berawal dari bagaimana memilih Program yang tepat untuk Orang yang tepat
  • Pengetahuan dan keterampilan tentang tehnik dan metode dalam melakukan Proses Identifikasi dan Analisa kebutuhan training (Training Needs Assessment) tahap demi tahap

OUTLINE

  1. Pengertian dan hakekat dari Training Needs Assessment (TNA           
  2. Peran TNA dalam memperoleh Program Training yang efektif
  3. Latar belakang mengapa TNA diperlukan  
  4. Knowledge, Skill, dan Attitude (KSA) sebagai target evaluasi dlm TNA
  5. Antara Analisa Masalah dengan Analisa Kebutuhan Training
  6. TNA dan “Performance Gap”
  7. Metode pengumpulan data dalam proses TNA
  8. Sumber data & informasi dalam proses TNA  
  9. Siapa yang berkompeten melakukan TNA, dan Mengapa
  10. Hubungan peran antara Training Mgr  dan Line Mgr dalam proses TNA  
  11. Mengenal tiga basis sebagai patokan dalam melakukan TNA  
  12. TNA yang berbasiskan Kompetensi
  13. Proses menerjemahkan Job Discription ke Activities dan Competency
  14. Proses menetapkan Program yang tepat untuk Jabatan yang tepat
  15. Menjabarkan Program utk Kebutuhan Jabatan ke Kebutuhan Perorangan  
  16. Memperoleh tingkat kemampuan perorangan dg  Survey & Proficiency Test
  17. Bagaimana merancang qoistionnaire dan bahan untuk Proficiency Test
  18. Proses TNA yang berbasiskan Program
  19. Menetapkan Sasaran dan Garis Besar Program yang ditawarkan
  20. Bagaimana menjabarkan Job Desc. ke dalam Daftar Aktivitas
  21. Proses menetapkan  orang yang tepat dalam mengikuti Program
  22. Proses TNA yang berbasiskan Kinerja
  23. Memahami System & Mekanisme Evaluasi, serta Key Indicator dan Standard
  24. Proses step by step dalam menentukan Program yang tepat untuk Orang yang tepat

TARGET PARTICIPANT

  • Siapa saja baik langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan fungsi Learning & Development, baik sebagai Manager / Supervisor, termasuk  personel yang menangani kegiatan Training, seperti Training Manager / Training Coordinator / Training Officer

LEARNING METHODOLOGY
Menggunakan Metode TSD (Tell – Show – Do)yaitu :

  • Memberi penjelasan atau menerangkan materi (lecturing).
  • Memberi Contoh atas materi yang telah diterangkan
  • Selanjutnya meminta setiap peserta baik secara perorangan maupun grup melakukan Latihan dan Mempraktekkan keterampilan yang telah diajarkan, yang antara lain :  
  • Membuat Daftar aktivitas yang diterjemahkan ke Daftar Kompetensi
  • Membuat Daftar Program Training yang diperlukan berdasarkan Kompetensi dari jabatan tertentu  (Training Matrix)
  • Latihan membuat system evaluasi untuk memperoleh Orang Yang Tepat untuk dikirim mengikuti Program tertentu
  • Membuat system dan mekanisme evaluasi untuk memnentukan Program yang tepat untuk orang yang tepat (Performance-Based Training)


PROGRAM DURATION

  • Jangka Waktu Program  adalah 2 (dua) hari @ 7 jam (efektif) per hari, atau berjumlah 14 jam  (efektif)).
  • Agenda harian dimulai Jam 08.30 pagi dan berakhir jam 17.00, dengan 1 jam makan siang dan 2 kali Coffee Break @ 15 menit.
  • Lebih dari 50% waktu digunakan untuk Latihan dan Praktek peserta
  • Sebagian besar waktu digunakan untuk Praktek Peserta, baik praktek merancang System Pelayanan maupun Role Play melakukan interaksi dengan Pelanggan seperti Handling Customer Complaint

PROGRAM AGENDA

DAY 1

   
08.30 – 10.00 :

  • Pengertian dan hakekat dari Training Needs Assessment (TNA)
  • Peran TNA dalam memperoleh Program Training Yang Efektif         
  • Latar belakang mengapa TNA diperlukan  
  • Knowledge, Skills, dan Attitude (KSA)  sebagai target evaluasi dlm  TNA   
  • Antara Analisa Masalah dengan Analisa Kebutuhan Training

10.15 – 12.00 :

  • TNA dan “Performance Gap”  
  • Beberapa metode pengumpulan data dalam proses TNA
  • Sumber data & informasi dalam proses TNA
  • Siapa yang berkompeten melakukan TNA ?, Mengapa?
  • Hubungan peran antara Training Mgr. & Line Mgr  dalam TNA

13.00 – 15.00 :

  • Mengenal tiga basis sebagai patokan dalam melakukan TNA
  • TNA yang berbasiskan Kompetensi
  • Proses menerjemahkan JobDesc ke Activities dan Competency
  • Latihan : membuat Daftar Competency berdasarkan JobDesc.
  • Presentasi : setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan

15.15 – 17.00 :

  • Proses menetapkan Program yg tepat untuk jabatan yg tepat
  • Latihan : Membuat Daftar Program Training yang  dibutuhkan oleh setiap Posisi, berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki   
  • Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan      

DAY 2

08.30 – 10.00 :

  • Menjabarkan Program utk Kebutuhan Jabatan ke Kebutuhan Perorangan     
  • Memperoleh tingkat kemampuan perorangan dg Survey & Proficiency Test
  • Bagaimana merancang Qoistionnaire dan bahan Proficiecy Test  
  • Latihan : Menjabarkan Program dari Keb. Jabatan ke Perorangan,
  • Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan

10.15 – 12.00 :

  • Proses TNA yang berbasiskan Program   
  • Menetapkan Sasaran dan Garis Besar Program yang ditawarkan
  • Bagaimana menjabarkan Garis Besar Program ke Daftar  Keterampilan
  • Latihan : Menetapkan Program yg ditawarkan ke  dalam Daftar
  • Pengetahuan & Keterampilan yg akan diajarkan
  • Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan

13.00 – 15.00 :

  • Bagaimana menjabarkan Job Descriptions ke dalam Daftar Aktivitas  
  • Daftar Aktivitas vs. Daftar Pengetahuan & Keterampilan yg akan dipelajari
  • Proses menetapkan orang yg tepat untuk mengikuti Program
  • Latihan : Membuat Daftar Aktivitas, kemudian cocokkan dengan Daftar
  • Pengetahuan &  Keterampilan, utk menetapkan peserta   
  • Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan

15.15 – 17.00 :

  • Proses TNA yang berbasiskan Kinerja  
  • Memahami System & Mekanisme evaluasi thdp proses kerja       
  • Key Indicator, Standard, dan Formulir Evaluasi sebagai dasar TNA
  • Proses menetapkan Program yg tepat untuk Orang yang tepat
  • Latihan: Membuat System  Evaluasi  

PERSYARATAN PESERTA :

Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook

WORKSHOP LEADER :


Semba Biawan
Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta,  – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.

Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di  Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan  Melia  Sol.   

Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain :  
 
  • Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management  (AIM),  Manila, Philippines
  • Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
  • Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
  • Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
  • Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
  • Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
  • Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
  • OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
  • Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur

Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan  kepada para  Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer  (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.

Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang  Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan.
 
Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.

Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving &  Decision Making, dan soft skills lainnya  (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).

Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai  seminar manajemen  yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan  Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah
SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013  yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” .
  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
More Topics on 2014

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219
Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Mr. Agus
Platinum Training | Consultant | PT | 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar