Value Consult Public Training Creating value for your business Website : www.valueconsulttraining.com | Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter | 2 Day Workshop | Basic HSE | The Park Lane Hotel , Jakarta, 2-3 Oct 2014 | | | Mengenal dunia EHS (enivironment, health, safety) di perlukan setiap orang yang baru berkecimpung di dunia EHS, baik karena memang baru masuk bekerja, ataupun karena di pindahkan oleh pimpinan untuk mengisi posisi EHS yang kosong karena rotasi pekerjaan. Informasi dan pengetahuan yang terbatas membuat seseorang merasa bingung apa yang harus di lakukan dalam menghadapi dunia yang baru, di sisi lain sudah di berikan target target tertentu di bidang EHS dari pimpinan perusahaan. Pelatihan ini di siapkan bagi siapa saja personal yang baru mulai terjun di bidang HSE, karyawan yang baru bergabung, karyawan rotasi / mutasi pekerjaan, pekerja kokntraktor dan lain lain. Secara menyeluruh di diskusikan bidang health promotion, bidang waste management, basic HSE, ISO 14001, OHSAS 18001, SMK3, pengukuran kinerja K3 dan lain sebagainya. Selepas workshop, peserta di ajak bergabung di dalam forum diskusi tentang EHS yang ada di Indonesia, sehingga pekerjaan yang baru bisa di support dengan komunitas yang baru dengan members lebih dari 4000 orang praktisi EHS di Indonesia. Objective - Pengenalan tentang HSE (health, safety & environment)
- Bagaimana peran dan tanggung jawab petugas HSE
- Mengetahui dasar dalam membangung SMK3, OHSAS dan ISO
- Memahami dasar pengelolaan lingkungan dan waste water treatment
- Mengetahui dasar proses safety, ergonomic
- Memulai healt promotion
- Dasar dasar fire management
Outline 1st day - Basic HSE
- Membentuk P2K3
- Mengukur K3
- Permit to work
- SMK3, OHSAS 18001, ISO 14001
- Pengelolaan lingkungan / waste management
- Bahan Berbahaya Beracun B3
- WWT (Waste Water Treatment)
Outline 2nd day - PROPER
- CDM (Clean Development Mechanism)
- Process Safety Management
- Ergonomi
- Health promotion
- Fire management
- Safety Warden
- CSMS (Contractor Safety Management System)
Workshop Leader : | Ir. Dwi Handaya, MK3 | Praktisi Industri berpengalaman lebih dari 20 tahun, baik di industri petrochemical, manufacturing, oil & gas, plantation, konsultasi dll. Mempunyai background pendidikan Teknik Kimia, Universitas Tirtayasa dan Magister K3, Universitas Indonesia, Jakarta. Menangani konsultasi dan training di berbagai perusahaan besar seperti BP, Cargill, Sinarmas group, Mayora, Indofood dan lain lain. Semenjak 2008 juga tercatat sebagai team instruktur EPCM Environmental Pollution Control Manager, sebagai salah satu program sertifikasi manager lingkungan, BPLHD Jawa Barat dan kementrian LH secara nasional. | Training Fee | Rp. 2.500.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 22 Sep 2014) Rp. 3.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 2 Oct 2014) Rp. 3.575.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Report Writing | The Park Lane Hotel , Jakarta, 8-9 Oct 2014 | Early Bird : Rp. 2.750.000,- | | PROGRAM BACK GROUND Masih ada dijumpai rancangan Report yang baik isi maupun susunannya tidak mengikuti pola yang standar, seperti : - Substansi Report yang tidak berdasarkan data & fakta yang akurat, relevan, lengkap, dan bisa dipercaya.
- Report tidak menggunakan istilah, ungkapan, dan bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (YED) sehingga Report tersebut tidak mudah dibaca dan dipahami, atau tidak menggunakan ungkapan / idiom bahasa Inggeris yang benar (jika Report dibuat dalam bahasa Inggeris).
- Susunan Report yang tidak sistimatis, yang memasukkan data apa adanya tanpa diikuti oleh proses analisa data dan proses pengambilan kesimpulan (seperi menganalisa penyebab timbulnya deviasi atau gap antara Rencana dan Realisasi), termasuk tidak memberikan Rekomendasi jalan keluar dari masalah yang dihadapi (seperti Report tentang Pencapaian Hasil Produksi dan Hasil Penjualan yang tidak sesuai target, atau Progress Report tentang proyek yang penyelesaiannya tidak sesuai jadwal).
PROGRAM OBJECTIVES - Memiliki pemahaman tentang pengertian dari “Effective Report” serta jenis-jenis Report menurut Latar Belakang & Sasarannya
- Memiliki pemahaman tentang syarat data & fakta yang digunakan dalam sebuah Report, serta keterampilan tentang tehnik pengumpulan, pengolahan, serta analisa data, yang digunakan sebagai dasar dalam membuat kesimpulan dan rekomendasi jalan keluar masalah (jika ada gap antara “Target & Actual”).
- Memiliki keterampilan tentang cara menyusun format atau lay out Report, dengan bahasa dan ungkapan yang baik dan benar (baik bahasa Indonesia maupun bahasa Inggeris), yang menarik dan mudah dibaca dan dipahami, baik dalam bentuk Reading Material (berupa proposal yang dikirim kepada atasan untuk dibaca), maupun dalam bentuk Presentation Material (yang dipresentasikan di depan atasan), guna memeroleh persetujuan.
OUTLINE - Pengertian “Effective Report”
- Hakekat “Report” yang akan dipelajari
- Substansi (What) dan Tampilan (How) sebagai 2 aspek utama sebuah Report
- Mengenal 6 jenis Report (R1, R2, R3, R4, R5, dan R6)
- Aspek-aspek yang harus ada dalam masing-masing jenis Report
- Latar belakang dan Sasaran dibuatnya Report.
- Pengertian Fakta, Data, Informasi, dan Opini
- Bagaimana proses memperoleh Data (Fact Finding)
- Memahami syarat Data sebagai dasar membuat kesimpulan
- Apa yang dimaksud dengan Kesimpulan dalam sebuah Report
- Ketentuan-ketentuan tentang Kesimpulan
- Mengenal 3 bentuk Kesimpulan, dan bagaimana cara membuatnya (K1,K2, & K3)
- Proses penyaringan data, mencari penyebab (gap), dan menemukan jalan keluar
- Proses membuat Rekomendasi kepada atasan sebagai proposal solusi masalah
- Report hasil Pencapaian dari suatu proses (Laporan Produksi , Sales dsb) – (R1)
- Progress Report dari suatu proses (Project, Program, Rencana Kerja) – (R2)
- Report tentang Situasi & Kondisi (seperti Kondisi Ekonomi Global dsbnya) – (R3)
- News Letter (jnformasi tentang Perusahaan, Launching Program, dsbnya) – (R4)
- Report tentang suatu peristiwa (Berita / Reportase) – (R5)
- Report tentang Profile sebuah Perusahaan (Visi, Misi, Rugi / Laba, dll) – (R6)
- Contoh Format Report sesuai dengan jenisnya (sebagai Reading Material)
- Bagaimana memasukkan Adonan (Substansi Report) ke dalam Cetakan (Format)
- Syarat-syarat Report agar mudah dibaca
- Pengelompokan Temuan (Data), Kesimpulan, dan Jalan Keluar dalam Report
- Report dalam bentuk Surat dan Report sebagai Lampiran dg Surat Pengantar
- Bagaimana membuat Bagian Pendahuluan Report (yang diminta dan yang tidak)
- Penggunaan Bahasa Formal dan Semi Formal dalam Report
- Penggunaan istilah dan Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD)
- Mengenal System Penomoran Report
- Bagaimana membuat Report dalam format Bahan Presentasi
TARGET PARTICIPANT Manager dan/atau Supervisor yang dalam menjalan tugas berkewajiban membuat Laporan kepada Management, dengan mengetengahkan data & fakta, membuat kesimpulan dan menyampaikan rekomendasi jalan keluar (jika ada gap antara Rencana dan Realisasi) LEARNING METHODOLOGY - Memberi penjelasan atau menerangkan materi (Tell)
- Memberi Contoh atas materi yang telah diterangkan (Show)
Selanjutnya meminta setiap peserta baik secara perorangan maupun grup melakukan Latihan dan Mempraktekkan keterampilan yang telah diajarkan (Do), TELL – SHOW – DO Method yang meliputi antara lain : - Pre-Test : Setiap peserta (secara individual) diminta untuk membuat Laporan apa adanya
- Games : Peserta diminta membedakan antara Data, Informasi, dan Opini
- Latihan membedakan antara Data, Informasi dan Kesimpulan
- Games : Untuk menghindari ngantuk dan tetap bersemangat
- Latihan merancang Bagian Pendahuluan dari sebuah Laporan
- Latihan merubah Bahasa Semi Resmi ke Bahasa Resmi
- Post-Test : Setiap peserta diminta untuk membuat Laporan yang menyangkut hal yang sama dengan Pre-Test tapi dengan cara yang berbeda sesuai dengan konsep yang telah dipelajari
PROGRAM DURATION - Jangka Waktu Program adalah 2 (dua) hari @ 7 jam (efektif) per hari, atau berjumlah 14 jam (efektif).
- Agenda harian dimulai Jam 08.30 pagi dan berakhir jam 17.00, dengan 1 jam makan siang dan 2 kali Coffee Break @ 15 menit.
- Lebih dari 50% waktu digunakan untuk Latihan dan Praktek peserta (Lihat : Agenda Program)
PROGRAM AGENDA Day 1 08.30 – 10.00 : - Opening speech oleh Management
- Relaxation music : merangsang belajar dengan otak kanan
- Ice Breaking : test Lstening Ability
- Pendahuluan Program (latar belakang dan sasaran)
- Garis besar materi program
- Latihan 1 Pre- Test : Peserta diminta membuat Report yg biasa dilakukan
10.15 – 12.00 : - Pengertian “Effective Report”
- Hakekat “Report” yang akan dipelajari
- Substansi (What) dan Tampilan (How) sebagai 2 aspek utama sebuah Report
- Games : Komando untuk menghindari ngantuk dan tetap bersemangat
- Mengenal 6 jenis Report (R1, R2, R3, R4, R5, dan R6)
- Aspek-aspek yang harus ada dalam masing-masing jenis Report
13.00 – 15.00 : - Latar belakang dan Sasaran dibuatnya Report.
- Pengertian Fakta, Data, Informasi, dan Opini
- Latihan 2 : Membedakan Data, Informasi, Opini dan Kesimpulan (latihan lisan)
- Bagaimana proses memperoleh Data (Fact Finding)
- Memahami syarat Data sebagai dasar membuat kesimpulan
15.15 – 17.00 : - Apa yang dimaksud dengan Kesimpulan dalam sebuah Report
- Ketentuan-ketentuan tentang Kesimpulan
- Mengenal 3 bentuk Kesimpulan, dan cara membuatnya (K1, K2, dan K3)
- Latihan 3 : Mengenal Data, Informasi, Opini dan Kesimpulan (dg Games)
- Proses penyaringan data, mencari penyebab (gap), dan menemukan solusi
Day 2 08.30 – 10.00 : - Proses membuat Rekomendasi kepada atasan sebagai proposal jalan keluar
- Latihan 4 : Proses penyaringan dan analisa data dan menetapkan jalan keluar
- Report hasil Pencapaian dari suatu proses (Laporan Prod, Sales dsbnya) – (R1)
- Progress Report dari suatu proses (Project, Program, Rencana Kerja) – (R2)
- Report tentang Situasi & Kondisi (seperti Kondisi Ekonomi Global dsbnya) – (R3)
10.15 – 12.00 : - News Letter (jnformasi tentang Perusahaan, Launching Program, dsbnya) – (R4)
- Report tentang suatu peristiwa (Berita / Reportase) – (R5)
- Report tentang Profile sebuah Perusahaan (Visi, Misi, Rugi / Laba, dll) – (R6)
- Games : Latihan berpikir out of the box (mencocokkan gambar kuda & joki nya)
- Contoh Format Report sesuai dengan jenisnya (sebagai Reading Material)
- Bagaimana memasukkan Adonan (Substansi Report) ke dalam Cetakan (Format)
13.00 – 15.00 : - Syarat-syarat Report agar mudah dibaca
- Pengelompokan Temuan (Data), Kesimpulan, dan Jalan Keluar dalam Report
- Latihan 5 : Memasukkan substansi Report ke dalam Format Report
- Report dalam bentuk Surat dan Report (terpisah) sebagai Lampiran
- Bagaimana membuat Bagian Pendahuluan Report (yang diminta dan yang tidak)
15.15 – 17.00 : - Penggunaan Bahasa Formal dan Semi Formal dalam Report
- Penggunaan istilah dan Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD)
- Games : Mengetest ketelitian (hitung angka 1 s/d 100)
- Mengenal System Penomoran Report
- Bagaimana membuat Report dalam bentuk Bahan Presentasi
- Latihan 6 : Post – Test
PERSYARATAN PESERTA :
Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook WORKSHOP LEADER :
| Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 2.500.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 28 Sep 2014) Rp. 2.750.000 ,- (REG before 24 Sep 2014; payment before 28 Sep 2014) Rp. 3.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 8 Oct 2014) Rp. 3.575.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Modern Office Administration For Executive Secretary and Executive Administration | The Park Lane Hotel , Jakarta, 15-16 Oct 2014 | Early Bird : Rp. 2.750.000,- | | Saat ini seorang sekretaris professional, tidak hanya menampilkan diri secara professional, tetapi harus juga mengetahui aktivitas kantor modern & computerize. Sekretaris professional harus tahu juga fungsi – fungsi dan kegiatan kantor modern, mampu melakukan filing secara baik, conventional maupun electronic. Mampu mengambil keputusan dengan tepat dan juga bisa mengelola waktu kerja dengan baik. Workshop ini mencoba memberi jawaban atas tuntutan – tuntan bagi seorang sekretaris professional untuk dapat berfungis di kantor pada era modern dan kompetitif. I. SASARAN PELATIHAN - Peserta memahami bagaimana aktivitas yang harus dilakukan dalam kantor modern
- Peserta memahami cara pengelolaan data dan informasi dalam kegiatan kantor
- Peserta memahami cara pengelolaan arsip secara konvensional maupun secara electronic
- Peserta memahami pentingnya pengelolaan waktu dan pengelolaan pertemuan bisnis secara efektif
II. MATERI YANG DIBAHAS 1. AKTIVITAS KANTOR MODERN - Organisasi dan perkantoran
- Esensi kantor modern
- Fungsi-fungsi manajemen perkantoran
2. AKTIVITAS SEKRETARIS DAN STAFF ADMINISTRASI - Kantor dan kegiatan administrasi
- Peran sekretaris dan staff administrasi dalam kantor modern
- Total image dalam aktivitas kantor
3. SISTIM INFORMASI DALAM AKTIVITAS KANTOR - Data dan informasi dalam kegiatan kantor
- Surat, korespondensi dan formulir dalam kantor
- System Operating Procedure (SOP) aktivitas kantor
4. FILLING SYSTEM & FILE MANAGEMENT - Management Record and Filling System
- Classification of File
- File storage media and Retention file period
5. ELECTRONIC FILE SYSTEM (EFS) - Characteristic of Electronic File System
- Prinsip-prisnsip EFS
- Pengenalan hard-ware dan Software EFS
6. PENGELOLAAN WAKTU YANG EFEKTIF DALAM KERJA - Karakteristik waktu sebagai sumber daya perusahaan
- Waktu dalam kendali dan diluar kendali
- Pengemndalian waktu dalam pekerjaan kantor
7. PERTEMUAN BISNIS DALAM AKTIVITAS KANTOR - Jenis-jenis pertemuan bisnis
- Mengelola rapat secara efektif
- Teknik pembuatan notulen yang baik
III. DURASI PELATIHAN : 2 (dua) Hari IV. METODE PELATIHAN : - Diskusi pelatihan
- Kasus dan analisis kuesioner
- Game dan latihan
Workshop Leader : | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Alumnus Universitas Indonesia, yang mendalami Ilmu Komunikasi di Pasca Sarjana UI ini tertarik dan terjun di bidang Manajemen sebagai Konsultan / Fasilitator Training sejak tahun 1984.Beberapa perusahaan yang pernah dan masihmenggunakan jasanya antara lain adalah Bank Indonesia, BCA, PT. Indosat Tbk, Pertamina, PT.SMART Tbk, PT. Freeport, PT. HM Sampoerna , Indomobil, Pt Kertas Karft Aceh, PT. Unilever Indonesia, PT. Timah Tbk, RCTI, PT. Samudra Indonesia, BAPPENAS, Bank Mandiri dan lain-lain. | Training Fee | Rp. 2.500.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 5 Oct 2014) Rp. 2.750.000 ,- (REG before 1 Oct 2014; payment before 5 Oct 2014) Rp. 3.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 15 Oct 2014) Rp. 3.575.000 ,- (Full fare) | | Special Package : Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com Contact Us ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 Contact Person : Ms. Riri & Ms. Ori | | More Training on 2014 | Tanggal | Topik | Trainer | Early Bird | Status | 8-9 Oct 2014 | Report Writing | Semba Biawan | Rp. 4.250.000 | Confirm Running | 15-16 Oct 2014 | Modern Office Administration For Executive Secretary and Executive Administration | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 6-7 Oct 2014 | Comprehensive Managerial Skills & Leadership Training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 3.050.000 | Confirm Running | 23-24 Oct 2014 | Comprehensive HRIS (Human Resources Information System) | Cecilia Sri Hayani | Rp. 3.500.000 | Confirm Running | 9 Oct 2014 | Aspek Hukum Penanganan Kredit Bermasalah Secara Efektif | Fachri Ferdian Fachrul, SH, MH | Rp. 1.950.000 | Confirm Running | 1-2 Oct 2014 | Powerful Data Analysis & Reporting With Ms. Excell 2007 | ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 27-28 Oct 2014 | Executive Corporate Law for Non Lawyer | Dr. Suyud Margono, SH., MHum., CIArb. | Rp. 3.500.000 | Confirm Running | 2-3 Oct 2014 | Basic HSE | Ir. Dwi Handaya, MK3 | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 6-7 Oct 2014 | Audit Teknologi Informasi | Goutama Bachtiar | Rp. 3.050.000 | Confirm Running | 16-17 Oct 2014 | Audit Internal RSPO dan ISPO | Thomas Hidayat Kurniawan, Ir, MM | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 1-2 Oct 2014 | Man Power Analysis & Workload Analysis | Adi Mardianto | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 13 Oct 2014 | Organizational Culture Profile | Dra. H. Umi Mahmudah Hani, Psi. | Rp. 1.950.000 | Confirm Running | 12 Nov 2014 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Yodhia Antariksa, Msc in HR | Rp. 1.950.000 | Almost Running | 8-9 Oct 2014 | Comprehensive Supervisory Skills training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 2.750.000 | Almost Running | 5-6 Nov 2014 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.050.000 | Almost Running | ©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar