Rabu, 17 September 2014

Almost Running : 1. Sourcing & Vendor Selection 2. Excel 2007 3.Workload Analysis

 
First Class Training
Website : www.platinumtraining.co.id
Find us on Facebook  Follow us on Twitter
 
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
 
       
   2 Day Workshop

STRATEGIC SOURCING & VENDOR SELECTION METHODS
Five Star Hotels, 18-19 Sep 2014

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest September 16th 2014)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  
Untuk memilih vendor/supplier yang dapat diandalkan dengan produk terbaik & jasa, spesifikasi yang tepat, kualitas yang tepat, ketepatan waktu pengiriman, layanan terbaik, dan juga harga yang terbaik, maka perusahaan harus melakukan proses seleksi dan evaluasi vendor/supplier secara komprehensif diukur dengan metode yang tepat.

Kelalaian dalam proses sourcing akan mengakibatkan; vendor/supplier yang tidak berkualitas & tidak profesional, produk & jasa yang bermasalah, sehingga berpotensi mengganggu proses operasional perusahaan, proses produksi, atau proyek yang sedang berlangsung.

 

TUJUAN DAN MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:

  1. Membuat Procurement Plan berdasarkan kriteria produk & jasa serta metode pembelian.
  2. Melakukan update berkala vendor/supplier list.
  3. Mengidentifikasi kandidat vendor/supplier yang qualified & capable.
  4. Mengimplementasikan metode evaluasi & inspeksi calon vendor/supplier dalam keseharian tugas.
  5. Membuat keputusan yang efektif & efisien dalam proses seleksi vendor/supplier.


METODE PELATIHAN

Class presentation, discussion, study analysis, dan video presentation, dengan konsep:

  1. 20% teori berdasarkan literatur praktisi
  2. 40% analisa best practices dan benchmarking antar industri
  3. 40% studi kasus nyata dan diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta


TARGET PESERTA

Para Profesional di bidang:

  1. Supply Chain/Logistics, Purchasing/Procurement, PPIC, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
  2. GA, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan.
  3. Project Manager, Internal Auditor, Compliance Unit.
  4. Supervisor/Manager terkait operasional Purchasing.
  5. Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.


OUTLINE PELATIHAN

HARI PERTAMA 

  1. Strategic Sourcing Management
  2. Project Procurement
  3. Methods of Vendor Selection
  4. Offering Analysis Methods: Breakdwon Cost, Owner Estimate, & Lumpsum Offering
  5. Case study & discussion sharing

HARI KEDUA

  1. Contractor Safety Management System
  2. Administration & Technical Evaluation
  3. Bidding Evaluation Methods
  4. Final Negotiation, Auction, Contract, & Order Decision
  5. Feed back & closing review


PEMBICARA


Deni Danasenjaya, SE. MM.

Telah bekerja dalam bidang logistik dan operasi perbankan sejak tahun 1995. Sejalan dengan itu pengalaman dia telah menjalankan berbagai program pelatihan di SCM, HSE serta strategi pengadaan logistik dan telah menulis beberapa artikel dan tulisan dengan topik di manajemen, biaya tersembunyi dalam distribusi dan transportasi, ISO 14000 dan logistik. Dia menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai Asisten Senior PT. Bank Inter-Pacific Tbk. sedangkan sebelumnya ia bekerja di PT. Bank Niaga Tbk dan Perusahaan Jasa Penyedia Logistik di Jakarta.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

MASTERING MICROSOFT EXCEL 2007 BEYOND FOR OFFICE AUTOMATION
Five Star Hotels, 26-27 Sep 2014

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest September 16th 2014)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

A.   BACKGROUND

Berdasarkan pengalaman mengadakan training di sejumlah perusahaan dari tahun 1993 - sekarang, muncul banyak permintaan dari sejumlah karyawan (accounting & finance, purchasing, production, sales, dll) akan adanya solusi yang efektif dan efisien untuk dapat melakukan otomatisasi pengolahan data dalam jumlah yang besar ( lebih dari 65.000 record ), yang sumber datanya dapat berupa file text atau format data dari hasil convert aplikasi program database lain.

Kemudian database hasil convert (import) tersebut harus dapat divalidasi secara cepat dan tepat agar dapat menghasilkan data yang benar.

Pengolahan data seperti itu tentunya tidak dapat dikerjakan oleh Ms.Excel XP, 2002 dan 2003. Sedangkan di Excel 2007 masalah-masalah tersebut semua dapat di atasi secara cepat dan tepat.


B.   OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Membaca dan memasukkan berbagai macam data : text file dan database yang lain yang jumlah record lebih dari 65.000 record ke dalam Excel 2007.
  2. Memaksimalkan penggunaan fungsi atau metode pengolahan dan validasi data yang ada dalam aplikasi Microsoft Excel, agar  pekerjaan pengolahan data menjadi jauh lebih cepat dan hasilnya lebih tepat.
  3. Melakukan disain, summary database dan query data.
  4. Membuat proses otomatisasi pekerjaan pengolahan data hanya dalam 1 penekanan tombol saja.
  5. Membuat rumus penting untuk pengolahan data tidak terlihat di lembar kerja yang aktif dantidak dapat diedit oleh user lain, kecuali oleh Anda.
  6. Membuat rumus untuk pengolahan data tidak dapat dicopy ke tempat lain oleh user lain, kecuali oleh Anda.
  7. Membuat laporan yang menarik, dinamis dan interaktif


C.   SYLLABUS

  1. What’s New in Excel 2007
  2. Read of Ribbon menu
  3. How using database import
  4. How using of Cell Address Automation.
  5. How using of Data Sort
  6. How using of Conditional Formatting
  7. How using of Consolidate method.
  8. How using of String Function
  9. How using of Numeric Function.
  10. How using of  Remove Duplicates Tools
  11. How using of Single and Multiple IF() Function.
  12. How using of Logic Operator AND and OR.
  13. How using of Table Function and Operational Table.
  14. How to make union field key
  15. How using Auto Filter with union field key
  16. How using of  PivotTable method.
  17. How using of  PivotChart method.
  18. How using of Format Cells for Locked and Hidden Cells
  19. How using of Using Allow Users to Edit Range ( Permission User Access Setting )
  20. How using of Protect Sheet ( Select Locked Cells and Select Unlocked Cells )
  21. How using of Understanding and Implementation Macro and Record Macro.
  22. Training evaluation

 

D.    AUDIENCE TARGET

        Staff dan Leader yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel ( Intermediate level )


E.    TRAINING METHOD :

  1. 25% Theory
  2. 75% Practices  (Case study of   Finance, HRD, Marketing, Production, Purchasing problems.
  3. Dynamic and interactive training presentation


Trainer Profile


ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain  di PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting. Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting.

Beliau termasuk dalam tim konsultan manajemen kearsipan dan pengembangan software EFIDMS (New EDMS).  Aktif di dalam proyek-proyek pelatihan dan konsultasi serta pengembangan dan implementasi Electronic Filing and Document Management System, baik di instansi pemerintah, swasta, organisasi perbankan dan asuransi.

Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :

IT Infastructure Library (ITIL v3.1), Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Best Practices Implementation of Word 2007 for Business, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with Access 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), Managing of Information Technology Investment.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   3 Day Workshop

ANALISIS BEBAN KERJA ( WORKLOAD ANALYSIS )
Five Star Hotels, 8-10 Oct 2014

Training Fee :
Rp. 8.000.000,- (On The Spot, payment at the latest September 16th 2014)
Rp. 8.800.000,- (Full fare)
  
       
  

Salah satu informasi strategis yang dibutuhkan untuk memampukan eksekusi strategi perusahaan adalah tersedianya informasi beban kerja pada tingkat pemegang jabatan atau unit kerja. Beban kerja yang dimaksudkan adalah informasi tentang rata-rata penggunaan waktu kerja para pemangku jabatan atau unit kerja untuk menyelesaikan tugas-tugas kedinasan agar memenuhi target kinerjanya. Beban kerja tersebut merupakan hasil dari rangkaian aktivitas yang dilakukan oleh pemangku jabatan atau kumpulan pekerja pada suatu unit kerja untuk menyelesaikan misi tugas kedinasannya.

Permasalahannya, informasi beban kerja yang dimiliki oleh perusahaan kerap dihasilkan dari kalkulasi beban kerja yang hanya memperhitungkan beban kerja fisik (misal mengangkut benda, merakit, mengetik) dari pemangku jabatan. Informasi beban kerja tersebut umumnya belum memperhitungkan beban mental/kognitif (seperti menganalisis dan mensintesa), beban yang ditimbulkan karena faktor kejar tayang (deadline), tingkat ketegangan (stress) dalam menyelesaikan tugas kedinasan, tingkat kepuasan pemangku jabatan. Padahal, praktek menunjukkan bahwa banyak proses bisnis perusahaan diselesaikan dengan mengandalkan para pekerja yang mengemban jabatan-jabatan yang menuntut kerja mental yang bervariasi, desakan kejar tayang, tingkat stress yang tinggi, dan berbagai tingkat kepuasan kerja.

Selain itu, informasi beban kerja yang diukur kerap belum didukung oleh pedoman baku perusahaan bagaimana seharusnya menghitung nilai beban kerja jabatan dengan memerhatikan faktor-faktor kunci penyelesaian tugas kedinasan. Padahal, tanpa informasi beban kerja yang cukup akurat sulit bagi perusahaan mengelola serangkaian prioritas pengalokasian sumber dayanya pada berbagai proses bisnisnya agar mampu memenuhi target-target kinerjanya. Perusahaan juga dinilai tidak mempunyai dasar yang akurat dan disepakati bersama tentang kebutuhan pekerja yang perlu dialokasikan secara wajar pada suatu jabatan atau unit kerja. Implikasi lebih jauhnya dapat diduga bahwa upaya manpower planning (MPP) perusahaan dapat menghasilkan estimasi bias pada perencanaan kebutuhan pekerja dari  tingkat kebutuhan pekerja yang seharusnya di tahun-tahun mendatang bila upaya MPP tersebut belum mempertimbangkan informasi beban kerja jabatan atau unit kerja. Bahkan penelitian dan praktek MPP juga menunjukkan bahwa MPP yang disusun oleh perusahaan kerap belum mempertimbangkan keselarasan antara strategi perusahaan dengan informasi estimasi beban kerja di tahun-tahun mendatang.

Tujuan utama dari workshop ABK ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang metodologi ABK yang sejalan dengan prinsip-prinsip sahih (proven) pengukuran beban kerja.

 

II.                  APA SAJA TUJUAN WORKSHOP

Secara lebih spesifik, tujuan workshop 3 (tiga) hari kerja adalah agar peserta setelah mengikuti workshop ini:

  1. Memahami secara lebih baik konsep dan prinsip sahih analisis beban kerja (ABK)
  2. Memahami secara lebih baik konsep dan prinsip man power planning berbasis ABK
  3. Mampu mendiagnose penyebab tinggi atau rendahnya beban kerja pekerja atau unit kerja dalam menyelesaikan tugas kedinasan
  4. Mampu memperkirakan beban kerja pekerja di suatu jabatan atau unit kerja di masa kini dan di tahun-tahun mendatang yang sejalan dengan strategi perusahaan
  5. Mampu menentukan kebutuhan pekerja berbasis ABK di tahun kini dan mendatang untuk MPP pada suatu jabatan atau unit kerja dengan mempertimbangkan strategi perusahaan dan estimasi pekerja yang akan pensiun

 

III.               APA SAJA AGENDA KEGIATAN PELATIHAN ?

Kegiatan workshop 3 (tiga) hari kerja mempunyai agenda sebagai berikut :

Hari ke 1 :

  1. Konsep dan prinsip prinsip ABK
  2. Diagnose beban kerja suatu jabatan
  3. Teknik pengukuran beban kerja (1)

Hari ke 2 :

  1. Teknik pengukuran beban kerja (2)
  2. Simulasi pengukuran dan analisa beban kerja 
  3. Simulasi pengukuran dan analisa beban kerja dengan pengamatan teknologi kamera

hari ke 3 :

  1. Metode proyeksi kebutuhan pegawai berbasis ABK
  2. Manpower planning berbasis ABK : Penentuan kebutuhan rekrutment pegawai baru

 

Workload Leader :


Dr. Ir. Budhi Prihartono, DEA

Instruktur mempunyai pengalaman luas dalam memberikan jasa konsultasi ABK atau Manpower Planning berbasis ABK. Berikut ini adalah pengalaman Instruktur dalam memberikan konsultasi di berbagai perusahaan swasta, BUMN, dan lembaga pemerintah.

  1. ANALISIS BEBAN KERJA PT PELINDO II (PERSERO), 1992
  2. PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI BERBASIS ABK PT PAL (PERSERO), 1999
  3. PEMETAAN KEBUTUHAN PEGAWAI DENGAN PENDEKATAN ABK BPPT, 2002
  4. ANALISIS BEBAN KERJA RUMAH SAKIT DR. SARDJITO, 2003
  5. ANALISIS BEBAN KERJA DAN MAN POWER PLANNING PT POS INDONESIA (Persero), 2003
  6. ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN PT. MEDIA TELEVISI INDONESIA (METRO TV),  2004
  7. ANALISIS BEBAN KERJA DAN MAN POWER PLANNING PT BANK DKI, 2004
  8. PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI BERBASIS ABK PT JASA MARGA (PERSERO), 2004
  9. PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI PT MULTI TERMINAL INDONESIA (PERSERO), 2006
  10. ANALISIS BEBAN KERJA BP MIGAS, 2007
  11. PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI DENGAN PENDEKATAN ABK DI PT. TASPEN (PERSERO), 2007
  12. ANALISA BEBAN KERJA PT. MEDCO E & P, 2007
  13. ANALISA BEBAN KERJA PT. PELABUHAN INDONESIA I (PERSERO), 2007
  14. ANALISA BEBAN KERJA PT. LATINUSA, 2008
  15. PERENCANAAN KEBUTUHAN PEGAWAI DENGAN PENDEKATAN ABK KPK (KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI), 2008
  16. MAN POWER PLANNING BERBASIS ABK PT. PERTAMINA EP, 2009.
  17. ANALISIS BEBAN KERJA PT INDONESIA POWER, 2010
  18. ANALISIS BEBAN KERJA PT ICON PLUS, 2010
  19. ANALISIS BEBAN KERJA PT PEMBANGKIT JAWA BALI, 2010
  20. ANALISIS BEBAN KERJA DAN MAN POWER PLANNING PT SEMEN GRESIK (Persero), 2011
  21. ANALISIS BEBAN KERJA DAN MAN POWER PLANNING PT SEMEN PADANG (Persero), 2011
  22. ANALISIS BEBAN KERJA DAN MAN POWER PLANNING PT SEMEN TONASA (Persero), 2011
  23. ANALISIS BEBAN KERJA DAN MAN POWER PLANNING PT APLIKASINUSA LINTASARTA, 2012
  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
More Topics on 2014

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219
Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Mr. Agus
Platinum Training | Consultant | PT | 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar