Selasa, 13 Mei 2014

***SPAM*** Almost Running : 1. Handling Customer Complaint 2. Advanced SOP Writing

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
2 Day Workshop
Handling Customer Complaint
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/Swiss-Belhotel, Jakarta , 19-20 Jun 2014
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

Memahami Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) memiliki arti penting terhadap perkembangan perusahaan.  Oleh karena itu untuk sadar akan perannya sebagai ujung tombak perusahaan sangatlah diperlukan sehingga dapat lebih bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pelayanan.

Untuk itu, para front-liners ataupun mereka yang berperan sebagai ujung tombak untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan, memerlukan keterampilan  dalam menerapkan tehnik-tehnik interaksi dan komunikasi efektif dalam proses memberi pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik menangani keluhan (Customer Complaint)

 

Outline : 

  1. Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
  2. Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)
  3. Bagaimana membentuk paradigma “melayani” 
  4. Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) 
  5. Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
  6. Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan
  7. Bukan  “Company Driven” tapi “Customers Driven”
  8. Pemanfaatan Sumber Daya dalam memberi kepuasan kepada pelanggan
  9. Hubungan antara Organisasi, System, Sarana serta Faktor Manusia terhadap mutu pelayanan
  10. Contoh kombinasi aspek System dan aspek Sarana dalam proses memberi pelayanan
  11. Contoh kombinasi aspek Sytem dan aspek Manusia dalam proses memberi pelayanan
  12. Proses merancang Organisasi dan System Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
  13. Proses menyiapkan Manusia dan Sarana Kerja dalam  memenuhi Harapan Pelanggan
  14. Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi & Komunkasi
  15. Prinsip Dasar Komunikasi Efektif
  16. Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi pelayanan 
  17. Pengertian “Personalized Service”
  18. Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (complaint)
  19. Pengertian  “Moment Of Truth” dan hubungannya dengan : Mouth To Mouth Promotion”   
  20. Harapan pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
  21. Bagaimana harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan 
  22. Contoh kalimat yang digunakan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan  
  23. Data statistik tentang mengapa pelanggan lari
  24. Penggunaan “LAER Process” dalam menangani complaint 
  25. Pengertian “Mendengar Aktif”
  26. Tehnik menyatakan sikap “Empathy”  terhadap kekecewaan pelanggan
  27. Mengenal Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar masalah 
  28. Bagaimana melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan
  29. Tindak lanjut dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”

 

Agenda Program :

1.      08.30 – 10.00  :

  • Sambutan Selamat Datang oleh Organizer
  • Pendahuluan (latar belakang & sasaran program)
  • Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
  • Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)
  • Bagaimana membentuk paradigma “melayani” 
  • Latihan 1 : Membuat daftar jenis pelanggan serta jenis pelayanan yang diberikan

2.      10.15 – 12.00  :

  • - Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) 
  • - Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
  • - Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan
  • - Bukan sekedar memenuhi harapan, tapi melampaui harapan (pelayanan ekstra) 
  • - Bukan  “Company Driven” tapi “Customers Driven”
  • - Latihan 2 : Hal-hal yg menjadi harapan Pelanggan anda, dan apa yg telah dilakukan utk memenuhinya 

3.      13.00 – 15.00  :

  • Sumber daya yang diperlukan dalam memberi kepuasan kepada pelanggan
  • Hubungan antara Organisasi dan Kebijakan Perusahaan terhadap mutu pelayanan
  • Peran System Kerja dalam memberi kemudahan kepada pelanggan 
  • Hubungan antara dan Sarana Kerja dan Kepuasan Pelanggan 
  • Peran Faktor Manusia sebagai pemberi pelayanan dalam memenuhi Harapan Pelanggan
  • Latihan 3 : Identifikasi: Kebijakan, System, Sarana, dan Mutu Manusia, yg perlu dikembangkan di tempat anda

4.      15.15 – 17.00  :

  • Contoh kombinasi aspek System dan aspek Sarana dalam proses memberi pelayanan
  • Contoh kombinasi aspek Sytem dan aspek Manusia dalam proses memberi pelayanan
  • Proses merancang Organisasi dan System Kerja dalam memenuhi Harapan Pelanggan
  • Proses menyiapkan Manusia dan Sarana Kerja dalam  memenuhi Harapan Pelanggan
  • Latihan 4 : Rancang Organisasi, System, serta faktor manusia dan Sarana yg diperlukan (Lihat Latihan 3)

5.      08.30 – 10.00  :

  • Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi & Komunkasi
  • Prinsip Dasar Komunikasi Efektif
  • Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sebagai dasar dalam memberi  pelayanan 
  • Pengertian “Personalized Service”
  • Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan dan keluhan (complaint)
  • Pengertian  “Moment Of Truth” dan hubungannya dengan : Mouth To Mouth Promotion”  

6.      10.15 – 12.00  :

  • Harapan pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
  • Bagaimana harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan 
  • Contoh kalimat yang digunalkan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan  
  • Mengapa pelanggan menyampaikan ketidakpuasannya (complaint) 
  • Data statistik tentang mengapa pelanggan lari
  • Latihan  5 : Membuat Jenis ketidakpuasan (keluhan/complaint) pelanggan terhadap   Perusahaan anda           

7.      13.00 – 15.00  :

  • Penggunaan “LAER Process” dalam menangani complaint   
  • Pengertian “Mendengar Aktif”
  • Tehnik menyatakan sikap “Empathy”  terhadap kekecewaan pelanggan
  • Mengenal Jenis Pertanyaan serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar masalah 
  • Bagaimana melakukan respons dengan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan
  • Tidak lanjut dan Cek Pelaksanaan sebagai kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”

8.      15.15 – 17.00  :

  • Latihan 6 : - Sepasang  peserta menyiapkan Rencana Handling Complaint
  • Kemudian Role Play di depan kelas, satu sebagai Pelanggan, dan satu sebagai Petugas
  • Peran masing-masing kemudian dibalik. Yg pelanggan menjadi Petugas dan sebaliknya
  • Peserta lain melakukan evaluasi dengan menggunakan form evaluasi terlampir

 

Workshop Leader :

Semba Biawan

Semba Biawan  memulai karir professionalnya sebagai Manager Sumber Daya Manusia di sebuah Perusahaan Tekstil pada lebih dari tigapuluh tiga tahun yang lalu.

Dan kurang lebih sepuluh tahun terakhir - sebelum ia memasuki masa bebas tugas, ia berkiprah di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia  Kantor Pusat Jakarta sebagai National Learning & Development Manager, di mana aktif terlibat dalam proses merancang (designing)  dan memberikan (launching & delivering) Program Training kepada karyawan Coca-Cola di seluruh Indonesia, khususnya program-program di bidang Sales & Distribusi. Sebelumnya selama kurang lebih duabelas tahun  memegang tanggung jawab bidang Human Resources, sebagai Human Resources Manager di beberapa hotel bintang 4 – 5 yang memiliki mata rantai internasional.

Ia memperoleh pendidikan di National Hotel Institute Bandung (best student) pada lebih dari tigapuluh tiga tahun lalu, yang selanjutnya yang bersangkutan berkesempatan memperoleh berbagai Program Pengembangan Manajemen  baik dari dalam maupun luar negeri, yang antara lain dari Lausanne Hotel School, Swtzerland (best student), dari DDI Hongkong, dari Pacific Institute, Australia, dan dari Asian Institute Of Management (AIM), Manila, Pilipina.

Selama sembilan tahun terakhir, sebagai Senior Consultant di bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia, Semba Biawan aktif merancang dan memberikan Program Training, baik di perusahaan-perusahaan (In-House Program), maupun Program untuk publik (Public Training), dan telah memberi training kepada ribuan orang dari ratusan perusahaan, di samping sebagai Speaker di seminar-seminar manajemen.

Ada lebih dari tigapuluh Program Training yang telah dirancang sendiri dan diberikan kepada perusahaan yang membutuhkan, yang dikelompokkan ke dalam tiga katagori yaitu : Kelompok Leadership & Communication, Kelompok Sales, Distribution, dan Customer Service, serta Kelompok  Human Resources & Training  Management System.

Semba Biawan hoby menulis, dan sejak 1970 banyak puisi, cerita pendek, serta artikel telah dimuat di beberapa majalah dan surat kabar (di antaranya artikel di majalah Psikologi ANDA dan majalah SWA). Terakhir ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi  yang berjudul ”Your Words, Your Power” yang diterbitkan oleh Grup Gramedia.  

Training Fee

Rp. 3.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 9 Jun 2014)
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 5 Jun 2014; payment before 9 Jun 2014)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 19 Jun 2014)
Rp. 4.125.000 ,- (Full fare)

1 Day Workshop
Advanced SOP Writing
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/Swiss-Belhotel, Jakarta , 3 Jul 2014
Early Bird : Rp. 1.750.000,-
 

Mengapa seringkali Standard Operating Procedure di tempat kerja menjadi counter-productive? Ada tetapi tidak digunakan, ada tetapi pengguna ragu-ragu apakah berisi panduan yang updated.

SOP tidak sama dengan Prosedur, apabila Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adalah karena dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna.

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauhmana ia memberi nilai tambah b) sejauhmana ia dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

SOP yang dapat juga disederhanakan sebagai Who does What and How menjadi tidak terarah apabila 1) tidak dikerndalikan 2) tidak dibuat dengan cara yang tepat sesuai kompleksitas bisnis 3) tidak dinamis.

Standard Operating Procedure adalah salah satu metode kerja yang dibuat untuk memastikan proses bisnis berjalan sesuai dengan rencana dan aturan-aturan dan untuk kepuasan pelanggan; baik eksternal maupun internal.Penyusunan SOP yang mudah dibaca dan dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar departemen.

Pelatihan 4 jam efektif SOP Lifecycle membuat perusahaan/organisasi menjalankan proses bisnisnya lebih efektif dan efisien. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat mengendalikan, merevisi dan memantau dalamsebuah siklus-SOP Lifecycle.

 

Agenda

1. Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000

Sesi ini membekali peserta dengan persespi umum mengenai filosofi SOP mulai dari pemahaman peristilahan (misalnya: manajemen, system, proses, dokumen, record, prosedir, instruksi kerja dll) hingga pendekatan penulisan SOP berdasarkan standar internasional ISO 9000.

(Video-based learning, SOP 301: Video SOP Fundamentals)

2. SOP Lifecycle

Peserta ditunjukkan dengan berbagai SOP yang tidak dinamis, SOP yang dibuat berdasarkan Write what you do! Dan peserta diajak merubah salah satu SOP tersebut menjadi SOP yang dinamis dan mengikuti siklus SOP Lifecycle

(Video-based learning, SOP 302: Video SOP Lifecycle)

3. Business process mapping (BPM), analisa keefektifan proses bisnis

Pada sesi ini peserta memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari tingkat tertinggi hingga terendah, peserta berlatih memetakkan proses bisnis sebuah organisasi kelas menengah dagang mebel dan berlatih membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), latihan selanjutnya adalah menetapkan proses kerja yang memerlukan SOP, KPI, dan SLA. Peserta mempelajari jenis process modelling. Peserta diajak membuat BPM As Is dan Should-Be.

(Video-based learning, SOP 303: Business Process mapping)

4. SOP Tehnis v.s SOP Administratif

Secara umum terdapat dua jenis SOP yaitu Tehnis dan Administratif, SOP Tehnis merupakan SOP operasional yang mendukung proses inti, dan SOP Adminstratif bersifat pendukung. Peserta, pada sesi ini berlatih merancang dan menyelesaikan kedua jenis SOP tersebut.

(Video-based learning, SOP 304: Video SOP Adminstrative dan Technical)

5. Format SOP: Simple steps, hierarchy, flowchart, graphical dan video

Pada sesi ini peserta mempelajari dan membuat sedikitnya 2 format SOP, simple steps, hierarchical, flow-chart, graphical dan video. Fasilitator memperagakan bagiamana membuat graphical SOP untuk jenis SOP administratif (SOP Penanganan keluhan pelanggan, SOP Pembelian)

(Video-based learning, SOP 305: Video SOP Anatomy, Type and Formats)

6. Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP

Peserta, pada sesi ini, berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan concised, Fasilitator memberikan contoh beberapa SOP yang ditulis secara tidak efektif, SOP yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang berputar-putar. Pada sesi ini juga, peserta memahami elelemen-elemen SOP dan atribut pengendali (nama, nomor, tanggal efektif, tanggal kadaluarsa dll)

(Video-based learning, SOP 306: Video SOP Writing Convention)

7. Menentukan dan memilih  tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do

SOP mempunyai format yang bermacam dan berbeda-beda dan untuk pengguna yang berbeda juga—setidaknya Pengguna pemula dan Pengguna ahli, seringkali Pengguna pemula memerlukan SOP yang rinci dan dalam sedangkan Pengguna ahli hanya memerlukan langkah besarnya saja. Pada sesi ini peserta berlatih membuat SOP dengan dua macam kedalaman.

8. Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui

Sesi ini berhubungan dengan SOP lifecycle, peserta membuat rencana tindak-lanjut di tempat kerja dengan merancang SOP yang dinamis.

9. Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll

Dengan template yang disediakan oleh fasilitator, peserta diajak berlatih membuat SOP operasional, latihan-latihan ini akan menjadi bekal dalam merevisi atau menulis ulang SOP yang ada di perusahaan masing-masing.

 

Persyaratan

Pelatihan ini dirancang bagi mereka yang sudah pernah membuat SOP atau terlibat dalam tim penulisan SOP.

 

Fasilitas

Peserta mendapat sebuah Workshop kit berisi materi hardcopy, CD berisi kumpulan contoh SOP, jenis SOP, panduan menulis SOP (SOP penulisan SOP), sertifikat, makan siang dan snacks.

 

Fasilitator :

Ady A Subagya

Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz. Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Badan Pemeriksa Keuangan, Bank Artha Graha, Indosat, LAPAN, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya

Training Fee

Rp. 1.500.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 23 Jun 2014)
Rp. 1.750.000 ,- (REG before 19 Jun 2014; payment before 23 Jun 2014)
Rp. 2.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 1 Jan 1970)
Rp. 2.475.000 ,- (Full fare)


Venue

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

Training Series

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
Special Package
Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com
Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Mrs. Riri & Ms. Ori

Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
 
More Training on 2014
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
21 May 2014 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Yodhia Antariksa, Msc in HR Rp. 1.950.000 Confirm Running
19 May 2014 Modern HSE Management System Dally M. Subagijo Rp. 1.750.000 Confirm Running
19 May 2014 Basic Supervisory Training G. Suardhika, MBA. Rp. 1.750.000 Confirm Running
21-22 May 2014 Business Contract : Drafting and Reviewing Fachri Ferdian Fachrul, SH, MH Rp. 3.250.000 Confirm Running
22 May 2014 Becoming Professional G. Suardhika, MBA. Rp. 1.750.000 Confirm Running
9-10 Jun 2014 Effective Time Management & Delegation G. Suardhika, MBA. Rp. 2.750.000 Confirm Running
12-13 Jun 2014 Know Your Customer and Anti Money Laundering Kurnia Hadi Rp. 3.750.000 Confirm Running
20-21 Jun 2014 Certified Career & Talent Management Specialist Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.500.000 Confirm Running
30-31 May 2014 Certified Performance Management Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.500.000 Confirm Running
26-27 Jun 2014 Effective Presentation Skills ADI WIJAKSANA, Drs.Psi, CH, CHT Rp. 2.750.000 Confirm Running
12-13 Jun 2014 Certified of Business Development Specialist   Rp. 3.500.000 Confirm Running
16-17 Jun 2014 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 2.750.000 Almost Running
21-22 May 2014 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 2.750.000 Almost Running
1-2 Jul 2014 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.050.000 Almost Running
4-5 Jul 2014 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.050.000 Almost Running
©Copyright 2010 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar