Kamis, 08 Oktober 2015

***SPAM*** Almost Running : 1.Electronic Filing 2.Compensation & Benefit 3.Lean Logistic

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based on Document Regulation
The Park Lane Hotel , Jakarta, 15-16 Oct 2015
Early Bird : Rp. 3.550.000,-
 

Arsip merupakan rekaman informasi penting yang umumnya digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan kegiatan dalam suatu organisasi. Dengan memanfaatkan arsip seoptimal mungkin dapat dicapai tujuan manajemen modern yaitu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat serta pengawasan yang ketat.

Ketika pemberkasan arsip sudah makin bertambah, jika tidak dikelola dengan baik, maka pertumbuhan arsip sudah tidak bisa lagi dikendalikan.

Mengingat pentingnya arsip dalam suatu organisasi maka kegiatan penataan arsip harus dilakukan sesuai prinsip dan tujuan dari manajemen kearsipan, yaitu dapat menyediakan arsip dengan cepat, tepat, lengkap dan efisien.

Penataan arsip pada dasarnya merupakan suatu teknik atau cara pengaturan dan penyimpanan arsip secara logis dan sistematis. Ada 2 metode sistem yang dapat diterapkan dalam kegiatan penataan arsip yaitu Records Management System (RMS) dan Electronic Filing System (EFS).

Records Management System (Sistem Manajemen Kearsipan) disahkan dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012.

Electronic Filing System (Sistem Penataan File secara elektronik) disahkan dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012. Di dalam sistem ini terdapat penerapan Electronic Imaging System agar organisasi memiliki digital copy yang praktis dan tidak membutuhkan tempat fisik tertentu dan hasilnyapun jauh lebih efektif karena file hasil scan dapat ditelusuri dan ditemukan kembali pada saat diperlukan dengan waktu yang singkat.

Apabila ke-2 metode penataan arsip diatas dapat diterapkan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan organisasi, maka dapat meningkatkan kinerja pelayanan dan efisiensi tempat penyimpanan arsip dari organisasi tersebut.

Tujuan Pelatihan     

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami regulasi kearsipan terakhir yang sudah diberlakukan di Republik Indonesia beserta struktur perundang-undangannya.
  2. Memahami pengertian Kearsipan, Arsip dinamis, Arsip aktif, Arsip inaktif, Arsip vital, Arsip static, Unit pengolah, Unit kearsipan, Jadwal Retensi Arsip, Penyusutan arsip, Pemusnahan arsip Penyerahan arsip statis, Pemeliharaan arsip, Penggunaan arsip, Pemberkasan, Retensi arsip berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.
  3. Memahami konsep model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan.
  4. Mengetahui contoh SOP Manajemen Kearsipan yang cukup lengkap.
  5. Memahami konsep model records continuous model (model arsip berkelanjutan) pada sistem manajemen arsip elektronis.
  6. Memahami pengertian dari konsep electronic imaging system.
  7. Memahami pentingnya electronic imaging system diimplementasikan di semua organisasi.
  8. Mampu membuat document digital hasil scanning yang bisa dicopy textnya (dibaca secara content).
  9. Mampu menambahkan keterangan dan tanda tangan digital yang diproteksi dengan password pada document digital.
  10. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.
  11. Memahami implementasi dari penggunaan software aplikasi EFIDMS (Electronic Filing with Integrated Document Management System) baik untuk modul Electronic Document Management System, modul Electronic Imaging System dan modul Record Management System.

Outline Materi

  1. Struktur perundang-undangan yang diberlakukan di Republik Indonesia.
  2. Pemaparan dari isi Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan penjelasan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang tersebut dalam pengertian secara umum sebagai berikut :
    • Kearsipan,
    • Arsip dinamis,
    • Arsip aktif,
    • Arsip inaktif,
    • Arsip vital,
    • Arsip statis,
    • Unit pengolah,
    • Unit kearsipan,
    • Jadwal Retensi Arsip,
    • Penyusutan arsip,
    • Pemusnahan arsip
    • Penyerahan arsip statis,
    • Pemeliharaan arsip,
    • Penggunaan arsip,
    • Pemberkasan,
    • Retensi arsip
  3. Model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan.
  4. Contoh SOP Manajemen Kearsipan.
  5. Model records continuous model  pada sistem manajemen arsip elektronis.
  6. Electronic Imaging System.
  7. Pentingnya Electronic Imaging System diimplementasikan di semua organisasi.
  8. Membuat digital document (OCR Scanning) dalam format .PDF Edited.
  9. Menambahkan text pada digital document.
  10. Memasukan digital assign yang sudah diproteksi ke dalam digital document .
  11. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.
  12. Aplikasi untuk Records Management System dalam EFIDMS software.
  13. Aplikasi untuk Electronic Document Management System dalam EFIDMS software.
  14. Aplikasi untuk Electronic Imaging System dalam EFIDMS software.
  15. Langkah-langkah operasional untuk mengatur Level  Security User Access Application.
  16. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk  Document Control process.
  17. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Distribution process.
  18. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Update process.
  19. Melakukan Proses Document Searching secara cepat (soft and hard) berdasarkan 5 metode.
  20. Document  Capture Process baik melalui scanner ataupun melalui digital cameras, kemudian  di-convert menjadi  document microsoft office (XP, 2003, 2007, 2010).
  21. Pemilihan dan pengambilan dokumen secara cepat dan tepat untuk dikirimkan via e-mail langsung dari aplikasi EFIDMS software.

Peserta

        Staff atau Leader yang bertanggung jawab dalam proses filing document

Durasi Pelatihan

    2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

Metode Pelatihan

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan
Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

Facilitator

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain  di PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting. Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting.

Beliau termasuk dalam tim konsultan manajemen kearsipan dan pengembangan software EFIDMS (New EDMS).  Aktif di dalam proyek-proyek pelatihan dan konsultasi serta pengembangan dan implementasi Electronic Filing and Document Management System, baik di instansi pemerintah, swasta, organisasi perbankan dan asuransi.

Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :

IT Infastructure Library (ITIL v3.1), Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Best Practices Implementation of Word 2007 for Business, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with Access 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), Managing of Information Technology Investment.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Training Fee

Rp. 3.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 5 Oct 2015)
Rp. 3.550.000 ,- (REG before 1 Oct 2015; payment before 5 Oct 2015)
Rp. 3.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 15 Oct 2015)
Rp. 4.200.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Comprehensive Compensation & Benefit Course
InterContinental Hotel / The Park Lane Hotel / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 15-16 Oct 2015
Early Bird : Rp. 4.000.000,-
 

Perusahaan tidak dapat begitu saja menetapkan besaran gaji (upah) karyawannya, harus ada ukuran dan metoda yang mampu menggambarkan prinsip penggajian yang dirasa adil, serta konsisten dalam pelaksanaannya. Struktur penggajian sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti tingkat jabatan ( manajerial, non manajerial ), kompetensi, kinerja yang dihasilkan serta regulasi yang harus diikuti disamping kemampuan perusahaan untuk melaksanakannya.  Perlu adanya kebijakan dan struktur yang mampu mengakomodasikan faktor-faktor yang berpengaruh tersebut diatas. Agar penggajian cukup menarik minat calon karyawan  dan mampu mempertahankan karyawan yang berprestasi, selain memperhatikan regulasi yang berlaku serta kemampuan perusahaan, perlu juga memperhatikan kompetensi, pengalaman, posisi yang dijabat oleh karyawan yang bersangkutan, serta kinerja yang dihasilkan oleh karyawan yang bersangkutan, konsep ini lebih dikenal dengan konsep  3P, yaitu Pay for People, Pay for Position dan Pay for Performance.

Bagi mereka yang mengelola bidang Sumber Daya Manusia mutlak diperlukan landasan pemahaman dan sistematika proses penyusunan penggajian serta bagaimana pula cara membenahi struktur / susunan penggajian yang masih dirasakan tidak memenuhi prinsip-prinsip penggajian (pengupahan) yang adil, sederhana, tertib dalam pengadministrasian, melindungi sumber daya perusahaan, akuntabel dll.

Sasaran Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan :

  1. Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian mulai dari Job Analysis, Job Evaluation, Job Grading sampai dengan penyusunan struktur penggajian.
  2. Memahami pentingnya Job Description dalam penyusunan struktur penggajian
  3. Mengetahui pengaruh Performance Appraisal dalam kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan.
  4. Mengetahui serta memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non manajerial
  5. Mengetahui serta memahami non functional management yang minimal harus dikuasai dalam posisinya sebagai seorang manager.

Outline Materi

  1. Sistematika serta langkah-langkah menuju ke penyusunan Penggajian
  2. Mengenal Analisa dan Evaluasi Jabatan
  3. Job Grading sebagai piranti dalam penyusunan Struktur Penggajian
  4. Pentingnya menetapkan Mid Point
  5. Compa Ratio sebagai alat bantu dalam menjaga keseimbangan penggajian
  6. Latihan-latihan praktis untuk lebih memahami sistematika diatas

Peserta

  • Para pimpinan perusahaan, HRD Manager, para manager yang menangani masalah penggajian
  • Siapa saja yang berminat untuk menambah wawasan tentang teknik penggajian 

Metode Pelatihan

Interaktif dimana peserta dengan bimbingan instruktur membahas hal-hal yang bersifat praktis serta membahas permasalahan yang sering dihadapi para peserta, untuk memudahkan dalam pelatihan, diharapkan peserta membawa laptop .

Persyaratan Training

" Peserta diwajibkan membawa Laptop"

Facilitator

Sih Hartono, SE., MM.

Telah memiliki pengalaman sebagai profesional HR di  beberapa industri selama lebih dari 11 tahun.  Beberapa Skills dan expertise beliau diantaranya : HR Management, Personel dan GA, HR Budgeting, Designing Job Grading, Salary Structure dan Industrial Relation. Dengan pengalaman dan expertise yang ia miliki dibuktikan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai perusahaan seperti : ASTRA Training Center, Mulia Industrindo Tbk, Lembaga Pengembangan Tenaga Kerja dan industri lainnya.

Training Fee

Rp. 3.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 5 Oct 2015)
Rp. 4.000.000 ,- (REG before 1 Oct 2015; payment before 5 Oct 2015)
Rp. 4.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 15 Oct 2015)
Rp. 4.845.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
The Principles of Lean Logistic
InterContinental Hotel / The Park Lane Hotel / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 15-16 Oct 2015
Early Bird : Rp. 3.550.000,-
 

Salah satu kesalahpahaman yang umum tentang Filosofi Lean adalah bahwa Konsep Lean hanya ditemukan pada aplikasi di dunia manufaktur. Padahal pada kenyataannya: dampak atau impact dari Filosofi dan konsep Lean begitu signifikan pada aktivitas logistik

Sasaran utama dari Konsep Lean dalam dunia logistik adalah eliminasi Waste (pemborosan), penurunan inventory WIP, penurunan Lead Time proses dan yang paling utama adalah meningkatkan aliran dan kapabilitas Rantai Supply (Supply Chain Capability and Flow)

“Logistics flow is a principal thing to lean thinking!”

Untuk membangun dan mengembangkan Pola Pikir Lean bukanlah hal yang instant & cepat. Organisasi harus membangun dan mengembangkan budaya Continuous Improvement (peningkatan sedidit tetapi terus menerus)

Tujuan Pelatihan

  1. Memperkenalkan konsep Lean Logistic & memberikan pemahaman bagaimana mengaplikasikan lean thinking dalam ruang lingkup logistic
  2. Mengembangkan strategi logistik untuk menanamkan disiplin dalam bidang logistik melalui prinsip-prinsip lean
  3. Mampu mengidentifikasi dan mengenal jenis-jenis pemborosan dalam aktivitas logistic
  4. Mengembangkan strategi dalam menekan pemborosan dalam ruang lingkup logistic

Metode Pelatihan

  • Dynamic class room learning
  • Brainstorming Technique & Session
  • Gemba (shop floor) exercise & practice
  • Mind mapping Technique

Outline Materi

Outline Day-1

Key Component

Topic Discussed/Delivered

Remark

About Lean

Mengapa harus Lean, Definisi & Benefit Lean

Slide & Lean sample in video

Exercise

Mengembangkan peluang dari Sasaran Lean Logistic

Flip Chart & Brainstorming

Lean Thinking: concept & principles

Gemba (shop floor) 5S, prinsip-prinsip dasar Kaizen (continuous improvement), The Basic of 7-waste, lean quote

Slide

Exercise

Pengembangan Visi dan Misi Departemen

Flip Chart & Brainstorming

Waste in Logistic

Detail The River of Waste (Pemborosan) dalam logistic: Inventory, Transportasi, Ruangan dan Fasilitas, Waktu, Pakaging, Administrasi dan Pengetahuan

Slide

Exercise

Identifikasi Waste dalam shop floor

Flip Chart & Mind Mapping

Essential Lean Tools in Logistic

Prinsip Dasar 5S, Visual Management, Value Stream mapping

 

Outline Day-2

Key Component

Topic Discussed/Delivered

Remark

Waste Elimination

Brainstorming Session – Lean Project Program for Lean Logistic

Mind Mapping Technique

Logistic Flow – The Asset Flow

1. People Flow – keterampilan SDM yang harus dikembangkan

2. Inventory Flow – Memahami Safety Stock & Inventory Management: ordering strategy, inventory Audit (Sistematic Cycle Count)

3. Fixed Resources Flow – The management of Warehouse, Facility and Equipment

 

Slide

Logistic Flow – The Information Flow

1. Data Flow – Decision based on accurate data

2. Knowledge Flow – Standardized Work & Continuous Improvement

3. Communication Flow – Hoshin Plan and Strategic Communication

Slide

Logistic Flow – The Financial Flow

1.COGS & Biaya Operational, Logistics Activities & Hidden Operating Costs

2. Inventory Carrying Cost & Ordering Cost

 

Slide

Application of Lean Logistic

Pull System & Consolidation Center

Slide & Video

KPI - Logistic

Mengenal KPI – Key Performance Indicator yang sesuai untuk Logistic

Slide

Exercise

Mengembangkan KPI Logistic yang sesuai

Flip Chart & Brainstorming

 

 

 

Facilitator

Ir. Imanadi
  • Lulus dari ITS Teknik Mesin di tahun 1993
  • Imanadi telah memberikan beberapa topik training in house di beberapa perusahaan nasional dan Multi National Company untuk fokus bisnis: procurement/purchasing, Soft Skill, warehouse & logistic, PPIC dan Quality sejak tahun 2008.
  • Imanadi mempunyai pengalaman selama 15 tahun dalam bidang manufacturing, Warehouse & Inventory Control, Quality Management System, Continuous Improvement Program, Department Improvement Program, Training & People Development di beberapa perusahaan MNC seperti AT&T (USA), Sinoca Electronics (Taiwan) Pirelli Cables (Italia) & Geomed (Jerman).
  • Selain sebagai public speaker/trainer, Imanadi juga merupakan anggota team trainer dari BBMI – Brain Booster Management Indonesia & BFC – Brain Focus Center, sebuah institusi yang fokus dalam pengembangan & peningkatan kinerja otak yang berpusat di Jakarta.
Training Fee

Rp. 3.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 5 Oct 2015)
Rp. 3.550.000 ,- (REG before 1 Oct 2015; payment before 5 Oct 2015)
Rp. 3.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 15 Oct 2015)
Rp. 4.295.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Mr. Fikri

More Training on 2015
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
15-16 Oct 2015 Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based on Document Regulation ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom Rp. 3.550.000 Confirm Running
20-21 Oct 2015 Studi Kelayakan Bisnis Subur Harahap, SE, Ak, Dipl.FP, MM, CFP Rp. 3.550.000 Confirm Running
12-13 Oct 2015 Budget Modelling using Ms. Excel Ghani Basyar S.E, M.M Rp. 3.550.000 Confirm Running
26-27 Oct 2015 Infographic for Creative Presentation Mr. Agus Gunawan Rp. 3.550.000 Confirm Running
28-29 Oct 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
5-6 Nov 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
3-4 Dec 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
3-4 Dec 2015 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.250.000 Almost Running
1-2 Dec 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
3-4 Nov 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
20-21 Oct 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
12-13 Nov 2015 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.450.000 Almost Running
4 Nov 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
2 Dec 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
4 Nov 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 2.450.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar