Jumat, 09 Oktober 2015

Almost Running : 1. Integrasi CoC dan SVLK 2. Grievance Mechanisme 3. Effective Delegation

 
Value Consult Public Training 
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Pemahaman Penerapan Integrasi CoC dan SVLK
InterContinental Hotel / The Park Lane Hotel / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 19-20 Oct 2015
Early Bird : Rp. 3.750.000,-
 

Pentingnya COC dan VLK

Saat ini sertifikat CoC FSC Dan  VLK  sudah menjadi  persyaratan dari buyer jika perusahaan kayu ingin memperoleh kontrak atau order.. Munculnya sikap konsumen tersebut berawal dari kesadaran bahwa kondisi lingkungan terutama hutan semakin memprihantinkan dimana jumlah hutan dan kualitas hutan sejaa tahun 1980an cenderung menurun. Hal tersebutlah yang membuat industri kayu harus menerapkan sistem manajemen Chain  of Custody  (CoC) standar FSC (Forest Stewardship Council) dan SVLK Peraturan Menteri Kehutanan.

Tujuan Pelatihan

Program bertujuan membantu perserta pelatihan  untuk :

  1. Memahami pentingnya COC FSC DAN SVLK Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia
  2. Memahami persyaratan persyaratan COC FSC DAN SVLK Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia
  3. Memahami tahapan dan teknik penerapan CoC  dan VLK
  4. Memahami sistem dokumentasi CoC dan VLK

Materi Pelatihan

Materi Pelatihan yang akan disampaikan mencakup sebagai berikut

  • Kebutuhan Dan Masalah Perdagangan hasil Hutan
    • Sejarah CoC FSC Dan SVLK
    • Definisi CoC FSC Dan SVLK
    • Lingkup CoC FSC Dan SVLK,
    • Manfaat CoC FSC Dan SVLK
    • Pentingnya Peduli Dan Paham CoC FSCdan VLK
  • Penerapan  Persyaratan persyaratan RSPO & ISPO
    • Prinsip Prinsip CoC FSC Dan SVLK
    • Pemahaman per Kriteria,  Indiikator, Verifier  CoC FSC Dan SVLK
    • Integrasi antara CoC FSC dengan SVLK
    • Pedoman Penerapan dan contoh penerapan
    • Sertifikasi RSPO Dan ISPO
  • Sistem Dokumentasi CoC FSC dan SVLK
    • Pengertian dokumentasi
    • Pendekatan hirarki dokumentasi
    • Persyaratan sistem dokumentasi
    • Format Dan bentuk sistem dokumentasi
    • Tahapan Dan metoda penyusunan dan penerapan  sistem dokumentasi
    • Contoh contoh sistem dokumentasi
  • Pengenalan Peraturan dan Perundang-undangan terkait CoC FSC dan SVLK
    • Peraturan terkait Perijinan
    • Peraturan terkait Bahan baku Kayu
    • Peraturan terkait Manajemen Pabrik
    • Peraturan Terkait K3
  • Tahapan dan Metoda Perancangan dan Penerapan CoC FSC dan SVLK
    • Tahapan Perancangan
    • Metoda Perancangan
    • Tahapan Penerapan
    • Metoda Penerapan
    • Hambatan  Hambatan Perancangan dan Penerapan CoC FSC dan SVLK
  • Test Awal (pre test)
    • Tujuan untuk mengetahui kondisi awal wawasan dan pengetahuan   awal setiap peserta, mengukur beberapa kesenjangan pengetahuan peserta, dimana dapat menjadi bahan pembahasan  selama pelatihan
    • Diberikan soal berupa 10 soal, terdiri dari soal memilih (multiple Choice) dan soal essay (jawaban terbuka)
    • Test Akhir (Post test)
    • Tujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan peserta (penyerapan) terhadap materi pelatihan yang telah disampaikan  dan  tingkat efektivitas hasil pelatihan
    • Diberikan soal berupa 20 soal, terdiri dari soal memilih (multiple Choice) dan soal essay (jawaban terbuka)

Metode Pelatihan

  • Diskusi
  • Contoh Penerapan
  • Workshop/simulasi
  • Peserta  memahami CoC FSC Dan SVLK
  • Peserta memahami metoda dan tahapan Penerapan CoC FSC dan SVLK
  • Pemahaman Dasar – dasar COC FSC Dan SVLK
  • METODA
  • Pelatihan  dijalankan dengan metoda :
  • HASIL AKHIR
  • Dari  Program yang dijalankan diharapkan hasil yang akan dicapai adalah :

Facilitator

Thomas Hidayat Kurniawan, Ir, MM

Thomas Hidayat Kurniawan, Ir, MM. Seorang  Trainer dan konsultan yang Berpengalaman dalam Sistem Manajemen Mutu, Lingkungan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), RSPO, ISPO, COC FSC, SFM FSC, SCCS, dll selama 12 tahun. Pengalaman sebagai trainer dan konsultan telah   menangani berbagai perusahaan dan lembaga, baik swasta Nasional, Multinasional dan pemerintah, sebanyak lebih dari 80   perusahaan/Lembaga.  Perusahaan yang sudah ditangani sebagai trainer sebanyak lebih dari 80 perusahaan. Sebagai Konsultan sudah menangani  70 perusahaan. Untuk proses audit pernah melakukan audit pada 60 perusahaan. Selain itu memilki  jaringan dengan beberapa Lembaga Sertifikasi karena pernah melakukan proses audit   atas nama Lembaga Sertifikasi  BMTRADA,  Mutu Agung Lestari, TUV Rheinland International, Smartwood Rain Forest Alliance, BSI Management System (Verificator SOP RSPO).  Sebaga Auditor pernah bergabung di PT TUV Rheinland International,dan  PT Mutu Agung Lestari (BM Trada). Memiliki pengalaman bekerja dengan konsultan International South Pole Carbon Asset Management AG Swizerland , dalam proyek Crabon Trade REDD di Papua Nuigini dan Proyek AF RF di Philipina.Pendidikan formal S1 Dan S2 dari Institut Pertanian Bogor. Perusahaan yang pernah menjadi klien pelatihan diantaranya : PT Bakri Sumatera Plantation, PT Dharma Satya  Nusantara (Pam Oil and CPO), PT Swakarsa Sinar Sentosa (Palm Oil and CPO), PT BW Plantation, PT Sahabat Mewah Makmur PT ANJ AGRI, Belitung, PT Eramitra AGROLESTARI, PT Sumatera Bakrie Plantation, PT JAMBI AGRO WIJAYA,PT Sumatera Bakrie Plantation , PT Kalimantan Sawit Abadi, (Citra Borneo Indah Group), , PT Sawit Sumbermas sarana, (Citra Borneo Indah Group), PT Mitra Mendawai Sejati, (Citra Borneo Indah Group), PT Sawit Multi Utama, (Citra Borneo Indah Group), PT Tanjung Sawit abadi. (Citra Borneo Indah Group), PKS Sulung (Citra Borneo Indah Group), PKS Suayap (Citra Borneo Indah Group), PT PLN SEKTOR BUKITTINGG (PLTA Maninjau, PLTA Singkarak), PLTA Batang Agam), PT PLN Sektor Pandan Sibolga Sumatera Bagian Utara (PLTA Renun / Danau Toba, PLTA Sipan Sihaporas, 8 PLTM PLTM), PT Cipta Kridatama (Mining Company- Trakindo Group), PT BP Berau Ltd  ( LNG Gas), PT Total Kalimantan Timur  (Oil and Gas) , PT Kota Minyak Internusa (Oil and gas, PT Lematang Coal Industri (Mining), PT AKR Corporindo Tbk (Mining),   PT Angkasa Pura 2 (Pengelola Bandara ),PT PT Nike Indonesia, PT Nikomas Gemilang ,PT Pantjatunggal Knitting Mill,PT Trasindo Permai, (Transportaion service) , PT Grand Best (garment) , PT Gunung Garuda (Steel Manufacture) , Bank Resona Perdania (Bank) PT Cahaya Forx (Forex Trading), PT Garuda Indonesia (Air ways), PT Sucofindo (certification body, inspection), PT Tanjung Indah Plantation (sawit), PT Asuransi MSIG, (Insurance company), PT Thiess Contractor Indonesia (General Contractor), PT Tirta Gajah Mungkur (Water management),PT Indonesia Power PLTU  Uboh Banten (Power Plant), PT Trimegah Bangun Persada   (Nickle Mining), PT Indomining (Coal Mining), PT Antam Divisi Logam Mulia (pengolahan dan pemurnian Emas),PT Jakarta Container Terminal (PT JICT), PT Tripatra (Engeneering, Procurement, Construction),PT Eagle Burgman Indonesia (Manufacture Trading of Seal)

Training Fee

Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 9 Oct 2015) 
Rp. 3.750.000 ,- (REG before 5 Oct 2015; payment before 9 Oct 2015) 
Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 19 Oct 2015) 
Rp. 4.625.000 ,- (Full fare)

4 Day Workshop
Grievance Mechanisme - 4 Day
THE 1O1 Hotels & Resorts, Jakarta, 20-23 Oct 2015
Early Bird : Rp. 8.450.000,-
 

Membangun Grievance Mechanisme Sebagai Langkah Mitigasi  Konflik  Sosial Antara Perusahaan dan Masyarakat

Konflik sosial kerap kali terjadi antara perusahaan dan masyarakat sekitar, bahkan sering kali menimbulkan gangguan pada operasional perusahaan atau bisa menimbulkan kerusakan. Berbagai faktor menjadi akar masalah terjadinya konflik sosial, yang salah satunya tidak tersalurkannya aspirasi dan permasalahan yang ada di masyarakat hingga bereksalasi menjadi konflik social.

Grievance Mechanisme adalah metode efektif untuk menampuh keluhan dan masukan dari masyarakat. Hal ini menjadi penting adalah bagaimana membuat mekanisme tersebut bisa berfungsi dan diterima oleh masyarakat dengan baik.

Setelah mengikuti pelatihan ini maka peserta akan mendapatkan :

  • Mampu menganalisa kerentanan, potensi dan sumber konflik antara  masyarakat-perusahaan
  • Mampu mengidetifikasikan dan menyusun model komunikasi sosial yang tepat antara masyarakat dan perusahaan
  • Mampu membuat model – model Grievance Mechanisme yang sesuai dengan kondisi sosial masyarakat
  • Membuat frame analisis grievance dan membangun strategi untuk respon pada masyarakat

Materi Pelatihan 

Meteri pelatihan adalah sebagai berikut :

Analisis Resiko Sosial (Social risk)

  • Paradigma perubahan mendasar sistem keamanan perusahaan pasca reformasi
  • Pengenalan sistem sosial dan pendekatan ke  masyarakat
  • Mengidentifikasikan  kerentanan – kerentanan di masyarakat
  • Pemetaan potensi konflik pada tiap tahapan operasional perusahaan
  • Pengenalan konsep – konsep Grievance Mechanisme

Membangun model Grievance Mechanisme

  • Teknik PRA (Participatory Rural Appraisal) membangun grievance mechanisme
  • Teknik RRA (Rural Rapid Appraisal) membangun grievance mechanisme
  • Model – model  grievance non konvensional

Monitoring  Grievance Mechanisme

  • Management data dan teknis analisis data
  • Penyusunan pelaporan dan koordinasi lintas sektor
  • Membuat perencanaan respon hasil Grievance Mechanisme
  • Best practice : Issues monitoring – SMART monitoring tools

Praktek/Bedah Kasus  Grievance Mechanisme

  • Praktek membuat dan melakukan bedah kasus dari Grievance Mechanisme  yang akan atau sudah dilakukan oleh peserta pelatihan
  • Membagi best practices antar peserta
  • Rangkuman dan penyimpulan

Facilitator

I Putu Widhiantara Sri Bangun
Putu Widhiantara; berpengalaman lebih dari 16 tahun dalam bidang pembangunan sosial dan pemberdayaan masyarakat, komunikasi perubahan prilaku dan mitigasi konflik di tingkat regional dan nasional. Pengalaman kerja dengan banyak lembaga internasional seperti : USAID, FAO, UNICEF, UNDP – CPRU (Conflict Prevention and Recovery Unit), ILO, IOM, SAFE-USAID, AED, VSO (program regional : Indonesia,Philipine dan Thailand). Saat ini bekerja sebagai social reseacher pada dua program Bank Dunia dan juga sebagai konsultan integrated risk management di beberapa perusahan ekstratif industri.
Training Fee

Rp. 8.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 10 Oct 2015) 
Rp. 8.450.000 ,- (REG before 6 Oct 2015; payment before 10 Oct 2015) 
Rp. 8.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 20 Oct 2015) 
Rp. 9.795.000 ,- (Full fare)

1 Day Workshop
Effective Delegation, Monitoring & Feedback
InterContinental Hotel / The Park Lane Hotel / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 23 Oct 2015
Early Bird : Rp. 2.250.000,-
 

Kepemimpinan yang efektif, salah satu kompetensi utamanya adalah kemampuan untuk memilah pekerjaan mana yang didelegasikan dan bagaimana mendelegasikan dengan optimal.  Pada umumnya Pemimpin masih mendelegasikan pekerjaan secara minimal karena berbagai factor, bisa karena hambatan diri: perfectionist ataupun kecemasan Pemimpin atau bisa juga karena kurang berhasilnya pemimpin memberdayakan tim yang ada.

Kemampuan delegasi yang optimal akan membantu Pemimpin untuk focus pada pekerjaan-pekerjaan yang mempunyai impact besar bagi performance, sehingga jalannya organisasi akan lebih baik.

Pelatihan ini akan membantu peserta untuk mengidentifikasikan hambatan yang dia hadapi dalam melakukan delegasi, mengingatkan peserta mengenai ciri tugas yang bisa didelegasikan dan meningkatkan ketrampilan peserta dalam melakukan delegasi, monitoring dan pemberian umpan balik.

Delegasi yang efektif perlu disertai oleh kemampuan monitoring dan umpan balik sehingga proses delegasi itu dapat terus berjalan dengan baik.  Selain itu, beberapa prinsip mengenai coaching untuk dapat meningkatkan kemampuan tim juga diberikan sehingga Pemimpin selalu bisa mengandalkan tim nya dalam mengerjakan tugas-tugas penting di unitnya.

Outline Materi

  • Prinsip dalam memilah tugas yang didelegasikan
  • Mengenal hambatan dalam proses delegasi
  • Mengembangkan sudut pandang yang tepat dalam delegasi: investasi vs resiko
  • Tipe Kepemimpinan dan kaitannya dengan tujuan dan pendekatan delegasi
  • Tipe-tipe delegasi antara pekerjaan rutin dan non rutin
  • Kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk delegasi, monitoring dan feedback.
  • Memotivasi tim untuk mengerjakan pekerjaan yang didelegasikan
  • Point informasi yang perlu dimasukan dalam komunikasi delegasi dan umpan balik
  • Mengembangkan indikator dan metode dalam proses monitoring
  • Mengenali tipe staf dan pengaruhnya dalam pola delegasi, monitoring dan feedback
  • Prinsip coaching dalam meningkatkan kompetensi tim untuk dapat menerima pekerjaan saat ini dan di masa yad (kaderisasi)
  • Role play komunikasi delegasi, monitoring dan umpan balik.

Facilitator

G. Suardhika, MBA.

Telah memiliki banyak pengalaman sebagai HR Consultant dan pernah menempati posisi senior management di sebuah perusahaan penerbangan Indonesia. Salah satu topik unggulan yang beliau bawakan di dunia training diantaranya leadership, Supervisory, Performance Management dan Coaching. Sepanjang pengalamannya di dunia training, Beliau membantu di beberapa perusahaan ternama seperti: AQUA,ORIX Finance Indonesia, OPEL/General Motors, Garuda Indonesia, Bechtel International, Indomobil Suzuki International, Bredero Price, Telkom, Thames PAM Jaya, Asia Pulp and Paper dan Telkomsel.  Suardhika berlatar belakang pendidikan Psikologi dari UI dan MBA dari IPMI (Institut Pengembangan Manajemen Indonesia)

TRAINING EXPERIENCE

  • Supervisory Skills Training: Aqua, Tugu Pratama, Bredero Price Batam, LG Electronics, Rekayasa Indonesia
  • Leadership: BPD Sumsel, BPPN, Telkom Ujung Pandang, Litbang Pertanian, Indah Kiat Pulp & Paper.
  • Customer Service: Telkom Surabaya, Balikpapan
  • Team Building: Indomobil, Nisan, Telkomsel, 3M.
  • Performance Management: Amoco Mitsui, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper
  • Training for Trainer for BPPN
Training Fee

Rp. 2.000.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 13 Oct 2015) 
Rp. 2.250.000 ,- (REG before 9 Oct 2015; payment before 13 Oct 2015) 
Rp. 2.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 23 Oct 2015) 
Rp. 2.975.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series

 

 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong kevaluecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person : 
Ms. Ori & Mr. Fikri

 

More Training on 2015
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
15-16 Oct 2015 Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based on Document Regulation ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom Rp. 3.550.000 Confirm Running
2-3 Nov 2015 Win-Win Negotiation Skills ADI WIJAKSANA, Drs.Psi, CH, CHT Rp. 3.250.000 Confirm Running
20-21 Oct 2015 Studi Kelayakan Bisnis Subur Harahap, SE, Ak, Dipl.FP, MM, CFP Rp. 3.550.000 Confirm Running
12-13 Oct 2015 Budget Modelling using Ms. Excel Ghani Basyar S.E, M.M Rp. 3.550.000 Confirm Running
26-27 Oct 2015 Infographic for Creative Presentation Mr. Agus Gunawan Rp. 3.550.000 Confirm Running
28-29 Oct 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
5-6 Nov 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
3-4 Dec 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
3-4 Dec 2015 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.250.000 Almost Running
1-2 Dec 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
3-4 Nov 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
20-21 Oct 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
12-13 Nov 2015 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.450.000 Almost Running
4 Nov 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
2 Dec 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar