Jumat, 02 Oktober 2015

Almost Running : 1. IT Project Management 2. Designing Games Training 3. Asset Management

First Class Training
Website : www.platinumtraining.co.id
Find us on Facebook  Follow us on Twitter
 
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter 
 
       
   2 Day Workshop

INFORMATION TECHNOLOGY PROJECT MANAGEMENT
Five Star Hotels, 12-13 Oct 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest October 02nd 2015) 
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

PENDAHULUAN

Saat ini proyek Teknologi Informasi begitu marak dan menghadirkan tantangan tersendiri bagi para Project Manager agar berkoordinasi lebih intensif dengan para pihak yang berkepentingan atas proyek itu sendiri maupun dituntut untuk memiliki kemampuan mengintegrasikan seluruh kompetensi teknis yang dimilikinya. Dalam mengelola proyek Teknologi Informasi, kita akan menemukan faktor penentu kesuksesan dan resiko yang berkaitan sehingga kita perlu menguasai strategi dan tehnik yang digunakan oleh para Project Manager tersebut yang sudah berpengalaman agar proyek dapat dikelola dengan baik dan proyek dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai ruang lingkup dan sesuai anggaran.

 

Materi training ini akan membahas semua elemen yang berkaitan dengan manajamen proyek Teknologi Informasi yaitu perangkat keras (hardware), piranti lunak (software), integrasi sistem, komunikasi, manajemen resiko dan sumber daya manusia. Peran Project Manager dan anggota tim pada setiap fase daur hidup proyek akan dipelajari dan didiskusikan secara detil sehingga peserta dapat memperoleh pengetahuan mendasar, pengalaman, tehnik dan metode serta alat yang tepat untuk mengelola setiap tahapan proyek.

 

TUJUAN

Pada akhir training diharapkan peserta memiliki pengetahuan dan keahlian untuk:

  • Memahami komponen dan peran manajemen proyek Teknologi Informasi
  • Mengembangkan tim manajemen proyek yang solid dan berkinerja tinggi
  • Menyusun rencana dan program untuk mengelola proyek
  • Menyusun anggaran dan menyediakan pembiayaan proyek
  • Mengelola dan menjalankan strategi yang tepat atas resiko proyek
  • Mengidentifikasi peluang dan ancaman serta menilai bobotnya dalam proyek
  • Menyusun strategi untuk merespons resiko umum proyek
  • Mengendalikan dan menyelesaikan proyek
  • Memahami dan menguasai manajemen kualitas Teknologi Informasi
  • Menguasai Sistem Informasi Manajemen Proyek
  • Menemukan solusi untuk semua masalah yang berkaitan dengan proyek


TARGET PESERTA

Staff, Officer, Programmer, Systems Analyst, Database Operator, Network Administrator, Supervisor, Assistant Manager, Manager dan Project Manager yang ingin mengetahui, memahami, memperbaiki dan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pada bidang manajemen proyek Teknologi Informasi.


SILABUS

1.    Memahami Manajemen Proyek

  • Memahami Komponen Proyek
  • Memahami Hubungan Antara Komponen Proyek
  • Menguasai Berbagai Jenis Struktur Organisasi
  • Mengembangkan Metodologi Program dan Portfolio
  • Mengenal Berbagai Peran di Manajemen Proyek dan Project Management Office (PMO)

2.    Memahami dan Menguasai Project Management Body of Knowledge (PMBOK)

  • Memahami PMBOK
  • Mengenal Hubungan Manajemen Proyek Dengan Disiplin Ilmu Lain
  • Memahami Konteks Manajemen Proyek
  • Memahami Profesi dan Area Manajemen Proyek

3.    Menginisiasi Proyek Teknologi Informasi

  • Memahami Fondasi Proyek Teknologi Informasi
  • Mengenali Aspek Kebutuhan Proyek
  • Menyusun Perjanjian Kerjasama
  • Menyiapkan Persetujuan PST
  • Menguasai Proses Inisiasi Proyek Berdasarkan PMBOK

4.  Merencanakan Proyek Teknologi Informasi

  • Mengelola Integrasi Antar Proyek
  • Mengelola Ruang Lingkup dan Waktu Pengerjaan Proyek
  • Mengelola Biaya Proyek
  • Mengkomunikasikan Rencana Proyek
  • Menilai Rencana Proyek

5.    Mengeksekusi dan Mengendalikan Proyek Teknologi Informasi

  • Mengeksekusi dan Mengawasi Process Group
  • Mempersiapkan Peluncuran Proyek
  • Mengelola Komunikasi Proyek
  • Membuat Laporan Status Proyek

6.    Menyelesaikan dan Menutup Proyek

  • Mengenal Tujuan Penyelesaian Proyek
  • Mengenal Aktivitas Penyelesaian Proyek
  • Mendesain Kriteria Penyelesaian
  • Mengadakan Rapat Penyelesaian Proyek
  • Memahami Bagaimana Menutup Proyek

7.    Memahami Manajemen Kualitas Teknologi Informasi

  • Merencanakan Kualitas
  • Melakukan Pengendalian Kualitas
  • Memastikan Kualitas
  • Mengelola Kualitas Teknologi Informasi
  • Membuat Rencana Manajemen Kualitas Teknologi Informasi

8.    Mengelola Resiko Teknologi Informasi

  • Memahami Prinsip Manajemen Resiko
  • Mengetahui Proses Manajemen Resiko
  • Menguasai Pembuatan Contingency Plan
  • Membuat Rencana Pengelolaan Resiko Teknologi Informasi (IT-RMP)

9.  Mengelola Sumber Daya Manusia

  • Memahami Pentingnya Soft Skill, Hard Skill, Managerial Serta Leadership Skill
  • Mengembangkan Suasana Proyek Yang Kondusif
  • Menciptakan Budaya Kerja yang Efisien dan Efektif

10. Menguasai Sistem Informasi Manajemen Proyek

  • Memahami Best Practice di Manajemen Proyek (PMIS)
  • Menguasai Arsitektur PMIS
  • Memilih dan Menguasai Piranti Lunak PMIS


METODOLOGI PEMBELAJARAN :

Agar training dapat berlangsung efektif, maka training akan dilaksanakan menggunakan metode hands-on exercise, studi kasus yang interaktif, diskusi baik individual maupun berkelompok dengan alokasi waktu sebanyak 60%. 40% akan dialokasikan untuk mempelajari dan membahas konsep penting dalam manajemen proyek Teknologi Informasi. Metode ini akan sangat membantu dalam melatih dan meningkatkan ketrampilan yang diperlukan dan dapat segera diaplikasikan di lingkungan tempat bekerja para peserta training. Trainer akan dibantu dengan slide presentasi dan demonstrasi yang mempermudah pemahaman dan pendalaman materi. Partisipasi aktif para peserta sangat diharapkan agar training dapat berjalan lebih menarik.


Workshop Leader :


Goutama Bachtiar

Goutama Bachtiar adalah : Advisor, Auditor, Konsultan, Trainer, Courseware Designer dan Penulis bidang Teknologi dan Sistem Informasi selama 17 tahun terakhir dengan spesialisasi di ranah IT Governance, Risk, Security, Assurance, Audit dan IT Management.

Saat ini beliau menjabat sebagai advisor beberapa perusahaan dan organisasi, Subject Matter Expert, Program Mentor, Editorial Journal Reviewer, Certification Exam (CISA, CGEIT, CISM, CRISC) dan Study Materials Developer di ISACA International Chapter, Subject Matter Expert dan Program Evaluator di PMI International Chapter, IASA, SABSA dan Open Group Global Working Group Member, Reviewer Panel di International Institute of Business Analysis (IIBA), Dosen Tamu di program pasca sarjana beberapa universitas di AS dan Indonesia (UTB, UI, IPB dan Binus), serta moderator, panelis dan pembicara di sejumlah konferensi, workshop dan seminar.

Sebagai auditor dan konsultan, telah memberikan layanan tersebut kepada 35 perusahaan dan organisasi. Puluhan sertifikasi internasional sudah diperolehnya sampai dengan saat ini.

Selain itu, beliau juga telah mengadakan dan memberikan pelatihan, perkuliahan, seminar, konferensi dan workshop sebanyak lebih dari 230 sesi dan 5500 jam lebih kepada sekitar 7500 peserta di Indonesia maupun luar negeri kepada lebih dari 70 perusahaan dan organisasi.

Sebagai penulis, sudah mengarang 2 buku dan 22 courseware serta sudah menulis, melakukan review dan editing atas 300 artikel, manuskrip, paper dan white paper seputar Telematika dan Manajemen di lebih dari 20 media, publikasi, organisasi, jurnal dan konferensi.

  
GIFT TRAINING
  
  • HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Voucher Ace Hardware atau
  • Voucher Matahari Dept. Store atau
  • Voucher Carrefour
  
       
   2 Day Workshop

DESIGNING GAMES TRAINING : FOR INDOOR AND OUTDOOR PROGRAM
Five Star Hotels, 29-30 Oct 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest October 02nd 2015) 
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Tuntutan untuk memberikan yang terbaik kepada peserta training, membuat Trainer dan/atau Designer modul pelatihan berusaha menyajikan materi dengan variasi metode pengajaran.

Salah satu yang menjadi favorit peserta adalah jika dalam pelatihan , ditampilkan metode pengajaran dengan menggunakan Games.

Permasalahan yang ada pada Trainer dan/atau Designer modul pelatihan adalah kesulitan bagaimana cara membuat sebuah games Training yang tepat sasaran, serta bagaimana proses pembuatan games training tersebut.

Melalui pelatihan ini, peserta akan langsung berlatih merancang sebuah games training berdasarkan sasaran yang diinginkan dari sebuah modul. Diawali dengan membuka sisi kreativitas diri peserta, agar dapat melihat sesuatu hal dari perspektif yang berbeda dari selama ini yang dilakukan.

Dilengkapi dengan latihan dan diskusi untuk menjembatani konsep dengan aplikasi praktisnya di lapangan. Pelatihan ini akan bersifat :

  1. Praktikal karena dilengkapi dengan aktivitas dikelas sebagai bentuk mini dari kehidupan nyata di pekerjaan.
  2. Inspiratif dimana peserta mendapatkan sebuah pembelajaran dari kegiatan kelas yang dilakukan dan mengkaitkannya dengan kehidupan kerja nyata.
  3. Enjoydengan penedekatan yang fun, atraktif, serta pelibatan aktif peserta dalam menjalankan metode pengajaran yang diberikan.

Sasaran Pelatihan

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, peserta akan mampu untuk :

  • Memahami pentingnya Games sebagai salah satu metode pengajaran yang fun, inspiring dan tepat sasaran.
  • Mencocokkan kebutuhan Users dengan perancangan games training.
  • Menjadi orang yang kreatif dalam merancang games training
  • Membuat dan menjalankan games training secara efektif

Outline Materi

  1. Macam-macam metode pengajaran (manfaat dan keterbatasannya)
  2. Kapan games training diperlukan ?
  3. Fungsi Games dalam proses pembelajaran (indoor atau outdoor activity)
  4. Apakah anda trainer yang kreatif ?
  5. Membuka blocking pikiran
  6. Teknik membangun kreatifitas diri melalui teknik berpikir kreatif : Lateral thinking, random words, check listing, six thinking had, dll.
  7. Kreativitas dalam perancangan sebuah games training
  8. Tahapan Perancangandan pembuatan sebuah Games Training
  9. Persyaratan membuat games training
  10. Tips  menjalankan instruksi games training
  11. Praktek (Skills Practice) menjalankan games training

Metode Pelatihan

  • Sharing knowledge
  • Group Discussion : permasalahan di pekerjaan dan sharing untuk menemukan solusi
  • Simulasi &Role play
  • Presentasi tugas

Peserta

Semua orang yang melibatkan dirinya dalam proses perancangan dan pengembangan modul pelatihan (HRD, Internal Trainer , Internal Module Designer ataupun Users)

Durasi Pelatihan

Dua hari (08:30 – 16.00 WIB)

Tata Ruang dan Perlengkapan Pelatihan

  • Lay-out Ruang : Round Table per kelompok (1 round table dengan 5 kursi)
  • Round table disediakan untuk setiap kelompok
  • Flip chart dan spidol sejumlah kelompok

Facilitator


ADI WIJAKSANA, Drs.Psi, CH, CHT

Adi telah memiliki 20 tahun pengalaman sebagai professional di bidang HR dengan spesialisasi : creativity and innovation, character building, motivation, pengembangan system HR. Selama kurun waktu tersebut Adi terus-menerus mengembangkan metode peningkatan kapasitas personal yang dampaknya dapat dilihat secara individu maupun organisasi dimana terbangunnya sinergi. Adi memiliki latar belakang pendidikan lulusan psikologi UI dan latar belakang professional sebagai praktisi HR di perusahaan global dan nasional selama 12 tahun dan lebih dari 8 tahun sebagai konsultan HR diberbagai industri manufaktur, servis, dan perbankan seperti Nestle, Semen Gresik, BCA, Bank Mandiri, dll.

  
GIFT TRAINING
  
  • HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Voucher Ace Hardware atau
  • Voucher Matahari Dept. Store atau
  • Voucher Carrefour
  
       
   2 Day Workshop

ASSET MANAGEMENT BERBASIS TEKNOLOGI
Five Star Hotels, 23-24 Nov 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest October 02nd 2015) 
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Sama halnya dengan inventory, asset perusahaan memiliki nilai kapital yang besar dan sangat menunjang proses bisnis perusahaan. Mulai dari meja, kursi, komputer, laptop, printer, kendaraan bermotor, mesin produksi, alat berat dan lainnya.  Walaupun saat ini untuk beberapa jenis asset perusahaan telah menggunakan jasa outsourcing dan leasing, tapi pada kenyataannya perusahaan tetap memiliki beberapa asset yang perlu dikelola dengan baik.

Sudah saatnya perusahaan mengelola asset dengan mengoptimalkan teknologi, Mulai dari database management yang bisa mencatat dan mengupdate status asset, pemeliharaan asset, penyusutan, mutasi dan rotasi asset, serta status custody dan user. Selain itu penggunaan barcoding atau RFID bisa mempermudah monitoring asset dan mapping lokasi asset di perusahaan.

 

MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:

  1. Memahami prinsip, konsep, dan manfaat asset management berbasis teknologi  
  2. Memahami cara kerja aplikasi asset management   
  3. Memahami tahapan pengembangan dan pemilihan teknologi yang sesuai
  4. Memahami bagaimana proses seleksi dan evaluasi provider asset management berbasis teknologi  
  5. Menerapkan otomatisasi asset management

 

METODE PELATIHAN

Class presentation, discussion, study analysis, dan video presentation, dengan konsep:

v 20% teori berdasarkan literatur praktisi

v 40% analisa best practices dan benchmarking antar industri

v 40% studi kasus nyata dan diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

 

TARGET PESERTA

Para Profesional di bidang:

  1. Supply Chain/Logistik, Procurement/Purchasing, PPIC, Produksi, Komite Pembelian,  
  2. MIS, System Analyst, dan IT
  3. Internal Auditor, Compliance Unit 
  4. Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses procurement dan pengembangan system  
  5. Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang ini.


OUTLINE PELATIHAN

  1. Asset management review
  2. Custodian rules
  3. Pemeliharaan dan pengawasan asset  
  4. Administrasi dan database asset
  5. Pemeriksaan dan audit asset
  6. Pemilihan Software asset management
  7. Penerapan barcode dan RFID
  8. Asset mapping dan asset tracking
  9. Security system
  10. Demo modul asset management


Workshop Leader :

 


Deni Danasenjaya & Setiabudi 

Deni Danasenjaya, SE, MM

Telah bekerja dalam bidang logistik dan operasi perbankan sejak tahun 1995. Sejalan dengan itu pengalaman dia telah menjalankan berbagai program pelatihan di SCM, HSE serta strategi pengadaan logistik dan telah menulis beberapa artikel dan tulisan dengan topik di manajemen, biaya tersembunyi dalam distribusi dan transportasi, ISO 14000 dan logistik. Dia menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai Asisten Senior PT. Bank Inter-Pacific Tbk. sedangkan sebelumnya ia bekerja di PT. Bank Niaga Tbk dan Perusahaan Jasa Penyedia Logistik di Jakarta.

 

Setiabudi

Setiabudi is an information technology professional with over 11 years extensive experience in many projects and joined in many national and multi-national companies.
He has comprehensive and in-depth knowledge of information technology implementation, assurance and audit.
Since February 2005, he was founded PT. AWAKAMI and get the Chairman responsibility in it company.
His entrepreneur experience was expanded by founded PT. SAJIWA (Satu Jiwa Barokah). Its company core business is information technology services and products development.

  
GIFT TRAINING
  
  • HP Android (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Tab (Lenovo, Samsung, LG, Advan) atau
  • Voucher Ace Hardware atau
  • Voucher Matahari Dept. Store atau
  • Voucher Carrefour
  
More Topics on 2015

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 
Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 

Contact Person : 
Mr. Fikri
Platinum Training | Consultant | PT | 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar