Selasa, 18 November 2014

Almost Running : 1. Know Your Customer 2. Debt Collection 3. Plan, Design & Deliver Training

 
Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Know Your Customer and Anti Money Laundering
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/The Park Lane Hotel, Jakarta, 11-12 Dec 2014
Early Bird : Rp. 3.750.000,-
 

Introduction

Industri keuangan adalah sasaran empuk bagi para pelaku money laundry (pencuci uang illegal).  Berbagai macam cara akan dicoba akan dicoba oleh pelaku money laundry dengan menggunakan kelemahan sistem keuangan di industri keuangan (multi finance, securities, perbankan, asuransi, modal ventura, dll).

Menteri Keuangan, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan peraturan-peraturan antara lain Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no 30/PMK.010 Tahun 2010 tentang penerapan prinsip mengenal nasabah bagi LKBB.  BAPEPAM dan LK juga mengeluarkan peraturan nomor PER-05/BL/2011 tentang pedoman penerapan prinsip mengenal nasabah bagi perusahaan pembiayaan.

Peraturan Bank Indonesia Nomor : 14/27/PBI/2012 tanggal 28 Desember 2012 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme Bagi Bank Umum
 
Semua institusi tersebut memerintahkan lembaga keuangan untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip panduan sebagai upaya untuk memantau kegiatan transaksi yang mencurigakan dan melaporkannya kepada institusi terkait (PPATK).
 
 
 
PRINSIP MENGENAL NASABAH (KYC)

Prinsip Mengenal Nasabah (KYC) adalah program pelatihan yang dibuat untuk para karyawan di semua lini baik front liners (sales, marketing), back office, maupun support.

Dengan mengetahui, memahami dan menerapkan prinsip mengenal nasabah sesuai dengan peraturan yang berlaku yang dikeluarkan oleh institusi terkait di dalam pekerjaannya, para karyawan dapat membantu dalam menjaga reputasi perusahaan. 

 

Objective

Yang diharapkan dari para peserta training setelah pelatihan dilaksanakan:

  1. Memahami mengapa Prinsip Mengenal Nasabah penting untuk diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari
  2. Memahami dampak negatif dengan tidak diterapkan Prinsip Mengenal Nasabah dalam pekerjaan
  3. Dapat menerapkan Prinsip Mengenal Nasabah dalam pekerjaan sehari-hari


Outline

Day One:

  1. 09.00 – 10.30     Pengertian Prinsip Mengenal Nasabah               
  2. 10.30 – 10.45      Coffee break
  3. 10.45 – 12.00      Peraturan-peraturan dari institusi terkait mengenai Prinsip Mengenal Nasabah
  4. 12.00 – 13.00      Lunch
  5. 13.00 – 14.30      Langkah-langkah dalam pelaksanaan Prinsip Mengenal Nasabah
  6. 14.30 – 14.45      Coffee break
  7. 14.45 – 16.00      Case Study

Day Two:

  1. 08.30 – 10.00     Prinsip Mengenal Nasabah vs Money Laundering                 
  2. 10.00 – 10.15      Coffee break
  3. 10.15 – 12.00      Identifikasi transaksi Money Laundering
  4. 12.00 – 13.00      Lunch
  5. 13.00 – 15.00      Pembuatan profil nasabah
  6. 14.30 – 14.45      Coffee break
  7. 14.45 – 16.00      Case Study


Workshop Leader:  

Kurnia Hadi

Berlatar belakang ilmu perbankan dari Politeknik Universitas Indonesia dan ilmu manajemen dari FE Universitas Indonesia.  Memiliki pengalaman kerja di dunia perbankan di tiga bank multinasional lebih dari 19 tahun dengan spesialisasi Perdagangan Internasional, Corporate Banking, Wealth Management, dan Micro Banking.

Menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tingkat internasional “Commodity Trade and Finance World Asia 2012 di Marina Bay Sand hotel  di Singapore pada tanggal 28-29 Maret 2012. Pendiri dan pemilik perusahaan konsultansi bisnis dan perdagangan “ PT Grajosa Resources”. Memiliki network yang luas dengan eksportir, importer, investor dari luar negeri.

Training Fee

Rp. 3.500.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 1 Dec 2014)
Rp. 3.750.000 ,- (REG before 27 Nov 2014; payment before 1 Dec 2014)
Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 11 Dec 2014)
Rp. 4.675.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Practical Debt Collection
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/The Park Lane Hotel, Jakarta, 12-13 Dec 2014
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

Meminta pihak lain untuk membayar bukanlah hal yang mudah. Hal ini bukan saja karena masalah ketidaktersediaan dana, namun bisa saja karena petugas collection tidak memahami kondisi yang dihadapi atau strategi taktis yang harus dilakukan. Dengan mengikuti program ini, peserta disiapkan secara praktis dan dilengkapi dengan role-play situasi yang sesuai dengan kondisi peserta menyangkut segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan collection, secara khusus dalam situasi yang sulit.

 

Sasaran :

Dapat memahami kondisi yang sesungguhnya ketika harus melakukan penagihan sehingga dapat melakukan strategi taktis demi mendapatkan pembayaran dengan cara yang efektif.

 

Outline :

1.     Debt collection – pengertian, peran, dan tanggungjawab

2.     Membangun sistem dan kebijakan collection

3.     Menilai situasi – membangun pendekatan collection

4.     Mengklasifikasikan debitur

5.     Membedakan pelanggan ‘dapat membayar’ dan ‘akan membayar’

6.     Membedakan pelanggan ‘tidak dapat membayar namun ingin membayar’

7.     Menbedakan pelanggan ‘dapat membayar namun tidak ingin membayar’

8.     Membedakan pelanggan ‘tidak dapat membayar dan tindak ingin membayar’

9.     Strategi penagihan untuk berbagai kategori klasifikasi debitur

10.  Teknik ’mencari’ debitur kabur

11.  Surat penagihan

12.  Penagihan dengan tilpon yang efektif

13.  Kunjungan langsung yang benar

14.  Menangani pelanggan sulit, menyerang, dan mengancam

15.  Menangani situasi emosional

16.  Menegosiasikan pengaturan dan perjanjian pembayaran yang disetujui

17.  Tindak-lanjut atas janji yang dibuat

18.  Debitur asing – pertimbangan dan issues

 

Metode:

Pelatihan ini akan dilengkapi dengan roleplay, individual presentation dan feedback

 

Workshop Leader :

 

Drs. Bambang Haryanto, M.Ed

Bambang Haryanto ialah instruktur dan konsultan independen pada berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group, Sampoerna Group, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, BDNI, dan Bank Artha Graha. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun. Selain menjadi dosen, ia juga bertanggung-jawab serta memimpin banyak satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Tahun 1989, ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Kepala Pelaksana Harian BCA Training Center selain menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training Center.

Tahun 1993, ia memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri untuk berbagai organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini ia telah menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program pelatihan dan konsultasi.

Bambang mempunyai ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983), dan Diploma III Perhotelan (1978).  Selain itu ia juga sangat berminat dan sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan manajemen umum, manajemen strategik, manajemen operasional, kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UKM, dan pelayanan prima.

Training Fee

Rp. 3.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 2 Dec 2014)
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 28 Nov 2014; payment before 2 Dec 2014)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 12 Dec 2014)
Rp. 4.125.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
How to Plan, design & Deliver Training Materials
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/The Park Lane Hotel, Jakarta, 16-17 Dec 2014
Early Bird : Rp. 3.050.000,-
 

LATAR BELAKANG PROGRAM :

  • Line Manager dari semua Bagian berkepentingan memiliki anak buah yang terampil dalam melaksanakan tugas,  yang oleh karena itu Line Manager berkewajiban untuk melatih mereka guna meningkatkan pengetahuan & keterampilan di bidang masing-masing (Fuctional Skills). Untuk itu Line Manger perlu memperoleh kemampuan tentang Training Management System, utamanya bagaimana membuat Training Plan , Cara Merancang Materi Training (Technical / Functional Skills), serta Cara Memberi (Deliver) Training.
  • Dengan berkembangnya Organisasi Perusahaan diperlukan Trainer khusus untuk Bagian tertentu yang diambil dari tenaga operasaional dari Bagian yang memerlukan,  seperti Sales Trainer dan Production Trainer, beserta Trainer-Trainer lainnya sesuai kebutuhan.

SASARAN PROGRAM :

Setelah selesai mengikuti Program ini para peserta akan memiliki :

  • Pemahaman tentang peran Learning & Development dalam proses Human Resources Development, dan memahami arti dari sebuah Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
  • Pengetahuan & keterampilan tentang bagaimana cara merencanakan, merancang, serta memberi Training secara efektif, seperti bagaimana merancang Bahan Training, bagaimana membuat Lesson Plan, Session Plan, serta Leader’s Gude (Trainer’ Manual), termasuk bagaimana cara membuat Standard Operating Procedures  (SOP) sebagai Training Manual
  • Keterampilan mengajarkan topik yang berbeda dengan menggunakan berbagai metode & tehnik.

GARIS BESAR MATERI :

  • Peran Training dalam pengembangan SDM
  • Peran Training sebagai salah satu bentuk Learning
  • Apa yang disebut dengan Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
  • Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
  • Keterkaitan peran & tugas berbagai pihak dalam membuat Training berhasil
  • Perencanaan Training yang menjadi tugas seorang Trainer
  • Bagaimana menetapkan Judul dan Garis Besar Materi program
  • Bagaimana membuat SessionPlan atau Agenda Program berdasarkan Garis Besar Materi
  • Bagaimana membuat Lesson Plan sebagai pedoman mengajar
  • Mengenal unsur-unsur yang termasuk sebagai Training Materials
  • Perbedaan antara Explaining Materials dan Reading Materials
  • Leader’s Guide atau Trainer’s Manual sebagai penjabaran dari Lesson Plan
  • Bagaimana men-design Training Material step by step
  • Tehnik merancang Bagian Awal atau Pendahuluan dari Training Materials
  • Perbedaan antara kelompok Knowledge’s dan Skills dari batang tubuh Training Materials
  • Bagaimana membuat Bagian Rangkuman dari sebuah Materi Training
  • Bagaimana cara membuat SOP sebagai Training Manual
  • Bagaimana merancang slide untuk proses belajar menggunakan otak kanan
  • Tehnik & Metode Dasar dalam membenri Training
  • Tahap-tahap dalam proses memberi Training
  • Tehnik merangsang peserta untuk tertarik (sejak awal) dengan Metode INTRO
  • Metode Tell, Show, Do (TSD) dalam memberiTraining
  • Tehnik Merangkum dan Menutup sesi Training
  • Sikap selama memberi Training
  • Tehnik membuat peserta mudah menerima dan memahami materi
  • Tehnikmengajukan dan menanggapi pertanyaan, komentar, dan saran peserta
  • Tehnik merangsang peserta yang Pasif menjadi  Aktif
  • Tehnik Memberi Feedback terhadap hasil latihan peserta
  • System evaluasi peserta selama Training
  • Mengenal type-type peserta dalam sebuah Training

TARGET PESERTA :

Line Manager dari semua Bagian yang ada dalam Perusahaan, termasuk Trainer dan personel Bagian Training

METODOLOGI BELAJAR – MENGAJAR :

Menjelaskan konsep (Tell), yang diikuti dengan memberi contoh (Show), yang selanjutnya meminta setiap peserta melakukan latihan / praktek (Do), yang meliputi membuat Training Plan, merancang Materi Training, Membuat Lesson Plan, dan praktek Mengajar di depan kelas.

PERSYARATAN PESERTA :

Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook

WORKSHOP LEADER :

Semba Biawan
Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta,  – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.

Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di  Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan  Melia  Sol.   

Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain :  
 
  • Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management  (AIM),  Manila, Philippines
  • Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
  • Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
  • Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
  • Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
  • Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
  • Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
  • OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
  • Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur

Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan  kepada para  Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer  (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.

Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang  Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan.
 
Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.

Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving &  Decision Making, dan soft skills lainnya  (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).

Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai  seminar manajemen  yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan  Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah
SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013  yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” .
Training Fee

Rp. 2.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 6 Dec 2014)
Rp. 3.050.000 ,- (REG before 2 Dec 2014; payment before 6 Dec 2014)
Rp. 3.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 16 Dec 2014)
Rp. 3.795.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Riri & Ms. Ori

More Training on 2014
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
8-9 Dec 2014 Analytical Creative Thinking Drs . Achmad Sablie, Psi Rp. 2.750.000 Confirm Running
27-28 Nov 2014 Letter of Credit and Trade Finance Kurnia Hadi Rp. 3.750.000 Confirm Running
9 Jan 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 1.950.000 Almost Running
10-11 Dec 2014 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 2.750.000 Almost Running
6-7 Jan 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.050.000 Almost Running
7 Jan 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 1.750.000 Almost Running
9 Dec 2014 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 3.250.000 Almost Running
7 Jan 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 3.250.000 Almost Running
19-20 Dec 2014 Effective Competency Design And Its Application Workshop Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.500.000 Almost Running
25-26 Nov 2014 Effective Selling Skills and Negotiation for AE Semba Biawan Rp. 3.050.000 Almost Running
17-18 Dec 2014 General Affairs Management Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 3.250.000 Almost Running
3 Dec 2014 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 1.450.000 Almost Running
18-19 Dec 2014 Handling Customer Complaint Semba Biawan Rp. 3.250.000 Almost Running
4 Dec 2014 Modern HSE Management System Ir. Dwi Handaya, MK3 Rp. 1.750.000 Almost Running
8-9 Dec 2014 Lobbying & Negotiation Skills For Managers Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.750.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar