Selasa, 18 November 2014

Almost Running : 1. Electronic Filing 2. Certified Job Analyst 3. Managerial Skills & Leadership

 
Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based on DOcument Regulation
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/The Park Lane Hotel, Jakarta, 26-27 Nov 2014
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

A.   BACKGROUND

Arsip merupakan rekaman informasi penting yang umumnya digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan kegiatan dalam suatu organisasi. Dengan memanfaatkan arsip seoptimal mungkin dapat dicapai tujuan manajemen modern yaitu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat serta pengawasan yang ketat.

Ketika pemberkasan arsip sudah makin bertambah, jika tidak dikelola dengan baik, maka pertumbuhan arsip sudah tidak bisa lagi dikendalikan.

Mengingat pentingnya arsip dalam suatu organisasi maka kegiatan penataan arsip harus dilakukan sesuai prinsip dan tujuan dari manajemen kearsipan, yaitu dapat menyediakan arsip dengan cepat, tepat, lengkap dan efisien.

Penataan arsip pada dasarnya merupakan suatu teknik atau cara pengaturan dan penyimpanan arsip secara logis dan sistematis. Ada 2 metode sistem yang dapat diterapkan dalam kegiatan penataan arsip yaitu Records Management System (RMS) dan Electronic Filing System (EFS).

Records Management System (Sistem Manajemen Kearsipan) disahkan dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012.

Electronic Filing System (Sistem Penataan File secara elektronik) disahkan dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012. Di dalam sistem ini terdapat penerapan Electronic Imaging System agar organisasi memiliki digital copy yang praktis dan tidak membutuhkan tempat fisik tertentu dan hasilnyapun jauh lebih efektif karena file hasil scan dapat ditelusuri dan ditemukan kembali pada saat diperlukan dengan waktu yang singkat.

Apabila ke-2 metode penataan arsip diatas dapat diterapkan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan organisasi, maka dapat meningkatkan kinerja pelayanan dan efisiensi tempat penyimpanan arsip dari organisasi tersebut.

 

B.  OBJECTIVES      

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami regulasi kearsipan terakhir yang sudah diberlakukan di Republik Indonesia beserta struktur perundang-undangannya.
  2. Memahami pengertian Kearsipan, Arsip dinamis, Arsip aktif, Arsip inaktif, Arsip vital, Arsip static, Unit pengolah, Unit kearsipan, Jadwal Retensi Arsip, Penyusutan arsip, Pemusnahan arsip Penyerahan arsip statis, Pemeliharaan arsip, Penggunaan arsip, Pemberkasan, Retensi arsip berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.
  3. Memahami konsep model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan.
  4. Mengetahui contoh SOP Manajemen Kearsipan yang cukup lengkap.
  5. Memahami konsep model records continuous model (model arsip berkelanjutan) pada sistem manajemen arsip elektronis.
  6. Memahami pengertian dari konsep electronic imaging system.
  7. Memahami pentingnya electronic imaging system diimplementasikan di semua organisasi.
  8. Mampu membuat document digital hasil scanning yang bisa dicopy textnya (dibaca secara content).
  9. Mampu menambahkan keterangan dan tanda tangan digital yang diproteksi dengan password pada document digital.
  10. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.
  11. Memahami implementasi dari penggunaan software aplikasi EFIDMS (Electronic Filing with Integrated Document Management System) baik untuk modul Electronic Document Management System, modul Electronic Imaging System dan modul Record Management System.



C.  SYLLABUS

  1. Struktur perundang-undangan yang diberlakukan di Republik Indonesia.
  2. Pemaparan dari isi Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan penjelasan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang tersebut dalam pengertian secara umum sebagai berikut :

    1)             Kearsipan,

    2)             Arsip dinamis,

    3)             Arsip aktif,

    4)             Arsip inaktif,

    5)             Arsip vital,

    6)             Arsip statis,

    7)             Unit pengolah,

    8)             Unit kearsipan,

    9)             Jadwal Retensi Arsip,

    10)         Penyusutan arsip,

    11)         Pemusnahan arsip

    12)         Penyerahan arsip statis,

    13)         Pemeliharaan arsip,

    14)         Penggunaan arsip,

    15)         Pemberkasan,

    16)         Retensi arsip

  3. Model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan.
  4. Contoh SOP Manajemen Kearsipan.
  5. Model records continuous model  pada sistem manajemen arsip elektronis.
  6. Electronic Imaging System.
  7. Pentingnya Electronic Imaging System diimplementasikan di semua organisasi.
  8. Membuat digital document (OCR Scanning) dalam format .PDF Edited.
  9. Menambahkan text pada digital document.
  10. Memasukan digital assign yang sudah diproteksi ke dalam digital document .
  11. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.
  12. Aplikasi untuk Records Management System dalam EFIDMS software.
  13. Aplikasi untuk Electronic Document Management System dalam EFIDMS software.
  14. Aplikasi untuk Electronic Imaging System dalam EFIDMS software.
  15. Langkah-langkah operasional untuk mengatur Level  Security User Access Application.
  16. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk  Document Control process.
  17. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Distribution process.
  18. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Update process.
  19. Melakukan Proses Document Searching secara cepat (soft and hard) berdasarkan 5 metode.
  20. Document  Capture Process baik melalui scanner ataupun melalui digital cameras, kemudian  di-convert menjadi  document microsoft office (XP, 2003, 2007, 2010).
  21. Pemilihan dan pengambilan dokumen secara cepat dan tepat untuk dikirimkan via e-mail langsung dari aplikasi EFIDMS software.

 

D. AUDIENCE TARGET

        Staff atau Leader yang bertanggung jawab dalam proses filing document

 

E.   DURATION :      2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

 

F.   TRAINING METHOD :  Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

Workshop Leader :
ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 15 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain  di PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting. Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting.

Beliau termasuk dalam tim konsultan manajemen kearsipan dan pengembangan software EFIDMS (New EDMS).  Aktif di dalam proyek-proyek pelatihan dan konsultasi serta pengembangan dan implementasi Electronic Filing and Document Management System, baik di instansi pemerintah, swasta, organisasi perbankan dan asuransi.

Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :

IT Infastructure Library (ITIL v3.1), Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Best Practices Implementation of Word 2007 for Business, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with Access 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), Managing of Information Technology Investment.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Training Fee

Rp. 3.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 16 Nov 2014)
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 12 Nov 2014; payment before 16 Nov 2014)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 26 Nov 2014)
Rp. 4.125.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Certified Job Analyst dan Job Evaluation Specialist Program
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/The Park Lane Hotel, Jakarta, 5-6 Dec 2014
Early Bird : Rp. 3.500.000,-
 

Free CD berisi: Materi  training (slides presentation) dalam bentuk pdf.

Merumuskan jabatan secara akurat adalah salah satu unsur penting dalam pengembangan organisasi di suatu Perusahaan.  Apa makna jabatan bagi suatu perusahaan perlu ditentukan.  Apakah terkait dengan lingkup kerja, bobot kerja, kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkinerja secara optimal di dalam suatu jabatan, atau lainnya.  Filosofi yang ada di belakang formulasi jabatan di satu Perusahaan akan sangat menentukan format jabatan seperti apa yang akan digunakan.  Serta manfaat dan link apa yang bisa didapat dari perumusan jabatan dengan sistem2 SDM lainnya. 

Workshop ini akan dimulai dengan pembahasan konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, sebelum masuk pada salah satu fungsi Analisa Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan kompensasi.

Workshop akan membantu peserta untuk menentukan aktivitas yang memberikan nilai tambah yang utama (key value adding activities) untuk mendapatkan lingkup jabatan dan key result area dari suatu jabatan.  Dengan menemukan elemen-elemen jabatan yang penting tersebut maka partisipan akan dapat mengembangkan proses evaluasi jabatan yang memenuhi asas internal equity.

Workshop juga akan menyinggung perbandingan berbagai metode pembobotan jabatan (job evaluation) yang sering digunakan saat ini di di Indonesia, serta efektivitasnya untuk berbagai tipe dan jenis Perusahaan.  Pada akhirnya workshop juga akan memberikan overview suatu metode job evaluation yang kemudian dapat diaplikasikan partisipan di Perusahaannya.

 

Outline : 

  • Konsep dari sebuah Jabatan
  • Bagaimana mengembangkan konsep jabatan yang fleksibel mengikuti perkembangan organisasi 
  • Me link arah strategis Perusahaan, disain organisasi dan pendefinisian jabatan
  • Prinsip dan metode dalam Analisa Jabatan
  • Me-link antara Analisa Jabatan dengan Manajemen Kompetensi
  • Format job description yang optimal
  • Evaluasi Jabatan: Information - Judgement - Elemen size jabatan
  • Metode wawancara dalam proses job evaluation
  • Trick untuk menutupi kurangnya informasi jabatan dalam proses job evaluation
  • Tahapan pembuatan struktur jabatan/job grading dan salary structure
  • Beberapa isue penting mengenai external equity: bagaimana bila metode job eva kita berbeda dengan industri
  • Perbandingan berbagai metode Evaluasi Jabatan yang banyak digunaan di berbagai industri
  • Overview metode evaluasi jabatan yang bisa langsung digunakan partisipan.

 

Metode :

Presentasi konsep dan framework, studi kasus, sharing pengalaman, dan uji kompetensi tertulis, dll.

 

Workshop Leader : 

Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM

Memiliki sertifikasi HR Management dari Filipina dan telah memiliki pengalaman sebagai profesional HR di  beberapa industri selama lebih dari 20 tahun. Selama karirnya di HR berbagai posisi pernah diembannya seperti Head of Training & Develoment, Head of Corporate Man Power Planing, Head of Corporate Career Development , Head of Corporate Organisation Development and Studies, HRD Manager, serta Senior Human Capital Manager .  Termasuk di dalamnya beberapa penugasan International dan regional.

Pengalaman yang lengkap di dunia praktek HR ini di-'genap'-kan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai industri seperti  tobaccos, power plant, telecommunication, pulp & paper dan tourism.

Pungki Purnadi juga adalah salah satu penggagas Sertifikasi Bidang SDM di universitas Atmajaya Jakarta dengan program Certified Human Resources Professional nya (CHRP).

Training Fee

Rp. 3.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 25 Nov 2014)
Rp. 3.500.000 ,- (REG before 21 Nov 2014; payment before 25 Nov 2014)
Rp. 3.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 5 Dec 2014)
Rp. 4.345.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Comprehensive Managerial Skills & Leadership Training
Aryaduta Hotel Semanggi/Kafe Pisa Menteng/The Park Lane Hotel, Jakarta, 12-13 Dec 2014
Early Bird : Rp. 3.050.000,-
 

Posisi middle management, menuntut kemampuan memimpin yang lebih besar dari seorang leader, karena ia kini tidak hanya mengembangkan tim yang berupa pekerja, tetapi mengembangkan para leader yang memiliki tim di bawahnya.  Kematangan diri, kemampuan menjadi role model, menjadi sangat vital untuk dapat menjalankan peran ini dengan sangat baik.

Di sisi lain, perkembangan konsep dan aplikasi kepemimpinan berkembang dengan pesat di jaman yang berubah dengan cepat ini.  Manajer dituntut untuk menangani tim yang sudah berbeda karakteristik dan tuntutannya dibanding beberapa tahun yang lalu.  Manajer yang masih mengikuti pola kepemimpinan dari atasan-nya sebelumnya, bisa jadi ditinggalkan oleh tim nya karena dianggap tidak mampu memberdayakan tim yang ada.

Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan leadership secara integratif dengan meletakan prinsip-prinsip dasar-nya dan membawa peserta lebih siap untuk menjalani posisinya sebagai seorang manajer.

 

Outline :

Role of Manager

  • Peran yang dimiliki seorang Manajer dalam manajemen madya
  • Perubahan lingkungan dan tantangan baru seorang Manajer

Basic Tools for Manager

  • Self Leadership: dari role model ke efektif transformasi menjadi leader
  • Manajemen Kinerja: Goal Setting, Coaching, Effective feedback
  • Manajemen Tugas: Perencanaan, Monitoring dan Kontrol
  • Manajemen Orang: Komunikasi, Motivasi dan Empowerment

Overview on New Tools for Manager

  • Meningkatkan self productivity: meningkatkan engagement dan mempercepat proses kerja (getting things done)
  • Emotional & Adversity Intelligence
  • From good to great manager: menjadi manajer yang inovatif dan mampu meng-handle perbedaan/konflik

Overview on Leadership

  • Antara managerial skills dan leadership
  • Mengembangkan gaya kepempinan yang tepat: situational leadership
  • Last trend on leadership: transformational leader

 

Workshop Leader :

G. Suardhika, MBA.

Telah memiliki banyak pengalaman sebagai HR Consultant dan pernah menempati posisi senior management di sebuah perusahaan penerbangan Indonesia. Salah satu topik unggulan yang beliau bawakan di dunia training diantaranya leadership, Supervisory, Performance Management dan Coaching. Sepanjang pengalamannya di dunia training, Beliau membantu di beberapa perusahaan ternama seperti: AQUA,ORIX Finance Indonesia, OPEL/General Motors, Garuda Indonesia, Bechtel International, Indomobil Suzuki International, Bredero Price, Telkom, Thames PAM Jaya, Asia Pulp and Paper dan Telkomsel.  Suardhika berlatar belakang pendidikan Psikologi dari UI dan MBA dari IPMI (Institut Pengembangan Manajemen Indonesia)

TRAINING EXPERIENCE

  • Supervisory Skills Training: Aqua, Tugu Pratama, Bredero Price Batam, LG Electronics, Rekayasa Indonesia
  • Leadership: BPD Sumsel, BPPN, Telkom Ujung Pandang, Litbang Pertanian, Indah Kiat Pulp & Paper.
  • Customer Service: Telkom Surabaya, Balikpapan
  • Team Building: Indomobil, Nisan, Telkomsel, 3M.
  • Performance Management: Amoco Mitsui, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper
  • Training for Trainer for BPPN
Training Fee

Rp. 2.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 2 Dec 2014)
Rp. 3.050.000 ,- (REG before 28 Nov 2014; payment before 2 Dec 2014)
Rp. 3.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 12 Dec 2014)
Rp. 3.795.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Riri & Ms. Ori

More Training on 2014
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
8-9 Dec 2014 Analytical Creative Thinking Drs . Achmad Sablie, Psi Rp. 2.750.000 Confirm Running
27-28 Nov 2014 Letter of Credit and Trade Finance Kurnia Hadi Rp. 3.750.000 Confirm Running
9 Jan 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 1.950.000 Almost Running
10-11 Dec 2014 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 2.750.000 Almost Running
6-7 Jan 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.050.000 Almost Running
7 Jan 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 1.750.000 Almost Running
9 Dec 2014 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 3.250.000 Almost Running
7 Jan 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 3.250.000 Almost Running
19-20 Dec 2014 Effective Competency Design And Its Application Workshop Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 3.500.000 Almost Running
25-26 Nov 2014 Effective Selling Skills and Negotiation for AE Semba Biawan Rp. 3.050.000 Almost Running
17-18 Dec 2014 General Affairs Management Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 3.250.000 Almost Running
3 Dec 2014 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 1.450.000 Almost Running
18-19 Dec 2014 Handling Customer Complaint Semba Biawan Rp. 3.250.000 Almost Running
4 Dec 2014 Modern HSE Management System Ir. Dwi Handaya, MK3 Rp. 1.750.000 Almost Running
8-9 Dec 2014 Lobbying & Negotiation Skills For Managers Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.750.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar