Sabtu, 14 November 2015

Almost Running : 1. Effective PR 2. Time Management & Delegation 3. Proses PHK

 
Value Consult Public Training 
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Effective Public Relations
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel/Park Hotel-Cawang, Jakarta, 19-20 Nov 2015
Early Bird : Rp. 3.750.000,-
 

Sebagai salah satu akibat dari kemajuan tehnologi yang mampu merubah tatanan kehidupan manusia, Public Relations atau PR sudah merupakan fenomena dan sekaligus kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi. Dalam dunia usaha maupun organisasi lainnya, Public Relations (hubungan masyarakat) kini telah menjadi bahan yang tidak terpisahkan dari aspek komunikasi lainnya seperti pemasaran, promosi, iklan dan penjualan.

Kegiatan PR yang meliputi berbagai fungsi, konsep dan tehnik-tehnik pelaksanaannya telah berkembang menjadi ‘suatu lembaga’ yang dianggap harus ada untuk mendampingi organisasi, apapun bentuk organisasi tersebut.

Sekarang ini, kehidupan sudah menjadi sedemikian kompleksnya, sehingga apa yang dikatakan atau apa yang dikehendaki, agar bisa terpenuhi, manusia maupun organisasi mutlak mendapatkan pengertian atau bahkan kalau mungkin dukungan dari pihak lain, terhadap apa yang dinyatakan. Pengertian, - apalagi dukungan -, dari berbagai pihak yang latar belakangnya bervariasi, makin lama makin sulit untuk didapatkan. Apa yang sering dilakukan adalah menberitahukan kepada khalayak umum tentang ‘siapa dan bagaimana diri kita’. Kegiatan semacam ini, lazimnya disebut PUBLISITAS, yang merupakan salah satu tahap dari keseluruhan kerja PR.

Dalam perkembangannya, PR tidak lagi hanya berfungsi memberitahukan kepada pihak lain tentang siapa dan bagaimana diri kita, tetapi juga memberitahukan kepada ‘kita’ tentang apa dan bagaimana pendapat atau pikiran lain terhadap ‘diri kita’.

Dengan demikian kita menjadi mampu merencanakan tindak lanjut dalam usaha kita mencapai tujuan organisasi yang meliputi apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya dan dengan sarana apa sebagai pendukung. Seluruh kegiatan tersebut merupakan mata rantai kerja PR. Jadi, diperlukan usaha peningkatan ketrampilan untuk merancang dan mempengaruhi publik, yang dapat dilakukan dengan mengikuti suatu seminar intensif.

Tujuan Pelatihan

Agar  memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, untuk mendapatkan pengertian dan dukungan, disertai dengan kemampuan untuk mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan prosedur organisasi sesuai dengan kepemtingan masyarakat. 

Outline Materi

Hari Pertama

Sessi  1        :   Peranan Public Relations dalam operasi perusahaan

    • Fungsi dan peranan PR
    • Manfaat Public Relations
    • Kedudukan PR dalam organisasi

                       :   Psikologi Public relations

    • Dua faktor karakteristik masyarakat sasaran
    • Psikolosi pesan dan strukturnya
    • Sistem komunikasi antar individu (interpersonal communications)

Sessi  2        :   Manajemen dan kode etik Public Relations

    • Menyadari sasaran umum PR
    • Tahap-tahap yang dibutuhkan
    • Kode etik IPRA
    • Kode etik Perilaku berdasarkan sidang IPRA

                     :   Perencanaan Kerja PR

    • Proses kegiatan PR
    • Langlah-langkah kegiatan
    • Hambatan - hambatan

Sessi 3          :   Management Crisis

    • Apa itu krisis
    • Katagori krisis dan bentuknya
    • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan / Lembaga / Institusi
    • Penanggulangan Krisis
    • Pra, Masa dan setelah Krisis

Sessi 4           :   Corporate Image Identity 

    • Membentuk opini publik
    • Hal membentuk citra perusahaan/ lembaga / institusi
    • Sifat dari opini public

Hari Kedua

Sessi  5        :   Protokoler

    • Pengertian Protokoler dan hubungan dengan kegiatan PR
    • Pemahaman tentang tatatertib dan etiket ke-protokoler-an
    • Ruang lingkup tugas kegiatan protokol.
    • Tata krama Pergaulan Bisnis, dasar pelaksanaan protokol
    • Persiapan-persiapan  fisik

Sessi 6          :   Public Speaking and Master of Ceremony

    • Thema acara:  keperluan petugas Master of Ceremony
    • Master of Ceremony dalam upacara
    • Acara Resmi, Semi Resmi, Acara Hiburan
    • Bahasa Protokoler -  Resmi dan Bahasa Komunikatif

Sessi  7        :   Media Relations, Press Release dan Pidato

    • Pengertian dan kegiatan
    • Menulis Press Release
    • Jenis-jenis pidato
    • Pidato, format dasar – general model dan model rinci

Sessi  8        :   Press Conference - tindak lanjut Media Relations

    • Mengapa Press Conference
    • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
    • Aktifitas yang terjadi 

Facilitator

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si

Beliau memulai kariernya dari bawah, ketika berumur 20 tahun, sebagai detailer/promosi obat secara ilmiah, kemudian meningkat ke jenjang supervisor, field manager, commercial officer, manager periklanan dan manager komunikasi. Sejak 20 tahun terakhir menjadi konsultan komunikasi dan manajemen, trainer dan pengajar di beberapa institusi perguruan tinggi. Mendapat pendidikan dan pelatihan manajemen di Manila, Philippines,  Presentation Skills dan Negotiation Skills di London, United Kingdom. Setelah terjun sebagai praktisi langsung, menyempatkan diri di hari tuanya menyelesaikan pendidikan Master (S2) dalam waktu 18 bulan dan lulus sebagai  peserta terbaik.

Training Fee

Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 9 Nov 2015) 
Rp. 3.750.000 ,- (REG before 5 Nov 2015; payment before 9 Nov 2015) 
Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 19 Nov 2015) 
Rp. 4.625.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Effective Time Management & Delegation
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel/Park Hotel-Cawang, Jakarta, 23-24 Nov 2015
Early Bird : Rp. 3.250.000,-
 

Dalam meningkatkan produktivitas kerja, Pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mengelola pekerjaan yang ada di area-nya sendiri dan melakukan pendelegasian dengan optimal.  Workshop ini menggabungkan kedua ketrampilan tersebut dalam satu pelatihan.

Hari pertama akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan Manajemen Waktu dengan mengandalkan tidak hanya prinsip-prinsip umum yang ada mengenai Time Management, tetapi juga pendekatan modern yang terkait dengan topik tersebut. 

Pelatihan akan dimulai dengan sebuah asesmen sederhana mengenai sumber dari permasalahan Manajemen Waktu (MW) yang ada, apakah dari profile pekerjaan, relasi, support, beban kerja, interupsi ataupun diri sendiri.  Kemudian masuk kepada pembahasan berbagai tool yang biasa digunakan di pelatihan MW sebelumnya ataupun yang diperlukan untuk menghadapi tantangan pekerjaan yang ada saat ini. 

Berbagai konsep terkait seperti Get Things Done dari David Allen ataupun manajemen enerji dari Tony Schwartz, juga akan dibahas sekilas di dalam pelatihan ini.

 Bagi seorang pemimpin salah satu tool yang diperlukan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan waktunya adalah delegasi.  Hari kedua akan fokus pada prinsip dan ketrampilan dalam melakukan delegasi, monitoring dan pemberian umpan balik.

Outline

Hari Pertama: Modern Time Management

  1. Asesment sumber masalah dalam MW
  2. Analisis penggunaan waktu sehari-hari
  3. Diskusi sumber masalah dan tips mengatasinya
  4. Apa sumber penyebab dari beban kerja dan bagaimana mengatasinya.
  5. Apa sumber penyebab dari interupsi dan bagaimana mengatasinya.
  6. Bagaimana cara menentukan prioritas?
  7. Menghindari diri dari jebakan urgent-important
  8. Memahami aspek internal (diri sendiri) dan eksternal yang mempengaruhi MW
  9. Mengelola aspek diri dan aspek eksternal
  10. Mengelola enerji dan meningkatkan keterlibatan
  11. MW untuk hidup kita, meraih keseimbangan hidup.

Hari Kedua (Effective Delegation, Monitoring & Feedback)

  1. Prinsip dalam memilah tugas yang didelegasikan
  2. Mengenal hambatan dalam proses delegasi
  3. Mengembangkan sudut pandang yang tepat dalam delegasi: investasi vs resiko
  4. Tipe Kepemimpinan dan kaitannya dengan tujuan dan pendekatan delegasi
  5. Tipe-tipe delegasi antara pekerjaan rutin dan non rutin
  6. Kemampuan komunikasi yang diperlukan untuk delegasi, monitoring dan feedback.
  7. Memotivasi tim untuk mengerjakan pekerjaan yang didelegasikan
  8. Point informasi yang perlu dimasukan dalam komunikasi delegasi dan umpan balik
  9. Mengembangkan indikator dan metode dalam proses monitoring
  10. Mengenali tipe staf dan pengaruhnya dalam pola delegasi, monitoring dan feedback
  11. Prinsip coaching dalam meningkatkan kompetensi tim untuk dapat menerima pekerjaan saat ini dan di masa yad (kaderisasi)
  12. Role play komunikasi delegasi, monitoring dan umpan balik.

Facilitator

G. Suardhika, MBA.

Telah memiliki banyak pengalaman sebagai HR Consultant dan pernah menempati posisi senior management di sebuah perusahaan penerbangan Indonesia. Salah satu topik unggulan yang beliau bawakan di dunia training diantaranya leadership, Supervisory, Performance Management dan Coaching. Sepanjang pengalamannya di dunia training, Beliau membantu di beberapa perusahaan ternama seperti: AQUA,ORIX Finance Indonesia, OPEL/General Motors, Garuda Indonesia, Bechtel International, Indomobil Suzuki International, Bredero Price, Telkom, Thames PAM Jaya, Asia Pulp and Paper dan Telkomsel.  Suardhika berlatar belakang pendidikan Psikologi dari UI dan MBA dari IPMI (Institut Pengembangan Manajemen Indonesia)

TRAINING EXPERIENCE

  • Supervisory Skills Training: Aqua, Tugu Pratama, Bredero Price Batam, LG Electronics, Rekayasa Indonesia
  • Leadership: BPD Sumsel, BPPN, Telkom Ujung Pandang, Litbang Pertanian, Indah Kiat Pulp & Paper.
  • Customer Service: Telkom Surabaya, Balikpapan
  • Team Building: Indomobil, Nisan, Telkomsel, 3M.
  • Performance Management: Amoco Mitsui, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper
  • Training for Trainer for BPPN
Training Fee

Rp. 3.000.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 13 Nov 2015) 
Rp. 3.250.000 ,- (REG before 9 Nov 2015; payment before 13 Nov 2015) 
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 23 Nov 2015) 
Rp. 4.075.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Proses PHK dan Perhitungan Pesangon
Blue Sky Hotel, Jakarta, 25-26 Nov 2015
Early Bird : Rp. 3.750.000,-
 

Pastikan Team HR perusahaan Anda Hadir dalam acara ini !

**Mulai dari pertanyaan yang sangat mudah sampai pertanyaan yang sulit sering sekali muncul dalam permasalahan proses PHK dan perhitungan pesangon. **Mungkin ada Praktisi HRD pemula maupun praktisi HRD Senior yang melakukan proses PHK dan perhitungan pesangon menurut kebiasaan 
    di perusahaannya. Apakah kebiasaan tersebut sudah sesuai dengan UU yang mengaturnya? atau malah menyalahi UU yang mengaturnya?
**Banyak Praktisi HR yang belum pernah mengetahui bagaimana proses PHK dan perhitungan besarnya pesangon yang BENAR dan sesuai UU yang mengaturnya.
**Bagaimana dengan Team HR perusahaan Anda?

Jika kita telusuri, apa saja pertanyaan yang sering muncul dalam kasus PHK ?

Pertanyaan 1
Mohon pencerahan...

Di perusahaan kami ada karyawan yang sengaja minta dipecat dengan cara melakukan kesalahan yaitu meninggalkan tempat kerja selama jam kerja. Kami sudah memberikan SP 2 dan sepertinya kami akan mengeluarkan SP 3 yang berujung kepada PHK. Sesuai UU No 13/2003 (Pasal 161) yang bersangkutan tetap mendapatkan pesangon. Menurut saya hal ini kurang fair dari sisi perusahaan. Apakah ada cara lain, agar kami tidak membayar pesangon?

Pertanyaan 2
Mohon Bertanya....

Seorang karyawan kami mempunyai masa kerja 15 tahun, karena performance yang sudah tidak baik lagi, rencananya perusahaan akan mem-PHK nya, berapa besar pesangonnya? dan pasal-pasal mana saja yang menjadi dasar perusahaan melakukan PHK terhadap karyawan tsb?

Pertanyaan 3
Izin share permasalahan kami dan mohon arahannya....

Karyawati kami melakukan kesalahan berat yaitu mengambil barang milik perusahaan. Karena kesalahan tersebut, perusahaan akan menjatuhkan hukuman PHK, bagaimana prosedurnya dan berapa besar pesangon yang harus diberikan? masa kerja karyawati tsb 12 tahun.

Pertanyaan 4

Ada karyawan kami yang sakit berkepanjangan, jika perusahaan mem-PHK nya, berapa besar pesangonnya? apakah tindakan perusahaan mem-PHK karyawan tsb diperbolehkan secara UU Naker?

Pertanyaan 5

Ada karyawan kami yang memalsukan data pribadinya, dia mengaku belum menikah, tetapi setelah 4 tahun bekerja, ketahuan bahwa ternyata sesungguhnya dia sudah menikah 5 tahun yang lalu. Atas dasar memberikan keterangan palsu tersebut, perusahaan akan melakukan PHK. pertanyaannya, apakah hal ini sesuai dgn UU 13 thn 2003, bagaimana prosesnya dan berapa besar pesangonnya?

Pertanyaan 6
Pak, mohon dijelaskan, bagaimana caranya kita melakukan PHK tetapi tidak sampai menimbulkan gejolak di dalam perusahaan?

Pertanyaan 7
Mohon pencerahannya, dokumen apa sajakah yang harus dipersiapkan dalam proses PHK? apakah PHK harus dilaporkan ke instansi terkait?

Pertanyaan 8
Apa sanksinya jika perusahaan melakukan PHK yang tidak sesuai UU ketenagakerjaan ?
........

dan pastinya masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan dalam kasus-kasus PHK yang terjadi, ratusan pertanyaan mungkin saja masih sering muncul saat proses PHK terjadi. Terkait dengan topik di atas, apakah Team HRD anda sudah menguasainya? Apakah team HRD anda sudah mengerti proses PHK yang benar? Apakah Team HRD anda sudah mampu menghitung besarnya pesangon yang sesuai dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia?

Apa dan bagaimana proses PHK dan bagaimana menghitung besarnya pesangon, dapat anda simak dalam workshop ini.

Apa saja yang akan dipelajari dan dibahas ?

Sekilas Materi yang akan dibahas :

  1. Jenis-jenis PHK menurut UU no.13 Thn 2003
  2. Garis besar persiapannya
  3. Tata cara yang perlu diketahui
  4. Dokumen yang penting dalam proses PHK
  5. Surat PHK, salahkah  ???
  6. Kapan Uang Penggantian Perawatan 15% muncul ???
  7. Hal penting (Tip & Trik) dalam PHK & Pesangon
  8. ***** Bonus : Kalkulator Pesanggon

Facilitator

Drs. Jack Alenzo, MM. MH

Jack adalah Konsultan dan Trainer pengembangan SDM, organisasi dan kepemimpinan di beberapa lembaga yang bergerak di bidang konsultasi dan pelatihan. Ia memiliki latar belakang pendidikan di bidang Manajemen dan Hukum Bisnis dan Saat ini juga sedang menempuh Pendidikan Doktoral bidang Manajemen Pendidikan. 

Disamping itu dia juga memperoleh sertifikasi Bisnis Management  Bidang SDM, Executice Coach ACTH ICF, Master Trainer EMC dari ILO & Apindo,  serta Asessor Kompetensi dari BNSP

Dengan pengalaman kurang lebih 20 tahun sebagai praktisi di bidang pengembangan sumber daya manusia, kepemimpinan dan organisasi di berbagai perusahaan multinasional asing seperti  Mercedez Benz Group, Alstom, Samsung, DuPont dan FMC dengan posisi terakhir sebagai Senior HR Manager / Operating Committee Member pada sebuah perusahaan MNC dari Amerika Serikat.

Klien yang sudah pernah dibantu dalam pelatihan pengembangan organisasi dan management dan karyawan, antara lain:  Pertamina Hulu Energi, Astra Oto Part, BRI Syariah, Samsung Electronics, Pertamina Retail, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Akzo Nobel, Showa Indonesia, LG Electronics, Telkom, Pertamina Pusat, Panasonic  Display Devices, Mulia Group, Infomedia Nusantara, Bakrie Telecom, Wijaya Karya, Citra Turbindo, Mitsui Leasing, Indonesia Power, Bank Indonesia, Rumah Zakat Indonesia, Krama Yudha, Honda Astra Motor, PGN Solution, Indonesia Power, Auto 2000 dll

Training Fee

Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 15 Nov 2015) 
Rp. 3.750.000 ,- (REG before 11 Nov 2015; payment before 15 Nov 2015) 
Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 25 Nov 2015) 
Rp. 4.625.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series

 

 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong kevaluecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person : 
Ms. Ori & Mr. Fikri

 

More Training on 2015
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
16-17 Nov 2015 Asset Management Ghani Basyar, SE, MM. Rp. 4.250.000 Confirm Running
19-20 Nov 2015 Comprehensive Writing Skill for Corporate Branding Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom Rp. 3.250.000 Confirm Running
30-1 Dec 2015 Procurement Negotiation & Contracting Strategy Deni Danasenjaya, SE. MM. Rp. 3.250.000 Confirm Running
21 Nov 2015 Hazardous Material Handling Adrianus Tanari, ST Rp. 2.250.000 Confirm Running
18-19 Nov 2015 Desain Media Publikasi Perusahaan Evy Saefullah Rp. 4.000.000 Confirm Running
19-20 Nov 2015 Comprehensive Compensation & Benefit Course Sih Hartono, SE., MM. Rp. 4.000.000 Confirm Running
16-17 Nov 2015 Comprehensive Industrial Relation Cecilia Sri Hayani Rp. 3.750.000 Confirm Running
25-26 Nov 2015 Proses PHK dan Perhitungan Pesangon Drs. Jack Alenzo, MM. MH Rp. 3.750.000 Confirm Running
8-9 Jan 2016 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
3-4 Dec 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.550.000 Almost Running
3-4 Dec 2015 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.250.000 Almost Running
1-2 Dec 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
6-7 Jan 2016 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
2 Dec 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
6 Jan 2016 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar