Jumat, 29 Mei 2015

Workshop : 1.Workload Analysis 2.HR Management Development 3.Writing Accurate Job Description

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Workload Analysis
Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 9-10 Jul 2015
Early Bird : Rp. 4.000.000,-
 
Pertanyaan yang sering muncul ketika suatu perusahaan terhimpit kerugian atau berusaha memperkuat kemampuan bersaingnya adalah bagaimana cara mengefisienkan perusahaan. apakah jumlah SDM/karyawan yang ada sekarang ini berlebih, kurang atau sudah optimum dengan kebutuhan perusahaan, dan bagaimana cara mengetahui atau mengukur hal-hal tersebut?

Banyak cara/teknik/metode yang dapat digunakan untuk menjawab serangkaian pertanyaan tersebut, namun metode yang dianggap paling akurat untuk digunakan adalah Analisis Beban Kerja (Workload Analysis).

Metode analisis beban kerja yang akan diberikan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyelidikan waktu (time study). Dengan menganalisis waktu yang seharusnya dikonsumsi pemegang jabatan untuk melaksanakan tugas-tugas jabatannya sesuai dengan yang diharapkan dibandingkan dengan waktu efektif yang tersedia maka akan diperoleh nilai beban kerja (dalam prosentase) suatu jabatan/unit/perusahaan. Berapa kelebihan atau kekurangan jumlah SDM pada suatu jabatan/unit/perusahaan akan diperoleh dengan membandingkan kebutuhan jumlah karyawan yang optimum dengan jumlah SDM yang ada saat ini di jabatan/unit/perusahaan.

Implikasi dari hasil analisis beban kerja ini, selain pengurangan/penambahan jumlah SDM juga dapat berupa rekomendasi penyempurnaan job description, prosedur kerja (system operating procedure), restrukturisasi organisasi, dan pelatihan peningkatan competency SDM. Informasi lebih terinci mengenai hal-hal tersebut akan diperoleh dengan mengikuti workshop ini.

Outline Materi

  1. Pengertian Analisa Beban Kerja (Workload Analysis)
  2. Tujuan & Manfaat Analisa Beban Kerja
  3. Jenis-jenis Beban Kerja (BK Jabatan, BK Individu, BK Unit Kerja, BK Perusahaan)
  4. Pendekatan & Metode dalam Analisis Beban Kerja
  5. Penyelidikan Waktu (Time Study)
  6. Jenis-Jenis Tugas (Pokok, Tambahan, Lain-lain, Rutin, Berkala, Insidentil)
  7. Tahapan/Langkah-langkah Pelaksanaan Tugas
  8. Waktu Pelaksanaan Tugas
  9. Kelonggaran Waktu (Allowance)
  10. Beban Kerja Standar
  11. Alat Pengukuran yang digunakan
  12. Teknik Analisis Data yang digunakan
  13. Proses/Langkah-Langkah Pelaksanaan Analisis Beban Kerja
  14. Wawancara dalam Analisis Beban Kerja
  15. Perhitungan Beban Kerja Jabatan, Individu, Unit Kerja, dan Perusahaan
  16. Perhitungan Kebutuhan Jumlah SDM yang Optimum
  17. Perhitungan Kelebihan/Kekurangan Jumlah SDM 
  18. Rekomendasi penyempurnaan job description (disain ulang tugas jabatan) dan SOP
  19. Rekomendasi penyempurnaan struktur organisasi (penggabungan/pemisahan unit kerja)
  20. Latihan Wawancara Analisis Beban Kerja
  21. Latihan Menghitung Beban Kerja dan Kebutuhan Jumlah SDM Optimum suatu
  22. Jabatan/Unit/Perusahaan

Facilitator

Adil Kurnia MM, MPsi.

Psikolog dari UI serta mengikuti Program Magister bidang Manajemen SDM dan Profesi Psikologi bidang Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Dephub, Depkeu, Deperindag, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Jasa Raharja, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, Hotel Indonesia, Hotel Preanger, PT. Aerowisata, Bank Indonesia, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Secure Parking, RS. Muhammadiyah. Dengan pendidikan dan berbagai pengalaman yang dimiliki, beliau sangat kompeten dalam memberikan bagaimana mendisain dan menuliskan job description yang tepat sesuai dengan jenis instansi/perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan job description.

Training Fee

Rp. 3.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 29 Jun 2015)
Rp. 4.000.000 ,- (REG before 25 Jun 2015; payment before 29 Jun 2015)
Rp. 4.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 9 Jul 2015)
Rp. 4.845.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
HR Management Development Program
Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 14-15 Jul 2015
Early Bird : Rp. 3.450.000,-
 

Untuk dapat sukses meniti karir dibidang HR, seorang HR professional tidak hanya dituntut menguasai area spesialisasinya dengan baik, tetapi juga mampu memahami konteks dari setiap kebijakan SDM yang terkait dengan area spesialisasinya. Bahkan semakin senior seorang HR professional maka tuntutan menguasai perspektif yang generalis dari HR semakin diperlukan. 

Hal tersebut diantaranya adalah pemahaman yang menyeluruh mengenai employee management dari mulai penerimaan sampai dengan berakhirnya hubungan kerja. Disisi lain, ia juga diharapkan untuk lebih memahami peran unit HR yang semakin berkembang yang mencakup tidak hanya pada tataran administratif tetapi juga benar-benar dapat menerapkan prinsip-prinsip kerja "the right man in the right place"; "developed employees are the companies most substantial capital"; mendorong perusahaan untuk menjadi preferred employer; serta menerapkan prinsip-prinsip keadilan bagi perusahaan maupun karyawan, bebas diskriminasi, dan independen. 

Lebih jauh lagi, para CEO dan Board of Directors sangat mengharapkan seorang HR dapat berperan sebagai partner stratejik mereka dalam mengelola perusahaan. Kompleksitas HR semakin ditambah dengan posisinya yang berada ditengah-tengah antara tuntutan manajemen dan karyawan. Ia diharapkan dapat membuat kebijakan-kebijakan yang bisa 'mempertemukan' kepentingan Manajemen dan karyawan.

Workshop ini dirancang untuk menjadi basic course bagi setiap profesional HR untuk dapat melihat keseluruhan fungsi HR yang utama secara singkat.  Dengan memahami keterkaitan dari orang, sistem dan kebijakan HR maka diharapkan setiap profesional HR yang mengikuti workshop ini akan lebih mengerti trik dan tips dalam menangani berbagai pekerjaan dan menambah wawasan secara kontekstual yang ada di area HR. 

 

Sasaran Peserta:

HR Manager, HR Supervisor ataupun HR Staf dan Profesional atau Praktisi HR lainnya yang ingin mendapatkan gambaran yang integratif mengenai pengelolaan HR di dalam suatu perusahaan.  Workshop ini juga diperuntukkan bagi setiap HR professional yang mulai dipersiapkan untuk menjadi seorang genaralis di bidang HR

 

Outline :

  1. Pengantar HRM Development Program
    • HR dan perkembangan perannya dari administrative ke strategic role
    • Pengoptimalan fungsi HR: menentukan batas antara peran HR di manajemen lini dan di unit HR
  2. From HR planing to HR Audit
    • Lingkup dan langkah-langkah HR planning
    • Metodologi HR planning
    • Overview workload analysis
    • Mem-forecast jumlah kebutuhan karyawan
    • Membuat target HR dan meng auditnya
  3. Struktur organisasi dan Job Analysis
    • Memahami link antara Manajemen Strategis dan Struktur organisasi
    • Mengenal berbagai bentuk struktur organisasi
    • Pembuatan job description yang akurat
    • Pengolahan job description untuk berbagai kepentingan lain (job evaluation, enrichment, etc)
  4. Mengelola Recruitment
    • Mengenal berbagai metode recruitment
    • Menentukan proses recruitment yang paling efektif bagi kepentingan perusahaan
    • Menggunakan data job desc ke dalam proses recruitment
    • Berbagai pengukuran efektivitas recruitment
    • Perkembangan metode, tools dan pendekatan recruitment terakhir
  5. Mengelola Program Pengembangan karyawan
    • Mendapatkan input kebutuhan pengembangan karyawan melalui kuesionair TNA, hasil recruitment, career plan, dll
    • Menentukan prioritas topik dan target pelatihan
    • Mengoptimalkan proses pengembangan karyawan ke arah learning organisation
    • Mengoptimalkan metode pengembangan karyawan: coaching, assignment, pelatihan
    • Mengoptimalkan OJT dan in class training
    • Mengukur efektivitas pelatihan dan sebuah 'departemen' pelatihan
  6. Manajemen karir
    • Mencari format manajemen karir yang optimal
    • Memahami berbagai metode pengembangan career path
    • Mengelola kebijakan karir di suatu perusahaan
    • Me-link sistem karir dengan sistem SDM lainnya, seperti planing, recruitment dan pengembangan karyawan
  7. Sistem Penggajian
    • Memahami proses pengembangan sistem penggajian
    • Mengenal berbagai metode sistem penggajian
    • Memahami peran sistem penggajian terhadap motivasi kerja dan manajemen kinerja
  8. Manajemen Kinerja
    1. Me-link antara sasaran corporate dengan sasaran individu (cascading process)
    2. Mengelola keterkaitan performance plan, review dan reward secara integratif
    3. Mengenal berbagai macam format Performance Appraisal yang ada
  9. Industrial Relations
    • Memahami format efektif IR
    • Mendisain sasaran dan program IR
    • Hubungan karyawan dan KKB
    • Community dan union relations
  10. Pembahasan Kasus

 

Workshop Leader :

Adil Kurnia MM, MPsi.

Psikolog dari UI serta mengikuti Program Magister bidang Manajemen SDM dan Profesi Psikologi bidang Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Dephub, Depkeu, Deperindag, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Jasa Raharja, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, Hotel Indonesia, Hotel Preanger, PT. Aerowisata, Bank Indonesia, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Secure Parking, RS. Muhammadiyah. Dengan pendidikan dan berbagai pengalaman yang dimiliki, beliau sangat kompeten dalam memberikan bagaimana mendisain dan menuliskan job description yang tepat sesuai dengan jenis instansi/perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan job description.

Training Fee

Rp. 3.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 4 Jul 2015)
Rp. 3.450.000 ,- (REG before 30 Jun 2015; payment before 4 Jul 2015)
Rp. 3.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 14 Jul 2015)
Rp. 4.075.000 ,- (Full fare)

1 Day Workshop
Writing Accurate Job Description
Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 21 Jul 2015
Early Bird : Rp. 2.000.000,-
 
Free CD berisi :

 Berbagai contoh job description ; Pedoman wawancara melakukan job description

 

Saat ini praktek manajemen SDM di Perusahaan semakin dituntut untuk lebih responsif dalam menjawab berbagai tantangan yang ada. Manajemen kompetensi, pemilihan kandidat yang tepat, analisis kebutuhan pelatihan, manajemen kinerja, sampai dengan pembuatan struktur gaji yang memperhatikan internal equity merupakan program-program utama yang dapat menentukan efektivitas pengelolaan SDM di suatu Perusahaan.

Keberhasilan berbagai policy di atas pada hakekatnya sangat tergantung pada perumusan job description yang akurat. Perubahan organisasi terkadang tidak disertai dengan penyesuaian pada perumusan job description-nya, dimana hal ini pada gilirannya dapat mengorbankan efektivitas dari kebijakan SDM yang menggunakan job description sebagai dasar input-nya.

Workshop ini bertujuan untuk me-refresh pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam merumuskan suatu job description secara akurat. Dengan pengalaman praktek SDM sebagai HR Manager di beberapa Perusahaan ditambah pengalaman konsultansi yang luas akan membuat workshop ini tidak hanya sarat dengan tips untuk memformulasikan job description secara tepat namun juga dilengkapi dengan berbagai perbandingan job description dari suatu jabatan.

 

Outline :

1.    Pengertian Job Description

  1. Job Description vs Job Analysis/Job Requirement/Job Specification/Job Competency/Job Profile/Sistem Operating Procedure (SOP)/Lainnya.
  2. Komponen Job Description

2.    Manfaat/Kegunaan Job Description

  1. Sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas
  2. Dasar Rekrutmen, Seleksi dan Penempatan
  3. Dasar Analisis Kebutuhan Pelatihan
  4. Dasar Manajemen Kinerja
  5. Dasar Manajemen Reward
  6. Lainnya

3.    Tipe/Jenis Job Description

  1. Berdasarkan Jenis Organisasi : Departemen/BUMN/Swasta/Nirlaba/Lainnya.
  2. Berdasarkan Level/Jenis Jabatan : Manajerial/Staf/Pelaksana/Fungsional/Spesialis.
  3. Berdasarkan Jenis Produk : Pabrik/Jasa/Lainnya.
  4. Berdasarkan Lingkup Usaha : Nasional/Multinasional

4.    Langkah-Langkah Menyusun Job Description yang Akurat

  1. Memahami Tipe/Jenis Organisasi
  2. Menentukan Tujuan/Kegunaan Job Description
  3. Menentukan Unsur/Komponen Job Description
  4. Mengumpulkan Data melalui kuesioner, wawancara dan teknik lainnya
  5. Merumuskan Unsur/Komponen Job Description
  6. Mendisain Bentuk/Tampilan Job Description

5.  Latihan/Diskusi Wawancara Perumusan Job Description yang akurat

 

* Workshop akan dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra / Grand Flora / IBIS ARCADIA / hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter.

*Terima Kasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah mengirimkan peserta pada Public Training "Writing Accurate Job Description" Batch1 ( AJ. CAR, Aneka Tambang, Citra Marga,  PT. Indomobil Suzuki International, BPKP, PT. Timah, PT. Festo, PT. Loka Mampang Indah Realty, PT. Perta Medika, PT. Hakatex, PT. Yamaha Music Mfg. Indonesia, PT. Bank Lippo Tbk,PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Jakarta International Container Terminal, PT. Astra Honda Motor, PT. Chakra Jawara, PT. Indonesia Bulk Terminal,PT. Kompas Cyber Media)

Testimonial Peserta Peserta Batch sebelumnya :

Cukup baik, applicable & cukup mudah dimengerti”

 ( Justina S, Senior Officer, Bank Central Asia)

Cukup baik & dapat menambah pengetahuan saya mengenai penulisan Job Description”

(Siska Gunawan, HR – OD Staff, Bank Lippo)

Baik & berguna untuk pembuatan Job Desc Di perusahaan kami, sesuai dengan kebutuhan perusahaan kami saat ini”

(Hendry Akmal M, Staff HR System & Org Planning, PT. Jakarta International Container Terminal)

Workshop Leader :

Adil Kurnia MM, MPsi.

Psikolog dari UI serta mengikuti Program Magister bidang Manajemen SDM dan Profesi Psikologi bidang Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Dephub, Depkeu, Deperindag, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Jasa Raharja, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, Hotel Indonesia, Hotel Preanger, PT. Aerowisata, Bank Indonesia, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Secure Parking, RS. Muhammadiyah. Dengan pendidikan dan berbagai pengalaman yang dimiliki, beliau sangat kompeten dalam memberikan bagaimana mendisain dan menuliskan job description yang tepat sesuai dengan jenis instansi/perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan job description.

Training Fee

Rp. 1.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 11 Jul 2015)
Rp. 2.000.000 ,- (REG before 7 Jul 2015; payment before 11 Jul 2015)
Rp. 2.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 21 Jul 2015)
Rp. 2.950.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Mr. Fikri

More Training on 2015
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
4-5 Jun 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.750.000 Confirm Running
9-10 Jun 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Confirm Running
8-9 Jun 2015 Perjanjian Kerja Waktu Tertentu & Outsourcing Cecilia Sri Hayani Rp. 3.750.000 Confirm Running
3-4 Jun 2015 Financial Statements Analysis for Valuation Ghani Basyar S.E, M.M Rp. 3.550.000 Confirm Running
2-3 Jul 2015 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.750.000 Almost Running
4-5 Jun 2015 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.250.000 Almost Running
2-3 Jul 2015 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 3.750.000 Almost Running
4-4 Jun 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
1-1 Jul 2015 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.250.000 Almost Running
3-3 Jun 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.000.000 Almost Running
1-1 Jul 2015 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.000.000 Almost Running
16-17 Jun 2015 Effective Selling Skills and Negotiation for AE Semba Biawan Rp. 3.550.000 Almost Running
25-25 Jun 2015 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 1.950.000 Almost Running
11-12 Jun 2015 Personnel Administration Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 3.750.000 Almost Running
9-10 Jul 2015 Personnel Administration Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 3.750.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar