Kamis, 09 Maret 2017

Workshop : 1.Powerful Data Analysis & Reporting With Ms. Excel 2007; 2.Inventory Management; 3.Strategic Cost Reduction

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Powerful Data Analysis & Reporting With Ms. Excel 2007
Ashely Hotel / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 10-11 Apr 2017
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Masih sering ditemukan diberbagai organisasi yang sebagian besar karyawannya merasakan kesulitan dalam melakukan pengolahan analisa database dengan proses validasi data yang cepat dan tepat.

Apalagi hasil tersebut dibuatkan ke dalam format dashboard summary report yang interaktif, dinamis dan menarik untuk keperluan analisa database lebih lanjut.

Jika source database-nya dalam jumlah yang besar (lebih dari 65.000 record) dan bersumber dari external database, yang dapat berupa file text, file database,  dan lain-lain, tentunya masalah tersebut akan jadi bertambah rumit. Dan permasalahan tersebut umumnya terjadi  di departemen accounting, finance, sales, dan lain-lain.

Tentunya hal tersebut di atas membutuhkan adanya solusi yang efektif dan efisien. Pengolahan data seperti itu tentunya tidak dapat lagi dikerjakan oleh Ms.Excel XP, 2002 dan 2003.

Microsoft Excel 2007 dapat menangani proses database analysis yang jumlahnya melebihi dari 65.000 record data. Dengan sejumlah fungsi validasi dan analisa database yang sudah ada, Excel 2007 juga ternyata memiliki fitur canggih, yang dalam kondisi defaultnya tidak dimunculkan,  yaitu data analysis tool pack dan solver analysis tool pack.

Anda tidak perlu lagi direpotkan membangun aplikasi program database analysis dan summary reporting dengan bahasa progam tertentu yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, karena semua hal tersebut di atas dapat dikerjakan dengan Excel 2007 secara cepat, tepat dan mudah.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Membaca dan memasukkan berbagai macam data : text file dan database yang lain yang jumlah record lebih dari 65.000 record ke dalam Excel 2007
  2. Melakukan proses validasi data hasil konvert, baik untuk data text, date dan number.
  3. Melakukan proses logical data dengan single IF dan multiple IF conditional function.
  4. Melakukan quick filter dengan kombinasi gabungan key fields.
  5. Melakukan custom filter dan Advance Filter (Query with Criteria).
  6. Memanfaatkan fungsi-fungsi Excel untuk berbagai macam kebutuhan analisa database.
  7. Mengaktifkan data analysis tool pack dan  solver analysis tool pack dalam tab menu.
  8. Menggunakan tool analisa database yang ada pada data analysis tool pack untuk kebutuhan analisa database yang cukup kompleks.
  9. Menggunakan tool database analysis solver yang ada pada solver analysis tool pack.
  10. Mampu membuat summary report dengan tampilan graphic 3D yang informasi datanya data ditampilkan secara interaktif.
  11. Membuat automation process form template  (document and database protection, allowing of user access).

Outline Materi

  1. What’s New in Excel 2007
  2. Read of Ribbon menu
  3. Step by step operation for external data converting process to Excel database.
  4. Sort by One Level to Four Level with Sort On Values and Cells Color.
  5. How make and using Data Filter with Ascending or Descending method
  6. How make and using Quick Data Filter with create of fields combination union.
  7. How make and using Custom Data Filter with filter by color.
  8. How make and using Custom Data Filter with filter by data type (number, text, date).
  9. How make Advance Filter (Criteria and Output Data Query).
  10. How make and using Conditional Formatting Process.
  11. How make and using Consolidate Methods.
  12. How make and using Single IF conditional and Multiple IF conditional function.
  13. How make and using Data Validation for Onel Level and Two Level
  14. How make and using Data Validation Automation with Table Function.
  15. How make and using Data Table Method for one cell input and two cell input.
  16. How make and using data analysis method (What If Analysis - Goal Seek and Scenario manager).
  17. How make and using analysis function.
  18. How make active and using data analysis tool pack.
  19. How make active and using solver analysis tool pack.
  20. How make and using PivotTable
  21. How make and using PivotChart
  22. How make and design dashboard reporting
  23. Case study implementation
  24. Training evaluation

Peserta

  • Staff dan Leader yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel ( Intermediate level )
  • Peserta di Wajibkan membawa Laptop (Excel 2007)

Durasi Pelatihan

2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

Metode Pelatihan

  1. 25% Theory
  2. 75% Practices  (Case study).
  3. Dynamic and interactive training presentation

Facilitator

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain  di PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting. Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting.

Beliau termasuk dalam tim konsultan manajemen kearsipan dan pengembangan software EFIDMS (New EDMS).  Aktif di dalam proyek-proyek pelatihan dan konsultasi serta pengembangan dan implementasi Electronic Filing and Document Management System, baik di instansi pemerintah, swasta, organisasi perbankan dan asuransi.

Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :

IT Infastructure Library (ITIL v3.1), Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Best Practices Implementation of Word 2007 for Business, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with Access 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), Managing of Information Technology Investment.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 31 Mar 2017)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 27 Mar 2017; payment before 31 Mar 2017)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 10 Apr 2017)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Practical Inventory Management Practical Inventory Management
Ashely Hotel / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 12-13 Apr 2017
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Deskripsi

Persediaan telah menjadi topik pembicaraan dan masalah rumit sehari-hari para eksekutif perusahaan. Persediaan banyak menyita keuangan perusahaan padahal semua tahu bahwa persediaan adalah idle resource. Penekanan jumlah persediaan tanpa mengurangi customer service adalah dambaan setiap perusahaan. Akan tetapi tidak semua tahu bagaimana cara melakukannya. Di dalam seminar ini akan dibahas  teknik praktis inventory management  yang sangat penting untuk perusahaan manufaktur, jasa dan retail. Seminar disajikan dengan case method sehingga diharapkan  mudah difahami oleh para peserta. Perhitungan matematis yang rumit akan dibantu dengan menggunakan software.

Manfaat Pelatihan

  1. Peran inventory management dalam kehidupan perusahaan
  2. Teknik evaluasi performansi sistem inventory management
  3. Klasifikasi persediaan
  4. Prakiraan kebutuhan barang
  5. Teknik optimasi persediaan
  6. Material Requirement Planning (MRP)
  7. Prinsip-prinsip manajemen persediaan Just In Time (JIT)
  8. Perhitungan persediaan dengan menggunakan sistem JIT
OUTLINE  PELATIHAN
  1. Peran inventory manajemen dalam kehidupan perusahaan
    • Hubungan manajemen  persediaan dengan sistem manajemen logistik perusahaan
    • Nilai dana yang terserap dalam persediaan
    • Pengaruh performansi sistem manajemen persediaan terhadap customer service
    • Pengaruh performansi sistem manajemen persediaan terhadap performansi perusahaan.
  2. Teknik evaluasi performansi sistem inventory management
    • Rasio-rasio performansi sistem persediaan
    • Inventory turnover  ratio bahan baku
    • Inventory turnover ratio produk jadi
    • Inventory turnover ratio barang setengah jadi (work in process)
    • Inventory turnover ratio spareparts
    • Umur rata-rata persediaan
  3. Klasifikasi persediaan
    • Klasifikasi persediaan secara fisik
    • Klasifikasi material berdasarkan frekuensi mutasi
    • Klasifikasi ABC
    • Material dependen dan independen
  4. Prakiraan kebutuhan barang
    • Data historis pemakaian barang
    • Cara pengumpulan data pemakaian barang dan persediaan
    • Linear regression model
    • Exponential smoothing model
    • Cara memilih metoda perkiraan kebutuhan barang
  5. Teknik optimasi persediaan
    • Keputusan persediaan
    • Klasifikasi sistem persediaan
    • Biaya persediaan
    • Penentuan ukuran pesanan ekonomis
    • Gradual replacement model
    • Reorder point
    • Potongan harga
    • Stochastics inventory problem
    • Penentuan service level
    • Studi kasus.
  6. Material Requirement Planning ( MRP )
    • Penjelasan umum tentang MRP
    • Permintaan material dependen dan independen
    • Proses perencanaan material
    • Scheduled and planned order release
    • Planned order receipt
    • Pola pengambilan keputusan sistem MRP
    • Latihan perhitungan MRP
    • Perbedaan MRP dan sistem persediaan yang lain
  7. Prinsip-prinsip manajemen persediaan Just In Time ( JIT )
    • Filosofi sistem Just In Time (JIT)
    • Karakteristik kemitraan JIT
    • Pengaruh JIT Cost Reduction terhadap ukuran pemesanan barang
    • Asumsi-asumsi yang digunakan
    • Cara implementasi JIT dalam lingkungan EOQ
  8. Penilaian persediaan.
    • FIFO (first in first Out)
    • Moving weighted Average.
    • LIFO (Last in First Out).
  9. Perhitungan persediaan dengan menggunakan sistem JIT
    • JIT/EOQ Order Quantity
    • JIT/EOQ Total Annual Cost
    • JIT/EOQ Delivery Quantity
    • Saving by switching to JIT/EOQ
    • JIT/EOQ Optimal Number of Deliveries
    • Studi kasus.
  10. 10.    Studi Kasus perencanaan sistem produksi sebuah industri makanan.
    • Penyusunan Bill of Material (BOM).
    • Penyusunan  production Plan dan Master Production Schedule  (MPS).
    • Penyusunan Material Requirement Planning  (MRP).
    • Perhitungan kelayakan kapasitas (Capacity Requirement Planning).
    • Penyusunan strategi  inventory control.
Metoda
Pelatihan ini dilaksanakan dengan menggabungkan tiga hal yaitu :
  • Penyampaian teori ( 50 % )
  • Studi kasus ( 30 % )
  • Diskusi dan konsultansi permasalahan yang dihadapi perusahaan ( 20 % )

Facilitator

Ir. Asep Saefulbachri,MBA,MM
Lulusan Teknik Industri ITB yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai Public Trainer lebih dari 25 tahun. Dalam 10 tahun terakhir ia telah menjadi pembicara di lebih dari 500 forum seminal nasional dan internasional. Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel, PT. Vale Indonesia, dll. Ia juga berpengalaman menjadi konsultan business plan di Telkom, Telekomunikasi Indonesia Internasional dll.
Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 2 Apr 2017)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 29 Mar 2017; payment before 2 Apr 2017)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 12 Apr 2017)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Detailed Steps in Strategic Cost Reduction
Ashely Hotel / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 4-5 May 2017
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Practical Concept, Strategy, Implementation and Case Studies

Situasi ekonomi Indonesia dan dunia  saat ini sangat tidak menentu. Nilai tukar valuta asing terutama dollar Amerika sangat fluktuatif dan sulit diprediksi begitu pula harga BBM dan Tarif dasar listrik (TDL). Keadaan ini diperparah lagi dengan tuntutan kenaikan UMR (Upah Minimum Regional). Kenaikan biaya manufaktur (Cost of Goods Manufactured) buat perusahaan  manufaktur dan kenaikan biaya operasional buat perusahaan jasa seperti tidak dapat dihindari lagi padahal persaingan antar perusahaan semakin ketat karena konsumen semakin selektif dalam memilih produk dan jasa yang akan dipakainya.

Seminar 3 hari  ini diselenggarakan untuk memberikan pencerahan dan alternatif solusi untuk menghadapi masalah di atas. Masalah Strategic Cost Reduction akan dibahas secara lengkap dan praktis. Pembahasan akan dimulai dari konsep strategic management, balanced scorecards, financial management serta Production/operation management. Pembahasan akan dilengkapi dengan mini case studies di beberapa bagian dan Studi kasus Cost Reduction di Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Jasa. Perhitungan kuantitatif akan dibantu dengan menggunakan software.

  1. Konsep Manajemen Strategi
    • Analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity and Threat).
    • Revitalisasi Visi dan Misi Perusahaan.
    • Outsourcing Strategy.
    • Perumusan Strategi Perusahaan.
  2. Pengukuran Performansi Perusahaan dengan konsep Balanced Scorecards.
    • Memahami Balanced Scorecards.
    • Mengukur Performansi Perusahaan dari Perspektif : Keuangan , Pelanggan. Internal Business Process dan Learning and Growth.
    • Teknik Penyusunan Strategy Map.
    • Teknik Penyusunan KPI (Key Performance Indicators).
  3. Restrukturisasi Organisasi dan Business Process Reengineering(BPR) Sebagai  Alat Untuk Melakukan Cost Reduction.
    • Memahami Konsep Restrukturisasi dan BPR.
    • Konsep Porter’S  Value Chain.
    • Tahapan Business Process Reengineering.
  4. Laporan Keuangan Peusahaan.
    • Neraca (Balance Sheet).
    • Laporan Laba-Rugi (Income Statement).
    • Cash Flow.
    • Mini Case Studies.
  5. Analisis Laporan Keuangan Perusahaan.
    • Analisis Rasio Keuangan Perusahaan.
    • Pengukuran Performasi Keuangan Perusahaa dengan Diagram Du Pont.
    • Diagnosa Performansi Keuangan Perusahaan dengan teknik Commonsize.
    • Mini Case Studies.
  6. Teknik Cost Reduction Biaya Manufaktur ( Cost of Goods Manufactured).
    • Memahami Konsep ERP (Enterprise Resource Planning) dan MRP II ( Manufacturing Resource Planning).
    • Teknik Cost Reduction Biaya Direct Material.
    • Teknik Cost Reduction Biaya Direct Labor.
    • Teknik Cost Reduction Biaya Factory Overhead.
  7. Inventory Management  Sebagai Alat Untuk Melakukan Cost Reduction.
    • Konsep Inventory Management.
    • Perhitungan Economic Order Quantity(EOQ), Safety Stock, Reorder Level.
    • Konsep JIT ( Just in Time Inventory Management).
    • Mini Case Studies secara manual dan menggunakan software QSB( Quantitative System for Business).
  8. Konsep Activity-Based Costing (ABC) dan Activity-Based Budgeting (ABB).
    • Konsep ABC dan Tahapan Implementasinya.
    • Konsep ABB dan Tahapan Implementasinya.
    • Mini Case Studies.
  9. Teknik Cost Reduction untuk Pengadaan Barang Investasi (Capital Budgeting).
    • Perbedaan Pengadaan dengan Anggaran Operasional (Opex/Operational Expenditures) dan Pengadaan Barang Investasi (Capex/Capital Expenditures).
    • Time Value of Money.
    • Konsep TCO ( Total Cost of Ownership).
    • Memilih Equipment Merk A atau B.
    • Repair atau Replace.
    • Leasing atau Purchase.
    • Mini case Studies.
  10. Strategic Cost Reduction di Perusahaan Jasa.
    • Perbedaan Manajemen Perusahaan Jasa dan Perusahaan Manufaktur.
    • Implementasi Konsep Strategic Cost Reduction di Perusahaan Jasa.
  11. Studi Kasus Beberapa Perusahaan yang Berhasil Melakukan Cost Reduction.
    • Studi Kasus Strategic Cost Reduction di Perusahaan Manufaktur.
    • Studi Kasus Strategic Cost Reduction di Perusahaan Jasa.

Facilitator

Ir. Asep Saefulbachri,MBA,MM
Lulusan Teknik Industri ITB yang memiliki pengalaman sebagai praktisi, akademisi dan konsultan manajemen Supply Chain, Project, strategi dan manajemen risiko serta sebagai Public Trainer lebih dari 25 tahun. Dalam 10 tahun terakhir ia telah menjadi pembicara di lebih dari 500 forum seminal nasional dan internasional. Ia telah menjadi trainer di banyak perusahaan di antaranya Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, BP Migas, Chevron, Tjiwi Kimia, Unilever, Krakatau Steel, PT. Vale Indonesia, dll. Ia juga berpengalaman menjadi konsultan business plan di Telkom, Telekomunikasi Indonesia Internasional dll.
Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 24 Apr 2017)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 20 Apr 2017; payment before 24 Apr 2017)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 4 May 2017)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Ms. Riri

More Training on 2017
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
29-30 Mar 2017 Disaster Recovery Planning & Business Continuity Planning Goutama Bachtiar Rp. 4.550.000 Confirm Running
13-14 Mar 2017 Customer Relationship Management Drs. Ludwig Suparmo, M.Si (Kode: IMC/PR) Rp. 3.850.000 Confirm Running
29 Mar 2017 Business Process Improvements Skills Daniel Saputro, MM., MBA. Rp. 2.550.000 Confirm Running
12-13 Apr 2017 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
28-29 Mar 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
25-26 Apr 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
17-18 Mar 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 4.050.000 Almost Running
6-7 Apr 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 4.050.000 Almost Running
18-19 Apr 2017 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
16-17 Mar 2017 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
28-29 Apr 2017 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Almost Running
30 Mar 2017 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.550.000 Almost Running
3 May 2017 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.550.000 Almost Running
5 Apr 2017 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.300.000 Almost Running
3 May 2017 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.300.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar