Jumat, 24 Maret 2017

Workshop : 1.Electronic Filing Implementation With RMS & EFS; 2.Service Excellence for Leader; 3.Effective Business Writing

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based on Document Regulation
Ashely Hotel / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 6-7 Apr 2017
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Arsip merupakan rekaman informasi penting yang umumnya digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan kegiatan dalam suatu organisasi. Dengan memanfaatkan arsip seoptimal mungkin dapat dicapai tujuan manajemen modern yaitu perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat serta pengawasan yang ketat.

Ketika pemberkasan arsip sudah makin bertambah, jika tidak dikelola dengan baik, maka pertumbuhan arsip sudah tidak bisa lagi dikendalikan.

Mengingat pentingnya arsip dalam suatu organisasi maka kegiatan penataan arsip harus dilakukan sesuai prinsip dan tujuan dari manajemen kearsipan, yaitu dapat menyediakan arsip dengan cepat, tepat, lengkap dan efisien.

Penataan arsip pada dasarnya merupakan suatu teknik atau cara pengaturan dan penyimpanan arsip secara logis dan sistematis. Ada 2 metode sistem yang dapat diterapkan dalam kegiatan penataan arsip yaitu Records Management System (RMS) dan Electronic Filing System (EFS).

Records Management System (Sistem Manajemen Kearsipan) disahkan dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012.

Electronic Filing System (Sistem Penataan File secara elektronik) disahkan dalam Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pelaksanaan dari undang-undang tersebut dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah nomor 82 tahun 2012. Di dalam sistem ini terdapat penerapan Electronic Imaging System agar organisasi memiliki digital copy yang praktis dan tidak membutuhkan tempat fisik tertentu dan hasilnyapun jauh lebih efektif karena file hasil scan dapat ditelusuri dan ditemukan kembali pada saat diperlukan dengan waktu yang singkat.

Apabila ke-2 metode penataan arsip diatas dapat diterapkan dengan tepat sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan organisasi, maka dapat meningkatkan kinerja pelayanan dan efisiensi tempat penyimpanan arsip dari organisasi tersebut.

Tujuan Pelatihan     

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Memahami regulasi kearsipan terakhir yang sudah diberlakukan di Republik Indonesia beserta struktur perundang-undangannya.
  2. Memahami pengertian Kearsipan, Arsip dinamis, Arsip aktif, Arsip inaktif, Arsip vital, Arsip static, Unit pengolah, Unit kearsipan, Jadwal Retensi Arsip, Penyusutan arsip, Pemusnahan arsip Penyerahan arsip statis, Pemeliharaan arsip, Penggunaan arsip, Pemberkasan, Retensi arsip berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan.
  3. Memahami konsep model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan.
  4. Mengetahui contoh SOP Manajemen Kearsipan yang cukup lengkap.
  5. Memahami konsep model records continuous model (model arsip berkelanjutan) pada sistem manajemen arsip elektronis.
  6. Memahami pengertian dari konsep electronic imaging system.
  7. Memahami pentingnya electronic imaging system diimplementasikan di semua organisasi.
  8. Mampu membuat document digital hasil scanning yang bisa dicopy textnya (dibaca secara content).
  9. Mampu menambahkan keterangan dan tanda tangan digital yang diproteksi dengan password pada document digital.
  10. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.
  11. Memahami implementasi dari penggunaan software aplikasi EFIDMS (Electronic Filing with Integrated Document Management System) baik untuk modul Electronic Document Management System, modul Electronic Imaging System dan modul Record Management System.

Outline Materi

  1. Struktur perundang-undangan yang diberlakukan di Republik Indonesia.
  2. Pemaparan dari isi Undang-undang nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan dan penjelasan Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-undang tersebut dalam pengertian secara umum sebagai berikut :
    • Kearsipan,
    • Arsip dinamis,
    • Arsip aktif,
    • Arsip inaktif,
    • Arsip vital,
    • Arsip statis,
    • Unit pengolah,
    • Unit kearsipan,
    • Jadwal Retensi Arsip,
    • Penyusutan arsip,
    • Pemusnahan arsip
    • Penyerahan arsip statis,
    • Pemeliharaan arsip,
    • Penggunaan arsip,
    • Pemberkasan,
    • Retensi arsip
  3. Model siklus hidup pengelolaan arsip pada sistem manajemen kearsipan.
  4. Contoh SOP Manajemen Kearsipan.
  5. Model records continuous model  pada sistem manajemen arsip elektronis.
  6. Electronic Imaging System.
  7. Pentingnya Electronic Imaging System diimplementasikan di semua organisasi.
  8. Membuat digital document (OCR Scanning) dalam format .PDF Edited.
  9. Menambahkan text pada digital document.
  10. Memasukan digital assign yang sudah diproteksi ke dalam digital document .
  11. Memahami faktor-faktor kunci keberhasilan implementasi filing system dalam organisasi.
  12. Aplikasi untuk Records Management System dalam EFIDMS software.
  13. Aplikasi untuk Electronic Document Management System dalam EFIDMS software.
  14. Aplikasi untuk Electronic Imaging System dalam EFIDMS software.
  15. Langkah-langkah operasional untuk mengatur Level  Security User Access Application.
  16. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk  Document Control process.
  17. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Distribution process.
  18. Langkah-langkah Operasional Aplikasi untuk Document Update process.
  19. Melakukan Proses Document Searching secara cepat (soft and hard) berdasarkan 5 metode.
  20. Document  Capture Process baik melalui scanner ataupun melalui digital cameras, kemudian  di-convert menjadi  document microsoft office (XP, 2003, 2007, 2010).
  21. Pemilihan dan pengambilan dokumen secara cepat dan tepat untuk dikirimkan via e-mail langsung dari aplikasi EFIDMS software.

Peserta

  •         Staff atau Leader yang bertanggung jawab dalam proses filing document

Peserta di Wajibkan membawa Laptop

Durasi Pelatihan

    2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

Metode Pelatihan

Terangkan – Tunjukkan – Lakukan
Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

Facilitator

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom

Praktisi & trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1992 – 2003, antara lain  di PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).

Pernah menjabat sebagai Manager Training & Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting. Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting.

Beliau termasuk dalam tim konsultan manajemen kearsipan dan pengembangan software EFIDMS (New EDMS).  Aktif di dalam proyek-proyek pelatihan dan konsultasi serta pengembangan dan implementasi Electronic Filing and Document Management System, baik di instansi pemerintah, swasta, organisasi perbankan dan asuransi.

Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :

IT Infastructure Library (ITIL v3.1), Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Best Practices Implementation of Word 2007 for Business, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with Access 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), Managing of Information Technology Investment.

Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 27 Mar 2017)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 23 Mar 2017; payment before 27 Mar 2017)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 6 Apr 2017)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

1 Day Workshop
Service Excellence for Leader
Ashely Hotel / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 11 Apr 2017
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 2.250.000,-
 

Kita bergerak di dunia yang bagaikan eskalator bergerak turun.Apa yang menjadi produk unggulan tahun lalu, sudah obsolete di masa kini. Delivery system yang 3 bulan lalu tergolong mutakhir, bisa dengan gampang di-copy oleh perusahaan lain. Persaingan di product dan delivery system menjadi pertempuran berdarah yang tidak ada akhirnya, bahkan dunia marketing yang tadinya merupakan ‘lahan subur’ menjadi tidak gampang lagi diandalkan. Banyaknya pemain baru, membuat suara kita semakin tidak terdengar.

Yang terbaik menyadari ini, maka mereka bersaing di service mindset.Mengubah seluruh budaya perusahaan untuk melayani lebih baik.Memberikan service terbaik dengan pelayanan yang bukan hanya basa-basi, namun pelayanan yang dihargai oleh customer.Menyentuh langsung ke emosi client, dan menciptakan client yang loyal.

TUJUAN PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan pada ini, peserta diharapkan:

  1. Membangun budaya service di seluruh lini perusahaan, agar bisa menjadi atau  mempertahankan status market leader. Karena perusahaan-perusahaan terbaik mengutamakan service. Mis: Singapore Airlines, Starbucks Coffee, Amazon.com, Bluebird Taxi, Ritz Carlton, UPS, dll
  2. Membangun ongoing relationship dengan customer, sehingga menurunkan biaya iklan dan menaikkan tingkat loyal customer
  3. Meningkatkan share of wallet per customer
  4. Meningkatkan revenue

OUTLINE MATERI

Materi training yang akan di bahas topik Service Excellence for Leader  adalah :

  • What’s Service Excellence
  • Lead with Your Customer ”
  • Service Leaders’ Roles & Responsibilities
  • Service Leaders’ Roles & Responsibilities  (Con’t)
  • Individual Commitment

FACILITATOR

Divdeni Syafri

Berlatar belakang pendidikan di FISIP - Universitas Padjajdjaran Bandung, mengawali karir di perbankan. Hampir 20 tahun pengalaman kerja di PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk dengan memulai karir  sebagai: agent call center 24 jam selama 2 tahun, menangani informasi produk danamon berbagai keluhan nasabah, kemudian diangkat sebagai Manager Customer Care Center selama 8 tahun, menangani keluhan nasabah yang dimuat di media cetak, email, telepon, website, walk in customer dan mediasi perbankan yang melibatkan Bank Indonesia. Menjadi salah satu PIC yang tercatat di Bank Indonesia yang melaporkan keluhan nasabah khususnya keluhan financial sekaligus menjadi PIC untuk mediasi perbankan antara nasabah, Bank Danamon dan Bank Indonesia.

Pengalaman selama 3 tahun menjadi Project Manager untuk Retail Banking Sales Development Program, membuat modul untuk Sales/marketing Bank Danamon seluruh Indonesia, kemudian mengajarkan kepada mereka dari Product knowledge, Skills,  Karakter/ Attitude sampai kepada Profesional Grooming sebagai seorang Bankers.

Pengalaman selama 2 tahun menjadi Project Manager Retail Banking Network Support untuk perubahan system baru di Bank Danamon di tahun 2010 yaitu Winning Branch Model yang melibatkan para Pimpinan Cabang/ Branch Manager seluruh Indonesia.

Pengalaman selama 5 tahun menjadi Senior Manager di Consumer Service Quality, membuat modul Service Excellence dan mengajarkan kepada semua karyawan di Bank Danamon, mulai dari Security, Teller, Customer Service, Marketing/ Sales Officer sampai kepada Branch Manager. Membuat program program antara lain : Branch Service Competition, E-Channel Competition, Service Coach for Leader dll.

Setelah 20 tahun di Bank Danamon, melanjutkan karir sebagai Director Learning & Development di PT. Global Top Career. Tugas saya mengembangkan dan memperbaharui modul yang disesuaikan dengan permintaan klien, kemudian mempromosikan PT. Global Top Career ke berbagai perusahaan. Adapun klien yang pernah kita bantu adalah : Bank BNI 46 (konvensional dan syariah), Bank BRI (konvensional dan syariah), Bank Niaga, Bank Panin, PT. Garuda Indonesia, PT. Permata Indonesia, dll.

Setelah itu melanjutkan karir lagi sebagai Associate Trainer di beberapa Consultant Training diantaranya :PT. Value Consult, Global Top Career, PT. Trisa Mandiri Sejahtera

Reward yang pernah saya dapatkan adalah :

  • The Best Trainer & Facilitator from Danamon Corporate University
  • The Best Curriculum Instructional System Design from Corporate University Xchange
  • The Best Curriculum Development from corporate University Xchange
Training Fee

Rp. 2.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 1 Apr 2017)
Rp. 2.250.000 ,- (REG before 28 Mar 2017; payment before 1 Apr 2017)
Rp. 2.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 11 Apr 2017)
Rp. 2.945.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Effective Business Writing
Ashely Hotel / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 17-18 Apr 2017
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Sebagai pekerja profesional, sudah selayaknya seseorang memiliki keterampilan berkomunikasi, tidak hanya kemampuan berkomunikasi secara lisan, tetapi juga mampu berkomunikasi melalui tulisan. Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki tersebut adalah kemampuan Business writing. Dari penulisan yang dibuat, setiap profesional akan memperlihatkan dan merefleksikan citra pimpinan serta perusahaan dimana ia bekerja. Oleh karenanya, kemampuan menulis, menyampaikan dengan Bahasa lisan dan tertulis dengan tepat, lugas dan etis menjadi kebutuhan/kemampuan mendasar menjadi kian penting.

Kagiatan penulisan surat sekilas memang terlihat sebagai pekerjaan yang sederhana dan mudah, namun untuk melakukannya dengan optimal tentunya diperlukan keahlian didalamnya. Kegagalan dalam melakukan hal tersebut dapat mengakibatkan citra buruk bagi perusahaan, dimana perusahaan akan dianggap sebagai perusahaan yang kurang professional. Bahasa dan teknik penyampaian yang salah juga dapat menyebabkan mis komuniaksi yang dapat menyebabkan hubungan perusahaan terkait menjadi tidak baik.

Mengingat bahwa business writing skills mempunyai andil yang penting bagi image dan kinerja perusahaan, maka dengan mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk memahami teknik peningkatan business writing skills serta peserta diharapkan mampu untuk menyiapkan surat-surat bisnis yang dibutuhkan dalam kegiatan kerja perusahaannya.

OBJEKTIF PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan :

  • Memahami surat-surat bisnis dengan baik.
  • Memiliki kemampuan menulis yang mumpuni
  • Memiliki kemampuan untuk menciptakan ide / kreatifitas dengan optimal
  • Memahami teknik dan strategi komunikasi melalui tulisan
  • Mampu menyusun/membuat surat, memo dan email dengan baik dan benar.

OUTLINE MATERI PELATIHAN

  1. Proses Komunikasi melalui Tulisan
  2. Konseptual surat-surat bisnis secara keseluruhan (Ruang Lingkup, Jenis-jenis surat, karakteristik, anatomi dan format surat bisnis)
  3. Batasan-batasan surat bisnis
  4. Prosedur dan Aliran surat-surat bisnis
  5. Memahami khalayak pembaca dan fokus masalah
  6. Menetapkan fokus tulisan dan teknik pengemasan pesan
  7. Menetapkan tipe surat yang tepat dan pemilihan medianya
  8. Kemampuan dasar menulis, pengembangan ide/gagasan dan proses editing tulisan
  9. Proses Penulisan (Rencana Penulisan, Organisasi Penulisan,  Gaya Penulisan)
  10. Business Writing serta etika penulisan dan pengirimannya (Surat, E-mail, Memo, Laporan, Minutes of meeting, Undangan / invitation)
  11. Business Writing yang efektif (pengaturan tulisan, pemilihan kata-kata, penekanan pesan).
  12. Komunikasi Efektif; Mengkomunikasikan surat melalui Lisan 
  13. Studi kasus dan latihan Effective Business Writing

METODE PELATIHAN

  • Presentasi
  • Diskusi
  • Praktik
  • Studi kasus 

Facilitator

Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom

Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom, memiliki pengalaman lebih dari lima tahun dalam bidang Komunikasi Perusahaan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan/CSR. Sebelumnya aktif sebagai praktisi CSR di PT Newmont Nusa Tenggara (2009), Bank Muamalat (2012), dan Sinarmas Pulp & Paper (2014). Selain itu, ia aktif sebagai staf ahli di PT Cinggarindo Galba (Konsultan Komunikasi dan CSR) dan Dosen di program studi Ilmu Komunikasi, Universitas Paramadina. Publikasi buku yang pernah ia tulis antara lain; Driver for Integrated Marketing Communication/IMC (2012), CSR Communication for PR Practitioners (2013), Cyber CSR (2014) dan Periklanan Korporat (2015).

Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 7 Apr 2017)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 3 Apr 2017; payment before 7 Apr 2017)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 17 Apr 2017)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Ms. Riri

More Training on 2017
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
20-21 Apr 2017 HR Management Development Program Adil Kurnia MM, MPsi. Rp. 4.050.000 Confirm Running
6-7 Apr 2017 Certified Professional Human Resources Management (CPHRM) Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Confirm Running
30-31 Mar 2017 Disaster Recovery Planning & Business Continuity Planning Goutama Bachtiar Rp. 4.550.000 Confirm Running
6-7 Apr 2017 General Affairs Management Development Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 4.050.000 Confirm Running
30-31 Mar 2017 Comprehensive Compensation & Benefit Course Sih Hartono, SE., MM. Rp. 4.300.000 Confirm Running
30-31 Mar 2017 Ekspor Impor dan Kepabeanan Sutomo Asngadi, SS MM (yaack) Rp. 4.300.000 Confirm Running
29 Mar 2017 Business Process Improvements Skills Daniel Saputro, MM., MBA. Rp. 2.550.000 Confirm Running
26-27 Apr 2017 Effective Warehouse Management Surachman. ST.,MT Rp. 4.050.000 Confirm Running
12-13 Apr 2017 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
17-18 May 2017 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
28-29 Mar 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
25-26 Apr 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
6-7 Apr 2017 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 4.050.000 Almost Running
18-19 Apr 2017 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
19-20 May 2017 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar