Senin, 07 Maret 2016

Workshop Confirm Running : 1.Communication and Interpersonal Skills 2.Procurement Contract Management 3.Advanced Writing Policy and Procedure (SOP)

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Communication and Interpersonal Skills
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel / The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 14-15 Mar 2016
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 3.850.000,-
 

Setiap hari kita menghabiskan hampir 70% waktu kerja untuk berkomunikasi, namun banyak miskomunikasi yang masih terjadi. Karenanya orang masih perlu memahami tehnik komunikasi yang efektif, agar dapat mengoptimalkan 70% dari waktu kerja dalam mencapai sasaran perusahaan.

Komunikasi yang buruk merupakan penghambat terbesar dalam pencapaian sasaran perusahaan yang dirasakan oleh banyak karyawan.

Pentingnya komunikasi dapat dilihat dari beberapa hal:

  1. Menimbulkan rasa setia kawan, antara bawahan dengan atasan, sesama rekan maupun   dengan unit kerja lainnya.
  2. Meningkatkan kegairahan kerja
  3. Pengendalian dan pengwasan menjadi lebih efektif
  4. Meningkat moral dan sikap kerja
  5. Memperjelas semua informasi didalam perusahaan
  6. Meningkatkan rasa tanggung jawab.
  7. Meningkatkan saling pengertian, saling menghargai dan saling membantu
  8. Meningkatkan kreatifitas dan inovasi
  9. Memudahkan dalam pengambilan keputusan

Suatu penelitian membuktikan bahwa komunikasi merupakan area utama dalam mempelajari interaksi manusia dalam organisasi perusahaan, dan perubahan tingkah laku yang terjadi. Komunikasi merupakan alat utama dalam memahami konflik-konflik yang terjadi, konsep pemecahannya dan pengambilan keputusan. Untuk itulah perlunya suatu pelatihan kumnikasi ini disampaikan.

Tujuan Pelatihan

Agar peserta dapat memahami dan melakukan komunikasi secara efektif, sehingga dapat menciptakan iklim kerja yang harmonis, sehat dan terbuka, dapat memberikan kreatifitas kerja yang maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan.

Outline Materi

Hari Pertama

  • Komunikasi dan usaha memahami orang lain
    1. Pendapatkan penerimaan dan persepsi yang jelas
    2. Mendapatkan  tindak lanjut yang diharapkan
  •  Berbagai hambatan dalam komunikasi
    1.  Hambatan dalam penerimaan
    2. Hambatan dalam pengakuan
    3. Hambatan dalam pemahaman
  •  Meningkatkan kemampuan mendengarkan
    1. Proses mendengarkan
    2. Tehnik meningkatkan kemampuan mendengarkan
    3. Berbagai kiat dalam mendengarkan
    4. Mendengarkan yang tidak efektif
  •  Komunikasi dalam situasi yang sulit
    1. Menyampaikan dan menerima umpan balik

Hari Kedua

  • Komunikasi interpersonal dan kerjasama kelompok
    1. Komunikasi didalam kelompok
    2. Dinamika kelompok
  • Menjaga agar perbedaan tidak berkembang menjadi konflik
    1. Hal potensial penyebab konflik
    2. Mengatasi konflik
  • Komunikasi efektif dengan pola asertif
    1. Bedanya dengan submisif dan agresif
    2. Keuntungan menerapkan perilaku asertif.
  • Lanjutan pola perilaku asertif
  • Latihan dan penerapannya.

Facilitator

Drs . Achmad Sablie, Psi

Berlatar belakang pendidikan Fakultas Psikologi dari UI, pengalaman dibidang Marketing dan HR Management, terakhir sebagai Head of HRD Division di RCTI, HR Director di Hero Group of Companies, Human Resources Development Huffco / VICO Indonesia (Oil and Gas Coy) dan PT Semen Cibinong. Banyak memberikan pelatihan dan seminar dibidang Communication, Soft Skills dan HR Management, Senior Instruktur sekolah Pengembangan Pribadi John Robert Powers, Senior Consultant di Gede Prama Dynamics Consulting dan masih aktif sebagai konsultan internal HR di sebuah perusahaan manufacturing. Berbagai topik unggulan pelatihan yang sering diberikan diantaranya Leadership, Psychological Training – Emotional Intelligence, Adversity Quotient, Assertiveness, Transactional Analysis, Motivation dan beberapa lainnya -,  Women Empowerment, Supervisory Management, Performance Management dan semua fungsi Human Resources Management. Beberapa perusahaan Oil & Gas, bank-bank BUMN maupun Swasta, industri perkayuan, industri otomotif dan industri lain seperti PT Krakatau Steel, PT Telkom, PT PLN menjadi klien yang pernah ditangani.

Training Fee

Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 4 Mar 2016)
Rp. 3.850.000 ,- (REG before 29 Feb 2016; payment before 4 Mar 2016)
Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 14 Mar 2016)
Rp. 4.595.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Procurement Contract Management
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel / The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 14-15 Mar 2016
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 
Kemampuan untuk melakukan kompilasi atas kesepakatan dengan supplier/vendor ke dalam proses penyusunan kontrak, merupakan hal penting yang harus dikuasai team procurement & legal terkait. Keterbatasan skill team procurement & legal saat melakukan penyusunan kontrak dapat menyebabkan potensi dispute dengan supplier/vendor saat pelaksanaan pekerjaan.

Kemampuan team procurement & legal dalam penyusunan kontrak yang baik & terukur akan membuat perusahaan/institusi memperoleh produk & jasa yang diperlukan dengan kondisi the best bid with; best prices, best quality, serta best terms & conditions.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:

  1. Memahami jenis & kategori kontrak procurement
  2. Memahami regulasi terkait dengan kontrak yang sedang disusun
  3. Menyusun & menganalisa pasal-pasal kontrak
  4. Membuat & mempersiapkan kontrak procurement
  5. Menangani dispute handling

Metode Pelatihan

Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:

  • 20% teori berdasarkan literatur praktisi
  • 40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & sektor industri
  • 40% studi kasus nyata & diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

Target Peserta

Para Praktisi & Profesional di bidang:

  1. Supply Chain/Logistik, Procurement/Purchasing, PPIC, Produksi, Komite Pembelian, Unit Layanan Pengadaan.
  2. General Affair, Legal Perusahaan.
  3. Project Manager, Internal Auditor. 
  4. Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses negosiasi dengan Supplier/Vendor.
  5. Yang  ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

Outline Materi

Hari Pertama 

  1. Procurement Contract Life Cycle
  2. Types of Procurement Contract
  3. Contract Attachment Analysis
  4. Contract Terms & Clauses Analysis 
  5. Discussion sharing & case study

Hari Kedua

  1. Contract Rules & Regulations
  2. Contract Renewal, Amendment, & Cancellation
  3. Contract Drafting Exercise
  4. Dispute Handling: Mediation, Arbitration, & legal Case
  5. Case study & closing review

Facilitator

Deni Danasenjaya, SE. MM.

Telah bekerja dalam bidang logistik dan operasi perbankan sejak tahun 1995. Sejalan dengan itu pengalaman dia telah menjalankan berbagai program pelatihan di SCM, HSE serta strategi pengadaan logistik dan telah menulis beberapa artikel dan tulisan dengan topik di manajemen, biaya tersembunyi dalam distribusi dan transportasi, ISO 14000 dan logistik. Dia menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai Asisten Senior PT. Bank Inter-Pacific Tbk. sedangkan sebelumnya ia bekerja di PT. Bank Niaga Tbk dan Perusahaan Jasa Penyedia Logistik di Jakarta.

Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 4 Mar 2016)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 29 Feb 2016; payment before 4 Mar 2016)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 14 Mar 2016)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

1 Day Workshop
Advanced Writing Policy and Procedure (SOP)
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel / The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 16 Mar 2016
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 2.750.000,-
 

Writing according to International standard

Ada setidaknya dua fakta mencengangkan dari sebuah mini-Survey yang diadakan pada tahun 2008-2010 dengan responden peserta pelatihan Pembuatan/ Penulisan Prosedur. Salah satu hasil survey yang mencengangkan tersebut adalah bahwa 90% penulis Prosedur tidak terlatih! Hal inilah yang membuat Prosedur ditempat kerja menjadi counter-productive dan seringkali hanya berfungsi menjadi dokumen arsip.

SOP tidak sama dengan Prosedur, apabila Prosedur dibuat oleh pihak independen berdasar asas top-down, SOP dibuat melalui kesepakatan antara penulis, pihak manajemen dan pengguna (3 pihak). Salah satu penyebab SOP tidak berfungsi semestinya adalah karena dibuat dengan tanpa melibatkan pengguna.

Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari a) sejauhmana ia digunakan dan memberi nilai tambah b) sejauhmana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen c) sejauhmana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses. Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

SOP yang dapat juga disederhanakan sebagai Who does What and How menjadi tidak terarah apabila 1) tidak dikerndalikan 2) tidak dibuat dengan cara yang tepat sesuai kompleksitas bisnis 3) tidak dinamis.

Standard Operating Procedure adalah salah satu metode kerja yang dibuat untuk memastikan proses bisnis berjalan sesuai dengan rencana dan aturan-aturan dan untuk kepuasan pelanggan; baik eksternal maupun internal.Penyusunan SOP yang mudah dibaca dan dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar departemen.

Pelatihan Writing Procedure Advanced Class ini dirancang khusus untuk mereka-mereka yang sudah sering dan sangat sering membuat Prosedur tetapi tidak yakin apakah sudah menggunakan kaidah yang berstandar Internasional.

Outline Materi

  1. Filosofi dan difinisi proses bisnis, prosedur dan instruksi kerja
    SOP dan hubungannya dengan fundamental business systems ISO 9000
    Sesi ini membekali peserta dengan persespi umum mengenai SOP mulai dari pemahaman peristilahan (misalnya: manajemen, system, proses, dokumen, record, prosedir, instruksi kerja dll) hingga pendekatan penulisan SOP berdasarkan standar internasional ISO 9000.
    Fasilitator mengulas persamaan SOP dengan Prosedur, Juklak, Juknis dan Protap, juga menggambarkan secara umum bagaimana SOP selama ini dibuat.

  2. SOP Lifecycle
    Peserta ditunjukkan dengan berbagai SOP yang tidak dinamis, SOP yang dibuat berdasarkan Write what you do! Dan peserta diajak merubah salah satu SOP tersebut menjadi SOP yang dinamis dan mengikuti siklus SOP Lifecycle.

  3. Business process mapping (BPM), analisa keefektifan proses bisnis
    Pada sesi ini peserta memahami beragam jenis proses bisnis, mulai dari tingkat tertinggi hingga terendah, peserta berlatih memetakkan proses bisnis sebuah organisasi kelas menengah dagang mebel dan berlatih membedakan proses utama (core process) dan proses pendukung (support process), latihan selanjutnya adalah menetapkan proses kerja yang memerlukan SOP, KPI, dan SLA. Peserta mempelajari jenis process modelling. Peserta diajak membuat BPM As Is dan Should-Be.

  4. SOP Tehnis v.s SOP Administratif
    Secara umum terdapat dua jenis SOP yaitu Tehnis dan Administratif, SOP Tehnis merupakan SOP operasional yang mendukung proses inti, dan SOP Adminstratif bersifat pendukung. Peserta, pada sesi ini berlatih merancang dan menyelesaikan kedua jenis SOP tersebut.

  5. Format SOP: Simple steps, hierarchy, flowchart, graphical dan video
    Pada sesi ini peserta mempelajari dan membuat sedikitnya 2 format SOP, simple steps, hierarchical, flow-chart, graphical dan video. Fasilitator memperagakan bagiamana membuat graphical SOP untuk jenis SOP administratif (SOP Penanganan keluhan pelanggan, SOP Pembelian)
    Pada sesi ini Fasilitator mendemonstrasikan bagaimana membuat SOP Flowchart muti-user dengan berbagai model sesuai process parameters. Beberapa pictorials dan video SOP juga akan ditunjukkan.

  6. Teknik penulisan efektif dan format dan elemen SOP
    Peserta, pada sesi ini, berlatih menulis menggunakan bahasa Indonesia secara efektif dan concised, Fasilitator memberikan contoh beberapa SOP yang ditulis secara tidak efektif, SOP yang ditulis menggunakan bahasa Indonesia yang berputar-putar. Pada sesi ini juga, peserta memahami elelemen-elemen SOP dan atribut pengendali (nama, nomor, tanggal efektif, tanggal kadaluarsa dll)

  7. Menentukan dan memilih  tingkat perincian SOP (Who Does What) Beyond Write What You Do
    SOP mempunyai format yang bermacam dan berbeda-beda dan untuk pengguna yang berbeda juga—setidaknya Pengguna pemula dan Pengguna ahli, seringkali Pengguna pemula memerlukan SOP yang rinci dan dalam sedangkan Pengguna ahli hanya memerlukan langkah besarnya saja. Pada sesi ini peserta berlatih membuat SOP dengan dua macam kedalaman.

  8. Merancang SOP yang up-to-date dan masih diperbaharui
    Sesi ini berhubungan dengan SOP lifecycle, peserta membuat rencana tindak-lanjut di tempat kerja dengan merancang SOP yang dinamis.

  9. Merancang SOP untuk mendukung Balanced Scorecard dan Key Performance Indicators.

  10. Merancang SOP untuk Marketing, Perencanaan dan Produksi, Logistik, Pembelian dan Keuangan dll

    Dengan template yang disediakan oleh fasilitator, peserta diajak berlatih membuat SOP operasional, latihan-latihan ini akan menjadi bekal dalam merevisi atau menulis ulang SOP yang ada di perusahaan masing-masing.

Persyaratan

Pelatihan ini dirancang bagi mereka yang sudah terlibat dalam tim penulisan SOP.

Fasilitas

Peserta mendapat sebuah Workshop kit berisi materi hardcopy, CD berisi kumpulan contoh SOP, jenis SOP, panduan menulis SOP (SOP penulisan SOP), sertifikat, makan siang dan snacks.
Biaya termasuk materi dalam CD, buku pegangan, contoh SOP, sertifikat dan goodybags.

Facilitator

Ady A Subagya

Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz. Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Badan Pemeriksa Keuangan, Bank Artha Graha, Indosat, LAPAN, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya

Training Fee

Rp. 2.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 6 Mar 2016)
Rp. 2.750.000 ,- (REG before 2 Mar 2016; payment before 6 Mar 2016)
Rp. 3.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 16 Mar 2016)
Rp. 3.495.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Mr. Fikri

More Training on 2016
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
29-30 Mar 2016 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Confirm Running
21-22 Mar 2016 How to Plan, design & Deliver Training Materials Semba Biawan Rp. 3.850.000 Confirm Running
10-11 Mar 2016 Basic Accounting Subur Harahap, SE, Ak, Dipl.FP, MM, CFP Rp. 3.850.000 Confirm Running
23-24 Mar 2016 Best Practice : Corporate Event Management Ujang Rusdianto, S.I.Kom, M.IKom Rp. 4.050.000 Confirm Running
14-15 Apr 2016 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
14-15 Apr 2016 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.850.000 Almost Running
7-8 Apr 2016 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
26-27 Apr 2016 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
5-6 Apr 2016 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
20-21 Apr 2016 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Almost Running
31 Mar 2016 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.550.000 Almost Running
4 May 2016 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.550.000 Almost Running
6 Apr 2016 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.300.000 Almost Running
4 May 2016 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.300.000 Almost Running
24 Mar 2016 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 2.250.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar