Value Consult Public Training Creating value for your business Website : www.valueconsulttraining.com | Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter | 1 Day Workshop | Powerpoint and Prezi For Infographics | Arion Swiss Belhotel / THE 1O1 Hotels / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 7 Oct 2015 | Early Bird : Rp. 1.750.000,- | | Program ini merupakan program lanjutan dari Powerpoint Ultimate dan Powerpoint Domore. Powerpoint and Prezi for Infographics memfokuskan pada perancangan Infographs untuk sebuah presentasi khusus dimana Presenter atau Fasilitator menyajikan visual/gambar dan angka, sedikit menggunakan frasa dan kalimat. Mengapa Infographics? Infographics dapat menjadikan kalimat-kalimat kompleks menjadi visual yang enak dilihat sehingga akan menarik minat audience untuk lebih menyimak presentasi anda. Pada lokakarya praktis ini Fasilitator mengajarkan langkah demi langkah membuat charts dan grafik baik yang statis maupun yang dinamis menggunakan fitur MS Powerpoint. Walau kelas ini dirancang untuk mereka yang sudah mahir menggunakan Powerpoint, Fasilitator memberikan sesi Powerpoint Fundamentals untuk peserta yang tidak sering menggunakannya. Outline Materi - Konsep Peripheral learning dan Infographics, bagaimana posters dan grafik memberi dampak sangat positif dalam presentasi,
- Five steps to Infographics, Riset, brain-storm, desain, riviu, saji.
- Story to Images, bagaimana merubah kalimat panjang menjadi butir-butir bergambar;
- Data to Story, bagaimana merubah data menjadi cerita dalam animasi;
- Powerpoint Infographic tools, Memahami toolbar untuk membuat Infographic;
- Infographics, bagaimana membuat Infographic bergerak menggunakan Powerpoint—temasuk meng-import charts dari MS Excel dan memberi animasi yang unik dari fitur Custom Animation;
- Infographic webware, bagaimana menggunakan infogr.am, picktochart.com, prezi.com,dll
- Powerpoint Fundamental, Fasilitator menyajikan 6 teknik modern menggunakan MS Powerpoint-termasuk didalamnya bagaimana merubah ukuran slide menjadi widescreen 16:9, merancang template sendiri, presentasi multi-monitor dimana tampilan layar komputer berbeda dengan yang ada di layar proyektor, dan menggunakan Package for CD—menyimpan slide anti broken-link;
- Fasilitator memperagakan dan memandu peserta membuat slide presentasi menggunakan fasilitas online prezi.com yang mengagumkan, dan membuat kartun animasi dengan Powtoon.com
Facilitator | Ady A Subagya | Fasilitator adalah seorang konsultan dan trainer yang berpengalaman dalam membantu organisasi menulis ulang business process-nya, membuat standard operating procedure, instruksi kerja/metode kerja, menerapkan ISO 9000, 14000, SMK3, OHSAS 18001. Sebelum independen, ia bekerja pada kelompok Siemens dan Daimler Benz. Perusahaan yang telah didampingi antara lain: Energizer Indonesia, TEAC Indonesia, Berca Hardaya Perkasa, Badan Pemeriksa Keuangan, Bank Artha Graha, Indosat, LAPAN, Yamaha Indonesia, Tobu Indonesia, Kiriu Indonesia, Subur, dan beberapa perusahaan lainnya | Training Fee | Rp. 1.500.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 27 Sep 2015) Rp. 1.750.000 ,- (REG before 23 Sep 2015; payment before 27 Sep 2015) Rp. 2.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 7 Oct 2015) Rp. 2.475.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Lobbying & Negotiation Skills For Managers | Arion Swiss Belhotel / THE 1O1 Hotels / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 7-8 Oct 2015 | Early Bird : Rp. 3.550.000,- | | Salah satu tugas penting manajer adalah mencapai kesepakatan dengan berbagai pemegang kepentingan (stake holder) yang terkait dengannya, khususnya pihak2 di luar organisasi. Baik dalam kaitan dengan penjualan, perijinan ataupun kesepakatan2 bisnis lainnya. Untuk dapat mengoptimalkan posisi Perusahaan di dalam transaksi tersebut, maka tidak cukup seorang manajer hanya mempersiapkan diri di dalam proses formal nya (negosiasi), ia juga perlu menguasai prinsip2 dan ketrampilan dalam melakukan lobbying. Sehingga proses transaksi dapat diarahkan se awal mungkin. Workshop ini memberian wawasan, prinsip2 dasar dan ketrampilan utama dalam melakukan lobi dan negosiasi. Walaupun materi yang diberikan cukup padat, namun tetap disediakan cukup kesempatan untuk role playing agar peserta dapat merasakan aplikasi dari berbagai konsep yang didiskusikan. Sasaran Pelatihan - Peserta paham prinsip-prinsip lobbying & negosiasi yang saling menguntungkan bagi pihak-pihak yang terlibat
- Peserta menguasai dan mampu mengembangkan teknik-teknik negosiasi secara efektif.
- Peserta mampu menggunakan prinsip komunikasi yang tepat dalam bernegosiasi.
Outline Materi 1. LOBBYING & NEGOSIASI DALAM BISNIS - Masalah dan tantangan dalam lobbyingh & negosiasi
- Kompetisi vs integrasi
- Tiga unsur pokok negosiasi
2. PERSIAPAN LOBBYING NEGOSIASI - Kriteria sukses lobby & negosiasi
- Identifikasi kekuatan dan kelemahan
- Aspek budaya
3. ASPEK KOMUNIKASI - Mendengarkan aktif dalam lobbying & negosiasi
- Mengatasi hambatan komunikasi dalam lobby & negosiasi
4. TEKNIK NEGOSIASI - Lima strategi pokok
- Sepuluh teknik dasar
- Teknik konsesi
5. PRAKTEK NEGOSIASI - Persiapan negosiasi
- Proses negosiasi
- Evaluasi hasil
Facilitator
| Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Alumnus Universitas Indonesia, yang mendalami Ilmu Komunikasi di Pasca Sarjana UI ini tertarik dan terjun di bidang Manajemen sebagai Konsultan / Fasilitator Training sejak tahun 1984.Beberapa perusahaan yang pernah dan masihmenggunakan jasanya antara lain adalah Bank Indonesia, BCA, PT. Indosat Tbk, Pertamina, PT.SMART Tbk, PT. Freeport, PT. HM Sampoerna , Indomobil, Pt Kertas Karft Aceh, PT. Unilever Indonesia, PT. Timah Tbk, RCTI, PT. Samudra Indonesia, BAPPENAS, Bank Mandiri dan lain-lain. | Training Fee | Rp. 3.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 27 Sep 2015) Rp. 3.550.000 ,- (REG before 23 Sep 2015; payment before 27 Sep 2015) Rp. 3.950.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 7 Oct 2015) Rp. 4.295.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Arion Swiss Belhotel / THE 1O1 Hotels / Park Hotel Jakarta, Jakarta, 20-21 Oct 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | - Masih dijumpai adanya persepsi yang keliru tentang Training, di mana keberhasilan Training diukur dari proses penyelenggaraan atau tercapainya target ‘mandays”, padahal indikator utama keberhasilan Training adalah jika terjadi perubahan cara kerja karyawan di tempat kerja.
- Guna mengetahui adanya perubahan cara kerja di tempat kerja, maka monitoring & evaluasi di tempat kerja (setelah Training diberikan) mutlak perlu dilakukan secara berkesinambungan (Measuring Training Impact at work – MTI).
- Kesadaran bahwa proses training yang efektif bermula dari bagaimana memilih program yang tepat untuk orang yang tepat (Training Needs Assessment – TNA)
- Dua aspek utama yaitu Identifikasi Kebutuhan Training (TNA) dan Evaluasi Dampak Training di tempat kerja (MTI) merupakan inti dari proses Training Management, selain aspek aspek Penyelenggaraan, Rancangan Materi, dan Mengajarkan Materi.
Tujuan Pelatihan
Setelah selesai mengikuti program ini para peserta akan memiliki : - Pemahaman tentang peran training, dan arti dari sebuah training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Pengetahuan tentang cara memilih program yang tepat untuk orang yang tepat, yaitu pengetahuan & keterampilan tentang tehnik & metode identifikasi dan analisa kebutuhan training (Training Needs Assessment)
- Pengetahuan tentang cara menerjemahkan hasil TNA ke dalam Perencanaan yang matang & realsitik, dan menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan untuk Penyelenggaraan Program, termasuk pengetahuan & keterampilan tentang cara Merancang Materi Training.
- Pengetahuan tentang berbagai Tehnik & Metode Memberi Training sesuai dengan jenis dan materi yang diberikan
- Mengenal hal-hal yang menjadi hambatan yang membuat tidak berhasilnya Program Training, dan bagaimana cara mengantisipasi dan mengatasinya
- Pengetahuan tentang cara Merancang System dan Mekanisme Monitoring & Evaluasi hasil Training di tempat kerja.
Outline Materi
- Peran Training dalam Pengembanngan Sumber Daya Manusia
- Apa yang disebut Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss concept) tentang Training
- Pengertian, hakekat , dan sasaran utama dari Training Needs Assessment (TNA)
- Mengenal 3 jenis TNA
- Proses TNA yang berbasiskan Kompetensi, Kinerja, dan Program
- Bagaimana merancang Action Plan sebagai pedoman penyelenggaraan Training
- Bagaimana membuat Check List untuk proses penyelenggaraan Training
- Mengenal jenis-jenis bentuk ruangan dan peralatan Training
- Mengenal unsur-unsur yang termasuk katagori sebagai Training Material
- Standar Struktur Design dari sebuah Training Material
- Bagaimana merancang Training Material step by step
- Tehnik dan Metode Dasar dalam Memberi Training
- Penerapan Metode INTRO untuk merangsang peserta tertarik pada program sejak awal
- Sikap selama memberi Training serta tehnik membuat peserta mudah mengerti i
- Tehnik mengajukan dan menanggapi pertanyaan, jawaban, dan komentar, peserta
- Apa sebenarnya sasaran Akhir dari sebuah Training?
- Mengapa Training tidak berhasil
- Mengenal hambatan-hambatan penerapan hasil Training di tempat kerja
- Langkah-langkah yg perlu dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan
- Bagaimana merancang System & Mekanisme evaluasi hasil training
- Aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam proses Training
- Korelasi antara Training Mgr, Line Mgr, Trainer,dan Organizer, dlm system evaluasi
- System evaluasi di kelas dan system evaluasi di tempat kerja
- Monitoring & Evaluasi training di tempat kerja, pengertian dan sasaran
- Proses tahap demi tahap dalam melakukan evaluasi hasil training di tempat kerja
- Memahami arti Key Indicators dan Standards dalam melakukan Evaluasi
- Bagaimana merancang Pola Dasar Evaluasi
- On-The-Job Training sebagai salah tindak lanjut hasil evaluasi
Peserta - Siapa saja baik langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan fungsi Learning & Development, baik sebagai Manager / Supervisor, termasuk personel yang menangani kegiatan Training, seperi Training Manager / Training Coordinator / Training Officer
Metode Pelatihan
Menggunakan Metode TSD (Tell – Show – Do) yaitu : - Memberi penjelasan atau menerangkan materi (lecturing).
- Memberi Contoh atas materi yang telah diterangkan
- Selanjutnya meminta setiap peserta baik secara perorangan maupun grup melakukan Latihan dan Mempraktekkan keterampilan yang telah diajarkan, yang antara lain :
- Membuat Training Matrix / Competency Based Training
- Membuat Action Plan sebagai pedoman penyelenggaraan Training
- Merancang Training Material
- Praktek melakukan INTRO dalam memberi Training
- Melakukan Evaluasi peserta selama training di kelas
- Membuat Key Indicator dan Standar (SOP)
- Merancang Rencana Pola Evaluasi di tempat kerja
Durasi Pelatihan
- Jangka waktu program adalah 2 (dua) hari @7 (tujuh) jam efektif per hari, atau seluruhnya menjadi 14 (empat belas) jam efektif
- Agenda harian dimulai Jam 08.30 pagi dan berakhir jam 17.00, dengan 1 jam makan siang dan 2 kali Coffee Break @ 15 menit.
- Lebih dari 50% waktu digunakan untuk Latihandan Praktek peserta (Lihat Agenda Program)
- Sebagian besar waktu digunakan untuk Praktek Peserta, baik praktek merancang System Pelayanan maupun Role Play melakukan interaksi dengan Pelanggan seperti Handling Customer Complaint
Jadwal Pelatihan
DAY 1 08.30 – 10.00
- Sambutan Selamat Datang oleh Organizer
- Pendahuluan Program (Latar Belakang & Sasaran)
- Peran Training dalam Pengembanngan Sumber Daya Manusia
- Apa yang disebut Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss concept) tentang Training
10.15 – 12.00
- Pengertian, hakekat , dan sasaran utama dari Training Needs Assessment (TNA)
- Mengenal 3 jenis TNA
- Proses TNA yang berbasiskan Kompetensi, Kinerja, dan Program
- Latihan 1 : Membuat Training Matrix
- Bagaimana menerjemahkan TNA ke dalam Perencanaan Training
- Bagaimana merancang Action Plan sebagai pedoman penyelenggaraan Training
- Bagaimana membuat Check List dalam proses penyelenggaraan Training
13.00 – 15.00
- Mengenal jenis-jenis Peralatan Training serta cara menggunakannya
- Mengenal berbagai bentuk set up ruangan serta penggunaannya
- Latihan 2 : Membuat Action Plan untuk penyelenggaraan Training
- Mengenal unsur-unsur yang termasuk katagori sebagai Training Material
- Standar Struktur Design dari sebuah Training Material
- Bagaimana merancang Training Material step by step
- Latihan 3 : Merancang materi Training
15.15 – 17.00
- Tehnik dan Metode Dasar dalam Memberi Training
- Penerapan Metode INTRO untuk merangsang peserta tertarik pada program sejak awal
- Latihan 4 : Praktek melakukan INTRO
- Sikap selama memberi Training serta
- Ttehnik membuat peserta mudah menerima dan memahami materi
DAY 2 08.30 – 10.00
- Apa sebenarnya sasaran Akhir dari sebuah Training?
- Mengapa Training tidak berhasil
- Mengenal hambatan-hambatan penerapan hasil Training di tempat kerja
- Langkah-langkah yg perlu dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan
- Bagaimana merancang System & Mekanisme evaluasi hasil training
10.15 – 12.00
- Aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam proses Training
- Korelasi antara Training Mgr, Line Mgr, Trainer, dan Organizer dlm system evaluasi
- System evaluasi di kelas dan system evaluasi di tempat kerja
- Latihan 5 : Membuat evaluasi di kelas
- Monitoring & Evaluasi training di tempat kerja, pengertian dan sasaran
- Proses tahap demi tahap dalam melakukan evaluasi hasil training di tempat kerja
13.00 – 15.00
- Memahami arti Key Indicators dan Standards dalam melakukan Evaluasi
- Latihan 6 : Membuat Key Indicator dan Standar (SOP)
- Bagaimana merancang Pola Dasar Evaluasi
- Latihan 7 : Membuat Pola Dasar Evaluasi
- Bagaimana merancang Formulir Evaluasi berdasarkan Key Indicator
- Latihan 8 : Membuat Formulir Evaluasi
15.15 – 17.00
- Mekanisme Monitoring & Evaluasi
- Obyek atau sasaran evaluasi
- Ketentuan-ketentuan tentang hasil evaluasi
- Dua cara dalam melakukan follow up hasil evaluasi
- On-The-Job Training sebagai salah tindak lanjut hasil evaluasi
- Latihan 9 : Role Play melakukan evaluasi dan On-the-Job Training
Persyaratan Peserta
Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook Facilitator | Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 10 Oct 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 6 Oct 2015; payment before 10 Oct 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 20 Oct 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | | Special Package : Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com Contact Us ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 Contact Person : Ms. Ori & Mr. Fikri | | More Training on 2015 | Tanggal | Topik | Trainer | Early Bird | Status | 14-15 Sep 2015 | Comprehensive Leadership Program | G. Suardhika, MBA. | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 10-11 Sep 2015 | Report Writing | Semba Biawan | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 10-11 Sep 2015 | Procurement Negotiation & Contracting Strategy | Deni Danasenjaya, SE. MM. | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 21-22 Sep 2015 | Certified Professional Human Resources Management (CPHRM) | Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM | Rp. 4.450.000 | Confirm Running | 12-13 Sep 2015 | Corporate Secretary : Menghadapi Bisnis Global | Setiono Winardi SH., MBA. | Rp. 4.000.000 | Confirm Running | 15-16 Sep 2015 | Advanced Selling Skills for Maximum Profit | Rafael Antonius, SE,MM | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 1-2 Oct 2015 | Comprehensive Supervisory Skills training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 3.250.000 | Almost Running | 3-4 Nov 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 20-21 Oct 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 1 Oct 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 4 Nov 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 7 Oct 2015 | Designing Effective Internal Communications Program | Drs. Syarifudin Yunus | Rp. 4.000.000 | Almost Running | 22-23 Sep 2015 | Effective Selling Skills and Negotiation for AE | Ir. Renardhy H. Lumelle, Mkom | Rp. 3.250.000 | Almost Running | 25 Sep 2015 | General Affairs Officer Program | Sih Hartono, SE., MM. | Rp. 1.950.000 | Almost Running | 22 Oct 2015 | General Affairs Officer Program | Sih Hartono, SE., MM. | Rp. 1.950.000 | Almost Running | ©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar