Value Consult Public Training Creating value for your business Website : www.valueconsulttraining.com | Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter | 2 Day Workshop | General Affairs Management Development Program | Arion Swiss-Belhotel - Kemang, Jakarta, 10-11 Jun 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | Fungsi General Affairs ( GA ) di Organisasi merupakan fungsi yang sibuk dengan tugas tugas yang kompleks karena memberikan layanan baik untuk organisasi maupun untuk mendukung operasional fungsi lain. Namun dibanyak perusahaan fungsi GA sering dianggap remeh dan kurang dihargai, kenapa hal ini bisa terjadi? Apa yang salah?. Apa yang harus dilakukan oleh General Affairs sebagai fungsi dengan peran sebagai supporting function? Dalam pelatihan dua hari ini peserta akan diajak bersama sama melihat lebih dalam lagi fungsi dan peran manajerial dari GA dalam mendukung sasaran dan strategi organisasi. Apa yang harus dilakukan agar fungsi GA lebih diakui perannya dalam mendukung sasaran organisasi? Sasaran Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan : - Memahami fungsi dan peran manajerial GA di dalam organisasi dalam mencapai sasaran serta melaksanakan strategi organisasi yang telah ditetapkan.
- Lebih memahami arti layanan yang diharapkan oleh organisasi ( service excellence ) dari General Affairs.
- Mampu menganalisa kinerja GA serta menetapkan area yang masih memerlukan peningkatan dengan cara menganalisa masalah yang sering dihadapi General Affairs.
- Mampu menetapkan kompetensi standar yang harus dimiliki oleh profesional General Affairs
Outline Materi
- Fungsi dan peran General Affairs di organisasi dalam mendukung sasaran dan pelaksanaan strategi organsiasi
- Fungsi dan peran General Affairs dilihat dari sisi proses dan sistem
- Memahami arti layanan serta menetapkan kunci keberhasilan dari General Affairs dalam melayani organsisasi maupun operasional fungsi lain.
- Mencari penyebab masalah yang sering timbul dalam
- Penanganan kepentingan perusahaan yang berhubungan dengan masalah perijinan
- Penanganan berbagai Akomodasi Karyawan dan Tamu Perusahaan
- Penanganan Fasilitas dan Jaminan Sosial
- Pengelolaan fasiitas perusahaan
- Menetapkan area manajerial internal GA yang masih perlu ditingkatkan
- Menetapkan kompetensi yang diperlukan oleh profesional GA
Peserta
Profesional General Affairs Facilitator | Sih Hartono, SE., MM. | Telah memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 11 tahun. Beberapa Skills dan expertise beliau diantaranya : HR Management, Personel dan GA, HR Budgeting, Designing Job Grading, Salary Structure dan Industrial Relation. Dengan pengalaman dan expertise yang ia miliki dibuktikan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai perusahaan seperti : ASTRA Training Center, Mulia Industrindo Tbk, Lembaga Pengembangan Tenaga Kerja dan industri lainnya. | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 31 May 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 27 May 2015; payment before 31 May 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 10 Jun 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | How to Identify Training Need (TNA) | Arion Swiss-Belhotel - Kemang, Jakarta, 16-17 Jun 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | - Masih kurangnya kesadaran bahwa proses training yang efektif bermula dari langkah profesional dalam memilih program yang tepat untuk orang yang tepat
- Masih telihat gejala bahwa training diberikan tidak berdasarkan kebutuhan nyata dari seseorang atau sekelompok orang, sehingga training tersebut tidak memberi dampak terhadap perubahan cara kerja karyawan, karena pengetahuan & keterampilan yang diperoleh tidak relevan dengan peran, tugas, serta aktivitas karyawan sehari-hari
- Training dianggap sebagai obat mujarab untuk semua penyakit sehingga selalu dijadikan pilihan untuk mengatasi kinerja perusahaan yang menurun, padahal kinerja yang menurun tersebut belum tentu disebabkan oleh faktor Manusia, tapi bisa saja karena faktor System Kerja dan Sarana Kerja yang tidak memenuhi standar
Tujuan Pelatihan
Setelah selesai mengikuti program ini para peserta akan memiliki : - Pemahaman tentang peran TNA sebagai tahap awal dalam menentukan keberhasilan Training
- Kesadaran bahwa training yang efektif berawal dari bagaimana memilih Program yang tepat untuk Orang yang tepat
- Pengetahuan dan keterampilan tentang tehnik dan metode dalam melakukan Proses Identifikasi dan Analisa kebutuhan training (Training Needs Assessment) tahap demi tahap
Outline Materi
- Pengertian dan hakekat dari Training Needs Assessment (TNA
- Peran TNA dalam memperoleh Program Training yang efektif
- Latar belakang mengapa TNA diperlukan
- Knowledge, Skill, dan Attitude (KSA) sebagai target evaluasi dlm TNA
- Antara Analisa Masalah dengan Analisa Kebutuhan Training
- TNA dan “Performance Gap”
- Metode pengumpulan data dalam proses TNA
- Sumber data & informasi dalam proses TNA
- Siapa yang berkompeten melakukan TNA, dan Mengapa
- Hubungan peran antara Training Mgr dan Line Mgr dalam proses TNA
- Mengenal tiga basis sebagai patokan dalam melakukan TNA
- TNA yang berbasiskan Kompetensi
- Proses menerjemahkan Job Discription ke Activities dan Competency
- Proses menetapkan Program yang tepat untuk Jabatan yang tepat
- Menjabarkan Program utk Kebutuhan Jabatan ke Kebutuhan Perorangan
- Memperoleh tingkat kemampuan perorangan dg Survey & Proficiency Test
- Bagaimana merancang qoistionnaire dan bahan untuk Proficiency Test
- Proses TNA yang berbasiskan Program
- Menetapkan Sasaran dan Garis Besar Program yang ditawarkan
- Bagaimana menjabarkan Job Desc. ke dalam Daftar Aktivitas
- Proses menetapkan orang yang tepat dalam mengikuti Program
- Proses TNA yang berbasiskan Kinerja
- Memahami System & Mekanisme Evaluasi, serta Key Indicator dan Standard
- Proses step by step dalam menentukan Program yang tepat untuk Orang yang tepat
Peserta Siapa saja baik langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan fungsi Learning & Development, baik sebagai Manager / Supervisor, termasuk personel yang menangani kegiatan Training, seperti Training Manager / Training Coordinator / Training Officer Metode Pelatihan Menggunakan Metode TSD (Tell – Show – Do)yaitu - Memberi penjelasan atau menerangkan materi (lecturing).
- Memberi Contoh atas materi yang telah diterangkan
- Selanjutnya meminta setiap peserta baik secara perorangan maupun grup melakukan Latihan dan Mempraktekkan keterampilan yang telah diajarkan, yang antara lain :
- Membuat Daftar aktivitas yang diterjemahkan ke Daftar Kompetensi
- Membuat Daftar Program Training yang diperlukan berdasarkan Kompetensi dari jabatan tertentu (Training Matrix)
- Latihan membuat system evaluasi untuk memperoleh Orang Yang Tepat untuk dikirim mengikuti Program tertentu
- Membuat system dan mekanisme evaluasi untuk memnentukan Program yang tepat untuk orang yang tepat (Performance-Based Training)
Durasi Pelatihan
- Jangka Waktu Program adalah 2 (dua) hari @ 7 jam (efektif) per hari, atau berjumlah 14 jam (efektif)).
- Agenda harian dimulai Jam 08.30 pagi dan berakhir jam 17.00, dengan 1 jam makan siang dan 2 kali Coffee Break @ 15 menit.
- Lebih dari 50% waktu digunakan untuk Latihan dan Praktek peserta
- Sebagian besar waktu digunakan untuk Praktek Peserta, baik praktek merancang System Pelayanan maupun Role Play melakukan interaksi dengan Pelanggan seperti Handling Customer Complaint
Jadwal Pelatihan
DAY 1 08.30 – 10.00
- Pengertian dan hakekat dari Training Needs Assessment (TNA)
- Peran TNA dalam memperoleh Program Training Yang Efektif
- Latar belakang mengapa TNA diperlukan
- Knowledge, Skills, dan Attitude (KSA) sebagai target evaluasi dlm TNA
- Antara Analisa Masalah dengan Analisa Kebutuhan Training
10.15 – 12.00
- TNA dan “Performance Gap”
- Beberapa metode pengumpulan data dalam proses TNA
- Sumber data & informasi dalam proses TNA
- Siapa yang berkompeten melakukan TNA ?, Mengapa?
- Hubungan peran antara Training Mgr. & Line Mgr dalam TNA
13.00 – 15.00
- Mengenal tiga basis sebagai patokan dalam melakukan TNA
- TNA yang berbasiskan Kompetensi
- Proses menerjemahkan JobDesc ke Activities dan Competency
- Latihan : membuat Daftar Competency berdasarkan JobDesc.
- Presentasi : setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan
15.15 – 17.00
- Proses menetapkan Program yg tepat untuk jabatan yg tepat
- Latihan : Membuat Daftar Program Training yang dibutuhkan oleh setiap Posisi, berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki
- Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan
DAY 2 08.30 – 10.00
- Menjabarkan Program utk Kebutuhan Jabatan ke Kebutuhan Perorangan
- Memperoleh tingkat kemampuan perorangan dg Survey & Proficiency Test
- Bagaimana merancang Qoistionnaire dan bahan Proficiecy Test
- Latihan : Menjabarkan Program dari Keb. Jabatan ke Perorangan,
- Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan
10.15 – 12.00
- Proses TNA yang berbasiskan Program
- Menetapkan Sasaran dan Garis Besar Program yang ditawarkan
- Bagaimana menjabarkan Garis Besar Program ke Daftar Keterampilan
- Latihan : Menetapkan Program yg ditawarkan ke dalam Daftar
- Pengetahuan & Keterampilan yg akan diajarkan
- Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan
13.00 – 15.00
- Bagaimana menjabarkan Job Descriptions ke dalam Daftar Aktivitas
- Daftar Aktivitas vs. Daftar Pengetahuan & Keterampilan yg akan dipelajari
- Proses menetapkan orang yg tepat untuk mengikuti Program
- Latihan : Membuat Daftar Aktivitas, kemudian cocokkan dengan Daftar
- Pengetahuan & Keterampilan, utk menetapkan peserta
- Presentasi : Setiap kelompok mempresentasikan hasil latihan
15.15 – 17.00
- Proses TNA yang berbasiskan Kinerja
- Memahami System & Mekanisme evaluasi thdp proses kerja
- Key Indicator, Standard, dan Formulir Evaluasi sebagai dasar TNA
- Proses menetapkan Program yg tepat untuk Orang yang tepat
- Latihan: Membuat System Evaluasi
Persyaratan Peserta Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook Facilitator | Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 6 Jun 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 2 Jun 2015; payment before 6 Jun 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 16 Jun 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Modern Office Administration For Executive Secretary and Executive Administration | Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 17-18 Jun 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | Saat ini seorang sekretaris professional, tidak hanya menampilkan diri secara professional, tetapi harus juga mengetahui aktivitas kantor modern & computerize. Sekretaris professional harus tahu juga fungsi – fungsi dan kegiatan kantor modern, mampu melakukan filing secara baik, conventional maupun electronic. Mampu mengambil keputusan dengan tepat dan juga bisa mengelola waktu kerja dengan baik. Workshop ini mencoba memberi jawaban atas tuntutan – tuntan bagi seorang sekretaris professional untuk dapat berfungis di kantor pada era modern dan kompetitif. Sasaran Pelatihan
- Peserta memahami bagaimana aktivitas yang harus dilakukan dalam kantor modern
- Peserta memahami cara pengelolaan data dan informasi dalam kegiatan kantor
- Peserta memahami cara pengelolaan arsip secara konvensional maupun secara electronic
- Peserta memahami pentingnya pengelolaan waktu dan pengelolaan pertemuan bisnis secara efektif
Outline Materi
1. AKTIVITAS KANTOR MODERN - Organisasi dan perkantoran
- Esensi kantor modern
- Fungsi-fungsi manajemen perkantoran
2. AKTIVITAS SEKRETARIS DAN STAFF ADMINISTRASI - Kantor dan kegiatan administrasi
- Peran sekretaris dan staff administrasi dalam kantor modern
- Total image dalam aktivitas kantor
3. SISTIM INFORMASI DALAM AKTIVITAS KANTOR - Data dan informasi dalam kegiatan kantor
- Surat, korespondensi dan formulir dalam kantor
- System Operating Procedure (SOP) aktivitas kantor
4. FILLING SYSTEM & FILE MANAGEMENT - Management Record and Filling System
- Classification of File
- File storage media and Retention file period
5. ELECTRONIC FILE SYSTEM (EFS) - Characteristic of Electronic File System
- Prinsip-prisnsip EFS
- Pengenalan hard-ware dan Software EFS
6. PENGELOLAAN WAKTU YANG EFEKTIF DALAM KERJA - Karakteristik waktu sebagai sumber daya perusahaan
- Waktu dalam kendali dan diluar kendali
- Pengemndalian waktu dalam pekerjaan kantor
7. PERTEMUAN BISNIS DALAM AKTIVITAS KANTOR - Jenis-jenis pertemuan bisnis
- Mengelola rapat secara efektif
- Teknik pembuatan notulen yang baik
Durasi Pelatihan
2 (dua) Hari Metode Pelatihan
- Diskusi pelatihan
- Kasus dan analisis kuesioner
- Game dan latihan
Facilitator | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Alumnus Universitas Indonesia, yang mendalami Ilmu Komunikasi di Pasca Sarjana UI ini tertarik dan terjun di bidang Manajemen sebagai Konsultan / Fasilitator Training sejak tahun 1984.Beberapa perusahaan yang pernah dan masihmenggunakan jasanya antara lain adalah Bank Indonesia, BCA, PT. Indosat Tbk, Pertamina, PT.SMART Tbk, PT. Freeport, PT. HM Sampoerna , Indomobil, Pt Kertas Karft Aceh, PT. Unilever Indonesia, PT. Timah Tbk, RCTI, PT. Samudra Indonesia, BAPPENAS, Bank Mandiri dan lain-lain. | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 7 Jun 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 3 Jun 2015; payment before 7 Jun 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 17 Jun 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | | Special Package : Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com Contact Us ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 Contact Person : Ms. Ori & Mr. Fikri | | More Training on 2015 | Tanggal | Topik | Trainer | Early Bird | Status | 9-10 Jun 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 8-9 Jun 2015 | Perjanjian Kerja Waktu Tertentu & Outsourcing | Cecilia Sri Hayani | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 16-17 Jun 2015 | How to Identify Training Need (TNA) | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 11-12 Jun 2015 | Improving Quality of Customer Interaction & Handling Customer Complaint | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 8-9 Jun 2015 | Integrated Marketing Communication | Drs. Ludwig Suparmo, M.Si | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 10-11 Jun 2015 | Increasing Your Sales Throught Effective Selling | Ir. Renardhy H. Lumelle, Mkom | Rp. 3.250.000 | Confirm Running | 11-12 Jun 2015 | Undang-undang Ketenagakerjaan | Setiono Winardi SH., MBA. | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 10-11 Jun 2015 | General Affairs Management Development Program | Sih Hartono, SE., MM. | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 12 Jun 2015 | Certified Career & Talent Management Specialist - 1 Day | Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM | Rp. 2.250.000 | Confirm Running | 2-3 Jul 2015 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Widodo Aryanto SE., MCom | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 4-5 Aug 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 2-3 Jul 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 1 Jul 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 1 Jul 2015 | Designing Effective Internal Communications Program | Drs. Syarifudin Yunus | Rp. 4.000.000 | Almost Running | 16-17 Jun 2015 | Effective Selling Skills and Negotiation for AE | Semba Biawan | Rp. 3.550.000 | Almost Running | ©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar