Value Consult Public Training Creating value for your business Website : www.valueconsulttraining.com | Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter | 2 Day Workshop | How to Plan, design & Deliver Training Materials | Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 30-1 Jul 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | LATAR BELAKANG PROGRAM : - Line Manager dari semua Bagian berkepentingan memiliki anak buah yang terampil dalam melaksanakan tugas, yang oleh karena itu Line Manager berkewajiban untuk melatih mereka guna meningkatkan pengetahuan & keterampilan di bidang masing-masing (Fuctional Skills). Untuk itu Line Manger perlu memperoleh kemampuan tentang Training Management System, utamanya bagaimana membuat Training Plan , Cara Merancang Materi Training (Technical / Functional Skills), serta Cara Memberi (Deliver) Training.
- Dengan berkembangnya Organisasi Perusahaan diperlukan Trainer khusus untuk Bagian tertentu yang diambil dari tenaga operasaional dari Bagian yang memerlukan, seperti Sales Trainer dan Production Trainer, beserta Trainer-Trainer lainnya sesuai kebutuhan.
SASARAN PROGRAM : Setelah selesai mengikuti Program ini para peserta akan memiliki : - Pemahaman tentang peran Learning & Development dalam proses Human Resources Development, dan memahami arti dari sebuah Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Pengetahuan & keterampilan tentang bagaimana cara merencanakan, merancang, serta memberi Training secara efektif, seperti bagaimana merancang Bahan Training, bagaimana membuat Lesson Plan, Session Plan, serta Leader’s Gude (Trainer’ Manual), termasuk bagaimana cara membuat Standard Operating Procedures (SOP) sebagai Training Manual
- Keterampilan mengajarkan topik yang berbeda dengan menggunakan berbagai metode & tehnik.
GARIS BESAR MATERI : - Peran Training dalam pengembangan SDM
- Peran Training sebagai salah satu bentuk Learning
- Apa yang disebut dengan Training yang berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
- Keterkaitan peran & tugas berbagai pihak dalam membuat Training berhasil
- Perencanaan Training yang menjadi tugas seorang Trainer
- Bagaimana menetapkan Judul dan Garis Besar Materi program
- Bagaimana membuat SessionPlan atau Agenda Program berdasarkan Garis Besar Materi
- Bagaimana membuat Lesson Plan sebagai pedoman mengajar
- Mengenal unsur-unsur yang termasuk sebagai Training Materials
- Perbedaan antara Explaining Materials dan Reading Materials
- Leader’s Guide atau Trainer’s Manual sebagai penjabaran dari Lesson Plan
- Bagaimana men-design Training Material step by step
- Tehnik merancang Bagian Awal atau Pendahuluan dari Training Materials
- Perbedaan antara kelompok Knowledge’s dan Skills dari batang tubuh Training Materials
- Bagaimana membuat Bagian Rangkuman dari sebuah Materi Training
- Bagaimana cara membuat SOP sebagai Training Manual
- Bagaimana merancang slide untuk proses belajar menggunakan otak kanan
- Tehnik & Metode Dasar dalam membenri Training
- Tahap-tahap dalam proses memberi Training
- Tehnik merangsang peserta untuk tertarik (sejak awal) dengan Metode INTRO
- Metode Tell, Show, Do (TSD) dalam memberiTraining
- Tehnik Merangkum dan Menutup sesi Training
- Sikap selama memberi Training
- Tehnik membuat peserta mudah menerima dan memahami materi
- Tehnikmengajukan dan menanggapi pertanyaan, komentar, dan saran peserta
- Tehnik merangsang peserta yang Pasif menjadi Aktif
- Tehnik Memberi Feedback terhadap hasil latihan peserta
- System evaluasi peserta selama Training
- Mengenal type-type peserta dalam sebuah Training
TARGET PESERTA : Line Manager dari semua Bagian yang ada dalam Perusahaan, termasuk Trainer dan personel Bagian Training METODOLOGI BELAJAR – MENGAJAR : Menjelaskan konsep (Tell), yang diikuti dengan memberi contoh (Show), yang selanjutnya meminta setiap peserta melakukan latihan / praktek (Do), yang meliputi membuat Training Plan, merancang Materi Training, Membuat Lesson Plan, dan praktek Mengajar di depan kelas. PERSYARATAN PESERTA :
Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook WORKSHOP LEADER : | Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 20 Jun 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 16 Jun 2015; payment before 20 Jun 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 30 Jun 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Certified Professional Human Resources Management (CPHRM) | Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 10-11 Jul 2015 | Early Bird : Rp. 4.450.000,- | | Program CPHRM ini akan membantu semua manajer SDM, baik SDM profesional dan profesional teknis di dalam perusahaan untuk: (a). meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka tentang pentingnya sumber daya manusia, (b). menciptakan sikap yang lebih positif terhadap kegiatan HR di perusahaan, (c). menunjukkan pada manajer lini bagaimana mereka dapat berkontribusi lebih aktif untuk kegiatan sumber daya manusia di perusahaan dan (d). membantu mereka untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjalankan peran baru mereka sebagai "manajer sumber daya manusia untuk bawahan mereka". Program ini akan memaparkan berbagai fungsi HR, diantaranya : Human Resources Planning (Organization Development, Job Management & Workforces Planning), Human Resources Acquiring (Recruitment & Placement), Human Resources Developing (People Development, Training, Performance Management, Competencies Based, Career Management), Human Resources Maintaining (Compensation & Benefit), Human Resources Retaining (Talent Management and Succession Planning). Tujuan Pelatihan Pada akhir dari program ini, peserta diharapkan akan: - Memahami apa itu SDM dan mengapa penting bagi departemen mereka
- Menjadi lebih mendukung dan aktif dalam kegiatan HR di perusahaan
- Memahami mengapa umpan balik yang jujur dan terbuka merupakan dasar untuk pengembangan sistem penilaian kinerja yang baik
- Lebih siap dalam hal keterampilan dan pengetahuan untuk menerapkan peran mereka sebagai "manajer HR untuk bawahan" dalam departemen dan unit kerja
- Dapat mengembangkan profil pekerjaan untuk posisi yang mereka awasi dan memahami bagaimana profil pekerjaan dapat memperkuat pelatihan karyawan saat ini dan proses pengembangan staf di perusahaan, serta bagaimana mendukung proses recruitment yang lebih baik, karir dan perencanaan suksesi, mentoring, terciptanya pengembangan fokus untuk menekankan kesenjangan dalam mengembangkan penilaian kinerja, serta tanggung jawab line manager di area HR.
- Memahami mengapa perlu untuk berubah menjadi lebih terbuka, yaitu 2 jalur komunikasi antara kepala departemen, manajer lini dan profesional HR.
Outline Materi Session 1 : - Company Strategic Planning which have to be aligned with HR Planning.
- Human Resources Framework
- ARCI Concept and HR Roles vs Line Managers’s roles
Session 2 : - Organization Development (design & implementation)
- Job Management (Job Description, Job Evaluation to Job Grading design)
Session 3 : - Strategic Manpower Planning
- HR Acquiring - Recruitment & Placement (strategy, approach and tools)
Session 4 : - HR Developing, People Development Concept
- Competencies Based Human Resources Management (design & implementation)
Session 5 : - Strategic Performance Management System
- Career Management
Session 6 : - Learning & Development Management
- Knowledge Management
Session 7 : - Remuneration Management (design & implementation)
- Salary Structure Design
Session 8 : -
Talent Management -
Succession Planning
Metode Pelatihan
Presentasi konsep dan framework, studi kasus, role play, sharing pengalaman, presentasi kelompok, uji Kompetensi dll. Facilitator | Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM | Memiliki sertifikasi HR Management dari Filipina dan telah memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 20 tahun. Selama karirnya di HR berbagai posisi pernah diembannya seperti Head of Training & Develoment, Head of Corporate Man Power Planing, Head of Corporate Career Development , Head of Corporate Organisation Development and Studies, HRD Manager, serta Senior Human Capital Manager . Termasuk di dalamnya beberapa penugasan International dan regional. Pengalaman yang lengkap di dunia praktek HR ini di-'genap'-kan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai industri seperti tobaccos, power plant, telecommunication, pulp & paper dan tourism. Pungki Purnadi juga adalah salah satu penggagas Sertifikasi Bidang SDM di universitas Atmajaya Jakarta dengan program Certified Human Resources Professional nya (CHRP). | Training Fee | Rp. 4.250.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 30 Jun 2015) Rp. 4.450.000 ,- (REG before 26 Jun 2015; payment before 30 Jun 2015) Rp. 5.000.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 10 Jul 2015) Rp. 5.450.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Training of Trainer in Organization | Arion Swiss-Belhotel Kemang / Amoz Cozy Hotel / Park Hotel, Jakarta, 30-31 Jul 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | Dengan semakin ketatnya persaingan, hanya perusahaan yang mampu mentransformasikan dirinya dan menjadikan organisasi yang hidup (living organization) lah yang bisa survive. Membagi dan menyebarkan pengetahuan di dalam organisasi merupakan ciri perusahaan yang dinamis. Namun, seringkali agen perubahan belum memahami teknik yang efektif untuk mempresentasikan ide, perasaan, dan pengetahuannya tersebut.
Tujuan Pelatihan
Memahami seni presentasi, hal-hal yang harus disiapkan, hal-hal yang dibutuhkan, metode, mengenal hambatan-hambatan yang timbul pada pelaksanaan, bagaimana mengevaluasi kesuksesan suatu training, serta mampu melakukan praktek presentasi, training, dan fasilitasi dengan efektif.
Sasaran Pelatihan
Memahami dan mampu mempraktekkan presentasi, training, dan fasilitasi yang efektif, serta mampu mengevaluasi keberhasilan suatu training
Outline Pelatihan
- Memahami persiapan yang dibutuhkan
- Memahami media dan alat presentasi yang efektif
- Memahami prinsip-prinsip Adult Learning
- Memahami metode yang tepat untuk memfasilitasi training, presentasi, dll.
- Pola mengajar yang efektif pada masing-masing karakter
- Public speaking
- Active Listening
- Handling difficult people
- Memahami dan trampil mengevaluasi efektifitas training
- Praktek
Facilitator | Agus Mauludi | Memiliki pengalaman hampir 20 tahun sebagai praktisi dalam memimpin Bagian Human Resources di Astra Group, Napan Group, dan salah satu perusahaan energi di Indonesia. Saat ini aktif sebagai pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, Senior Konsultan di salah satu Konsultan Manajemen Internasional, dan Senior Trainer di Value Consult. Beberapa klien yang pernah ditangani, antara lain: Adaro Indonesia, Pertamina Persero, Telkomsel, Excelkomindo, Jamsostek, Freeport, Pemerintah Brunei, Pemerintah Timor Leste, dan lain-lain. Agus Mauludi berlatar pendidikan sebagai Psikolog dari Universitas Indonesia. Beberapa topik yang biasa dibawakan dengan sangat baik, antara lain: Leadership, People Management, HR Management, Communication, Negotiation, Training for Trainer, Corporate Culture, dan training-training soft skill lain. | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 20 Jul 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 16 Jul 2015; payment before 20 Jul 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 30 Jul 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | | Special Package : Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com Contact Us ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 Contact Person : Ms. Ori & Mr. Fikri | | More Training on 2015 | Tanggal | Topik | Trainer | Early Bird | Status | 16-17 Jun 2015 | How to Identify Training Need (TNA) | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 15-16 Jun 2015 | Effective Public Relations | Drs . Achmad Sablie, Psi | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 15-16 Jun 2015 | How To Recruit, Interview & Select the Right Employee | Drs . Achmad Sablie, Psi | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 15-16 Jun 2015 | Business Development and Marketing Strategy | Setiono Winardi SH., MBA. | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 12 Jun 2015 | Certified Career & Talent Management Specialist - 1 Day | Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM | Rp. 2.250.000 | Confirm Running | 2-3 Jul 2015 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Widodo Aryanto SE., MCom | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 6-7 Aug 2015 | Comprehensive Supervisory Skills training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 3.250.000 | Almost Running | 4-5 Aug 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 2-3 Jul 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 1 Jul 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 5 Aug 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 1 Jul 2015 | Designing Effective Internal Communications Program | Drs. Syarifudin Yunus | Rp. 4.000.000 | Almost Running | 5 Aug 2015 | Designing Effective Internal Communications Program | Drs. Syarifudin Yunus | Rp. 4.000.000 | Almost Running | 16-17 Jun 2015 | Effective Selling Skills and Negotiation for AE | Semba Biawan | Rp. 3.550.000 | Almost Running | 25 Jun 2015 | General Affairs Officer Program | Sih Hartono, SE., MM. | Rp. 1.950.000 | Almost Running | ©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar