Sabtu, 16 Desember 2017

New Topics : 1.K3 Rumah Sakit; 2.Implementasi K3 Di Sektor Pertambangan; 3.People Skill for HR Personnel

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Training K3 Rumah Sakit
Amaris Hotel - Mampang / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 4-5 Jan 2018
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Kasus kecelakaan kerja dirumah sakit akhir-akhir ini cukup heboh menjadi pembicaraan public. Berbagai faktor dan sebab dari kurang pengetahuannya sumber daya rumah sakit terhadap keselamatan, juga disebabkan karena kurangnya fasilitas safety yang memadai. Oleh karena itu K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) bagi pekerja di rumah sakit dan fasilitas medis lainnya perlu diperhatikan sedemikian rupa begitu pula penanganan faktor potensi berbahaya yang ada di rumah sakit serta metode pengembangan program K3 disana perlu dilaksanakan, seperti misalnya perlindungan baik terhadap penyakit infeksi maupun non-infeksi, penanganan limbah medis, penggunaan alat pelindung diri dan lain sebagainya.   

Sosialisasi pentingnya K3 di rumah sakit salah satunya bisa dilakukan dengan mengikutsertakan seluruh sumber daya manusia yang ada untuk mengikuti Training K3 Rumah Sakit. Untuk terlaksananya program K3 dan dapat dilaksanakan dengan baik, maka pihak manajemen rumah sakit perlu memahami berbagai hal yang terkait dengan K3. Menindaklanjuti kebutuhan pemahaman terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit tersebut, dalam training ini akan menjawab permasalahan-permasalahan yang terkait K3 di rumah sakit, tidak hanya dari aspek pengelolaannya saja, akan tetapi lebih meningkatkan profesionalisme SDM yang ada di rumah sakit, sehingga diharapkan para SDM RS tersebut lebih peka dan kreatif dalam implementasi K3 di rumah sakit. Dengan penerapan K3 rumah sakit yang baik dan benar tersebut maka berbagai kasus-kasus kecelakaan kerja dapat diminimalisasi, produktivitas pekerja dapat ditingkatkan dan pada akhirnya dapat meningkatkan profit bagi rumah sakit 

Tujuan Pelatihan  

  • Peserta mampu melakukan identifikasi risiko seperti faktor fisik, kimiawi serta biologis, bekerja di rumah sakit serta fasilitas medis lainnya.
  • Peserta mampu mengembangkan upaya kontrol terhadap faktor risiko yang teridentifikasi di Rumah Sakit.
  • Peserta mampu mengembangkan program pencegahan seperti menetapkan alat pelindung diri yang diperlukan.
  • Peserta mampu mengembangkan program pemeriksaan kesehatan yang sesuai dengan jenis pekerjaan (“job-related”)
  • Peserta mampu untuk mengelola Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Rumah Sakit
  • Peserta mampu membuat, mendokumentasikan serta merencanakan program-program K3 untuk disosialisasikan di masing-masing instansi demi meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan
  • Peserta mampu merencanakan dan melakukan perbaikan terkait dengan sarana dan prasarana safety di rumah sakit serta mampu mengefektifkan kegunaanya semaksimal mungkin dalam menangani sekaligus mencegah timbulnya kecelakaan kerja di rumah sakit

Outline :

  • Peraturan dan perundang-undangan K3 Rumah Sakit
  • Dasar-dasar dan prinsip K3
  • Pengenalan Sistem K3 Rumah Sakit
  • Penyusunan programK3 Rumah Sakit
  • Identifikasi dan penilaian serta pengendalian resiko bahaya di Rumah Sakit meliputi: Bahaya Fisik, bahaya kimia, bahaya biologi, bahaya fisiologi, bahaya psikologi dan lain sebagainya.
  • Penanganan dan perawatan medis terkait dengan resiko bahaya yang ditimbulkan (Tabung Gas Bertekanan, Jarum Suntik, Panel Listrik etc)
  • Penggunaan alat pelindung diri (APD ) terkait dengan bidang medis (Masker, Sarung Tangan, Kaca mata, etc
  • Laboratory safety
  • Penanganan bahan-bahan kimia (cair/padat) yang mudah terbakar dan meledak
  • Penanganan dan pengolahan limbah Rumah Sakit

Metode Pelatihan
Pelatihan menggunakan sistem pembelajaran partisipatif dan metode pengajaran  dengan cara yang atraktif dan interaktif dengan metode:

  1. Pemaparan materi
  2. Tayangan film K3
  3. Ice breaking
  4. Pre & post Test
  5. Quiz dengan cinderamata yang menarik

Who Should Attend :

  • Pengurus dan Anggota P2K3 Rumah Sakit
  • Tenaga Kerja di Rumah Sakit yang terkait dengan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit, seperti :
    • Anggota P2K3
    • Managers dan supervisors
    • Dokter dan Petugas medis lainnya.
    • Human resources managers
    • Karyawan Lain yang  bertanggung jawab dalam Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit.
  • Akademisi / Mahasiswa / Fresh Graduate yang ingin mendalami mengenai penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Rumah Sakit

 Facilitator :

Linda Saraswati, ST, MM

Berpengalaman 13 tahun dalam bidang Food Safety, Quality & HSE Management System di berbagai Industri baik  Food & Bevarage, Manufacturing, Consultancy Services serta Oil & Gas seperti Garuda Food, Surveyor Indonesia, Keramik Diamond Industries, Imeco Inter Sarana, EJJV Engineering Indonesia dan Oilfield Petroleum Inspection.

Chemical Engineer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Magister Manajemen, telah mendapatkan sertifikasi Lead Assessor dari IRCA (Internation Registered Certified Auditor).

Aktif memberikan training dan konsultasi di bidang Sistem Manajemen Keselamatan Pangan ISO 22000, & HACCP, Sistem Manajemen QHSE (ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO TS 16469, ISO TS 29001), CSMS Oil & Gas, Environmental (Waste Management),  Auditing Skill,  Productivity & Human Resource Development di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun public.
Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 25 Dec 2017)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 21 Dec 2017; payment before 25 Dec 2017)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 4 Jan 2018)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Implementasi K3 Di Sektor Pertambangan
Amaris Hotel - Mampang / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 25-26 Jan 2018
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

DESKRIPSI

Dinamika operasional di sektor pertambangan mempunyai pekerjaan yang berisiko tinggi. Adanya aktivitas drill & blasting, manuver alat berat, cuaca panas atau dingin, maupun medan geografis yang berat mempunyai risiko bahaya yang mengintai keselamatan para pekerjanya. Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja di sektor pertambangan. Skala kecelakaan nearmiss sampai dengan fatality dapat menghantui para pekerja di sektor pertambangan.
Oleh karena itulah, Pemerintah RI sudah mengeluarkan UU No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Selain itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 555K/26/M.PE/1995 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum.

TUJUAN

Pelatihan Implementasi K3 di Sektor Pertambangan ini diselenggarakan selama 2 hari yang secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam mengatur keselamatan dan kesehatan para pekerja supaya dapat bekerja dengan aman dan selamat guna mendapatkan hasil yang optimal agar selaras dengan dinamika operasional di sektor pertambangan yang sesuai dengan peraturan perundangan dibidang K3.
 .
MATERI

  1. Dasar Hukum Regulasi K3 di sektor pertambangan
    • UU No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja
    • UU No. 13 tahun 2003 Pasal 86 – 87 tentang Ketenagakerjaan
    • Keputusan Menteri Pertambangan dan Energi No. 555K/26/M.PE/1995 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum
  2. Persyaratan Pekerja Tambang
  3. Persyaratan Kepala Teknik Tambang (KTT)
  4. Kewajiban Pengawas Operasional Tambang
  5. Penggolongan cidera akibat kecelakaan tambang
  6. Pemakaian APD di sektor pertambangan
  7. Peran P2K3 di sektor pertambangan yang memiliki pekerjaan high risk

MANFAAT PELATIHAN

  • Mampu memahami dasar hukum maupun peraturan perundangan lainnya dibidang K3 di sektor pertambangan.
  • Mampu menerapkan peraturan K3 secara efektif sesuai peraturan perundangan dibidang K3 di sektor pertambangan.
  • Dapat mengetahui persyaratan pekerja tambang dan persyaratan KTT
  • Dapat mengetahui jenis, fungsi, dan kegunaan APD di sektor pertambangan.
  • Dapat memahami peran P2K3 di sektor pertambangan yang memiliki pekerjaan high risk.
METODE PELATIHAN
  • Presentasi
  • Diskusi Konsultatif
  • Sharing Pengalaman
  • Studi Kasus
KEUNGGULAN METODE PELATIHAN PRESENTASI
  • Penyampaian materi dilakukan melalui pendekatan Neuro Linguistic Programming agar efektif.
  • Penyampaian diberikan dengan Experiential Method, sehingga benar benar merupakan hologram kondisi yang sesuai dengan lingkungan kerja di perusahaan.
  • Penyampaian materi menggunakan akses Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta baik secara multimedia maupun manual learning.
  • Penyampaian materi disampaikan dengan fokus implementasi dan bukan wacana serta bukan sekedar insight belaka.

TARGET PESERTA
  • Mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarir di sektor pertambangan
  • Safetyman, HSE Staff, HSE Officer, HSE Supervisor, HSE Superintendent, dan HSE Manager di Sektor Pertambangan
  • Direktur/General Manager/Senior Manager/Manager Perusahaan yang bertanggungjawab pada operasional perusahaan Pertambangan
  • Ahli K3 Umum Perusahaan di Sektor Pertambangan
  • Kepala Teknik Tambang (KTT), Wakil Kepala Teknik Tambang (WKTT), Project Manager, Deputy Project Manager, Area Manager di Sektor Pertambangan
  • Manager Non HSE yang berminat mempelajari Implementasi K3 di Sektor Pertambangan
  • Executive atau Praktisi Bisnis yang ingin tahu mengenai Implementasi K3 di Sektor Pertambangan
  • Profesional atau Individu yang berkaitan dengan pengelolaan Implementasi K3 di Sektor Pertambangan

FACILITATOR

Sudibyo Aji Narendra Buwana, SE.,M.Si.,CPHRM

(Master Trainer TOT, HRD, HSE, CSR dari BNSP);
No. Reg. ITM. 045 01030 2016)

Latar belakang pendidikan beliau adalah S1 Manajemen Sumber Daya Manusia dan S2 Administrasi Publik. Beliau mempunyai pengalaman lebih dari 12 tahun di industri pertambangan batu bara maupun pertambangan nickel pada bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, General Affair, Corporate Social Responsibilty, Community Development, Kesehatan & Keselamatan Kerja. Selain itu juga pernah aktif mengajar sebagai dosen Manajemen Sumber Daya Manusia maupun Kesehatan & Keselamatan Kerja di Universitas Ma Chung, Malang serta sering memberikan pelatihan kepada mahasiswa di beberapa universitas/perguruan tinggi lainnya. Beliau kerap kali memberikan pelatihan inhouse dan public training di beberapa perusahaan. Beliau merupakan Asesor Kompetensi LSP IKI – BNSP dan juga merupakan Trainer dan Konsultan yang terdaftar sebagai Master Trainer yang bersertifikasi BNSP dengan No. Reg. ITM. 045 01030 2016.

Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 15 Jan 2018)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 11 Jan 2018; payment before 15 Jan 2018)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 25 Jan 2018)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
People Skill for HR Personnel
Amaris Hotel - Mampang / Amaris Hotel La Codefin Kemang, Jakarta, 19-20 Feb 2018
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Kebutuhan Pengembangan

Berkenaan dengan kekhususan tugas-tugasnya, karyawan di bagian HRD, baik level Direktur, Manager, maupun staff dituntut untuk lebih kompeten dalam hal people skill, yang muncul dalam bentuk ketrampilan berinteraksi interpersonal yang efektif sehingga penanganan urusan-urusan pekerjaan menjadi lancar. Pada kenyataannya tidak semua HR personnel  menunjukkan kemampuan yang sangat diperlukan tersebut, sehingga acap terjadi penanganan urusan-urusan yang bahkan sebenarnya mudah pun menjadi sulit dan rumit.

Pengembangan kompetensi people skill untuk para personil di Bagian HR merupakan kebutuhan yang penting dan mendesak, dan tidak dapat diabaikan. Masih banyak perusahaan yang kurang menyadari pentingnya hal ini, beranggapan bahwa para personil HR dengan sendirinya mampu melakukan tugas-tugas yang memerlukan people skill, atau dituntut untuk belajar sendiri dari  pengalaman pelaksanaan pekerjaan sehari-hari secara commonsense.

Tujuan Pelatihan (Training Objective)

Modul PSHRP adalah modul pelatihan pengembangan people skill khusus untuk HR personnel, dirancang berdasarkan khasanah ilmu komunikasi, psikologi dan manajemen yang terus berkembang, sehingga peserta tidak hanya belajar sendiri dengan pengertian-pengertian awam saja.  Melalui pelatihan ini peserta akan meningkatkan kompetensi pada dimensi people skill diantaranya berkomunikasi interpersonal dengan efektif, komunikasi asertif, bernegosiasi, service excellency, menangani complaint;  menangani orang “sulit”, menyampaikan sanksi kedisiplinan mulai teguran sampai sanksi PHK; presentasi, coaching, counseling, dan lain-lain teknik berkenaan dengan kekhususan fungsi HRM.   

Rundown:

Hari Pertama:

  • 08:00 -  09:00  : Welcoming , pendaftaran
  • 09:00 – 10:00 : Ice breaking, Session contract
  • 10:00 – 10:15  : Coffee Break
  • 10:15 – 12:00  : Basic Effective Interpersonal Communication Skill
  • 12:00 – 13:00  : Break
  • 13:00 – 14:00  : Assertive Communication
  • 14:00 – 15:00  : Effective Communication for Negotiation.
  • 15:00 – 15:20  : Break
  • 15:20 – 17:00  : Customer Service  Excellent & Handling complaint

Hari Kedua:

  • 08:00 -  10:00  : Coaching & Counseling
  • 10:00 – 10:15  : Coffee Break
  • 10:15 – 12:00  : Executing Disciplinary Action:
    • Membuat Berita Acara Pemeriksaan,
    • Memberikan Tegoran, Surat Peringatan,
    • Pemutusan Hubungan Kerja
  • 12:00 – 13:00  : Break
  • 13:00 – 15:00  : Effective Presentation
  • 15:00 – 15:20  : Break
  • 15:20 – 16:30  : How To Instruct in Internal Training
  • 16:30 – 17:00  : Training Feedback - Closing

Metode Pelatihan (Training Method)

Metode pelatihan PSHRP didasarkan pada falsafah pendidikan orang dewasa (andragogy), dengan menggunakan metode experiental learning, role play, game dan diskusi.

Facilitator :

Winarto Abdullah Hidayat, Psi. Psikolog,

Winarto . Psikolog. Lulusan UGM. Penulis buku Fundamental Self Empowerment. Berpengalaman sebagai praktisi Human Resourches Management (HRM) sekitar 20 tahun  di lima perusahaan yaitu  PT. Salim Indoplantation, PT. Chiyoda International Indonesia, PT. Lippo Land Development, PT. Fumira dan PT. Hitachi Construction Machinery Indonesia. Sambil bekerja ia mendalami teori HRM dengan mengikuti program Magister Management di Universitas Krisnadwipayana Jakarta. Saat ini mandiri sebagai HRM consultant, Ia juga  menyempatkan diri mengajar mata kuliah soft skill Etika Pengembangan Diri  pada Trisakti School of Management.

Di antara Perusahaan yang dibantunya dalam pengembangan SDM melalui pelatihan soft competence  dan asesmen psikologi antara lain  PT. Pertamina Aviation, PTPN, PT. Rekayasa Engineering; PT. Asuransi Jasa Raharja; PT. Pindad Persero; PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang; PT. Aica Indonesia, PT. Keihin Indonesia; PT. LG Electronic Indonesia; PT. Pertamina Aviation; Pizza Hut Indonesia; Panasonic-PEWGMID; PT. Indosentra Pelangi;  Perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri MM2100; instansi pemerintah: Setjend DPR RI, Kemenhub,  dan juga NGO.

Sebagai asesor psikologi, ia telah mendalami DiSC lengkap di Singapura pada 1994 melalui Corporate Accreditation Scheme. Sebagai  associate  assessor pada LM-FEUI, ia telah ikut menangangi proyek asesmen di PT. Kereta Api Indonesia, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Raharja, PT. Wijaya Karya, dan Bank-bank BUMN. Ia senang dengan motto “Belajar tak kenal berhenti”.
Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 9 Feb 2018)
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 5 Feb 2018; payment before 9 Feb 2018)
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 19 Feb 2018)
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Ms. Riri

More Training on 2018
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
20-21 Dec 2017 Hak Kekayaan Intelektual : Aspek Hukum, Proteksi, Prosedur & Komersialisasi DR. Suyud Margono, SH., MHum., FCIArb Rp. 4.300.000 Confirm Running
20-21 Dec 2017 Applied CRM using CRM Strategy Map Drs. Ludwig Suparmo, M.Si Rp. 4.050.000 Confirm Running
4-5 Jan 2018 Win-Win Negotiation Skills ADI WIJAKSANA, Drs.Psi, CH, CHT Rp. 4.050.000 Confirm Running
20 Dec 2017 Perpajakan untuk HRD M. Zeti Arina, MM,BKP Rp. 2.750.000 Confirm Running
28-29 Dec 2017 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
5 Jan 2018 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
2-3 Feb 2018 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.050.000 Almost Running
1-2 Feb 2018 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 4.050.000 Almost Running
3-4 Jan 2018 Comprehensive Training Management System for Training Officer Dra. Sri Endang Kamuljan, Psi., MBA. Rp. 4.050.000 Almost Running
9-10 Feb 2018 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Almost Running
3 Jan 2018 Dealing with Difficult People Agus Afif Rp. 2.550.000 Almost Running
31 Jan 2018 Dealing with Difficult People Agus Afif Rp. 2.550.000 Almost Running
26 Jan 2018 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 2.750.000 Almost Running
31 Jan 2018 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.300.000 Almost Running
25 Jan 2018 General Affairs Officer Program Sih Hartono, SE., MM. Rp. 2.250.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar