Selasa, 28 Juli 2015

Almost Running : 1.How To Recruit, Interview 2.Assertive Communication 3.Workload Analysis

First Class Training
Website : www.platinumtraining.co.id
Find us on Facebook  Follow us on Twitter
 
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
 
       
   2 Day Workshop

HOW TO RECRUIT, INTERVIEW & SELECT THE RIGHT EMPLOYEE
Five Star Hotels, 24-25 Aug 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest July 27th 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Merekrut pekerja yang tepat adalah suatu aktivitas penting dalam mencapai sukses dalam suatu organisasi perusahaan, karena sumber daya manusia (SDM) adalah faktor utama dalam pelaksanaan strategi-strategi yang menentukan keberhasilan suatu organisasi. Organisasi yang dilengkapi dengan teknologi yang paling canggih tidak ada artinya jika tidak didampingi oleh sumber daya manusia yang tangguh. Merekrut dan memilih pekerja yang tepat adalah langkah pertama dalam membangun sumber daya manusia yang dapat diandalkan.  Dengan merekrut pekerja yang tepat, perusahaan anda akan dapat menghemat waktu dan biaya.

 

Tujuan Pelatihan

Peserta akan mempelajari bagaimana menerapkan sistem penerimaan pekerja untuk memilih calon pekerja yang tepat dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, dengan pokok bahasan yang meliputi :

  • Cara memilih dan menilai calon pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Merancang pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan dalam wawancara
  • Teknik wawancara yang efektif guna mempelajari latar belakang calon pekerja
  • Teknik yang efektif untuk menarik calon pekerja
  • Langkah-langkah dalam merancang & menerapkan sistem penerimaan pekerja
  • Kecenderungan dalam sistem penerimaan pekerja masa kini.

Pelatihan ini akan memberikan penjelasan yang terperinci bagaimana perusahaan merekrut dan memilih pekerja yang tepat.

Akan dipelajari cara-cara :

  • Menerapkan  proses dan sistem penerimaan pekerja yang tepat
  • Merekrut calon pekerja yang tepat untuk suatu pekerjaan dalam waktu yang singkat
  • Mengidentifikasi dan menangani masalah-masalah dalam wawancara
  • Mengetahui kecenderungan dalam recruitmen masa kini
  • Menggunakan tehnik dalam menanya, memperhatikan dan mendengar untuk wawancara yang efektif
  • Memilih calon pekerja dengan latar belakang yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
  • Menghemat biaya dan waktu dengan merekrut pekerja melalui sistem penerimaan pekerja
  • Merancang iklan yang kreatif untuk menarik calon pekerja

Jika anda ingin menguasai ketrampilan yang khusus ini, jangan lewatkan  pengetahuan dalam manajemen sumber daya manusia.

Kurikulum Pelatihan

Sessi 1: OVERVIEW OF RECRUITMENT

  • Human resource – the most important asset
  • Recruitment – the first vital step
  • Difference between recruitment and selection
  • Prevailing attitude in recruitment

Sessi 2: ASSESING THE JOB

  • Job description
  • Creating job profiles

Sessi 3: ATTRACTING CANDIDATES

  • Source and catchment areas
  • Communication channels
  • Recruitment advertisement – basic principles
  • Objectives of advertisements
  • Referrals and networking

Sessi 4: THE EFFECTIVE SELECTION INTERVIEW

  • Planning stages
  • Interviewing techniques
  • Implementing efficient applicant screening methods
  • Identifying job requirements
  • Designing interview questions
  • Complying with employment procedures
  • Making the selection decision
  • Obtaining the true information about :

- past jobs
- reasons for leaving employers
- eduction
- involvement in criminal activities

  • Listening to unspoken words
  • Recognizing when an applicant is withholding information

Sessi 5: ASSESING THE CANDIDATES

  • Methods of assessment
  • Interview assessment form
  • Job application form
  • Matching corporate culture and personal chemistry

- The perfect fit

  • Team interviewing

- Securing a consensus

- Determining what kind of a person will actually best fill the position

  • Stress interviews

- Can the candidate handle severe situation ?

  • Final avaluation

- Assigning numerical values

- Terms, conditions and compensation issues

 

Sessi 6 & 7:     PLACEMENT AND FOLLOW-UP

  • Importance of first impressions 
  • Introduction training  
  • Training and development

 

Sessi 8: OTHER ISSUES

  • Assessment center 
  • Recruitment agencies 
  • Headhunters 
  • Unsuccessful candidates

 

Workshop Leader :
Drs . Achmad Sablie, Psi

Berlatar belakang pendidikan Fakultas Psikologi dari UI, pengalaman dibidang Marketing dan HR Management, terakhir sebagai Head of HRD Division di RCTI, HR Director di Hero Group of Companies, Human Resources Development Huffco / VICO Indonesia (Oil and Gas Coy) dan PT Semen Cibinong. Banyak memberikan pelatihan dan seminar dibidang Communication, Soft Skills dan HR Management, Senior Instruktur sekolah Pengembangan Pribadi John Robert Powers, Senior Consultant di Gede Prama Dynamics Consulting dan masih aktif sebagai konsultan internal HR di sebuah perusahaan manufacturing. Berbagai topik unggulan pelatihan yang sering diberikan diantaranya Leadership, Psychological Training – Emotional Intelligence, Adversity Quotient, Assertiveness, Transactional Analysis, Motivation dan beberapa lainnya -,  Women Empowerment, Supervisory Management, Performance Management dan semua fungsi Human Resources Management. Beberapa perusahaan Oil & Gas, bank-bank BUMN maupun Swasta, industri perkayuan, industri otomotif dan industri lain seperti PT Krakatau Steel, PT Telkom, PT PLN menjadi klien yang pernah ditangani.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

PRACTICAL ASSERTIVE COMMUNICATION
Five Star Hotels, 27-28 Aug 2015

Training Fee :
Rp. 6.000.000,- (On The Spot, payment at the latest July 27th 2015)
Rp. 6.600.000,- (Full fare)
  
       
  

Kesuksesan dan kegagalan seorang professional bila diikuti lebih runut adalah kepiawaian atau pun kegagalan individu tersebut dalam berkomunikasi. Komunikasi adalah infrastruktur bagi seseorang untuk menyampaikan buah pikiran, bantahan ataupun dukungan kepada para stakeholders. Kemampuan seseorang dalam bidang tertentu wajib diikuti oleh kemampuan berkomunikasi yang baik dan memadai agar keahlian individu tadi dapat dirasakan dimanfaatkan orang lain dan terutama juga termasuk alat yang memegang peranan penting dalam perkembangan karir seseorang.

Kegagalan sebuah interaksi banyak dipengaruhi oleh kemampuan pihak-pihak dalam bidang komunikasi. Solusi yang produktif baru akan tercapai bila pihak-pihak yang terlibat menggunakan kiat-kiat berkomunikasi efektif sehingga pembicaraan bermakna dan akurat

Berkomunikasi dengan asertif akan sangat meningkatkan efektivitas dan dan dapat diharapkan berdampak positif terhadap hasil komunikasi itu sendiri. Diperlukan ketrampilan khusus agar seseorang terbiasa melakukan komunikasi asertif pada saat yang tepat. Untuk ini pula dibutuhkan kemampuan menyimak/ mendengar aktif yang mencukupi sebagai bagian dari komunikasi asertif

 

Outline :

  1. Memahami ketrampilan mengirim dan menerima pesan
  2. Ketrampilan berkomunikasi yang komunikatif
  3. Manfaat ketrampilan berkomunikasi asertif
  4. Melatih penggunaan teknik komunikasi asertif
  5. Melatih cara menyampaikan bahasa verbal dan non verbal yang sesuai
  6. Ketrampilan mendengar empatik/ menyimak
  7. Ketrampilan berkomunikasi efektif dengan atasan
  8. Ketrampilan memberikan instruksi dan umpan balik

 

 

Beberapa Komentar Peserta Workshop di Batch sebelumnya :

 

“Isi materi memberikan rasa percaya diri / membangun rasa Percaya Diri kepada peserta untuk bisa berkomunikasi”

 

(Asep Iwan Hermawan ST, BTS Project Supervisor PT. Dwibaya Manunggal Logistik)

 

“Menyenangkan, baik dan menginspirasikan”

 

(Iwan Kustiawan, PD. Manager PT. Bintang Toedjoe)

 

”Membawakan materi sangat memuaskan sehingga saya dapat menangkap isi materi dengan jelas”

 

(Bacharuddin Djumaya, Deputy Manager Personnel Welfare Section

 

PT. INDONESIA ASAHAN ALUMINIUM)

 

”sesuai kebutuhan, sangat membantu komunikasi”

 

(Pranowo Iswahyudi, Production Manager CV. DSCO Indonesia)

 

”Saya punya masalah dalam menghadapi orang dan materi ini memberikan panduan kepada saya bagaimana saya harus dalam menghadapinya.”

 

(Yusuf A. Kurniawan, Inventory Manager CV. DSCO Indonesia)


Workshop Leader : 


Dianti Arudi, MBA.

Komunikasi tidak hanya karir profesional Dianti namun juga menjadi personal interest yang bersangkutan. Memulai pengalamannya dalam bidang komunikasi sebagai Journalist pada the Nihon Keizai Shimbun, surat kabar ekonomi Jepang, Dianti kemudian melanjutkan karirnya dalam area yang membutuhkan komunikasi intens

Dianti menyelesaikan pendidikan S1 nya di Fakultas Sastra Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan, Master in Business Administration, di Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI)

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
       
   2 Day Workshop

WORKLOAD ANALYSIS
Five Star Hotels, 10-11 Sep 2015

Training Fee :
Rp. 0,- (On The Spot, payment at the latest July 27th 2015)
Rp. 6.000.000,- (Full fare)
  
       
  
Pertanyaan yang sering muncul ketika suatu perusahaan terhimpit kerugian atau berusaha memperkuat kemampuan bersaingnya adalah bagaimana cara mengefisienkan perusahaan. apakah jumlah SDM/karyawan yang ada sekarang ini berlebih, kurang atau sudah optimum dengan kebutuhan perusahaan, dan bagaimana cara mengetahui atau mengukur hal-hal tersebut?

Banyak cara/teknik/metode yang dapat digunakan untuk menjawab serangkaian pertanyaan tersebut, namun metode yang dianggap paling akurat untuk digunakan adalah Analisis Beban Kerja (Workload Analysis).

Metode analisis beban kerja yang akan diberikan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penyelidikan waktu (time study). Dengan menganalisis waktu yang seharusnya dikonsumsi pemegang jabatan untuk melaksanakan tugas-tugas jabatannya sesuai dengan yang diharapkan dibandingkan dengan waktu efektif yang tersedia maka akan diperoleh nilai beban kerja (dalam prosentase) suatu jabatan/unit/perusahaan. Berapa kelebihan atau kekurangan jumlah SDM pada suatu jabatan/unit/perusahaan akan diperoleh dengan membandingkan kebutuhan jumlah karyawan yang optimum dengan jumlah SDM yang ada saat ini di jabatan/unit/perusahaan.

Implikasi dari hasil analisis beban kerja ini, selain pengurangan/penambahan jumlah SDM juga dapat berupa rekomendasi penyempurnaan job description, prosedur kerja (system operating procedure), restrukturisasi organisasi, dan pelatihan peningkatan competency SDM. Informasi lebih terinci mengenai hal-hal tersebut akan diperoleh dengan mengikuti workshop ini.

Outline Materi

  1. Pengertian Analisa Beban Kerja (Workload Analysis)
  2. Tujuan & Manfaat Analisa Beban Kerja
  3. Jenis-jenis Beban Kerja (BK Jabatan, BK Individu, BK Unit Kerja, BK Perusahaan)
  4. Pendekatan & Metode dalam Analisis Beban Kerja
  5. Penyelidikan Waktu (Time Study)
  6. Jenis-Jenis Tugas (Pokok, Tambahan, Lain-lain, Rutin, Berkala, Insidentil)
  7. Tahapan/Langkah-langkah Pelaksanaan Tugas
  8. Waktu Pelaksanaan Tugas
  9. Kelonggaran Waktu (Allowance)
  10. Beban Kerja Standar
  11. Alat Pengukuran yang digunakan
  12. Teknik Analisis Data yang digunakan
  13. Proses/Langkah-Langkah Pelaksanaan Analisis Beban Kerja
  14. Wawancara dalam Analisis Beban Kerja
  15. Perhitungan Beban Kerja Jabatan, Individu, Unit Kerja, dan Perusahaan
  16. Perhitungan Kebutuhan Jumlah SDM yang Optimum
  17. Perhitungan Kelebihan/Kekurangan Jumlah SDM 
  18. Rekomendasi penyempurnaan job description (disain ulang tugas jabatan) dan SOP
  19. Rekomendasi penyempurnaan struktur organisasi (penggabungan/pemisahan unit kerja)
  20. Latihan Wawancara Analisis Beban Kerja
  21. Latihan Menghitung Beban Kerja dan Kebutuhan Jumlah SDM Optimum suatu
  22. Jabatan/Unit/Perusahaan

Facilitator


Adil Kurnia MM, MPsi.

Psikolog dari UI serta mengikuti Program Magister bidang Manajemen SDM dan Profesi Psikologi bidang Industri & Organisasi. Saat ini beliau mengelola Konsultan SDM sendiri sekaligus sebagai Associate Consultant pada beberapa Konsultan SDM & Manajemen. Selama pengalamannya lebih dari 15 tahun baik sebagai konsultan maupun praktisi, beliau banyak memberikan jasa konsultansi, pelatihan dan rekrutmen untuk Departemen, BUMN maupun perusahaan swasta, antara lain Dephub, Depkeu, Deperindag, BPKP, Setjen DPR-RI, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Marga, PT. Asuransi Jasa Raharja, PT. Asuransi Ekspor Indonesia, PT. Telkom, Hotel Indonesia, Hotel Preanger, PT. Aerowisata, Bank Indonesia, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank Bukopin, PT. Krakatau Steel, PT. Indonesia Power, PT. Pembangkitan Jawa Bali, PT. Kawasan Berikat Nusantara, PD. Pasar Jaya, PT. Matahari Putra Prima, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Secure Parking, RS. Muhammadiyah. Dengan pendidikan dan berbagai pengalaman yang dimiliki, beliau sangat kompeten dalam memberikan bagaimana mendisain dan menuliskan job description yang tepat sesuai dengan jenis instansi/perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penulisan job description.

  
GIFT TRAINING
  
  • Tablet PC -Ainol NOVO 7 Paladin Android ICS 4.0 atau
  • HP -Samsung Galaxy Y
  
More Topics on 2015

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219
Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Mr. Fikri
Platinum Training | Consultant | PT | 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar