Sabtu, 19 Mei 2018

New Topics : 1.People Skill for HR Personnel; 2.HR Business Partner; 3.Document Control & Filling System

Value Consult Public Training
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
People Skill for HR Personnel
Amaris Hotel La Codefin Kemang / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk , Jakarta, 4-5 Jun 2018
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.350.000,-
 

Kebutuhan Pengembangan

Berkenaan dengan kekhususan tugas-tugasnya, karyawan di bagian HRD, baik level Direktur, Manager, maupun staff dituntut untuk lebih kompeten dalam hal people skill, yang muncul dalam bentuk ketrampilan berinteraksi interpersonal yang efektif sehingga penanganan urusan-urusan pekerjaan menjadi lancar. Pada kenyataannya tidak semua HR personnel  menunjukkan kemampuan yang sangat diperlukan tersebut, sehingga acap terjadi penanganan urusan-urusan yang bahkan sebenarnya mudah pun menjadi sulit dan rumit.

Pengembangan kompetensi people skill untuk para personil di Bagian HR merupakan kebutuhan yang penting dan mendesak, dan tidak dapat diabaikan. Masih banyak perusahaan yang kurang menyadari pentingnya hal ini, beranggapan bahwa para personil HR dengan sendirinya mampu melakukan tugas-tugas yang memerlukan people skill, atau dituntut untuk belajar sendiri dari  pengalaman pelaksanaan pekerjaan sehari-hari secara commonsense.

Tujuan Pelatihan (Training Objective)

Modul PSHRP adalah modul pelatihan pengembangan people skill khusus untuk HR personnel, dirancang berdasarkan khasanah ilmu komunikasi, psikologi dan manajemen yang terus berkembang, sehingga peserta tidak hanya belajar sendiri dengan pengertian-pengertian awam saja.  Melalui pelatihan ini peserta akan meningkatkan kompetensi pada dimensi people skill diantaranya berkomunikasi interpersonal dengan efektif, komunikasi asertif, bernegosiasi, service excellency, menangani complaint;  menangani orang “sulit”, menyampaikan sanksi kedisiplinan mulai teguran sampai sanksi PHK; presentasi, coaching, counseling, dan lain-lain teknik berkenaan dengan kekhususan fungsi HRM.   

Rundown:

Hari Pertama:

  • 08:00 -  09:00  : Welcoming , pendaftaran
  • 09:00 – 10:00 : Ice breaking, Session contract
  • 10:00 – 10:15  : Coffee Break
  • 10:15 – 12:00  : Basic Effective Interpersonal Communication Skill
  • 12:00 – 13:00  : Break
  • 13:00 – 14:00  : Assertive Communication
  • 14:00 – 15:00  : Effective Communication for Negotiation.
  • 15:00 – 15:20  : Break
  • 15:20 – 17:00  : Customer Service  Excellent & Handling complaint

Hari Kedua:

  • 08:00 -  10:00  : Coaching & Counseling
  • 10:00 – 10:15  : Coffee Break
  • 10:15 – 12:00  : Executing Disciplinary Action:
    • Membuat Berita Acara Pemeriksaan,
    • Memberikan Tegoran, Surat Peringatan,
    • Pemutusan Hubungan Kerja
  • 12:00 – 13:00  : Break
  • 13:00 – 15:00  : Effective Presentation
  • 15:00 – 15:20  : Break
  • 15:20 – 16:30  : How To Instruct in Internal Training
  • 16:30 – 17:00  : Training Feedback - Closing

Metode Pelatihan (Training Method)

Metode pelatihan PSHRP didasarkan pada falsafah pendidikan orang dewasa (andragogy), dengan menggunakan metode experiental learning, role play, game dan diskusi.

Facilitator :

Winarto Abdullah Hidayat, Psi. Psikolog,

Winarto . Psikolog. Lulusan UGM. Penulis buku Fundamental Self Empowerment. Berpengalaman sebagai praktisi Human Resourches Management (HRM) sekitar 20 tahun  di lima perusahaan yaitu  PT. Salim Indoplantation, PT. Chiyoda International Indonesia, PT. Lippo Land Development, PT. Fumira dan PT. Hitachi Construction Machinery Indonesia. Sambil bekerja ia mendalami teori HRM dengan mengikuti program Magister Management di Universitas Krisnadwipayana Jakarta. Saat ini mandiri sebagai HRM consultant, Ia juga  menyempatkan diri mengajar mata kuliah soft skill Etika Pengembangan Diri  pada Trisakti School of Management.

Di antara Perusahaan yang dibantunya dalam pengembangan SDM melalui pelatihan soft competence  dan asesmen psikologi antara lain  PT. Pertamina Aviation, PTPN, PT. Rekayasa Engineering; PT. Asuransi Jasa Raharja; PT. Pindad Persero; PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang; PT. Aica Indonesia, PT. Keihin Indonesia; PT. LG Electronic Indonesia; PT. Pertamina Aviation; Pizza Hut Indonesia; Panasonic-PEWGMID; PT. Indosentra Pelangi;  Perusahaan-perusahaan di Kawasan Industri MM2100; instansi pemerintah: Setjend DPR RI, Kemenhub,  dan juga NGO.

Sebagai asesor psikologi, ia telah mendalami DiSC lengkap di Singapura pada 1994 melalui Corporate Accreditation Scheme. Sebagai  associate  assessor pada LM-FEUI, ia telah ikut menangangi proyek asesmen di PT. Kereta Api Indonesia, PT. Pelabuhan Indonesia, PT. Jasa Raharja, PT. Wijaya Karya, dan Bank-bank BUMN. Ia senang dengan motto “Belajar tak kenal berhenti”.
Training Fee

Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 25 May 2018)
Rp. 4.350.000 ,- (REG before 21 May 2018; payment before 25 May 2018)
Rp. 4.850.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 4 Jun 2018)
Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Human Resource Business Partner
Amaris Hotel La Codefin Kemang / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk , Jakarta, 4-5 Jun 2018
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.350.000,-
 

Background

Fakta menunjukkan dibalik perusahaan yang memiliki profit-sustainability (kemampulabaan yang berkesinambungan) ialah yang memiliki Manajemen Manusia yang baik. Hanya 2 hal yang membuat suatu bisnis dapat meraih visi dan misi-nya, yaitu: Sisi Teknis dan Sisi Manusia. Sisi Teknis berbicara mengenai strategi bisnis. Namun, bila hal tersebut tidak diikuti oleh penyelarasan (alignment) Sisi Manusia maka seberapa canggihpun strategi bisnis yang ada tentu tidak akan berjalan dengan baik.

Dalam Manajemen HR modern, tanggung jawab mengelola manusia bukan hanya tanggung jawab HR Corporate, melainkan juga tanggung jawab HRBP masing-masing area atau unit bisnis mengingat HRBP lah yang paling dekat sehingga seharusnya paling mengenal anggota timnya.

HRBP diharapkan menjadi mitra bisnis di daerah atau di unit bisnis, yang bukan saja mampu memberikan layanan HR, namun juga mampu menjadi lawan diskusi oleh Pimpinan Unit Bisnis yang dilayaninya.

Sayangnya, tidak semua HRBP menyadari perannya yang sangat krusial tersebut sehingga seringkali terjadi ketidakefisienan dan ketidakefektifan manajemen, yang pada gilirannya nanti akan mengakibatkan organisasi mengalami kesulitan dalam berkompetisi. Sementara, sebagian lain telah menyadari perannya namun belum dibekali pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang tepat untuk dapat mengelola SDM dengan efektif dan efisien.

Tujuan

Dengan mengikuti training ini, peserta diharapkan  akan:

  1. Memahami peran HR dalam  mencapai visi, misi, goal, dan strategi perusahaan
  2. Memahami perannya sebagai HRBP
  3. Memahami Competency Profiling
  4. Memahami pentingnya  Manajemen  OD
  5. Memahami proses bisnis
  6. Memahami struktur organisasi yang efektif dan efisien
  7. Memahami pembentukan budaya perusahaan yang sehat
  8. Memahami  pembuatan MPP yang efektif
  9. Terampil melakukan seleksi yang efektif
  10. Memahami dan terampil melakukan Training Need Analysis dan mengukur efektivitas training
  11. Memahami dan terampil memanajemeni Hubungan Industrial
  12. Memahami Career & Talent Management
  13. Memahami Performance Management
  14. Memahami dan terampil melakukan Coaching Counseling

Outline

  1. Understanding HRBP Roles
    • Memahami peran HR
      • Evolusi peran HR
      • Peran HR secara umum
      • Menyelaraskan  visi, misi, dan strategi perusahaan dengan   praktek HR
    • Memahami perannya sebagai HRBP dalam proses bisnis
      • Memahami peran HRBP dalam proses bisnis
      • Menyelaraskan peran HRBP dengan unit bisnis terkait
      • Menyelaraskan peran HRBP dengan HR Corporate
    • Memahami harapan pengguna jasa HRBP
      • Mengetahui stake-holder HRBP
      • Memahami harapan stake-holder
  2. Competency Profiling
    • Memahami konsep kompetensi
    • Memahami corporate competency, function competency, dan individual   competency
    • Mampu menentukan tingkatan kompetensi dari key behaviors
    • Mampu membuat profil kompetensi jabatan
    • Memahami pembuatan kamus kompetensi
  3. Effective Organization Development
    • Memahami perlunya OD
    • Memahami 3 pilar OD
    • Memahami  struktur organisasi  yang efektif
    • Memahami pentingnya budaya kerja yang mendukung kinerja bisnis
    • Mampu menciptakan budaya kerja yang sehat di lingkungan kerjanya
    • Mampu menjadi change agent
  4. Recruitment & Selection
    • Man Power Planning
    • Memahami metode seleksi & tujuan penggunaannya
      • Assessment Center
      • Interview
      • Technical Test
      • Observasi
    • Interview berbasis kompetensi dengan  Behavioral  Event Interview
      • Mengenal beberapa teknik interview
      • Memprofil kompetensi
      • Menentukan Perilaku Kunci (Key Behavior) atas setiap kompetensi
      • Teknik STAR
    • Praktek BEI
  5. Training Need & Impact Analysis
    • Memahami indikator-indikator yang dapat dipakai untuk analisa kebutuhan training
    • Mampu menganalisa kebutuhan training
    • Memahami cara menyelenggarakan training di tempat kerja
    • Memahami cara mengukur efektivitas training
    • Mampu menghitung Return of Training Investment (ROTI)
  6. Performance Management
    1. Memahami pentingnya Performance Management dalam mendukung goal  perusahaan
    2. Bagaimana membedakan aktivitas dengan pencapaian
    3. Cascading KPI korporat ke  KPI unit bisnis
    4. Cascading KPI unit bisnis ke KPI individual
    5. Mengukur Critical Success Factors
    6. Effective monitoring & controlling
  7. Talent & Career Management
    1. Memahami manajemen talent
    2. Memahami mengapa karir harus dikelola
    3. Memahami tentang career path
    4. Memahami cara me-retain karyawan
  8. Industrial Relation
    • Memahami  IR
    • Peran HEBP dalam IR
    • Assertive Communication
      • Memahami proses komunikasi
      • Aspek –aspek yang berperan dalam komunikasi
      • Jenis-jenis komunikasi
      • Terampil  berkomunikasi dengan asertif
    • Coaching Counseling 
      • Kegunaan Coaching Counseling
      • Karakteristik coach dan konselor yang baik
      • Terampil menjadi coach dan konselor yang efektif 
      • Beberapa karakter anggota tim dan cara meng-coach/konseling-nya dengan   efektif

Metode

  • Lecturing = 40 %
  • Discussion = 30 %
  • Practice = 30 %

Facilitator

Agus Mauludi, Psi.

Memiliki pengalaman hampir 20 tahun sebagai praktisi dalam memimpin Bagian Human Resources di Astra Group, Napan Group, dan salah satu perusahaan energi di Indonesia, Senior Konsultan di salah satu Konsultan Manajemen Internasional, dan Senior Trainer di Value Consult. Beberapa klien yang pernah ditangani, antara lain: Adaro Indonesia, Pertamina Persero, Telkomsel, Excelkomindo, Jamsostek, Freeport, Pemerintah Brunei, Pemerintah Timor Leste, dan lain-lain.

Agus Mauludi berlatar pendidikan sebagai Psikolog dari Universitas Indonesia. Beberapa topik yang biasa dibawakan dengan sangat baik, antara lain: Leadership, People Management, HR Management, Communication, Negotiation, Training for Trainer, Corporate Culture, dan training-training soft skill lain.

Agus Mauludi perna menjadi saksi ahli Psikologi dalam persidangan kasus pembunuhan Mirna Wayan Salihin dengan terdakwa Jessica

Training Fee

Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 25 May 2018)
Rp. 4.350.000 ,- (REG before 21 May 2018; payment before 25 May 2018)
Rp. 4.850.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 4 Jun 2018)
Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Document Control & Filling System
Amaris Hotel La Codefin Kemang / Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk , Jakarta, 28-29 Jun 2018
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.350.000,-
 

ISO 9001 dan Standar internasional lainnya seperti ISO 14001, OHSAS 18001, ISO 22000 dan yang lainnya mewajibkan adanya pengendalian dokumen yang efektif untuk memastikan hanya dokumen yang sudah mendapatkan persetujuan yang digunakan, mengetahui riwayat perubahan pada dokumen, mencegah terpakainya dokumen yang sudah kadaluarsa, manajemen penyimpanan arsip/dokumen untuk memastikan arsip/data tidak rusak dan hilang selama masa penyimpanan. Pengendalian Dokumen & Filling System juga sangat diperlukan baik dalam perusahaan maupun dalam project (proses Tender serta Engineeringm Procurement & Construction di Oil & Gas Industry)

Tujuan Pelatihan

  • Memahami dan menguasai implementasi pengendalian dokumen
  • Memahami dan menguasai Konsep Management Change pada dokumen
  • Memahami dan menguasai Aprproval System pada dokumen (peninajaun, memperbarui dan Persetujuan ulang)
  • Memahami dan menguasai implementasi sistem kearsipan / pengendalian data perusahaan termasuk kebutuhan untuk melaksanakan sistem improvement sistem kearsipan
  • Meningkatkan kompetensi dan skill / ketrampilan untuk memastikan bahwa perubahan dan sattus revisi terbaru pada dokumen teridentifikasi dengan jelas, mencegah terpakainya dokumen kadaluarsa

Outline :

  • Konsep Implementasi Pengendalian Dokumen yang Efektif
  • Identifikasi Dokumen (penomoran, kode revisi dan riwayat perubahan dokumen)
  • Konsep Management Change pada Dokumen
  • Approval System pada Dokumen (peninajaun, memperbarui dan Persetujuan ulang)
  • Manajemen Distribusi Salinan Dokumen (Controlled Copy & Uncontrollerd Copy)
  • Manajemen Dokumen Kadaluarsa
  • Manajemen Dokumen Eksternal (dokumen yang berasal dari luar perusahaan)
  • Pengendalian Data / Arsip & Filling System
  • Improvement dalam sistem Pengendalian Dokumen & Data
  • Berbagi Pengetahuan Perubahan ISO 9001 : 2015 (Sharing Knowledge ISO 9001: 2015 Changes)

Metode Pelatihan
Pelatihan menggunakan sistem pembelajaran partisipatif dan metode pengajaran dalam bentuk ceramah, diskusi dan latihan /studi kasus dalam mendalami aplikasinya.

Pelatihan ini akan memberikan skill / ketrampilan bagi keberhasilan peran seorang Management Representative terutama sebagai Konsultan Internal Produktivitas dan Improvement di Organisasi. Hal ini juga merupakan kesempatan yang sangat baikuntuk mempertajam keterampilan Management Representative yang sudah ada dalam mejalankan peran & tanggung jawabnya

Who Should Attend :

  • Management Representative
  • Document COntroller
  • HRD
  • Kandidat MR / Wakil Manajemen
  • Project Owner / EPC Contractor
  • Konsultan Manajemen Proyek
  • Pihak-pihak yang berkepentingan dalam Pengendalian dokumen proyek
Facilitator :
Linda Saraswati, ST, MM

Berpengalaman 13 tahun dalam bidang Food Safety, Quality & HSE Management System di berbagai Industri baik  Food & Bevarage, Manufacturing, Consultancy Services serta Oil & Gas seperti Garuda Food, Surveyor Indonesia, Keramik Diamond Industries, Imeco Inter Sarana, EJJV Engineering Indonesia dan Oilfield Petroleum Inspection.

Chemical Engineer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Magister Manajemen, telah mendapatkan sertifikasi Lead Assessor dari IRCA (Internation Registered Certified Auditor).

Aktif memberikan training dan konsultasi di bidang Sistem Manajemen Keselamatan Pangan ISO 22000, & HACCP, Sistem Manajemen QHSE (ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, ISO TS 16469, ISO TS 29001), CSMS Oil & Gas, Environmental (Waste Management),  Auditing Skill,  Productivity & Human Resource Development di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun public.
Training Fee

Rp. 4.150.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 18 Jun 2018)
Rp. 4.350.000 ,- (REG before 14 Jun 2018; payment before 18 Jun 2018)
Rp. 4.850.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 28 Jun 2018)
Rp. 5.225.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series
 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person :
Ms. Ori & Ms. Riri

More Training on 2018
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
24-25 May 2018 Integrated Marketing Communication Drs. Ludwig Suparmo, M.Si Rp. 4.350.000 Confirm Running
21 May 2018 Handling Complaints Effectively Divdeni Syafri Rp. 2.550.000 Confirm Running
22-23 May 2018 Financial Modeling Ghani Basyar S.E, M.M Rp. 4.350.000 Confirm Running
22-23 May 2018 Effective Telemarketing Skills Mr. Agus Gunawan Rp. 4.350.000 Confirm Running
21-22 May 2018 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.350.000 Almost Running
31-1 Jun 2018 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.350.000 Almost Running
28-29 Jun 2018 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 4.350.000 Almost Running
7-8 Jun 2018 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 4.350.000 Almost Running
5-6 Jun 2018 Comprehensive Training Management System for Training Officer Dra. Sri Endang Kamuljan, Psi., MBA. Rp. 4.350.000 Almost Running
28-29 Jun 2018 Comprehensive Training Management System for Training Officer Dra. Sri Endang Kamuljan, Psi., MBA. Rp. 4.350.000 Almost Running
6 Jul 2018 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.350.000 Almost Running
31 May 2018 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.850.000 Almost Running
10 Jul 2018 Dealing with Difficult People Drs. Elyus Lanin, M. Si. Rp. 2.850.000 Almost Running
30 May 2018 Designing Effective Internal Communications Program Drs. Syarifudin Yunus Rp. 4.600.000 Almost Running
4-5 Jun 2018 Effective Selling Skills and Negotiation for AE Ir. Renardhy H. Lumelle, Mkom Rp. 4.350.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar