Jumat, 15 April 2016

Workshop : 1. Pembiayaan Syariah 2. How To Recruit 3. Service Excellence

Value Consult Public Training 
Creating value for your business
Website : www.valueconsulttraining.com
Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter
2 Day Workshop
Aplikasi Pembiayaan Syariah dengan Akad MMQ
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel / The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 25-26 Apr 2016
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.300.000,-
 

Lembaga Keuangan Syariah (LKS) sangat berkembang di Indonesia, terbukti dengan banyaknya bermunculan bank-bank syariah (baik berbentuk BUS atau UUS), BPRS, Multifinance Syariah, bahkan Lembaga Keuangan Mikro Syariah seperti BMT (Baitul Mal Wal Tamwil) yang rata-rata berbadan hukum Koperasi (KJKS).

Berbagai LKS tersebut menawarkan bermacam produk pembiayaan syariah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan nasabah-nasabahnya. Namun hingga saat ini, akad syariah yang dipakai dalam produk pembiayaan tersebut masih menggunakan akad Murabahah. Akad  Murabahah mempunyai pangsa pemakaian lebih dari 60% dari seluruh portofolio pembiayaan syariah yang ada di Indonesia.

Akad Murabahah mempunyai kelemahan dalam hal pemberian pembiayaan yang mempunyai jangka waktu panjang (misal KPR), dimana membutuhkan pricing yang tinggi. Karena karakteristik inilah maka tercipta paradigma di mata masyarakat bahwa pembiayaan syariah selalu lebih mahal daripada pembiayaan konvensional.

Untuk menghapus paradigma tersebut, DSN MUI telah menawarkan suatu akad yang mempunyai karakteristik pricing yang flexible, yaitu akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ). DSN MUI melalui Fatwa no.73/2008 menyatakan bahwa akad MMQ boleh digunakan untuk pembiayaan syariah.

Pembiayaan syariah dengan akad MMQ dapat diterapkan pada

  • Bank Umum Syariah / Unit Usaha Syariah
  • BPR Syariah
  • Multifinance Syariah
  • Koperasi Jasa Keuangan Syariah

Produk-produk LKS yang dapat menggunakan akad MMQ antara lain

  • KPR iB (pembiayaan property)
  • KKB iB (pembiayaan kendaraan bermotor)
  • KMG / KTA iB (pembiayaan multiguna)
  • Pembiayaan Investasi iB
  • Joint Financing iB
  • Pembiayaan KopKar iB
  • Dll.

Tujuan Pelatihan

Training ini bertujuan memberikan pemahaman mengenai akad syariah MMQ agar dapat digunakan dalam pengembangan produk di Lembaga Keuangan Syariah. Yang diharapkan dari para peserta training setelah pelatihan dilaksanakan :

  1. Memahami akad syariah MMQ sesuai dengan Fatwa DSN dan ketentuan otoritas lainnya.
  2. Dapat menerapkan akad syariah MMQ secara tepat guna dan hasil guna dalam produk-produk pembiayaan syariah yang dibutuhkan masyarakat.
  3. Memperkuat karakteristik produk-produk dari LKS masing-masing sehingga dapat bersaing dengan produk-produk pembiayaan konvensional.

Outline Materi

Hari-1

  1. Konsep dan Regulasi
    • MMQ ≠ Kredit
    • Fiqih MMQ
    • Fatwa-Fatwa DSN terkait MMQ
    • Regulasi BI terkait MMQ
    • MMQ Asset vs MMQ non-Asset
  2. Karakteristik MMQ Asset
    • Unsur-unsur Akad MMQ
    • Obyek Sewa sesuai Produk :
      • Consumer Financing : KPR, KPM, KMG
      • Commercial Financing : Term / Investment / Asset Financing
      • Supplier Obyek Sewa
      • Cara kerja MMQ-Asset
  3. Desain Pembiayaan
    • Desain struktur pembiayaan
    • Line Facility dan penarikan bertahap
    • Take Over dan Refinancing
    • Produk berbasis MMQ
  4. Harga Sewa & Bagi Hasil
    • Definisi Harga Sewa
    • Penentuan Harga Sewa
    • Contoh kasus
    • Jadwal angsuran dan Nisbah bagi hasil
    • Pelunasan dipercepat (Prepayment)

Hari-2

  1. Likuidasi Pembiayaan
    • Tunggakan dan Default
    • Perhitungan posisi default dan Nisbah bagi hasil default
    • Contoh kasus :
      • Hasil penjualan aset > dari sisa O/S
      • Hasil penjualan aset < dari sisa O/S
  2. Aspek Legal / Perjanjian
    • Title of Document Asset Sewa
    • Klausul Pembentukan Syirkah
    • Klausul Modal Syirkah
    • Klausul Kepemilikan Aset
    • Klausul Sewa – Ijarah
    • Klausul Default / Wanprestasi
    • Klausul Nisbah Bagi Hasil - Default
  3. Akunting & IT
    • Jurnal Dasar Akunting MMQ
    • Skema Dasar Sistem IT MMQn
  4. IMBT vs MMQ
    • Perbandingan IMBT vs MMQ dari berbagai aspek :
      • Hubungan hukum
      • Kepemilikan asset
      • Fatwa DSN
      • MarComm
      • PSAK
      • Depresiasi
      • Pengalihan asset
      • Dokumen legal
      • Dll.

Facilitator

Zwei Munici, MM

Berlatar belakang ilmu keuangan dan perbankan dari Program Magister Manajemen Universitas Indonesia. Praktisi Perbankan Syariah. Berpengalaman di bidang perkreditan baik di bank konvensional maupun syariah pada tiga bank swasta nasional selama lebih dari 15 tahun dengan spesialisasi Islamic Corporate / Wholesale Banking, Commercial / SME Banking, Consumer Banking, Trade Finance, Credit Risk Management, Credit Sales, Credit Processing.

Ikut membidani dan terlibat sebagai key person atas  lahirnya 2 (dua) Unit Usaha Syariah (UUS) yaitu di PT Bank Niaga, Tbk. dan PT Bank Lippo Tbk., serta turut membangkitkan kembali UUS di PT Bank Permata, Tbk.

Saat ini berprofesi sebagai “Consultant, Advisor, & Trainer for sharia banking, especially in financing product policy, development, and marketing”.
Training Fee

Rp. 4.050.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 15 Apr 2016) 
Rp. 4.300.000 ,- (REG before 11 Apr 2016; payment before 15 Apr 2016) 
Rp. 4.750.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 25 Apr 2016) 
Rp. 5.145.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
How To Recruit, Interview & Select the Right Employee
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel / The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 9-10 May 2016
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 4.050.000,-
 

Merekrut pekerja yang tepat adalah suatu aktivitas penting dalam mencapai sukses dalam suatu organisasi perusahaan, karena sumber daya manusia (SDM) adalah faktor utama dalam pelaksanaan strategi-strategi yang menentukan keberhasilan suatu organisasi.

Organisasi yang dilengkapi dengan teknologi yang paling canggih tidak ada artinya jika tidak didampingi oleh sumber daya manusia yang tangguh.

Merekrut dan memilih pekerja yang tepat adalah langkah pertama dalam membangun sumber daya manusia yang dapat diandalkan.  Dengan merekrut pekerja yang tepat, perusahaan anda akan dapat menghemat waktu dan biaya.

Tujuan Pelatihan 

Peserta akan mempelajari bagaimana menerapkan sistem penerimaan pekerja untuk memilih calon pekerja yang tepat dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan, dengan pokok bahasan yang meliputi :

  • Cara memilih dan menilai calon pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  • Merancang pertanyaan-pertanyaan yang diperlukan dalam wawancara
  • Teknik wawancara yang efektif guna mempelajari latar belakang calon pekerja
  • Teknik yang efektif untuk menarik calon pekerja
  • Langkah-langkah dalam merancang & menerapkan sistem penerimaan pekerja
  • Kecenderungan dalam sistem penerimaan pekerja masa kini.

Pelatihan ini akan memberikan penjelasan yang terperinci bagaimana perusahaan merekrut dan memilih pekerja yang tepat.

Akan dipelajari cara-cara :

  • Menerapkan  proses dan sistem penerimaan pekerja yang tepat
  • Merekrut calon pekerja yang tepat untuk suatu pekerjaan dalam waktu yang singkat
  • Mengidentifikasi dan menangani masalah-masalah dalam wawancara
  • Mengetahui kecenderungan dalam recruitmen masa kini
  • Menggunakan tehnik dalam menanya, memperhatikan dan mendengar untuk wawancara yang efektif
  • Memilih calon pekerja dengan latar belakang yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan perusahaan
  • Menghemat biaya dan waktu dengan merekrut pekerja melalui sistem penerimaan pekerja
  • Merancang iklan yang kreatif untuk menarik calon pekerja

Jika anda ingin menguasai ketrampilan yang khusus ini, jangan lewatkan  pengetahuan dalam manajemen sumber daya manusia.

Outline Materi

Sessi 1: OVERVIEW OF RECRUITMENT

  • Human resource – the most important asset
  • Recruitment – the first vital step
  • Difference between recruitment and selection
  • Prevailing attitude in recruitment

Sessi 2: ASSESING THE JOB

  • Job description
  • Creating job profiles

Sessi 3: ATTRACTING CANDIDATES

  • Source and catchment areas
  • Communication channels
  • Recruitment advertisement – basic principles
  • Objectives of advertisements
  • Referrals and networking

Sessi 4: THE EFFECTIVE SELECTION INTERVIEW

  • Planning stages
  • Interviewing techniques
  • Implementing efficient applicant screening methods
  • Identifying job requirements
  • Designing interview questions
  • Complying with employment procedures
  • Making the selection decision
  • Obtaining the true information about :
    - past jobs
    - reasons for leaving employers
    - eduction
    - involvement in criminal activities
  • Listening to unspoken words
  • Recognizing when an applicant is withholding information

Sessi 5: ASSESING THE CANDIDATES

  • Methods of assessment
  • Interview assessment form
  • Job application form
  • Matching corporate culture and personal chemistry
    - The perfect fit
  • Team interviewing
    - Securing a consensus
    - Determining what kind of a person will actually best fill the position
  • Stress interviews
    - Can the candidate handle severe situation ?
  • Final avaluation
    - Assigning numerical values
    - Terms, conditions and compensation issues

Sessi 6 & 7: PLACEMENT AND FOLLOW-UP

  • Importance of first impressions 
  • Introduction training  
  • Training and development

Sessi 8: OTHER ISSUES

  • Assessment center 
  • Recruitment agencies 
  • Headhunters 
  • Unsuccessful candidates

Facilitator

Drs . Achmad Sablie, Psi

Berlatar belakang pendidikan Fakultas Psikologi dari UI, pengalaman dibidang Marketing dan HR Management, terakhir sebagai Head of HRD Division di RCTI, HR Director di Hero Group of Companies, Human Resources Development Huffco / VICO Indonesia (Oil and Gas Coy) dan PT Semen Cibinong. Banyak memberikan pelatihan dan seminar dibidang Communication, Soft Skills dan HR Management, Senior Instruktur sekolah Pengembangan Pribadi John Robert Powers, Senior Consultant di Gede Prama Dynamics Consulting dan masih aktif sebagai konsultan internal HR di sebuah perusahaan manufacturing. Berbagai topik unggulan pelatihan yang sering diberikan diantaranya Leadership, Psychological Training – Emotional Intelligence, Adversity Quotient, Assertiveness, Transactional Analysis, Motivation dan beberapa lainnya -,  Women Empowerment, Supervisory Management, Performance Management dan semua fungsi Human Resources Management. Beberapa perusahaan Oil & Gas, bank-bank BUMN maupun Swasta, industri perkayuan, industri otomotif dan industri lain seperti PT Krakatau Steel, PT Telkom, PT PLN menjadi klien yang pernah ditangani.

Training Fee

Rp. 3.850.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 29 Apr 2016) 
Rp. 4.050.000 ,- (REG before 25 Apr 2016; payment before 29 Apr 2016) 
Rp. 4.550.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 9 May 2016) 
Rp. 4.925.000 ,- (Full fare)

2 Day Workshop
Practical Service Excellence
Intercontinental Jakarta Midplaza /The Park Lane Hotel / The 101 Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 23-24 May 2016
Time : 09:00 - 17:00
Early Bird : Rp. 3.550.000,-
 

Menenuhi apa yang diperlukan customer dan cara memberikan pelayanan yang disertai dengan sikap dan perilaku melayani dengan baik dan benar merupakan esensi dari organisasi bisnis agar dapat bertahan dan terus berkembang. Untuk itu maka pelatihan dan pengembangan sikap dan perilaku melayani dan pengembangan sistem pelayanan berupa “standard service” merupakan aktivitas yang perlu dan penting untuk dilaksanakan. Pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk mencapai kedua sasaran tersebut. 

Sasaran Pelatihan

Setelah mengikuti program pelatihan ini, peserta diharapkan akan mampu untuk melakukan kegiatan berikut ini:

  • Mempunyai sikap dan kemampuan yang mantap untuk melaksanakan pelayanan kepada internal dan eksternal customer;
  • Mempunyai kemampuan untuk bersikap proaktif, bersikap dan  berkomunikasi dengan empati dan assertif, sopan dan santun, serta dapat  membina hubungan baik dengan internal dan eksternal customer;
  • Melaksanakan teknik bertelepon dengan sopan dan santun.
  • Dapat menangani dan menyelesaikan masalah keberatan (complaint) dari customer dengan baik dan bersahabat sehingga dapat menjaga hubungan baik dengan customer. 

Outline Materi

1.      PENGENALAN CUSTOMER SERVICE

  • Pengertian Customer Service
  • “Moment of the Truth” Customer Service
  • Apa Akibat Buruknya Pelayanan Internal dan Eksternal
  • Bagaimana Memberikan Customer Service
  • Komunikasi Empati dalam Melayani
  • Komunikasi Assertif dalam Melayani

2.      TEKNIK DASAR DAN ETIKET BERTELPON

  • Komunikasi dengan Telepon
  • Berbagai Standard dalam Bertilpon (Menerima dan Memberi Pesan)
  • Tips Menerima Telepon dan Etiket Bertelepon’

3.      ROLE-PLAY INDIVIDUAL DAN FEED-BACK

  • Briefing
  • Role-play Individual Dasar Customer Service. Role-play (dapat) direkam dalam video untuk diberikan umpan-balik perbaikannya.Kasus yang digunakan dalam role-play adalah kasus nyata yang dihadapi oleh masing-masing peserta dalam pekerjaannya sehari-hari.
  • Diskusi Kelas untuk umpan-balik

4.      SIKAP, PERILAKU, DAN PENAMPILAN DALAM “MELAYANI”

  • Sikap dan Perilaku yang Diperlukan untuk Memberikan Pelayanan
  • Sikap dan Perilaku Kerja yang Profesional
  • Penampilan yang Benar dalam Melayani

5.      TEKNIK MENANGANI KEBERATAN DAN KELUHAN (HANDLING COMPLAINTS)

  •  Sikap yang sesuai untuk menghadapi keberatan
  •  Strategi umum untuk menangani keberatan
  •  Menentukan keberatan yang tersembunyi
  •  Metode dasar untuk penanganan keberatan
  •  Tipe-tipe keberatan

6.      ROLE-PLAY INDIVIDUAL DAN FEED-BACK

  • Briefing
  • Role-play  Individual Menangani Keberatan, Keluhan, dan Kemarahan Customer. Role-play (dapat) direkam dalam video untuk diberikan umpan-balik perbaikannya.Kasus yang digunakan dalam role-play adalah kasus nyata yang dihadapi oleh masing-masing peserta dalam pekerjaannya sehari-hari.
  • Diskusi Kelas untuk umpan-balik

7.      PENYUSUNAN STANDARD SERVICE UNTUK MASING-MASING UNIT KERJA

Facilitator

Drs. Bambang Haryanto, M.Ed

Bambang Haryanto ialah instruktur dan konsultan independen pada berbagai Training Center, organisasi bisnis dan lembaga, antara lain pernah untuk BCA Group, Salim Group, Bank Tamara, Gajah Tunggal Group, Dharmala Group, Sampoerna Group, Tiga Raksa Group, Modern Group, Napan Group, Lippo Bank, BDNI, dan Bank Artha Graha. Ia memulai karirnya dengan bekerja di berbagai hotel internasional selama empat setengah tahun, bidang sales dan pariwisata selama dua tahun sebelum menjadi dosen di Universitas Terbuka selama enam tahun. Selain menjadi dosen, ia juga bertanggung-jawab serta memimpin banyak satuan tugas untuk menyelesaikan berbagai tugas manajerial dan pengembangan dalam bidang penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Tahun 1989, ia memulai bekerja di Divisi HRD dan Training Center BCA sebagai instruktur program-program manajemen dan pengembangan diri. Ia pernah menjadi Kepala Pelaksana Harian BCA Training Center selain menjadi Koordinator Program Pengembangan Manajemen. Ia juga telah berhasil menyusun, mengembangkan dan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk BCA Training Center.

Tahun 1993, ia memulai karir sebagai instruktur dan konsultan yang bekerja secara mandiri untuk berbagai organisasi bisnis dan lembaga. Hingga saat ini ia telah menyelesaikan dengan baik lebih dari seribu kali berbagai jenis program pelatihan dan konsultasi.

Bambang mempunyai ijasah Master of Education dari Simon Fraser University Canada (1989), Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (1983), dan Diploma III Perhotelan (1978).  Selain itu ia juga sangat berminat dan sering mengikuti berbagai seminar dan pelatihan yang berkaitan dengan manajemen umum, manajemen strategik, manajemen operasional, kepemimpinan, penjualan, pemasaran, UKM, dan pelayanan prima.

Training Fee

Rp. 3.300.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 13 May 2016) 
Rp. 3.550.000 ,- (REG before 9 May 2016; payment before 13 May 2016) 
Rp. 4.050.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 23 May 2016) 
Rp. 4.375.000 ,- (Full fare)


Venue :

Workshop akan dilaksanakan di:
Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Training Series :

Click the list below to subscribe specific training series only, we will send as individual email :

  1. School of Training
  2. HR Management Series
  3. Managerial Skills / Soft Skills Series
  4. Production / Operation Management Series
  5. Marketing Management Series
  6. Financial Management Series
  7. Legal Series
  8. IT & Telecomunication Series
  9. All Series

 

 

Special Package :

Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong kevaluecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com

 

Contact Us

ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780

Contact Person : 
Ms. Ori & Mr. Fikri

 

More Training on 2016
Tanggal Topik Trainer Early Bird Status
27-28 Apr 2016 Improving Quality of Customer Interaction & Handling Customer Complaint Semba Biawan Rp. 4.050.000 Confirm Running
21-22 Apr 2016 Electronic Filing Implementation With RMS & EFS Method Based on Document Regulation ERAWAN SUPRIATNA, S. Kom Rp. 3.850.000 Confirm Running
21-22 Apr 2016 Strategic Procurement Management Deni Danasenjaya, SE. MM. Rp. 3.250.000 Confirm Running
22-23 Apr 2016 Certified Career & Talent Management Specialist Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Confirm Running
2-3 May 2016 Win-Win Negotiation Skills ADI WIJAKSANA, Drs.Psi, CH, CHT Rp. 4.050.000 Confirm Running
2-3 May 2016 Skema Gaji berbasis Pay for Performance Daniel Saputro, MM., MBA. Rp. 4.300.000 Confirm Running
18-19 May 2016 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.850.000 Almost Running
2-3 Jun 2016 Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard Widodo Aryanto SE., MCom Rp. 3.850.000 Almost Running
26-27 Apr 2016 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
2-3 Jun 2016 Comprehensive Supervisory Skills training G. Suardhika, MBA. Rp. 3.550.000 Almost Running
19-20 Apr 2016 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
20-21 May 2016 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
7-8 Jun 2016 Comprehensive Training Management System for Training Officer Semba Biawan Rp. 4.050.000 Almost Running
20-21 Apr 2016 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Almost Running
20-21 May 2016 Competency Based Performance Appraisal System Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM Rp. 4.750.000 Almost Running
©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar