Value Consult Public Training Creating value for your business Website : www.valueconsulttraining.com | Click HERE to Unsubscribe from Our Newsletter | 2 Day Workshop | Comprehensive Managerial Skills & Leadership Training | Arion Swiss-Belhotel Kemang / The Park Lane Hotel / Park Hotel, Jakarta, 23-24 Apr 2015 | Early Bird : Rp. 3.050.000,- | | Posisi middle management, menuntut kemampuan memimpin yang lebih besar dari seorang leader, karena ia kini tidak hanya mengembangkan tim yang berupa pekerja, tetapi mengembangkan para leader yang memiliki tim di bawahnya. Kematangan diri, kemampuan menjadi role model, menjadi sangat vital untuk dapat menjalankan peran ini dengan sangat baik. Di sisi lain, perkembangan konsep dan aplikasi kepemimpinan berkembang dengan pesat di jaman yang berubah dengan cepat ini. Manajer dituntut untuk menangani tim yang sudah berbeda karakteristik dan tuntutannya dibanding beberapa tahun yang lalu. Manajer yang masih mengikuti pola kepemimpinan dari atasan-nya sebelumnya, bisa jadi ditinggalkan oleh tim nya karena dianggap tidak mampu memberdayakan tim yang ada. Workshop ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan leadership secara integratif dengan meletakan prinsip-prinsip dasar-nya dan membawa peserta lebih siap untuk menjalani posisinya sebagai seorang manajer. Outline Materi Role of Manager - Peran yang dimiliki seorang Manajer dalam manajemen madya
- Perubahan lingkungan dan tantangan baru seorang Manajer
Basic Tools for Manager - Self Leadership: dari role model ke efektif transformasi menjadi leader
- Manajemen Kinerja: Goal Setting, Coaching, Effective feedback
- Manajemen Tugas: Perencanaan, Monitoring dan Kontrol
- Manajemen Orang: Komunikasi, Motivasi dan Empowerment
Overview on New Tools for Manager - Meningkatkan self productivity: meningkatkan engagement dan mempercepat proses kerja (getting things done)
- Emotional & Adversity Intelligence
- From good to great manager: menjadi manajer yang inovatif dan mampu meng-handle perbedaan/konflik
Overview on Leadership - Antara managerial skills dan leadership
- Mengembangkan gaya kepempinan yang tepat: situational leadership
- Last trend on leadership: transformational leader
Facilitator | G. Suardhika, MBA. | Telah memiliki banyak pengalaman sebagai HR Consultant dan pernah menempati posisi senior management di sebuah perusahaan penerbangan Indonesia. Salah satu topik unggulan yang beliau bawakan di dunia training diantaranya leadership, Supervisory, Performance Management dan Coaching. Sepanjang pengalamannya di dunia training, Beliau membantu di beberapa perusahaan ternama seperti: AQUA,ORIX Finance Indonesia, OPEL/General Motors, Garuda Indonesia, Bechtel International, Indomobil Suzuki International, Bredero Price, Telkom, Thames PAM Jaya, Asia Pulp and Paper dan Telkomsel. Suardhika berlatar belakang pendidikan Psikologi dari UI dan MBA dari IPMI (Institut Pengembangan Manajemen Indonesia) TRAINING EXPERIENCE - Supervisory Skills Training: Aqua, Tugu Pratama, Bredero Price Batam, LG Electronics, Rekayasa Indonesia
- Leadership: BPD Sumsel, BPPN, Telkom Ujung Pandang, Litbang Pertanian, Indah Kiat Pulp & Paper.
- Customer Service: Telkom Surabaya, Balikpapan
- Team Building: Indomobil, Nisan, Telkomsel, 3M.
- Performance Management: Amoco Mitsui, Aqua Danone, Asia Pulp & Paper
- Training for Trainer for BPPN
| Training Fee | Rp. 2.750.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 13 Apr 2015) Rp. 3.050.000 ,- (REG before 9 Apr 2015; payment before 13 Apr 2015) Rp. 3.450.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 23 Apr 2015) Rp. 3.795.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | How To Plan & Organize Training | Arion Swiss-Belhotel Kemang / The Park Lane Hotel / Park Hotel, Jakarta, 19-20 May 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | Dalam proses merencanakan penyelenggaraan sebuah Program Training, masih dijumpai hal-hal berikut ini, yaitu : (1) Perencanaan Training yang akan diberikan tidak benar-benar sesuai dengan kebutuhan nyata berdasarkan hasil Training Needs Assessment. (2) Rencana langkah-langkah yang perlu diambil dalam proses mempersiapkan penyelenggaraan Training tidak detail, sehingga terjadi adanya hal-hal yang seharusnya dilakukan tapi tidak ada dalam rancana (Action Plan). Lemahnya koordinasi antara pihak-pihak yang terkait dengan proses penyelenggaraan Training, seperti antara Organizer, Trainer, dan Pengusaha tempat di mana Training diselenggarakan. Setelah selesai mengikuti Program ini, para peserta akan : (1) Memiliki pemahaman yang benar tentang arti Training Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya, yang dalam hal ini termasuk proses perencanaan dan penyelenggaraan. (2) Memiliki kemampuan dalam menerjemahkan hasil TNA ke dalam sebuah Training Plan yang efektif. (3) Mengenal hal-hal yang menjadi hambatan penyelenggaraan sebuah Program Training, serta cara mengatasinya. (4) Memiliki pengetahuan & keterampilan dalam membuat Training Plan serta menerjemahkan Training Plan ke dalam Rencana Langkah-Langkah yang perlu diambil di tingkat pelaksanaan (Action Plan). Outline Pelatihan
- Pengertian Training sebagai salah satu metode belajar (learning) yang efektif
- Training sebagai proses yang tak berujung
- Pengertian tentang Training Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
- Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
- Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuat Training berhasil
- Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai latar belakang dilakukannya Training
- Where To Go, Where We Are now, and How To Get There dalam proses membuat Training Plan
- Bagaimana membuat Sasaran Training yang SMART
- Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan Training
- Formula dari sebuah Training Plan
- Saling hubungan antara aspek-aspek yang ada dalam sebuah Training Plan
- Dua cara dalam merancang sebuah Training Plan (sbg Reading Material dan Explaining Material)
- Mengenal jenis-jenis perlengkapan dan peralatan training serta kegunaannya
- Mengenal bentuk-bentuk set up ruangan training serta peruntukannya
- Bagaimana menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan
- Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Action Plan
- Bagaimana membuat Session Plan atau Agenda Program berdasarkan Daftar Garis Besar Materi
- Bentuk hubungan dan koordinasi antara Organizer dan Trainer dalam penyelenggaraan Training
- Petunjuk pengaturan Transportasi, Akomodasi dan Konsumsi bila Training diselenggarakan di Hotel
- Bagaimana merancang dan mengguakan Check List dalam mengecek persiapan Training
Jadwal Pelatihan
Hari ke-1 - Pengertian Training dan perannya dalam pengembangan SDM - Training sebagai salah satu metode belajar (learning) yang efektif - Mengapa Training diperlukan - Bilamana Training diperlukan - Manfaat Training bagi Karyawan, bagi Perusahaan, dan bagi Manager - Training sebagai proses yang tak berujung - Pengertian tentang Training Yang Berhasil - Syarat-syarat keberhasilan Training - Persepsi yang keliru (mis-concept) tentang Training - Peran proses perencanaan dan penyelenggaraan terhadap keberhasilan Training - Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan Training - Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai Latar Belakang dilakukannya Training - Where To Go, Where We Are Now, dan How To Get There dalam proses membuat Training Plan - Bagaimana membuat Sasaran Training yang SMART - Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan Training - Latihan : Membuat Sasaran Training yang SMART berdasarkan hasil TNA - Presentasi : Setiiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan - Formula dari sebuah Training Plan - Bagaimana merancang sebuah Training Plan dalam bentuk Presentation Material - Saling hubungan antara Latar Belakang Training dan Sasaran Training - Penjabaran Sasaran Training ke dalam Manfaat Training - Hubungan antara Manfaat Training dengan biaya atau Budget yang diperlukan - Latihan : Peserta membuat Training Plan berdasarkan formula yang telah dipelajari - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan Hari Ke-2 • 08.30 – 10.00 - Mengenal jenis perlengkapan dan peralatan Training - Penggunaan dan kegunaan dari masing-masing perlengkapan dan peralatan Training - Mengenal bentuk–bentuk ruangan kelas serta peruntukannya - Latihan : Peserta secara bersama-sama latihan mencocokkan Bentuk Ruangan dan Peralatan yang tepat untuk aktifitas yang tepat • 10.15 – 12.00 - Pengertian dari kata “Action Plan” - Syarat dari sebuah Action Plan yang efektif - Bagaimana menerjemahkan Training Plan ke dalam Action Plan - Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Action Plan - Latihan : Peserta membuat Action Plan berdasarkan Taining Plan - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan • 13.00 – 15.00 - Pengertian dari “Session Plan” - Perbedaan antara Session Plan dan Lesson Plan - Bagaimana merancang sebuah Session Plan dihubungkan dg materi dan waktu yg tersedia - Koordinasi antara Organizer dan Training dalam mempersiapkan Training - Latihan : Peserta membuat Session Plan - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan • 15.15 – 17.00 - Petunjuk pengaturan Transportasi, Board & Lodging jika Training diadakan di Hotel - Peran Organizer sebagai Liaison Officer antara peserta dengan Hotel - Bagaimana merancang dan menggunakan Check List dalam mengecek persiapanTraining - Check List sehari sebelum Training, dan Check List sesaat sebelum Training dibuka - Latihan : Peserta membuat Check List - Presentasi : Setiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan Persyaratan Peserta Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook Facilitator | Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 9 May 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 5 May 2015; payment before 9 May 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 19 May 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | 2 Day Workshop | Improving Quality of Customer Interaction & Handling Customer Complaint | Arion Swiss-Belhotel Kemang / The Park Lane Hotel / Park Hotel, Jakarta, 11-12 Jun 2015 | Early Bird : Rp. 3.750.000,- | | Latar Belakang
- Kesadaran tentang pentingnya peningkatan mutu pelayanan terhadap Customer, masih perlu ditingkatkan, mengingat Paradigma Melayani belum benar-benar tercermin dalam sikap dan perilaku melayani dari Front-liners sebagai ujung tombak yang berhubungan langsung dengan Customer.
- Di samping sikap dari aspek Manusia, juga masih ada kita temui System Pelayanan yang dirancang bukan berorientasi kepada Pelayanan Pelanggan (Customer Driven), tapi berorientasi pada System Kontrol Perusahaan (Company Driven), sehingga bukan memberikan kemudahan kepada Customer, tapi malah menghambat pelayanan kepada Customer.
Tujuan Pelatihan
Setelah selesai mengikuti program ini, para peserta akan : - Memahami betapa pentingnya arti Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction) terhadap perkembangan perusahaan, yang oleh karena itu sadar akan perannya sebagai personel perusahaan yang bertanggung jawab terhadap peningkatan mutu pelayanan terhadap pelanggan (Customer Service)
- Memiliki kemampuan dalam merancang dan mengembangkan system yang berorientasi pada peningkatan mutu pelayanan kepada pelanggan
- Memiliki keterampilan dalam menerapkan tehnik-tehnik interaksi dan komunikasi effektif dalam proses memberi pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik menangani keluhan pelanggan (Customer Complaint)
Outline Materi
- Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
- Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)
- Bagaimana membentuk paradigma “melayani”
- Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)
- Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
- Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan
- Bukan “Company Driven” tapi “Customers Driven”
- Pemanfaatan Sumber Daya dalam memberi kepuasan kepada pelanggan
- Hubungan antara Organisasi, System, Sarana serta Manusia terhadap pelayanan
- Contoh kombinasi aspek System & Sarana dalam proses memberi pelayanan
- Contoh kombinasi aspek Sytem & Manusia dalam proses memberi pelayanan
- Proses merancang Organisasi & System dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Proses menyiapkan Manusia & Sarana dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi & Komunkasi
- Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,sbg dasar memberi pelayanan
- Pengertian “Personalized Service”
- Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi ketidakpuasan & keluhan (complaint)
- Pengertian “Moment Of Truth” dan hubungannya dg “Mouth To Mouth Promotion”
- Harapan pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
- Bagaimana harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan
- Contoh kalimat yang digunalkan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan
- Data statistik tentang mengapa pelanggan lari
- Penggunaan “LAER Process” dalam menangani complaint
- Pengertian “Mendengar Aktif”
- Tehnik menyatakan sikap “Empathy” terhadap kekecewaan pelanggan
- Mengenal Jenis serta tehnik Megajukan Pertanyaan dalam menggali akar masalah
- Bagaimana melakukan respons dg jalan keluar yang memuaskan pelanggan
- Tindak lanjut dan Cek Pelaksanaan sbg kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”
- CRS (Customer Response System) & Recording & Reporting System
Peserta Target Peserta adalah siapa saja baik level Manager maupun Pelaksana yang berkaitan dengan Pelayanan Pelanggan (Customer Service), bukan saja yang berhubungan langsung dengan Customer (frontliners) , tapi juga pihak-pihak yang bertugas merancang system pelayanan perusahaan (System Designer). Metode Pelatihan
- Menerangkan konsep yang diikuti dengan contoh,kemudian minta peserta latihan baik perorangan maupun grup.
- Latihan baik secara berkelompok maupun perorangan meliputi :
- Latihan merancang System Pelayanan kepada pelanggan (Customer Oriented System)
- Setiap peserta Role Play di depan kelas memperaktekkan cara menawarkan barang / jasa kepada pelanggan, cara mengatasi keberatam pelanggan, termasuk cara menangani keluhan pelanggan (Customer Complaint)
Durasi Pelatihan
- Jangka waktu program adalah 2 (dua) hari @7 (tujuh) jam efektif per hari,atau seluruhnya menjadi 14 (empat belas) jam efektif
- Program dimulai jam 08.30 dan berakhir jam 17.00. dengan 1,5 jam istirahat, yang terdiri dari 2 kali Break @ 15 menit, dan Makan Siang 1 jam.
- Sebagian besar waktu digunakan untuk Praktek Peserta, baik praktek merancang System Pelayanan maupun Role Play melakukan interaksi dengan Pelanggan seperti Handling Customer Complaint
Jadwal Pelatihan
Day 1 08.30 – 10.00
- Pendahuluan (latar belakang & sasaran program)
- Menelusuri Data Statistik tentang kepuasan pelanggan
- Pengertian dari kata “Customer” (Pelanggan)
- Bagaimana membentuk paradigma “melayani”
- Latihan 1 : Membuat daftar jenis pelanggan serta jenis pelayanan yg diberikan
10.15 – 12.00
- Pengertian Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction)
- Pengertian Harapan Pelanggan (Customer Expectations)
- Hal-hal mendasar yang menjadi harapan pelanggan
- Bukan sekedar memenuhi harapan, tapi melampaui harapan (pelayanan ekstra)
- Bukan “Company Driven” tapi “Customers Driven”
- Latihan 2 : Hal-hal yg menjadi harapan Pelanggan anda, dan apa yg telah dilakukan utk memenuhinya
13.00 – 15.00
- Sumber daya yang diperlukan dalam memberi kepuasan kepada pelanggan
- Hubungan antara Organisasi dan Kebijakan Perusahaan terhadap mutu pelayanan
- Peran System Kerja dalam memberi kemudahan kepada pelanggan
- Hubungan antara Sarana Kerja dan Kepuasan Pelanggan
- Peran Faktor Manusia dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Latihan 3 : Identifikasi: Kebijakan, System, Sarana & Manusia di tempay kerja Anda
15.15 – 17.00
- Contoh kombinasi aspek System & Sarana dalam proses memberi pelayanan
- Contoh kombinasi aspek Sytem & Manusia dalam proses memberi pelayanan
- Proses merancang Organisasi & System dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Proses menyiapkan Manusia & Sarana dalam memenuhi Harapan Pelanggan
- Latihan 4 : Rancang Organisasi, System, Manusia & Sarana yg diperlukan (lihat : Latihan 3)
Day 2 08.30 – 10.00
- Peran faktor Manusia dalam proses Interaksi & Komunkasi
- Prinsip Dasar Komunikasi Efektif
- Mengenal Sifat Dasar Manusia dalam berkomuniasi,dalam memberi pelayanan
- Pengertian “Personalized Service”
- Peran aspek Manusia dalam mengantisipasi keluhan (complaint)
- Pengertian “Moment Of Truth” dan “Mouth To Mouth Promotion”
10.15 – 12.00
- Harapan pelanggan terhadap aspek Manusia dalam memberi pelayanan
- Bagaimana harus bersikap dalam memberi pelayanana kepada pelanggan
- Contoh kalimat yang digunalkan dalam memberi pelayanan kepada pelanggan
- Mengapa pelanggan menyampaikan ketidakpuasannya (complaint)
- Data statistik tentang mengapa pelanggan lari
- Latihan 5 : Cara kerja saat ini, dan bagaimana cara memperbaikinya
13.00 – 15.00
- Latihan 6 : Membut jenis complaint pelanggan anda
- Penggunaan “LAER Process” dalam menangani complaint
- Pengertian “Mendengar Aktif”
- Tehnik menyatakan sikap “Empathy” terhadap kekecewaan pelanggan
- Mengenal Jenis serta tehnik Megajukan Pertanyaan
- Bagaimana melakukan saran jalan keluar yang memuaskan pelanggan
- Tidak lanjut dan Cek Pelaksanaan sbg kunci keberhasilan ‘Handling Complaint”
15.15 – 17.00
- Latihan 7 : - Sepasang peserta menyiapkan Rencana Handling Complaint
- Kemudian Role Play di depan kelas, satu sebagai Pelanggan, dan satu sebagai Petugas
- Peran masing-masing kemudian dibalik. Yg pelanggan menjadiPetugas dan sebaliknya
- Peserta lain melakukan eavluasi dg menggunakan form evluasi (terlampir)
Persyaratan Peserta Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop/Notebook Facilitator
| Semba Biawan | Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengakhiri masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama hampir 10 tahun sebagai National Learning &Development Manager, memiliki pengalaman kerja lebih dari 35 tahun pada posisi manajerial di bidang Human Resources & Training di perusahaan Nasional dan Multinasional.
Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Human Resources Manager di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.
Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulus dengan peringkat terbaik – best student), selanjutnya mengikuti berbagai Management Development Program dan Seminar baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain : - Management Development Program, oleh Prof. Alejandro Reyes of Asian Institute of Management (AIM), Manila, Philippines
- Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory of Lausanne Hotel School, Switzerland – Best Student
- Supervisory Development on Communication, oleh Mr. Sandy Strayer of Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
- Leadership and Influence, oleh DR. Roger Gill of Dimension Development International (DDI), Hongkong.
- Negotiation & Sales Presentation, oleh Director of Customer Service of The Coca-Cola Company, Pacific Group, Kuala Lumpur
- Dealing With Changes, a psychological training program, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
- Effective Way In Learning Process, oleh Mr. Rolando Alpe of Leading Consulting Network, Makati, Manila
- OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, specialist in research on the roles of music in learning process, Jakarta.
- Subliminal Dynamic, learn about function of sub-conscious part of the brain in learning process, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur
Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu mulai dari periode pre-opening dan sebagai opening team terlibat dalam proses merancang dan setting up system & prosedur di bidang Human Resources & Training. Pada saat ia masih aktif di bidang perhotelan, ia berkesempatan memberi training selama 3 bulan kepada para Manager dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Best Trainer (berdasarkan penilaian peserta) di antara 10 trainer yang ada.
Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Independent Senior Consultant di bidang Learning & People Development, yang hingga kini telah memberi training kepada ribuanorang dari ratusan perusahaan. Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses merencanakan, merancang, meluncurkan,dan memberikan Program Training untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Sales & Distribusi, yaitu Sales Center Manager, Sales Supervisor, dan Salesman, di samping ia juga terlibat dalam peroses merancang Coca-Cola National Learning Center.
Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Program Training yang telah dirancang dan diberikan (baik secara In-House maupun Public) yang berkaitan dengan Leadership & Komunikasi, Sales & Distribusi, Customer Service, Human Resources Management & Training Management, Problem Solving & Decision Making, dan soft skills lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).
Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering diminta untuk menjadi pembicara (speaker) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Educational Institutions dan Professional Associations, di samping ia juga banyak menulis di majalah dan surat kabar antara lain di Suara Karya, Bali Post, Bulletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Leadership & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, diikuti oleh bukunya yang kedua yang diterbitkan oleh penerbityang sama (Gramedia Group) pada Maret 2013 yang berjudul : “Teknik Menjual Diri - Dalam Merebut Lowongan Kerja” . | Training Fee | Rp. 3.550.000 ,- (REG for 3 person/more; payment before 1 Jun 2015) Rp. 3.750.000 ,- (REG before 28 May 2015; payment before 1 Jun 2015) Rp. 4.250.000 ,- (On The Spot; payment at the latest 11 Jun 2015) Rp. 4.625.000 ,- (Full fare) | | Special Package : Dapatkan Paket - paket Free Training dan Value Gathering bagi yang tergabung dalam anggota milist VCC ( Value Community Circle ) Untuk bergabung, Kirim email kosong ke valuecommunitycircle-subscribe@yahoogroups.com Contact Us ILP Center Building 2nd Floor, Suite 219 Jl. Raya Pasar Minggu 39 A Jakarta 12780 Contact Person : Ms. Ori & Ms. Riri | | More Training on 2015 | Tanggal | Topik | Trainer | Early Bird | Status | 28-29 Apr 2015 | Comprehensive Supervisory Skills training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 20-21 Apr 2015 | Formalities for Expatriat | Cecilia Sri Hayani | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 28-29 Apr 2015 | Disaster Recovery Planning & Business Continuity Planning | Goutama Bachtiar | Rp. 3.750.000 | Confirm Running | 27-28 Apr 2015 | PPh 21/26 & PPh Wajib Pajak – Orang Pribadi | Subur Harahap, SE, Ak, Dipl.FP, MM, CFP | Rp. 2.750.000 | Confirm Running | 7-8 May 2015 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Widodo Aryanto SE., MCom | Rp. 2.450.000 | Almost Running | 4-5 Jun 2015 | Optimizing Companys KPIs with Balance Scorecard | Widodo Aryanto SE., MCom | Rp. 2.450.000 | Almost Running | 4-5 Jun 2015 | Comprehensive Supervisory Skills training | G. Suardhika, MBA. | Rp. 3.250.000 | Almost Running | 9-10 Jun 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 5-6 May 2015 | Comprehensive Training Management System for Training Officer | Semba Biawan | Rp. 3.750.000 | Almost Running | 22-23 Apr 2015 | Competency Based Performance Appraisal System | Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM | Rp. 3.950.000 | Almost Running | 22-23 May 2015 | Competency Based Performance Appraisal System | Pungki Purnadi, ST., MM., MHRM | Rp. 4.450.000 | Almost Running | 4-4 Jun 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 6 May 2015 | Dealing with Difficult People | Drs. Elyus Lanin, M. Si. | Rp. 2.250.000 | Almost Running | 6-6 May 2015 | Designing Effective Internal Communications Program | Drs. Syarifudin Yunus | Rp. 4.000.000 | Almost Running | 3-3 Jun 2015 | Designing Effective Internal Communications Program | Drs. Syarifudin Yunus | Rp. 4.000.000 | Almost Running | ©Copyright 2014 Value Consult, Training & People Development Consultant | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar